cover
Contact Name
Sari Susanti
Contact Email
sarisusanti@ars.ac.id
Phone
+6289677743359
Journal Mail Official
jsa@ars.ac.id
Editorial Address
Jalan Sekolah Internasional No. 1-2 Antapani Bandung 40282
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Abdimas
ISSN : -     EISSN : 26856956     DOI : https://doi.org/10.51977/jsa
Core Subject : Social,
Jurnal Sosial dan Abdimas merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat di Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sosial dan Abdimas" : 5 Documents clear
Pelatihan Manajemen Pemasaran Dengan Strategi Price, Promotion, dan Distribusi Pada Kelompok Wanita Tani Cigiringsing Berkebun Dalam Memasarkan Hasil Kebun
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.901 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat, khususnya kepada wanita tani Cigiringsing berkebun dalam memasarkan hasil kebun, dengan maksud untuk memberikan dukungan agar hasil kebun tersebut dapat dipasarkan secara luas. Lokasi kegiatan pengabdian masyarakat RW. 03 ini berada di desa Cigiringsing, Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, Langkah pemanfaatan lahan pekarangan dan lingkungan dengan budidaya sejumlah tanaman sayuran, membawa banyak manfaat bagi sejumlah warga Kampung Cigiringsing, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, Bandung, Selain kawasan lingkungan menjadi hijau, hasil panen tersebut mampu menjadikan sumber ketahanan pangan sekaligus usaha sampingan bagi warga dari menjual sayuran. Sebelumnya, bertanam masih dilakukan kebanyakan oleh kalangan bapak-bapak, namun belakangan kalangan wanita tidak hanya ibu rumah tangga saja namun para wanita muda yang dulunya bekerja di toko, pabrik ataupun perusahaan juga banyak yang akhirnya berkebun, hal ini menjadi salah satu pilihan mata pencaharian mereka, hal ini terjadi karena adanya dampak covid 19 yang mengakibatkan para wanita ini hilang pekerjaan, sehingga berkebun merupakan salah satu pilihan. Mereka memanfaatkan lahan perkarangan untuk membudidayakan sayuran. Hasilnya sudah dirasakan oleh beberapa wanita tani di desa tersebut, sehingga dapat memotivasi wanita lain yanga ada di desa tersebut. Namun hasil penjualan dari hasil kebun tersebut belum terlalu baik sesuai dengan harapan para petani wanita, jangkauan pemasarannya pun relatife belum luas, hanya sekitar pasar Ujung berung saja, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan pelatihan kepada wanita tani, agar dapat menjangkau pasar konsumen lebih luas dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi lagi. Maka dari itu, pelatihan pemasaran manajemen yang akan diberikan adalah dengan menggunakan strategi pemasaran manajemen yang hanya menitik beratkan kepada price, promotion dan distribusi Kata kunci: pelatihan, manajemen pemasaran, berkebun
Sosialisasi Antihoax Untuk Para Siswa di SMK Auto Matsuda Kabupaten Kuningan
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.378 KB)

Abstract

Mudahnya mendapatkan informasi dari berbagai sumber khususnya media sosial, masyarakat dengan mudah terpapar informasi yang menyesatkan. Informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya (hoax), intensitas berita yang tidak jelas dan minim verifikasi. Kondisi ini menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh jurnalisme. Berita hoax yang disampaikan kerap mengabaikan etika dan bahkan cenderung memantik permusuhan dan kemarahan. Pengabdian ini dilakukan sebagai tanggungjawab social perguruan tinggi atas maraknya penyebaran berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan yang menyasar seluruh kalangan. Termasuk kalangan pelajar. Pemilihan tema ini karena memiliki harapan agar para siswa bisa membedakan dan tak terpengaruh berita berita hoax yang banyak tersebar di media sosial. Dengan demikian, tim pengabdi melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PkM) tentang sosialisasi berita antihoax di kalangan pelajar SMK Auto Matsuda Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2020. Berlokasi di Aula SMK Auto Matsuda Kecamatan Maleber. Diikuti oleh 27 siswa. Hasil dari kegiatan ini adalah para siswa mengaku kerap menerima berita hoax seperti informasi diskon, undian berhadiah, berita di media sosial, dan lain-lain. Usai kegian PKM ini, diharapkan para siswa lebih aware terhadap informasi yang belum terverifikasi dengan benar, khususnya pada media sosial mereka. Karena dari sumber departemen komunikasi dan informasi penyebaran informasi hoax paling tinggi berada di ranah media sosial. Selain itu dengan sosialisasi ini para siswa pun mengaku kian mengetahui ciri-ciri informasi hoax dan secara mandiri bisa mengidentifikasinya.
Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Usaha Peningkatan Penjualan Produk Bolu Jadul
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.336 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan kegiatan dalam upaya meningkatkan pangsa pasar dan penjualan produk usaha kreatif yang bergerak dalam bidang pembuatan aneka kue dan makanan ringan rumahan. Memperkenalkan produk kepada khalayak merupakan bagian dari strategi komunikasi pemasaran terpadu. Pemanfaatan internet atau media online dan brosur dalam promosi jenis produk, model produk hingga diskon penjualan, seringkali menjadi sarana media pemasaran yang efisien bagi UMKM dengan biaya yang rendah. Bolu Jadul sebagai salah satu UMKM menghasilkan produk aneka kue seperti bolu gulung dan moci gulung dengan berbagai rasa yaitu stroberi, jeruk, coklat, durian dan moka serta makanan ringan seperti kacang nyumput dan rempeyek. Selama ini, pemasaran produk Bolu Jadul hanya dilakukan terbatas berdasarkan pemesanan dari konsumen perorangan seperti kerabat, rekan-rekan kerja di kantor dan rekan-rekan dari instansi lain yang dikenal oleh pemilik Bolu Jadul. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan secara daring dengan materi pembuatan konten dan desain brosur. Penggunaan dan pemanfaatan internet dalam hal ini media online seperti media sosial, website, blog, email dan media lainnya dapat dimaksimalkan sebagai sarana pemasaran produk Bolu Jadul untuk pengembangan usahanya. Selain itu dilakukan juga penyuluhan dan ceramah ilmiah yang bertujuan agar pemilik Bolu Jadul dapat lebih memahami konsep dan pengaplikasian komunikasi pemasaran dalam kegiatan usaha yang sedang dijalankan. Setelah dua kegiatan tersebut dilakukan, selanjutnya pendampingan seperti konsultasi lanjutan diberikan agar perubahan sikap dalam menjalankan pemasaran dapat menjadi lebih optimal dan dapat dipantau perkembangannya ke depan. Kata kunci: komunikasi, pemasaran, produk
Pelatihan Soft Skill Bagi Para Pelaku UMKM di Desa Lengkong Kabupaten Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.943 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjudul Memupuk Sikap Mental Wirausaha Melalui Pelatihan Soft Skill Bagi Para Pelaku UMKM Di Desa Lengkong Kabupaten Bandung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan tentang soft skill yang merupakan salah satu kemampuan dasar yang diperlukan untuk menjalankan usaha. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan abdimas ini adalah para pelaku UMKM di Desa Lengkong mendapat pengetahuan tentang soft skill yang dapat digunakan untuk memupuk sikap mental wirausaha. Simpulannya, melalui pelatihan ini para pelaku UMKM mengetahui tentang soft skill apa saja yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM, yang mencakup etika bisnis, budaya kerja, sikap positif, kreatifitas dan integritas.
Kewirausahaan dan Pengembangan Kompetensi Warga Desa Lengkong Ciganitri Kabupaten Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sosial dan Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.793 KB)

Abstract

Kewirausahaan merupakan topic hangat untuk meningkatkan taraf hidup, dan kemampuan bertahan, dan berpenghasilan ditengah situasi merebaknya pandemic covid 19 saat ini. Hal ini menjadi pemikiran dan pengharapan masyarakat umum, termasuk masyarakat warga Desa Lengkong Kabupaten Bandung. Keinginan dan harapan ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan aktifitas pengabdian masyarakat yang menjadi kewajiban insan akademis Universitas ARS, sebagai tindakan nyata untuk mencapai tujuan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian warga. Pelaksanan pengabdian masyarakat pada Desa Lengkong Ciganitri Kabupaten Bandung oleh tim Universitas ARS, dijalankan sesuai dengan misi pengabdian perguruan tinggi untuk berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas sumberdaya manusia dalam masyarakat, terutama dalam hal pengembangan pengetahuan praktis kewirausahaan di Desa Lengkong Ciganitri Kabupaten Bandung.

Page 1 of 1 | Total Record : 5