cover
Contact Name
Sari Susanti
Contact Email
sarisusanti@ars.ac.id
Phone
+6289677743359
Journal Mail Official
jsa@ars.ac.id
Editorial Address
Jalan Sekolah Internasional No. 1-2 Antapani Bandung 40282
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Abdimas
ISSN : -     EISSN : 26856956     DOI : https://doi.org/10.51977/jsa
Core Subject : Social,
Jurnal Sosial dan Abdimas merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat di Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas" : 5 Documents clear
Pengembangan Pemasaran Madu Lebah Dengan Bauran Pemasaran 4P Di Desa Ciburial, Kampung Cikurutug Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.646 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat. Lokasi kegiatan pengabdian masyarakat ini berada di Desa Ciburial, Kampung Cikurutug, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, tepatnya di peternakan lebah madu. Di desa Cikurutug ini, sejumlah petani berternak lebah yang menghasilkan madu lezat dan berkualitas. Selain dengan cara diternak, para petani juga biasa mengambil langsung lebah liar dari hutan. Madu-madu yang dihasilkan dikemas dalam botol berbagai ukuran. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan penjualan madu lebah yang diproduksi oleh petani lebah yang ada di Kampung Cikurutug. Hingga saat ini, penjualan madu lebah kebanyakan hanya dilakukan di lokasi Kampung Cikurutug, jadi para konsumen sengaja datang ke Kampung Cikurutug untuk melihat proses berternak lebah dan sekaligus membeli madu dari hasil ternak lebah tersebut. Kondisi ini mengakibatkan jangkauan konsumen menjadi tidak terlalu luas. Dengan demikian, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi agar dapat menjangkau pasar konsumen lebih luas lagi. Maka dari itu, rekomendasi yang diberikan ialah strategi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran (maketing mix), yang terdiri dari product, price, place dan promotion. Dengan adanya strategi pemasaran produk madu yang tepat, penetapan harga yang sesuai dengan kualitas produk, dan promosi yang tepat diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan konsumen.
Penerapan Digital branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.105 KB)

Abstract

Peran internet saat ini sangat mempengaruhi kehidupan kita, tidak terkecuali para pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) dalam menjalankan usahanya. Peran internet dalam menjalankan bisnis akan sangat membantu dalam memperluas pasar dari produk kita. Permasalahannya masih sedikit pelaku UMKM yang belum terbiasa dengan penggunaan media digital, sehingga membuat strategi pemasaran melalui intyernet belum maksimal. Pemanfaatan internet saat ini bagi pelaku UMKM bukan hanya sekedar memasarkan produk, tetapi membantu dalam membangun strategi branding. Pelaku UMKM yang banyak terkendala permaslahan permodalan dirasa penggunaan strategi digital branding akan sangat membantu agar produk UMKM Indonesia dapat merebut hati dan menarik perhatian konsumen. Strategi branding ini juga dapat membantu produk UMKM dapat menjadi raja di negaranya sendiri. Melalui pengabdian masyarakat ini, dengan memberikan pemahaman dan workshop dalam membangun brand bagi produk UMKM. Artikel ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan secara jelas bagaimana proses pembentukkan branding di era digital. Artikel ini memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan UMKM mengingat saat ini indonesia di serbu produk-produk impor. Ditambah dengan kondisi digital informasi saat ini membuat arus informasi produk produk inpor lebih mudah masuk. Oleh karena itu membangun brand di media digital sangat penting bagi UMKM untuk dapat merebut hati dari para konsumennya. Artikel ini diharapkan dapat menjadi pegangan bagi para pelaku UMKM untuk dapat melakukan perkembangannya bisnisnya melalui strategi branding di dunia digital.
Pengembangan Pemasaran Wisata Dalam Menarik Minat Kunjungan Wisatawan Grace Rose Farm – Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.682 KB)

Abstract

Kota Bandung memiliki potensi wisata yang sangat beragam. Pemandangan alam pegunungan yang indah menjadikan Bandung sebagai salah satu tujuan agrowisata. Agrowisata didefinisikan sebagai suatu bentuk pariwisata yang memanfaatkan budaya petani sebagai daya tarik wisata. Aktivitas wisatanya melibatkan penggunaan lahan pertanian yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Grace Rose Farm merupakan salah satu tempat pertanian bunga yang baru saja dibuka di awal tahun 2017. Jenis tanamannya tidak hanya mawar namun mulai dari bunga lokal sampai jenis bunga impor, bahkan sayuran organik. Dalam upaya menarik minat kunjungan wisatawan untuk datang berkunjung ke agrowisata Grace Rose Farm, diusulkan pembuatan videografi untuk alat pemasaran dan bekerjasama dengan beberapa sektor industri kreatif lainnya sebagai partner serta media promosi wisata.
Krisis Komunikasi Dalam UMKM
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.941 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini adalah untuk membantu menjelaskan langkah-langkah yang perlu ditindaklanjuti oleh pelaku UMKM dalam menghadapi persoalan krisis komunikasi yang biasa terjadi di setiap organisasi usaha (perusahaan). Sebagai pelaku UMKM yang juga menjadi pimpinan atau staff sebuah perusahaan tentunya perlu mengetahui pentingnya mengatasi dan mengelola pesan yang bermakna bahkan isu-isu pada saat terjadinya sebuah krisis komunikasi di dalam perusahannya.Citra perusahaan menjadi salah satu aspek yang lebih disoroti dalam krisis komunikasi karena berpengaruh besar dalam reputasi sebuah perusahaan. Krisis merupakan suatu permasalahan besar yang tidak terduga dan memiliki dampak negatif sekaligus positif. Permasalahan ini bisa menghancurkan organisasi, karyawan, hingga reputasi perusahaan. Namun jika krisis dapat ditangani dengan baik oleh organisasi atau perusahaan, maka reputasi dan citra perusahaan tersebut justru akan menjadi lebih positif.
Desain Kemasan Pada Kripik La’jore Cibatu-Garut
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.31 KB)

Abstract

Kripik La’jore sebagai salah satu UMKM di Kabupaten Garut yang memproduksi keripik dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan. Kripik La’jore mulai dibangun pada tahun 2015 tepatnya bulan Mei yang didirikan oleh ibu Jumali berlokasi di Kampung Babakanloa, RT 04 RW 04, Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat memiliki produk yang sudah. Pada produk Kripik La’jore penjualan produk sudah cukup lumayan, hanya saja sistem penjualan produk masih menganut pemasaran tradisional, dimana produk yang dijual memiliki kemasan yang sederhana hanya menggunakan plastik bening, padahal rasa dan kualitasnya tidak kalah saing dengan kripik moderen. dengan desain kemasan yang lebih menarik akan menambah minat beli konsumen, selain itu manfaat kemasan diantaranya melindungi produk, meningkatkan daya tarik, informasi produk, dan sebagai diferensiasi produk.

Page 1 of 1 | Total Record : 5