cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI" : 7 Documents clear
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “ANAK RANTAU” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH Lucy Mowilos
KOMPETENSI Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i07.4617

Abstract

Tujuan penelitian : 1) Tujuan penelitian : 1) Mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel “Anak Rantau” karya Ahmad Fuadi 2) Mendeskripsikan relevansi novel “Anak Rantau” dalam pembelajaran sastra di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah Novel “Anak Rantau” Karya Ahmad Fuadi. Objek Penelitian ialah isi dari novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Untuk mengumpulkan data teknik yang digunakan ialah teknik baca, simak, catat yang berkaitan dengan penelitian. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan ialah analisis konten.
KESANTUNAN BERBAHASA JAWA PADA KALANGAN REMAJA DI DESA MOPUYA SELATAN KECAMATAN DUMOGA UTARA KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW Putri Rahmawati
KOMPETENSI Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i07.4694

Abstract

Tujuanpenelitianiniyaituuntukmendeskripsikanpematuhandan pelanggaranprinsip-prinsipkesantunanberbahasaJawa pada kalanganremaja di DesaMopuya Selatan, KecamatanDumoga Utara, KabupatenBolaangMongondowdalamberkomunikasi.Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifdeskriptif. Penelitianinidifokuskan pada prinsip-prinsipkesantunanmenurut Geoffrey Leech,prinsip-prinsipkesantunanitumemilikienammaksim, yaknimaksimkebijaksanaan (tact maxim), maksimkemurahan, (generosity maxim), maksimpenerimaan (aprobation maxim) maksimkerendahanhati (modesty maxim), maksimkecocokan (agreeement maxim), dan maksimkesimpatian(simpaticy maxim).Penelitianinimengambilobjekremajayang terdapat di DesaMopuya Selatan, KecamatanDumoga Utara, KabupatenBolaangMongondow. Teknik pengumpulan data berupateknikwawancara, dokumentasi dan simak. Teknik analisis data menggunakantigacarayaitureduksi data, penyajian data dan menarikkesimpulanatauverifikasi. AdapunwujudpematuhanberbahasaJawa pada kalanganremajaterdiridarimaksimkebijaksanaan, maksimpenerimaan, maksimkemurahan, maksimkerendahanhati, maksimkecocokan dan maksimkesimpatian. SedangkanpelanggarankesantunanberbahasaJawameliputimaksimpenerimaan, maksimkerendahanhati dan maksimkesimpatian. AdapunbahasaJawa yang paling dominandigunakan oleh remaja di desaMopuya Selatan adalahbahasaJawaragamngoko.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI ANKIDROID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TONDANO Yohanes Lumi
KOMPETENSI Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i07.4758

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran aplikasi AnkiDroid terhadap kemampuan kosakata bahasa jepang siswa SMK Negeri 1 Tondano setelah mengunakan aplikasi AnkiDroid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy eksperiment). Yang menjadi populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Tondano dengan sampel kelas X1I IPA 4 yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pre test dan post test. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan adalah rumus hitung presentase dengan kriteria atau indicator krberhasilan jika memiliki kesesuaian 61-80% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Berdasarkan dari teknik pengolahan data tes , hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media aplikasi AnkiDroid dalam pembelajaran kosakata mampu meningtkatkan kemampuan kosakata siswa. Hasil penilitian ini adalah : 1). Hasil tes dari kelompok control atau kelompok yang tidak menggunakan media aplikasi AnkiDroid atau hanya menggunkan sistim ceramah adalah kurang mampu dalam menguasai kosakata bahasa jepang dengan nilai rata rata yang hanya mencapai 43,5%. 2). Hasil tes dari siswa kelompok eksperimen yang menggunakan media aplikasi AnkiDroid terbukti meningkat dengan nilai rata rata yang mencapai 86,5%. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan perbandingan kelompok control (43,5%) dan kelompok eksperimen 86,5%.
EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA DI SMA NEGERI 1 TONDANO Wenanda Kuhuwael
KOMPETENSI Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i07.4771

Abstract

Efektivitas Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Hiragana Siswa Di SMA Negeri 1 Tondano“. Media kartu bergambar ini merupakan salah satu media pembelajaran bagi tingkat pemula khususnya pelajar, kartu ini memuat masing-masing huruf Hiragana, cara baca dan urutan penulisannya untuk meningkatkan aktivitas berfikir, mempermudah daya ingat siswa dan meningkatkan penguasaan huruf Hiragana. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis huruf Hiragana sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bergambar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano, dengan populasi siswa kelas X Bahasa sebanyak 40 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah 20 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistic uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media kartu bergambar dalam penguasaan menulis huruf Hiragana bahasa Jepang. Hal ini dibuktikan dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperiment 68 dan pada kelas kontrol 55,9, dan dari hasil hipotesis dengan menggunakan statistic uji-t diperoleh hasil dimana = 4,78 dari pada = 1,68 sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media kartu bergambar lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media kartu bergambar.
ANALISIS PENGGUNAAN FUKUSHI “TAIHEN” PADA BUKU MINNA NO NIHONGO Amelia Sompotan
KOMPETENSI Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i07.4815

Abstract

Adverbia (fukushi) adalah kata keterangan, tidak mengalami perubahan bentuk. fukushi taihen masuk pada jenis Teido no Fukushi, yaitu adverbia yang berfungsi untuk menyatakan suatu tingkatan keadaan dan aktivitas. Selain taihen, fukushi lain yang masuk dalam jenis teido no fukushi di antaranya adalah totemo, hijooni, osoroshiku, hidoku, daibu, zuibun, amarini, kanari, kekkoo, nakanaka, sukoshi, chotto, zutto, motto, masumasu. Kata taihen yang muncul dalam buku pelajaran baik Minna no Nihongo 1 dan 2 maupun Kaiwa Hyougen no Sakuin yang dipakai pada mata kuliah Kaiwa Enshuu hampir seluruhnya adalah kata taihen sebagai kata sifat. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna kata taihen dalam kalimat bahasa Jepang baik sebagai kata sifat maupun kata keterangan. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Sebagai kata sifat, kata taihen yang ada dalam kalimat yang menjadi data dalam penelitian ini memiliki berbagai makna walaupun sepintas terlihat sama saja. Makna-makna tersebut adalah melelahkan, sulit, pengeluhan, menyusahkan, hal yang menguatirkan, dan hal yang tidak praktis (hingga akhirnya menyusahkan). Dari fakta inilah ditemukan bahwa kata taihen dalam buku pelajaran lebih bernuansa negatif, karena dari berbagai makna yang telah dianalisis tersebut tidak ada satupun yang bernuansa positif.(2) Sebagai kata keterangan (fukushi) yang menyatakan suatu tingkatan keadaan, pada umumnya kata taihen diterjemahkan menjadi “sangat” ke dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis yang telah dipaparkan dalam bab sebelumnya, makna kata taihen sebagai kata keterangan adalah pengungkapan sesuatu dengan bersungguh-sungguh dengan perasaan mendalam atau mencolok dan suatu hal yang tidak biasa atau di luar dugaan. Berbeda dengan taihen sebagai kata sifat yang semuanya bernuansa negatif, taihen sebagai kata keterangan memiliki dua nuansa sekaligus baik positif maupun negatif, tergantung pada kata apa yang diterangkannya.
KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS SANGKURIANG KEDALAM BENTUK TEKS FILM SISWA KELAS XI SMK KRISTEN 2 TOMOHON Sindy C. M. Rawung
KOMPETENSI Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon dalam mengonversi Teks Cerita Rakyat Sangkuriang Ke Dalam Bentuk Teks Film. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan observasi dan tes sebagai teknik pengumpulan data. 20 siswa kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon menjadi sumber data dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan rumus presentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon mengonversi teks Sangkuriang ke dalam teks film dikategorikan mampu. Hal ini dapat dilihat dari hasil klasifikasi kemampuan mengonversi teks Sangkuriang ke dalam bentuk teks film pada kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon menunjukkan sebanyak 85% siswa mampu dan 15% siswa belum mampu.
PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA DENGAN MODEL TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOMBULU Gabriella N. Manangka
KOMPETENSI Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memberikan deskripsi terhadap: (1) pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur berita dengan model Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu, dan (2) kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur berita dengan model Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu yang berjumlah 19 orang. Observasi dan tes menjadi instrumen yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament memberikan kesempatan kepada siswa secara bebas dalam pembelajaran. Lima tahapan pembelajaran model Teams Games Tournament menekankan pentingnya keterlibatan siswa secara optimal dalam pembelajaran apa lagi saat berlomba, siswa dituntut untuk menjadi yang terbaik. Dengan demikian, guru menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran. Kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yakni 13 orang siswa memperoleh nilai di antara 80-90 (68%), sedangkan 6 orang siswa mendapatkan nilai di antara 70-79 (32%). Hal ini mengindikasikan dampak positif penggunaan model Teams Games Tournament dalam pembelajaran menemukan unsur-unsur teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu. Nilai rata-rata siswa secara klasikal adalah 80,063 dengan kualifikasi mampu.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue