cover
Contact Name
Ahmad Azhar Kadim
Contact Email
inverted@ung.ac.id
Phone
+6282188933534
Journal Mail Official
inverted@ung.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Inverted
ISSN : 28282094     EISSN : 28283880     DOI : 10.37905
Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, Vocational, E-Learning).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2: Juli 2021" : 5 Documents clear
PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI KONTEN MEDIA PEMBELAJARAN MICROBLOG DALAM JARINGAN PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI MULTIMEDIA Ahmad Almukaroma Liow; Sitti Suhada; Nikmasari Pakaya
Inverted: Journal of Information Technology Education Vol 1, No 2: Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.783 KB) | DOI: 10.37905/inverted.v1i2.13338

Abstract

AbstractCovid-19 is a pandemic that lasted from early 2019 to 2021, and it's unclear how it was followed. The thing that causes the tension of the learning process at school and eventually the learning is carried out at home. Many ways that can be used as part of innovative learning models, one with the use of instagram as a developed tool for off-school learning. Using each of these features on lnstagram makes a blog microblog to develop as a network learning medium to support the learning process. The study is a qualitative descriptive study with fieldresearch (field reseaech), a method of field research that enables respondents directly to obtain data or information. Research shows that the use of instagram as content of microblogging on a network with an 86% presentation means that the use of instagram can be put to good use by students as learning content. 
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI LOOPING MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN DASAR UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO Zikrillah Dwi Putra Damopolii; Moh. Hidayat Koniyo; Rahman Takdir
Inverted: Journal of Information Technology Education Vol 1, No 2: Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2941.76 KB) | DOI: 10.37905/inverted.v1i2.11495

Abstract

Algoritma menjadi bagian yang sangat penting dalam dunia pemrograman komputer. Hal ini karena, manusia dapat memberikan perintah kepada komputer hanya melalui bahasa pemrograman. Perintah yang diberikan kepada komputer harus terstruktur, sistematis, logis dan runtut. Pentingnya algoritma sebagai landasan untuk dapat melakukan kegiatan pemrograman komputer dirasa sulit oleh sebagian besar mahasiswa pada semester awal khususnya mahasiswa program studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai klasikal mata kuliah tersebut belum mencapai nilai yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk 1). Mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual materi struktur perulangan (looping) mata kuliah algoritma dan struktur data, dan 2). Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis audio visual menurut ahli materi, ahli media dan respon pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pengembangan model ADDIE dengan hasil kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 83,6% dengan kategori “sangat layak”, ahli media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 83,5% dengan kategori “sangat layak, dan hasil penilaian pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 90,6% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian Media Pembelajaran berbasis Audio Visual yang dikembangkan telah memenuhi komponen-komponen kelayakan media pembelajaran yang baik dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Algoritma, Looping, Audio Visual.
PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X RPL PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR Nur'ain Maku; Dian Novian; Rochmat Mohammad Thohir Yassin
Inverted: Journal of Information Technology Education Vol 1, No 2: Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.264 KB) | DOI: 10.37905/inverted.v1i2.10227

Abstract

Mata pelajaran Pemrograman Dasar khususnya materi pengenalan bahasa pemrograman dalam proses pembelajaran masih belum beroperasi secara maksimal karena masih menggunakan media pembelajaran konvensional sehingga masih sulit bagi siswa untuk belajar disebabkan materi tersebut hanya disampaikan dari guru. Oleh sebab itu, siswa akan sulit memahami materi pelajaran dan akan merasa bosan serta dapat berdampak pada penurunan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa; dan (2) mengetahui seberapa besar pengaruh multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group. Dalam penelitian ini sampel yang menggunakan multimedia interaktif adalah kelas X RPL 1 sebagai kelas eksperimen, dan yang menggunakan multimedia non-interaktif adalah kelas X RPL 3 sebagai kelas kontrol, kelas yang digunakan adalah yang termasuk pada penjadwalan A yang berjumlah 30 orang yang berada di SMK Negeri 1 Gorontalo. Instrumen yang digunakan berupa soal-soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum kegiatan pembelajaran dan posttest untuk mengetahui kemampuan siswa setelah kegiatan proses pembelajaran, kedua soal tes tersebut dapat digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis, di dapat bahwa multimedia interaktif memberikan pengaruh yang cukup efektif terhadap hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X RPL pada mata pelajaran Pemrograman Dasar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS IX SMP NEGERI 6 GORONTALO mohamad fahri ismail; mukhlis ulfatih latief; mohammad syafri tuloli
Inverted: Journal of Information Technology Education Vol 1, No 2: Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3494.4 KB) | DOI: 10.37905/inverted.v1i2.11485

Abstract

Penggunaan telepon pintar oleh siswa masih didominasi untuk kepentingan media sosial dan aplikasi video streaming saja, padahal bisa dimanfaatkan sebagai media dalam pembelajaran interaktif sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar di manapun dan kapanpun tanpa bergantung pada seorang pendidik, dan cara belajar ini dikenal sebagai mobile learning. Namun pada kenyataannya di SMP Negeri 6 Gorontalo, guru masih menggunakan PPT sebagai media penunjang proses pembelajaran, sehingga kurang efektif untuk menyelesaikan masalah sistem pembelajaran  fisika khususnya pada materi kemagnetan untuk siswa kelas IX. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk 1). Mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbasis multimedia pada mata pelajaran fisika kelas IX di SMP Negeri 6 Gorontalo, 2). Mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi, ahli media dan respon siswa, dan 3). Mengukur tingkat efektifitas media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas IX. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pengembangan RD dengan model 4D dengan tidak melakukan tahapan penyebaran sebab lebih terfokus pada pengembangan dan pengujian efektifitas hasil pengembangan media. Hasil pengujian kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 88,5% dengan kategori “sangat layak”, ahli media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 88,3% dengan kategori “sangat layak, dan hasil penilaian pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 94,2% dengan kategori “sangat layak”. Disampig itu, aplikasi yang telah dikembangkan terbukti efektif dapat menigkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil pengujian korelasi product moment sebesar 6,543 dan memenuhi ketentuan  thitung ttabel dengan besaran kontribusi sebesar 74,05%, dan pengujjian N-gain ternormalisasi hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar sebesar 28,82 dan rata-rata nilai gain sebesar 0,55. Dengan demikian Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Multimedia yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Fatmawaty J. Igirisa; Tajuddin Abdillah; Mohamad Syafri Tuloli
Inverted: Journal of Information Technology Education Vol 1, No 2: Juli 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.033 KB) | DOI: 10.37905/inverted.v1i2.10229

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 5