cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2022)" : 6 Documents clear
PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN TOTAL ASSETS TURNOVER TERHADAP RETURN ON EQUITY (Studi Empiris pada Perusahaan Publik Sub Sektor Advertising, Printing, dan Media di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019) Ivo Rolanda; Mia Laksmiwati
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.831 KB) | DOI: 10.36080/jem.v11i1.1706

Abstract

This study aims to determine the effect of Current Ratio on Return On Equity, Debt to Equity Ratio on Return On Equity, and Total Asset Turnover on Return On Equity ln the Advertising, Printing, and Media sub-sectors listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2015–2019. The sample of this study was determined using the purposive sampling method so that 15 companies were selected ln the Advertising, Printing, and Media sub-sectors that were listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 period. This study was conducted using multiple linear regression methods assisted by SPSS version 22.0 and Microsoft Excel 2016. The results showed that Current Ratio, Debt to Equity and Total Asset Turnover had an effect on Return On Equity.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan LQ 45 Periode 2017-2019) Fathi Hani; Fitri Ayu Kusuma Wijayanti
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.127 KB) | DOI: 10.36080/jem.v11i1.1727

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkirakan dan menganalisis pengaruh faktor internal perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019. Faktor internal yang menentukan nilai perusahaan yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, dan likuiditas. Populasi dalam penelitian ini menggunakan 45 perusahaan LQ 45 pada periode 2017-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu berdasarkan kesesuaian karakteristik sampel dengan kriteria pemilihan sampel yang telah ditentukan sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 34 perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis yang digunakan adalah Regresi Berganda, dengan Analisis Statistik Deskriptif, Pemilihan Model Regresi, Uji Asumsi Klasik dan Uji Normalitas. Kemudian Uji Hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji Signifikansi Simultan (Uji F), dan Uji Signifikansi Parameter Individual (Uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Leverage memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Leverage memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Leverage memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH NET OPERATING MARGIN, CAPITAL ADEQUACY RATIO, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI EMPIRIS PADA BANK SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN PERIODE 2014-2018) Rita Mulyani; Titi Alpiah; Astrid Dita Meirina Hakim
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.322 KB) | DOI: 10.36080/jem.v11i1.1754

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Operating Margin, Capital Adequacy Ratio, Financing to Deposit Ratio, dan Non Performing Loan terhadap Return On Assets pada Perbankan Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia periode 2014 - 2018. Penelitian ini menggunakan tujuh sampel bank syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2014-2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode regresi data panel dengan Fixed Effect Model dan menggunakan program Eviews 9 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Operating Margin, Capital Adequacy Ratio, Financing to Deposit Ratio berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets sedangkan Non Performing Pinjaman tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets. 
PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON EQUITY, TOTAL ASSET TURN OVER, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek IndonesiaPeriode 2016 – 2020) Muhamad Jusmansyah
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.984 KB) | DOI: 10.36080/jem.v11i1.1752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio ,Return On Equity , Total Asset Turnover  dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal  pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif periode 2016 – 2020. Sampel penelitian ini ada 13 (Tiga Belas) perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Dalam penelitian ini dilakukan dengan metode regresi linier berganda melalui uji data dan hipotesis dan menggunakan Program Statistical Package for the Social Science versi 25.0 serta Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Equity ,Total Asset Turnover, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal, sedangkan Current Ratio  berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal. 
EFEK KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI, LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA APARTEMEN X JAKARTA Didin Hikmah Perkasa; Dinar Nur Affini; Fatchuri Fatchuri
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.339 KB) | DOI: 10.36080/jem.v11i1.1714

Abstract

This research was conducted to determine the effect of organizational commitment, communication and physical work environment on work productivity. The object of this research is the employees at apartment X Jakarta as many as 54 respondents using quantitative descriptive methods. Therefore, the data analysis used is statistical analysis in the form of multiple linear regression test. The results of this study indicate that partially and simultaneously, the variables of organizational commitment, organizational communication and physical work environment affect the work productivity of employees in Apartment X Jakarta. This is evidenced by the results of the simultaneous F test (F test) and the partial test results (t test) which also show significant values of the three independent variables that support the hypothesis. Therefore, the test results of this study state that there is a simultaneous influence between the variables of organizational commitment, organizational communication and the physical work environment that affect work productivity at Apartment X Jakarta.
PENGARUH BRAND IMAGE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK DAYPACK EIGER DI KOTA BEKASI Yoga Religia; agus sriyanto; Ravindra Safitra Hidayat; Yugi Setyarko
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v11i1.1745

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, electronic word of mouth dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian daypack Eiger. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey yang terdiri dari 97 responden dengan teknik non probability khususnya purposive sampling. Pengumpulan data menyebarkan kuesioner dan diolah dengan metode deskriptif menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan adalah Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Setiap variabel yang di uji telah valid dan reliabel dan telah layak berdasarkan uji asumsi klasik sehingga penelitian dapat dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh variabel bebas (brand image, electronic word of mouth dan celebrity endorser) secara parsial dinyatakan memiliki suatu hubungan yang positif dan terdapat pengaruh signifikan dengan korelasi yang kuat terhadap keputusan pembelian konsumen  Produk daypack Eiger di Kota Bekasi. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6