cover
Contact Name
Sari Susanti
Contact Email
sarisusanti@ars.ac.id
Phone
+6289677743359
Journal Mail Official
jsa@ars.ac.id
Editorial Address
Jalan Sekolah Internasional No. 1-2 Antapani Bandung 40282
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Abdimas
ISSN : -     EISSN : 26856956     DOI : https://doi.org/10.51977/jsa
Core Subject : Social,
Jurnal Sosial dan Abdimas merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat di Indonesia.
Articles 49 Documents
Pengembangan Pemasaran Madu Lebah Dengan Bauran Pemasaran 4P Di Desa Ciburial, Kampung Cikurutug Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.646 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat. Lokasi kegiatan pengabdian masyarakat ini berada di Desa Ciburial, Kampung Cikurutug, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, tepatnya di peternakan lebah madu. Di desa Cikurutug ini, sejumlah petani berternak lebah yang menghasilkan madu lezat dan berkualitas. Selain dengan cara diternak, para petani juga biasa mengambil langsung lebah liar dari hutan. Madu-madu yang dihasilkan dikemas dalam botol berbagai ukuran. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan penjualan madu lebah yang diproduksi oleh petani lebah yang ada di Kampung Cikurutug. Hingga saat ini, penjualan madu lebah kebanyakan hanya dilakukan di lokasi Kampung Cikurutug, jadi para konsumen sengaja datang ke Kampung Cikurutug untuk melihat proses berternak lebah dan sekaligus membeli madu dari hasil ternak lebah tersebut. Kondisi ini mengakibatkan jangkauan konsumen menjadi tidak terlalu luas. Dengan demikian, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi agar dapat menjangkau pasar konsumen lebih luas lagi. Maka dari itu, rekomendasi yang diberikan ialah strategi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran (maketing mix), yang terdiri dari product, price, place dan promotion. Dengan adanya strategi pemasaran produk madu yang tepat, penetapan harga yang sesuai dengan kualitas produk, dan promosi yang tepat diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan konsumen.
Penerapan Digital branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.105 KB)

Abstract

Peran internet saat ini sangat mempengaruhi kehidupan kita, tidak terkecuali para pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) dalam menjalankan usahanya. Peran internet dalam menjalankan bisnis akan sangat membantu dalam memperluas pasar dari produk kita. Permasalahannya masih sedikit pelaku UMKM yang belum terbiasa dengan penggunaan media digital, sehingga membuat strategi pemasaran melalui intyernet belum maksimal. Pemanfaatan internet saat ini bagi pelaku UMKM bukan hanya sekedar memasarkan produk, tetapi membantu dalam membangun strategi branding. Pelaku UMKM yang banyak terkendala permaslahan permodalan dirasa penggunaan strategi digital branding akan sangat membantu agar produk UMKM Indonesia dapat merebut hati dan menarik perhatian konsumen. Strategi branding ini juga dapat membantu produk UMKM dapat menjadi raja di negaranya sendiri. Melalui pengabdian masyarakat ini, dengan memberikan pemahaman dan workshop dalam membangun brand bagi produk UMKM. Artikel ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan secara jelas bagaimana proses pembentukkan branding di era digital. Artikel ini memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan UMKM mengingat saat ini indonesia di serbu produk-produk impor. Ditambah dengan kondisi digital informasi saat ini membuat arus informasi produk produk inpor lebih mudah masuk. Oleh karena itu membangun brand di media digital sangat penting bagi UMKM untuk dapat merebut hati dari para konsumennya. Artikel ini diharapkan dapat menjadi pegangan bagi para pelaku UMKM untuk dapat melakukan perkembangannya bisnisnya melalui strategi branding di dunia digital.
Pengembangan Pemasaran Wisata Dalam Menarik Minat Kunjungan Wisatawan Grace Rose Farm – Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.682 KB)

Abstract

Kota Bandung memiliki potensi wisata yang sangat beragam. Pemandangan alam pegunungan yang indah menjadikan Bandung sebagai salah satu tujuan agrowisata. Agrowisata didefinisikan sebagai suatu bentuk pariwisata yang memanfaatkan budaya petani sebagai daya tarik wisata. Aktivitas wisatanya melibatkan penggunaan lahan pertanian yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Grace Rose Farm merupakan salah satu tempat pertanian bunga yang baru saja dibuka di awal tahun 2017. Jenis tanamannya tidak hanya mawar namun mulai dari bunga lokal sampai jenis bunga impor, bahkan sayuran organik. Dalam upaya menarik minat kunjungan wisatawan untuk datang berkunjung ke agrowisata Grace Rose Farm, diusulkan pembuatan videografi untuk alat pemasaran dan bekerjasama dengan beberapa sektor industri kreatif lainnya sebagai partner serta media promosi wisata.
Krisis Komunikasi Dalam UMKM
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.941 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini adalah untuk membantu menjelaskan langkah-langkah yang perlu ditindaklanjuti oleh pelaku UMKM dalam menghadapi persoalan krisis komunikasi yang biasa terjadi di setiap organisasi usaha (perusahaan). Sebagai pelaku UMKM yang juga menjadi pimpinan atau staff sebuah perusahaan tentunya perlu mengetahui pentingnya mengatasi dan mengelola pesan yang bermakna bahkan isu-isu pada saat terjadinya sebuah krisis komunikasi di dalam perusahannya.Citra perusahaan menjadi salah satu aspek yang lebih disoroti dalam krisis komunikasi karena berpengaruh besar dalam reputasi sebuah perusahaan. Krisis merupakan suatu permasalahan besar yang tidak terduga dan memiliki dampak negatif sekaligus positif. Permasalahan ini bisa menghancurkan organisasi, karyawan, hingga reputasi perusahaan. Namun jika krisis dapat ditangani dengan baik oleh organisasi atau perusahaan, maka reputasi dan citra perusahaan tersebut justru akan menjadi lebih positif.
Desain Kemasan Pada Kripik La’jore Cibatu-Garut
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.31 KB)

Abstract

Kripik La’jore sebagai salah satu UMKM di Kabupaten Garut yang memproduksi keripik dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan. Kripik La’jore mulai dibangun pada tahun 2015 tepatnya bulan Mei yang didirikan oleh ibu Jumali berlokasi di Kampung Babakanloa, RT 04 RW 04, Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat memiliki produk yang sudah. Pada produk Kripik La’jore penjualan produk sudah cukup lumayan, hanya saja sistem penjualan produk masih menganut pemasaran tradisional, dimana produk yang dijual memiliki kemasan yang sederhana hanya menggunakan plastik bening, padahal rasa dan kualitasnya tidak kalah saing dengan kripik moderen. dengan desain kemasan yang lebih menarik akan menambah minat beli konsumen, selain itu manfaat kemasan diantaranya melindungi produk, meningkatkan daya tarik, informasi produk, dan sebagai diferensiasi produk.
Pemanfaatan Fotografi Melalui Smartphone Untuk Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.446 KB)

Abstract

Globalisasi telah membawa perubahan dalam berbagai lini kehidupan masyarakat, termasuk dalam bidang ekonomi. Pemasaran produk UMKM juga harus mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi melalui pemasaran berbasis online, sehingga bisa meningkatkan minat serta jumlah konsumen. Untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui online, diperlukan foto produk untuk dipublikasikan sehingga calon konsumen mengetahui bentuk atau rupa produk yang ditawarkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat, khususnya UMKM dengan maksud untuk memberikan dukungan agar UMKM tersebut dapat lebih maju. Lokasi kegiatan ini berada di wilayah Kelurahan Samoja Kota Bandung yang terdiri dari para pelaku UMKM setempat. Manfaat kegiatan ini yaitu meningkatkan penjualan produk UMKM yang berupa makanan dan fashion. Hingga saat ini, penjualan produk UMKM tersebut hanya dilakukan di lokasi setempat. Maka dari itu, jangkauan konsumen masih belum terlalu luas. Dengan demikian, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi agar dapat menjangkau pasar konsumen lebih luas lagi. Maka dari itu, rekomendasi yang diberikan ialah pelatihan fotografi dan online shop untuk menunjang digital marketing para pelaku UMKM terbut. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan konsumen.
Identitas Karya Mural Sebagai Karakter Pendukung Lingkungan Pariwisata Kelurahan Ciumbuleuit Kota Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.973 KB)

Abstract

Abstrak Perkembangan mural di Indonesia khususnya di kota Bandung sangat berkembang pesat, terbukti banyaknya mural yang terdapat di kota Bandung. Namun stigma masyarakat terhadap mural tidak pernah lepas dari vandalisme, kurangnya edukasi dan informasi mengenai mural membuat stigma itu berkembang di masyarakat, maka dari itu penulis melakukan penelitian terhadap masalah ini. Penulis melakukan penelitian ini menggunakan metode wawancara kepada para ahli di bidang mural dan juga masyarakat dengan cara memberikan kuisioner terkait masalah tersebut. Metode ini dipilih karena merupakan metode yang paling tepat untuk mencari data penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mendapatkan hasil bahwa para audiens memiliki antusias yang tinggi terhadap mural. Namun kurangnya informasi mengenai mural membuat para audiens kurang memahami tentang dasar-dasar pembuatan mural dan perbedaanya dengan vandalisme tersebut. Maka dari itu, penulis merancang sebuah alternatif solusi dengan membuat sebuah identitas karya mural sebagai karakter pendukung lingkungan pariwisata. Karya mural ini akan berisi tentang segala aspek mengenai karakter-karakter yang mbersatu dengan alam. Dengan adanya karya mural tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan dan membantu para masyarakat dan khususnya Kelurahan Ciumbuleuit untuk dapat membuat mural secara indah juga membawa stigma mural menjadi lebih positif, serta dapat membantu untuk mengurangi potensi akan terjadinya vandalisme khususnya di Kelurahan Ciumbuleuit, Kota Bandung. Kata Kunci: Mural, Vandalisme, Edukasi, Karakter ABSTRACT The development of mural in Indonesia, especially in the city of Bandung is growing rapidly, as evidenced by the many mural found in the city of Bandung. But the public's stigma of mural is never separated from vandalism, lack of education and information about mural makes the stigma develop in the community, therefore the authors conduct research on this issue. The author conducted this research using interview methods to experts in the field of mural and also the public by giving questionnaires related to the problem. This method was chosen because it is the most appropriate method for finding this research data. Based on the results of the study, the authors get the results that the audience has a high enthusiasm for mural. But the lack of information about mural makes the audience less understand about the basics of making mural and the difference with the vandalism. Therefore, the authors designed an alternative solution by making a mural work identity as a supporting character of the tourism environment. This mural will contain all aspects of characters that are united with nature. With this mural, it is hoped that it can increase knowledge and help the community and especially Ciumbuleuit Village to be able to make murals beautifully and also bring the stigma of the murals to be more positive, and can help to reduce the potential for vandalism, especially in Ciumbuleuit Village, Bandung City. Keywords: Mural, Vandalism, Education, Character
Pengaruh Pendidikan Kesehatan Simulasi: Senam Kaki Terhadap Pengetahuan Dan Kemampuan Penderita Diabetes Melitus Tipe II Di Wilayah Puskesmas Garuda Kota Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.8 KB)

Abstract

ABSTRAK Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit kronis yang disebabkan karena kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Semakin lama penderita Diabetes melitus semakin bertambah. Dimana pada tahun 2015, Indonesia menduduki posisi ke 5 dengan jumlah penderita penykit Diabetes melitus terbanyak di dunia. Di kota Bandung pada tahun 2015 di temukan jumlah penderita Diabetes Melitus sebanyak 31.714 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan simulasi : senam kaki terhadap pengetahuan dan kemampuan penderita Diabetes melitus tipe II di wilayah puskesmas Garuda Kota Bandung. Penelitian menggunakan pra-eksperimental dengan rancangan pra dan post tes dalam satu grup (one-group pra-post-test design). Teknik pengambilan sampel menggunakan non probality sampling dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk pengetahuan dan lembar observasi untuk kemampuan senam kaki dengan jumlah responden sebanyak 46 responden, analisa data univariat menggunakan persentase dan analisa data bivariat menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dilakukan simulasi senam kaki dengan hasil sebagian kecil responden memiliki pengetahuan baik ( 19,6%), sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup (58,7%), sebagian kecil responden memiliki pengetahuan kurang (21,7%). Kemudian untuk kemampuan sangat sedikit responden yang mampu melakukan senam kaki (8,7%), hampir seluruhnya responden kurang mampu melakukan senam kaki (91,3%). Setelah dilakukan simulasi senam kaki sebagian kecil respoden memiliki pengetahuan baik (23,9%), sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup (63%) dan sangat sedikit responden memiliki pengetahuan kurang (13%). Kemudian untuk kemampuan sebagin responden mampu melakukan senma kaki (54,3%) dan sebagian tidak mampu melakukan senam kaki (45,7%). Untuk hasil uji statistik Pengetahaun menggunakan Wilcoxon di dapatkan p value = 0,000 < α (0,05) dan kemampuan p value = 0,000 < α (0,05), menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Pendidikan Kesehatan Simulasi : Senam Kaki terhadap Pengetahuan dan Kemampuan Penderita Diabetes melitus tipe II. Kata Kunci : diabetes melitus, kemampuan, pengetahuan, senam kaki ABSTRACT Diabetes mellitus (DM) is a chronic disease caused by blood sugar level too high. By the time the patient of diabetes mellitus grow. In 2015, Indonesia placed the fifth position with the highest number of diabetes mellitus cases in the world. In Bandung at 2015, people with Diabetes Mellitus were 31,714 people. The purpose of this study were to determine the effect of health education simulation of foot calisthenics to the knowledge and ability of people with type II diabetes mellitus in the health center at Garuda Bandung area. The research used pre-experimental design with pre and post test design in one group (one group pre-post-test desaign). Sampling technique used non probality sampling with surposive sampling. The data were collected by questionnaires for knowledge and observation from for the ability of foot exercises with 46 respondents, univariate data analysis using percentage and bivariate data analysis using Wilcoxon. The results showed that before health education responden with good knowledge about (19,6%), Sufficient knowledge (58,7%), Defficient knowledge (21,7%). Then for an ability, responden showed the foot calisthenics (8.7%) of responden capable and almost completly responden (91.3%) were unable to show the foot calisthenics. After doing health education, responden with a good knowledge (23,9%), sufficient knowledge (63%) and defficient knowledge (13%). Then, for the ability, more than half respondens were capable to showed the foot calisthenics (54.3%) and some of them were unable showed the foot calisthenics (45.7%). For Knowledge statistical test result used Wilcoxon get value p = 0,000 <α (0,05) and ability p value = 0,000 < α (0,05), showed that there was an effect of Health Education Simulation of Foot calisthenics against Knowledge and Ability Diabetes mellitus type II. Keywords: Ability, Diabetes Mellitus, Foot Calisthenics, Knowledge
Pemanfaatan Media Sosial Pada MA Nurul Iman Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.805 KB)

Abstract

ABSTRAK Kelompok pembuat konten pelajar MA Nurul Iman terbentuk untuk menggiatkan minat membuat karya melalui fasilitas pemasaran dan pengelolaan produk produk audio visual maupun visual dari siswa/I MA Nurul Iman menggunakan pemasaran menggunakan media sosial Instagram dan Youtube untuk kepentingan pembelajaran dan branding sekolah. Maka dilakukan untuk pelatihan pembuatan dan pengelolaan konten multimedia dan videografi produk sekolah juga pemasaran menggunakan media Instagram dan Youtube yang dapat membantu kelompok pelajara MA Nurul Iman untuk dapat menambah keahlian kebutuhan industri saat ini pada saat nanti lulus sekolah. Para anggota kelompok pelajara MA Nurul Iman sangat terbantu dengan diadakannya pelatihan-pelatihan ini sehingga dapat lebih menggunakan media sosial untuk kepentingan pembelajaran dan branding sekolah. Kata kunci : Konten, Kelompok Pelajar, Media Sosial ABSTRACT MA Nurul Iman's student content creator group was formed to encourage interest in creating works through marketing facilities and audio-visual and visual product management of MA Nurul Iman's students using marketing using social media Instagram and Youtube for the benefit of school learning and branding. So it was conducted for training on the creation and management of multimedia content and videography of school products as well as marketing using Instagram and Youtube media that can help MA Nurul Iman student groups to be able to add expertise to current industry needs when they graduate from school. The members of the MA Nurul Iman learning group were greatly helped by the holding of these trainings so that they could better use social media for the sake of school learning and branding. Keywords: Content, Student Groups, Social Media
Penyuluhan Perilaku Bullying Melalui Media Sosial Bagi Siswa
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.719 KB)

Abstract

Maraknya kasus-kasus bullying di kalangan pelajar yang dilakukan di media sosial ataupun sekolah kian meresahkan. Seperti, memberikan komentar jahat kepada akun media sosial orang lain baik yang mereka kenal sampai yang tidak kenal yang mengakibatkan ketidak seimbangan antara pelaku dan korban. Korban akan mengalami malu, merasa terisolasi, kesulitan dalam berkomunikasi dan berkonsentrasi terhadap pekerjaannya karena mengalami gangguan kecemasan. Perlu adanya bimbingan serta pengawasan untuk mengamai perilaku pelajar dalam kasus ini. Dengan demikian, tim pengabdi melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PkM) tentang Perilaku Bullying pada Media Sosial dengan target sasaran dalam siswa-siswi SMA N 8 Kota Cirebon yang pernah melakukan bullying, dibully, dan melihat temannya yang dibully secara acak dipilih oleh pihak sekolah. Dilakukan pada hari Kamis, 27 Februari 2020 di laboratorium Fisika yang dihadiri oleh 25 peserta. Hasil dari kegiatan ini adalah para siswa menyadari bahwa mereka pernah melakukan bullying kepada teman dengan alasan bercanda, kemudian beberapa diantaranya pernah menjadi korban bullying baik di media sosial ataupun di sekolah, dan ada pula yang perah melihat temannya dibully. Perilaku tersebut dilakukan baik secara verbal maupun non verbal, seperti memaki, memukul, serta mengejek. Dengan adanya edukasi ini, diharapkan siswa-siswi memahami manfaat pengunaan media sosial, efek dari bullying, mendukung gerakan stop bullying serta memprakterkannya.