cover
Contact Name
Mahmuda Saputra
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6281229472841
Journal Mail Official
mahmuda@ugp.ac.id
Editorial Address
Jln. Simpang Kelaping-Lukup Badak-Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kab. Aceh Tengah, Provinsi Aceh, 24560
Location
Kab. aceh tengah,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika dan Elektro (JURTIE)
ISSN : 2809770X     EISSN : 28097742     DOI : https://doi.org/10.55542/jurtie.v4i1
Jurnal Teknik Informatika dan Elektro adalah jurnal terbitan berkala yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih Program Studi Teknik Informatika. Isi jurnal mencakup bidang keilmuan Teknik Informatika meliputi: Teknik Elektro, Teknik Tenaga Elektrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika, Teknik Kendali (atau Instrumentasi dan Kontrol), Teknik Biomedika, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Perangkat Lunak, Teknik Mekatronika. Jurnal Teknik Informatika dan Elektro terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Januari : Jurnal Teknik Informatika dan Elektro" : 5 Documents clear
SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA AKADEMIK DI PONDOK PESANTREN BUSTANU ADAIL QUR’AN DEMAK Kristiawan Nurdianto Nurdianto; Martinus Apun Heses Heses; Heru Yulianto Yulianto; Galuh Aditya Aditya
Jurnal Teknik Informatika dan Elektro Vol 3 No 1 (2021): Januari : Jurnal Teknik Informatika dan Elektro
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/jurtie.v3i1.322

Abstract

Dalam era globalisasi dan teknologi dewasa ini, penggunaan komputer sebagai salah satu alat teknologi informasi sangat dibutuhkan keberadaannya hampir di setiap aspek kehidupan. Penggunaan perangkat komputer sebagai perangkat pendukung manajemen dan pengolahan data adalah sangat tepat dengan mempertimbangkan kuantitas dan kualitas data, dengan demikian penggunaan perangkat komputer dalam setiap informasi sangat mendukung sistem pengambilan keputusan. Dalam penanganan pengolahan data akademik, Pondok Pesantren Bustanu Adail Qur’an masih banyak mengalami berbagai masalah karena pengolahan data masih manual. Dengan adanya sistem informasi akademik yang baru ini, diharapkan dapat memberikan informasi dengan baik dalam mengambil sebuah keputusan sehingga santri harus mendapatkan prioritas yang tinggi, oleh karena itu dibutuhkan sistem komputerisasi dengan program bantu Visual FoxPro 9 sehingga dalam pengolahan data santri dengan menggunakan komputer akan mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya adalah pengolahan data santri dan data nilai.
APLIKASI DAFTAR PENERIMA HIBAH BENIH DI DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KOTA BANJARBARU Rezky Izzatul Yazidah Anwar
Jurnal Teknik Informatika dan Elektro Vol 3 No 1 (2021): Januari : Jurnal Teknik Informatika dan Elektro
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/jurtie.v3i1.415

Abstract

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan adalah instansi yang bertanggung jawab kepada Gubernur terhadap penyajian data dan informasi Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura yang akurat dan tersedia pada saat dibutuhkan. Benih merupakan salah satu input pertanian yang mempunyai kontribusi signifikan terhadap tingkat produktivitas. Sehingga diperlukan ketersediaan benih yang berdaya hasil tinggi dan mutu yang baik. Benih bukan hanya sekedar bahan tanam, tetapi juga merupakan salah satu sarana pembawa teknologi ( delevery system ) yang mengandung potensi genetik untuk meningkatkan produksi tanaman. Ketersediaan benih yang mencukupi dan memadai akan mengakibatkan petani dapat melakukan penanaman dengan tepat waktu. Penginputan data mengenai daftar penerimaan hibah benih di kelompok tani pada setiap kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan yang mendapatkan bantuan benih masih dilakukan secara manual sehingga menyebabkan lambatnya dalam proses penginputan data. Serta, masih kesulitan ketika tidak ingat dalam mencari ulang data atau mengecek satu persatu data triwulan ataupun tahunan. Sehingga sistem informasi ini diharapkan dapat membantu pegawai dalam mendata bantuan hibah benih pada kelompok tani di setiap kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan.
Searching The Shortest Route Of Delivery Using The A* Algorithm Case Study Jne Office In Jakarta Selatan Abdurrahman Faqih; Khonsa Mutmainnah; Muhammad Bakhara Alief R
Jurnal Teknik Informatika dan Elektro Vol 3 No 1 (2021): Januari : Jurnal Teknik Informatika dan Elektro
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/jurtie.v3i1.423

Abstract

. Couriers deliver goods to many places every day. Therefore, the couriers need to find the shortest path between their intended locations. This is to save time, energy, and costs. The A* algorithm is one of the methods commonly used in finding the shortest path. By using this method, it is hoped that couriers will find it easier to find the shortest path when sending goods
Penerapan Pemilihan Model Dinamis Algoritma Behaviour Tree Decision dalam Third Person Game pada Musuh Non-Playable Charater Bilal Abdul Qowy; Faiz Hanafi; M.Akbar Riandi; Ahlijati Nuraminah
Jurnal Teknik Informatika dan Elektro Vol 3 No 1 (2021): Januari : Jurnal Teknik Informatika dan Elektro
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/jurtie.v3i1.424

Abstract

Teknologi kian melesat di era ini. Kebutuhan manusia untuk mendapatkan hiburan melalui teknologi informasi yang mudah dan cepat sangatlah dibutuhkan. Artificial intelligence menjadi pelopor yang mendukung berbagai bentuk kebutuhan yang dibuuthkan dalam pembuatan berbagai macam kemudahan manusia di era modern. Tak lepas dari itu semua, Artificial intelligence atau biasa disebut kecerdasan buatan dengan algorithma menjadi salah satu factor utama dari berkembangnya kebutuhan manusia dalam media informasi hingga hiburan. Dalam dunia hiburan algorithma juga digunakan untuk media pendukung dalam permainan. Salah satu penerapan Artificial intelligence dengan algoritma adalah berkembangnya permainan yang menerapkan algotima sperti beahviour tree yang bertujuan untuk menciptakan permainan yang lebih dinamis. Ketika sebuah algorithma ini diterapkan maka akan memberikan sebuah system permainan yang dinamis, membuka peluang lebih jauh dalam meningkatkan keseruan bermain, hingga berbagai kebermanfaatan yang dapat dirasakan seterusnya.
SISTEM KEAMANAN BRANGKAS MENGGUNAKAN SIDIK JARI DAN VERIFIKASI MELALUI APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR Gunawan T Hadiyanto; Ria Saptarika; Muharrom Muharrom
Jurnal Teknik Informatika dan Elektro Vol 3 No 1 (2021): Januari : Jurnal Teknik Informatika dan Elektro
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/jurtie.v3i1.473

Abstract

Sensor sidik jari merupakan salah satu bentuk sensor biometrik, yang menggunakan karakteristik fisik dari seorang penduduk sebagai salah satu jenis identitas diri. Penggunaan system sensor presensi biometrik sensor sidik jari pada saat ini sangat perlu untuk sistem keamanan yang diperlukan untuk menyimpan barang berharga seperti harta kekayaan ataupun dokumen-dokumen penting. Sebagai penambahan fitur keamanan maka pada penyimpanan (brangkas) yang mempergunakan sidik ditambahkan fitur berupa verifikasi melalui aplikasi android setelah melakukan scan sidik jari pada brangkas. Brangkas ini terdiri dari bagian utama berupa bagian prosessing yang berupa auduino uno [1] dan bebrapa peralatan seperti sensor sidik jari, ethernet shield dan rangkaian output berupa solenoid dan buzzer. Sistem akan beroperasi setelah sensor sidik jari terdaftar dan di input ke arduino uno kemudian diteruskan untuk memberikan notifikasi verifikasi pengakses brangkas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5