cover
Contact Name
Danang
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
danang@stekom.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R. Bunyamin Blok A 11-12 , Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, 53121
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi (JURIMA)
ISSN : 28278569     EISSN : 28278577     DOI : https://doi.org/10.55606/jurima.v1i3
Core Subject : Economy,
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua bidang Ilmu Manajemen dan Akuntansi. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu Edisi April, Agustus, dan Desember.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi" : 11 Documents clear
PELATIHAN DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PARAMOUNT ENTERPRISE INTERNATIONAL: TRAINING AND KNOWLEDGE MANAGEMENT ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT PARAMOUNT ENTERPRISE INTERNATIONAL Joko Susilo; Saogi; Anton PW Nomleni
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.145

Abstract

Dalam menjalankan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan harus memiliki adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia perlu dikelola dengan sebaik-baiknya mulai dari melakukan pelatihan dan knowledge management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan tepat hubungan yang signifikan antara pelatihan dengan kinerja karyawan dan mengetahui dengan tepat hubungan yang signifikan antara Knowledge management dengan kinerja karyawan PT. Paramount Enterprise International. Analisis data menggunakan Kendall’s Tau. Hasil penelitian melalui uji kendall’s tau variabel pelatihan berhubungan positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan variabel knowledge management berhubungan positif dan juga signifikan terhadap kinerja karyawan. Perusahaan perlu memperhatikan dan menjalankan program pelatihan untuk meningkatkan kinerja agar karyawan lebih meningkatkan knowledge management supaya dapat mengembangkan kemampuan, pengetahuan dan tercapainya tujuan di PT Paramount Enterprise International, berhubungan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan variabel pelatihan dan knowledge management memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan PT Paramount Enterprise International.
PENGARUH VARIASI PRODUK DAN STRATEGI PROMOSI MELALUI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SOMETHINC: THE EFFECT OF PRODUCT VARIATIONS AND PROMOTIONAL STRATEGIES THROUGH INSTAGRAM ON PURCHASE DECISIONS ON SOMETHINC PRODUCTS Anneke Dwi Saputri; Estika P Sani
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.146

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi produk (X1) dan strategi promosi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) pada produk Somethinc. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer sebagai acuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang aktif menggunakan sosial media khususnya platform Instagram dan pernah melakukan pembelian produk Somethinc minimal satu kali pembelian dan sampelnya adalah sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari 20 pertanyaan secara keseluruhan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis setelah uji asumsi terpenuhi. Dari analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Variasi Produk (X1) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). (2) Strategi Promosi Melalui Instagram (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). (3) Variasi Produk (X1) dan Strategi Promosi Melalui Instagram (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y).
PENGARUH PENGAWASAN TEAM WORK DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT. PRIMADAYA PLASTISINDO: THE EFFECT OF TEAM WORK SUPERVISION AND DISCIPLINE ON EMPLOYEE WORK PRODUCTIVITY OF PT. PRIMADAYA PLASTISINDO Natanael Ariesandi Rusli; Estika P Sani
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.147

Abstract

Pengawasan Team Work dan Kedisiplinan Terhadap Produktivitas kerja adalah hal terpenting dalam perusahaan keterampilan untuk bisa bekerja sama dalam sebuah tim adalah salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh setiap karyawan yang ada pada sebuah perusahaan . Hal ini sangat penting, mengingat untuk mencapai tujuan utama perusahaan diperlukan kerja sama yang kompak antar setiap individu. Kedisiplinan akan mampu mengerjakan tugas dengan cepat, karena konsisten mengerjakan tugas yang diberikan sesuai dengan rencana. Penelitian ini dilakukan pada PT. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Pengawasan Team Work dan Kedisiplinan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji pengaruh mediasi, uji R2 , Uji F dan Uji t.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PRIMADAYA PLASTISINDO: EFFECT OF WORK MOTIVATION AND WORK DISCIPLINE ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT. PRIMADAYA PLASTISINDO Gabriele Agatha Permana P; Estika P Sani
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.148

Abstract

Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja adalah hal penting dalam perusahaan.karena melalui disiplin kerja karyawan akan merasa aman dan nyaman dalam bekerja. Karena kinerja karyawan dan produktivitas perusahaan di ukur dari kinerja karyawannya. Penelitian ini dilakukan pada PT. Primadaya Plastisindo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Analisis yang digunakan meliputi: regresi berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji pengaruh mediasi, uji R2 , Uji F dan Uji t.
Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia: The Effect of Profitability and Company Size on Income Smoothing in Banking Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange Sophan Sophian; Ananda Atalia
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.149

Abstract

Dalam informasi laba perusahaan dapat digunakan untuk menilai kinerja manajemen, dan juga dapat memperkirakan risiko dalam berinvestasi pada suatu perusahaan. Investor yang sering memusatkan perhatiannya pada informasi laba tanpa melihat prosedur yang digunakan untuk menghasilkan informasi laba akan mendorong manajemen perusahaan untuk melakukan tindakan perataan laba. Semoga informasi yang disajikan dalam laporan keuangan merupakan informasi yang valid, relevan dan dapat diandalkan bagi pengguna laporan keuangan. Kenyataannya tidak dapat disangkal bahwa masih ada perusahaan yang terindikasi melakukan praktik perataan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap praktik perataan laba pada perusahaan perbankan yang telah Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 35 badan usaha yang telah Go Public periode 2018- 2020. Hipotesis penelitian menggunakan Analisis Regresi Panel menggunakan eviews 8. Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perataan laba. Dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap perataan laba.
PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN LABORATORIUM BETHSAIDA HOSPITALS GADING SERPONG TANGERANG: THE EFFECT OF PROMOTION THROUGH INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ON THE SELECTION DECISION OF BETHSAIDA HOSPITALS HOSPITALS GADING SERPONG TANGERANG Tita Sari Eka; Wahyu Rohmat; Anton P.W Nomleni
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.150

Abstract

Pada era globalisasi gaya hidup masyarakat di Indonesia memiliki kecenderungan untuk terus berubah salah satunya dalam hal gaya berbelanja. Pengguna internet biasanya menggunakan media sosial untukmelakukan komunikasi serta melakukan evaluasi sebelum transaksi atau membeli sebuah produk. Salah satu perusahaan yang menggunakan Instagram untuk memasarkan produk ialah Bethsaida Hospitals Gading Serpong Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh indikatot-indikator promosi melalui media sosial terhadap keputusan pemilihan laboratorium di Bethsaida Hospitals Gading Serpong Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 170 reponden menggunakan teknik sampling non-probability yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data dan diuji dengan regresi linear berganda melalui aplikasi olah data SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi melalui media sosial Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pemilihan Laboratorium Bethsaida Hospitals Gading Serpong Tangerang.
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SCARLETT: THE EFFECT OF CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE AND BRAND TRUST ON CONSUMER PURCHASE INTEREST OF SCARLETT PRODUCTS Effriena Brilliany; Anton P.W. Nomleni
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.153

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh celebrity endorser, citra merek, kepercayaan merek terhadap minat beli produk skincare Scarlett Whitening. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sample yang gunakan menggunakan Probability Sampling dan Nonprobability sebanyak 110. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa celebrity endorser tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat daya beli ulang scarlett, citra merek memiliki signifikan minat daya beli
Pengaruh Free Cash Flow Dan Model Tata Kelola Perusahaan Terhadap Informasi Pendapatan Perusahaan di Indonesia: The Influence of Free Cash Flow and Corporate Governance Model on Corporate Income Information in Indonesia Moch Dicky Riza; Tri Achmad Budi Susilo; ABD. Syakur
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.155

Abstract

Penghasilan adalah informasi penting dari laporan keuangan bagi pengguna karena nilai prediktifnya. Pendapatan juga dapat menjadi sumber konflik karena pemegang saham mayoritas dan minoritas, kreditur dan pemangku kepentingan lainnya memiliki kepentingan yang berbeda. Studi ini menyelidiki masalah pemegang saham mayoritas dan kreditur yang dimediasi oleh corporate governance terkait dengan laba dan rugi. Populasi perusahaan non keuangan yang dilengkapi dengan fasilitas website dan terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2019 – 2020 digunakan dalam penelitian ini. Dengan teknik purposive sampling, diperoleh 120 sampel. Penelitian ini dilakukan dengan metode regresi berganda untuk analisis data yang memiliki taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan keluarga dan leverage berpengaruh negative signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan struktur dan mekanisme corporate governance berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba. Implikasi dari penelitian ini : secara teoritis, (1) dalam perusahaan kepemilikan keluarga terkonsentrasi, keluarga memiliki control yang kuat untuk memutuskan kebijakan perusahaan yang penting mengutamakan kepentingan keluarga pemegang saham. (2) Perusahaan keluarga di Indonesia juga memiliki struktur hutang yang tinggi, yang menyebabkan pemegang saham keluarga (manager) melakukan moral hazard dengan memilih kebijakan akuntansi untuk menigkatkan pendapatan (increase income). Implikasi kebijakan : (1) Regurator pasar modal perlu menetapkan batasan proporsi kepemilikan keluarga untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan perusahaan dan pemangku kepentingan. (2) Regulator perlu terus meningkatkan penerapan regulasi corporate governance pada perusahaan publik.
PENGARUH PENAGIHAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA TERHADAP PENCAIRAN TUNGGAKAN PAJAK PADA KPP PRATAMA PADANG SATU: THE EFFECT OF TAX COLLECTION WITH FORCED LETTER ON THE DISCLOSURE OF TAX arrears at the PRATAMA KPP PADANG ONE Sophan Sophian; Witri Mulya Rahmadini
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.173

Abstract

Judul Penelitan ini adalah Pengaruh Penagihan Pajak Melalui Surat Terhadap Pencairan Tunggakan Pajak Pada KPP Pratama Padang Satu Jurusan Akuntansi AKBP STIE KBP Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh pemungutan pajak dengan surat paksa terhadap pencairan tunggakan pajak di KPP Pratama Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. seluruh pegawai KPP Pratama Padang Satu tahun 2020 menggunakan 93 sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari pegawai KPP Pratama Padang Satu. Hasil penelitian ini menghasilkan koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa pemungutan pajak dengan surat paksa mempengaruhi pencairan tunggakan pajak sebesar 81,8% sedangkan 18,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN TERUTANG PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020: THE EFFECT OF CAPITAL STRUCTURE ON CORPORATE INCOME TAX PAYABLE ON CONSUMER GOODS INDUSTRY SECTOR COMPANIES IN THE INDONESIA STOCK EXCHANGE FOR THE 2016-2020 PERIOD Sophan Sophian; Melvi Wahyuni
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2022): April: Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurima.v2i1.174

Abstract

Judul Penelitian ini adalah Pengaruh Struktur Modal Terhadap Pajak Penghasilan Badan Yang Terutang Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa debt to equity ratio (DER) berpengaruh terhadap Utang Pajak Penghasilan Badan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Untuk membuktikan bahwa debt to asset ratio (LDAR) jangka panjang berpengaruh terhadap Utang Pajak Penghasilan Badan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang telah diaudit. Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh lembaga pengumpul data dan dipublikasikan ke komunitas pengguna. Data diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id), dan website terkait lainnya serta mempelajari literatur terkait isu penelitian baik di media cetak maupun elektronik.

Page 1 of 2 | Total Record : 11