cover
Contact Name
Sari Susanti
Contact Email
sarisusanti@ars.ac.id
Phone
+6289677743359
Journal Mail Official
jsa@ars.ac.id
Editorial Address
Jalan Sekolah Internasional No. 1-2 Antapani Bandung 40282
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Abdimas
ISSN : -     EISSN : 26856956     DOI : https://doi.org/10.51977/jsa
Core Subject : Social,
Jurnal Sosial dan Abdimas merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat di Indonesia.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Sosial " : 6 Documents clear
Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengemasan Paket Wisata Di Mandalajati Kota Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Sosial & Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jsa.v4i2.730

Abstract

Abstrak Kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan pengemasan paket wisata melalui pelatihan Pengemasan Produk Paket Wisata POKDARWIS Mandalajati, dilaksanakan dengan tujuan mampu meningkatkan kemampuan kelompok mitra, untuk mampu mengkemas potensi wisata yang dimiliki oleh Kecamatan Mandalajati. Adanya Kelompok Sadar Wisata ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk mampu menggerakan kegiatan sapta pesona, dengan terbentuknya POKDARWIS ini banyak pula permasalahan yang dihadapi oleh POKDARWIS. Salah satu permasalahannya adalah minimnya produk wisata yang dibuat atau bisa dikatakan sampai saat ini hanya sebatas satu produk wisata saja yaitu produk wisata air dan permasalahan lainnya yaitu kurangnya kemampuan dalam memahami kepariwisataan dan tahapan pengemasan suatu paket wisata menjadi kendala utama dalam kegiatan mengembangkan atau meningkatkan promosi wisata yang ada. Melalui kegiatan PKM ini maka dicarikan solusi pemecahan masalah. Adapun solusi pemecahan masalah yang dibutuhkan dan sekaligus luaran kegiatan yang akan di berikan pada kelompok mitra ini adalah dengan memberikan pelatihan kepariwisataan dan pembuatan design paket wisata sebagai media pemasaran yang dituangkan dalam brosur, sehingga masalah akan minimnya produk paket wisata yang ditawarkan, sebagai salah satu bentuk diversifikasi produk wisata bisa diatasi. Luaran dari kegiatan ini adalah design paket wisata alam dan budaya yang langsung bisa dituangkan pada brosur. Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode pelaksanaan partisipatif dan observatif. Dimana pengusul dan peserta kegiatan yaitu anggota kelompok penggerak pariwisata secara langsung mencari bahan dan menuangkan bahan terkait potensi yang ada dalam suatu design produk wisata alam dan budaya. Kata kunci: paket wisata, Pokdarwis, wisata alam dan budaya
Strategi Pengembangan Bisnis Pratani Training Camp Di Kp. Cilintung, Baleendah, Kabupaten Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Sosial & Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jsa.v4i2.772

Abstract

Setiap unit bisnis perlu mengetahui strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnisnya. Tema ini yang diusung oleh Prodi Magister Manajemen, ARS Universtity dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerja sama dengan Pratani, sebuah training camp yang menyediakan pelatihan bagi masyarakat umum yang berminat untuk menjadi peternak ayam petelur. Penelitian pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan kajian teoretis strategi pengembangan bisnis. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam strategi pengembangan bisnis sehubungan dengan kondisi lingkungan, yaitu kondisi lingkungan internal dan eksternal. Kondisi lingkungan internal merupakan kekuatan dari suatu strategi pengembangan bisnis, berupa sumber daya manusia yang kompeten, konsistensi program pelatihan serta perencanaan program pelatihan yang optimal membuat luaran yang optimal yaitu peserta pelatihan budidaya ayam petelur yang kompeten dibidangnya. Kondisi eksternal yang menyangkut peluang adalah dapat menciptakan ide lapangan pekerjaan yang baru bagi para peserta program, adanya kerjasama dengan lembaga bisnis atau pelatihan lain yang sejenis, mendapat dukungan dari masyarakat karena memberdayakan masyarakat sekitar. Strategi yang bisa diterapkan oleh Pratani yaitu aktif promosi di berbagai sosial media dan joint venture
Meningkatkan Potensi Pengembangan Usaha Peternak Ayam Petelor di Kp. Cilintung Jelekong
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Sosial & Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jsa.v4i2.775

Abstract

Indonesia adalah satu negara yang berpenduduk besar sehingga jumlah pangan yang dibutuhkan juga besar. Usaha pemenuhan pangan menjadi persoalan penting bagi Bangsa Indonesia. Tingkat pertumbuhan penduduk harus disikapi secara serius untuk memenuhi kebutuhan pangan bangsa Indonesia sehingga ketahanan pangan dapat terwujud. Potensi pembangunan peternakan memiliki prospek yang baik dimasa depan karena permintaan produk yang berasal dari ternak akan terus meningkat serta sektor peternakan juga memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indonesia, salah satu produk peternakan yang memiliki peran penting adalah telur. Telur merupakan sumber protein dan lemak hewani yang murah dan mudah didapatkan. Metode dalam menganalisis masalah dalam hal ini yaitu dengan melakukan survey tempat dan wawancara dengan pemilik usaha Ayam Petelur tepatnya berada di Kp. Cilitung Jelekong. Hasil yang diperoleh berdasarkan wawancara, bahwa dalam perternakan memiliki Kendala terutama pakan. Karna hampir 50% beban yang paling berat yaitu beban pakan, karna pakan yang diperoleh tergantung dari Import. Berdasarkan kendala tersebut, ada beberapa cara yang telah diperoleh kelompok dari berbagai jurnal penelitian yang dapat dilakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan pangan dengan cara lain yaitu dapat memberikan pakan Ayam berupa tepung dan daun kelor memberikan efek terbaik terhadap penampilan produksi dan dan kualitas telur ayam petelur. Pisang kapok juga dapat dijadikan sebagai pakan Ayam Petelur sebagai pengganti tepung jagung. Dan cara lain juga dengan menambahkan Herbafit dalam pakan Ayam. Berdasarkan uraian diatas, diharapkan dapat membantu para pelaku Usaha Ayam Petelur dalam mengatasi kendala yang dihadapi sehingga dapat mengembangkan usaha dan tetap mempertahankan kualitas dari Ayam Petelur.
Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Potensi Desa Wisata di Desa Wargaluyu Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Sosial & Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jsa.v4i2.832

Abstract

Desa wisata menjadi destinasi yang dapat diandalkan sebagai penggerak ekonomi pariwisata dan ekonomi masyarakat, khususnya pedesaan (Listyorini et. al., 2021). Namun untuk menjadi desa wisata, dibutuhkan potensi dan kesiapan masyarakat untuk dapat mengembangkannya. Salah satu strategi untuk pengembangan desa yaitu dengan mengadakan pembinaan masyarakat desa agar memiliki pemikiran yang sama dalam pelaksanaannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah memberikan pelatihan awal kepada masyarakat setempat dengan membangun pemahaman mengenai pariwisata dan desa wisata serta pengelolaannya. Metode yang digunakan adalah berdasarkan pada model 7D pemberdayaan masyarakat melalui metode survey awal dan pelatihan. Pada survey awal, tim melakukan diskusi dan wawancara dengan salah satu petugas BUMDes dan masyarakat setempat. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan sesuai dengan kebutuhan awal pengembangan desa wisata. Dengan metode tersebut diharapkan dapat mendukung mewujudkan cita-cita pengembangan desa wisata di Desa Wargaluyu. Walau bagaimanapun, masyarakat setempat merupakan pemegang peranan penting dalam pengembangan desa wisata di desanya.
Upaya Peningkatan Penjualan dengan Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Kopi “Kopikitaku”
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Sosial & Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jsa.v4i2.867

Abstract

Peranan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tidak dapat dipisahkan dari dengan pemodalan, manajemen usaha, pengelolaan keuangan dan pemasaran produk yang dihasilkan. Salah satu indikator meningkatnya kesejahteraan pelaku UMKM, adalah dengan meningkatnya omset penjualan. Kondisi ini diharapkan dapat tercapai, dengan memaksimalkan strategi pemasaran digital, yang di-desain khusus untuk para pelaku UMKM. Situasi inilah yang mendorong UMKM harus mampu berbenah dan melakukan inovasi, untuk tidak hanya sekedar bertahan, tetapi juga mampu menikmati keuntungan finansial dari perubahan teknologi yang terjadi saat ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan guna memberikan tambahan pengetahuan kepada manajemen Kopikitaku dalam meningkatkan mutu dan kualitas produksi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan dan menerapkan higiene dan sanitasi dalam proses pengolahan makanan di Kopikitaku. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah manajemen Kopikitaku mempunyai Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Kopi
Pelatihan Manajemen Rekam Medis & Informasi Kesehatan di Puskesmas Cilimus Kabupaten Kuningan
Jurnal Sosial & Abdimas Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Sosial & Abdimas
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jsa.v4i2.876

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas tenaga perekam medis dan kesehatan pada sarana pelayanan kesehatan sehingga mampu melakukan pengumpulan data secara komunikatif. Selain itu juga mampu melakukan pendataan secara benar, melakukan analisis kuantitatif-kualitatif, perbaikan tata kelola manajemen unit kerja rekam medis sesuai dengan standar yang berlaku. Sehingga dapat menghasilkan sumber informasi dalam menghasilkan informasi kesehatan yang akurat. Adanya peningkatan pengetahuan dan kompetensi tenaga perekam medis di puskesmas, serta ada perbaikan manajemen pengelolaan rekam medis di puskesmas. Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini tim pelaksana menggunakan analisa studi dan pemberian intervensi (pelatihan) kepada petugas rekam medis di Puskesmas, yang dilakukan dengan dua tahap, yaitu: 1) Menggambarkan karakteristik mitra, permasalahan dan kebutuhan dari tenaga rekam medis di Puskesmas. 2) Memberikan intervensi berupa pelatihan tentang manajemen rekam medis di Puskesmas sesuai standar dan peraturan yang berlaku. Metode pelatihan dilakukan dengan interaktif, penyampaian materi (Teori dan Praktik) dan mengukur kemampuan peserta dengan : Pre-Test dan Post-Test. Serta melakukan monitoring dan evaluasi pemberian pelatihan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian di puskesmas Cilimus : 1) Petugas puskesmas sudah semakin memahami pengelolaan dan manajemen UKRM di puskesmas. 2) Masih banyak ditemukan permasalahan duplikasi No.RM, Kurangnya monitoring kualitas dan kelengkapan. 3)Pelaksanaan kegiatan ini mendapat respon yang baik dari kepala puskesmas dan para peserta yang merupakan petugas di UKRM. The aims of this research were to: 1) improve the quality of medical records and health workers related to health service facilities in order to be able to collect the data communicatively, 2) do the data collection correctly, 3) do the qualitative and quantitative analysis, 3) improve the management of medical record’s work unit based on the applicable standard to produce information in gaining accurate medical information. The development of medical records worker’s knowledge and competency in the local clinic was accompanied by the improvement of medical record’s management in the local clinic.Dealing with the dedication for society, the implementer team used analysis study and gave the medical record workers intervention service in the local clinic. The service was held into two stages: 1) portraying the partners’ characteristic, problems and needs of medical record workers in the local clinic, 2) giving intervention in the form of medical records management in the local clinic based on the applicable rule and standard. The interactive method was held in this service. The materials were theoretical and practical. The participants’ ability was measured by Pre-Test dan Post-Test. The implementer team monitored and evaluated the training given. The results of dedication program in “Cilimus” Local Clinic: 1) the employee understood more about the “UKRM” management, 2) there were many problems regarding to the duplication of medical record number and the lack of quality and completeness, 3) the implementation of this activity got positive response from the head of local clinic and the participants (employee of UKRM)

Page 1 of 1 | Total Record : 6