cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2023)" : 6 Documents clear
ANALISIS DAMPAK KEJAHATAN SIBER TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI TOKOPEDIA Geraldy Pesakhim Sihombing; Helmy Adrian Hamzah; Chelyne Tian; Tara Anabel Christy Lianda; Muhammad Daffa Daniswara; Muhammad Noval Saputra
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v12i2.2362

Abstract

Tokopedia adalah salah satu perusahaan jual beli digital terbesar di Indonesia yang mengalami kasus kebocoran data pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepercayaan konsumen Tokopedia setelah mengalami kasus kebocoran data pengguna. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data primer. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna Tokopedia sebagian besar tidak mengalami dampak langsung dari kasus kebocoran data tersebut. Namun, beberapa pengguna mengalami dampak buruk seperti peningkatan spam chat dari akun yang tidak dikenal, penyalahgunaan data pribadi, dam aktivitas transaksi yang mencurigakan di akun Tokopedia. Pengguna Tokopedia masih mempercayai marketplace ini meskipun terdapat kasus kebocoran data karena tokopedia merupakan salah satu marketplace yang memiliki fitur dan cara penggunaan yang paling mudah digunakan oleh para customer.
PERAN PENGENDALIAN DAN PENGAWASAN PRODUKSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA DEPO AIR MINUM “BAROKAH WATER” Lusiana Fatika Sari
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v12i2.2392

Abstract

Dengan meningkatkan jumlah depot air minum isi ulang tidak menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan air minum yang memenuhi syarat kualitas. Hal ini dikarenakan banyak depot yang memproduksi air minum yang tidak memenuhi kualitas yang dipersyaratkan. Tujuan studi ini adalah membahas pentingnya pengawasan terhadap penyelenggaraan depot air minum. Metode penulisan ini adalah studi literature yang menggunakan berbagai sumber referensi untuk mendukung isi pokok bahasan. Kualitas air minum yang tidak memenuhi standar yang diproduksi depot menunjukkan lemahnya pengawasan dalam penyelenggaraan depot air minum. Pendekatan sistem manajemen penting diterapkan dalam melaksanakan pengawasan terhadap penyelenggaraan depot oleh pengusaha depot dan pemerintah sehingga pengawasan dapat berjalan efektif dan efisien.
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA Mita Syahfitri
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v12i2.2500

Abstract

Dalam instansi atau organisasi daerah yang menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat membutuhkan sumber daya manusia yang harus selalu bekerja sama dalam mencapai tujuan. Dalam hal ini yaitu Aparatur Sipil Negara yang berperan sebagai faktor pendukung yang membantu sistem penyelenggaraan pemerintah. Pegawai diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan penyelenggaraan pemerintah dengan kinerja yang baik. Pada penelitian kali ini, peneliti berkesempatan melaksanakan penelitian pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja pegawai pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif statistik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja dengan masing-masing tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dan hasil secara simultan menunjukkan disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Jika disiplin kerja dan motivasi kerja meningkat maka kinerja pegawai yang dihasilkan akan meningkat.
DAMPAK TATA KELOLA BUMDES DAN PERAN KOLABORASI PENTAHELIX DALAM MEWUJUDKAN SDGS DESA Tutik Rosiani
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v12i2.2539

Abstract

Sustainable Development Goals desa memiliki tujuan sebagai upaya untuk mewujudkan desa ekonomi tumbuh merata. Tujuan SDGs Desa selaras dengan tujuan dibentuknya BUMdes yaitu untuk pertumbuhan dan memperkuat ekonomi desa. Percepatan pencapaian SDGs Desa melalui BUMdes dapat diwujudkan dalam berbagai upaya yang merujuk pada pencapaian kinerja keuangan dan keberlanjutan usaha BUMdes. Tercapainya tujuan BUMdes tidak hanya berasal dari internal BUMDes sendiri akan tetapi dipengaruhi juga oleh berbagai dukungan, peranan dan kolaborasi dari Perguruan Tinggi, Unit Bisnis, Pemerintah, Komunitas, serta Media. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada Forum BUMDes Kabupaten Purworejo yang berjumlah 469 Badan Usaha. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu sehingga diperoleh sampel sebanyak 107 badan usaha. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa uji korelasi berganda, regresi berganda, uji determinasi, uji hipotesis (Uji T), dan uji ketepatan model (Uji F). Hasil dari penelitian ini yaitu tata kelola BUMDes berpengaruh positif dan signifikan terhadap SDGS desa. Peran Kolaborasi Pentahelix berpangaruh positif dan signifikan terhadap SDGs desa. Kata-kata Kunci: Tata Kelola; BUMdes; Pentahelix; SDGS;
COSTS OF IMPLEMENTING HEALTH PROTOCOLS, RELIABILITY, FACILITIES, ON CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES WITH CUSTOMER LOYALTY AT GAMBIR STATION DURING THE ENDEMIC Deslida Saidah; Rr. Endang Wahyuni; Subandi Subandi; Danang Danuarto; Nashrullah Nashrullah
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v12i2.2582

Abstract

The train is a mode of mass transportation that is very popular with the public because it is economical, comfortable, has a large transportation capacity, and travels without obstacles. Gambir Station is an executive and mixed-class train station. During the Covid-19 endemic, health protocols are still implemented. The aim of the research is to determine and analyze the influence of the costs of implementing health protocols, reliability, and facilities on customer satisfaction as an intervening variable with customer loyalty at Gambir Station during the endemic. The research method used is a qualitative descriptive method which is quantitative with path analysis. The population of this study was all train passengers at Gambir Station, while the sample was taken from train passengers using accidental sampling. The research results show that in the path analysis, namely the variable costs of implementing health protocols, reliability, and facilities directly have a significant effect on the variable customer satisfaction. The variables of reliability, facilities, and customer satisfaction directly have a significant effect on the variable of customer loyalty except for the variable cost of implementing health protocols which is not significant. Meanwhile, the influence of the costs of implementing health protocols, reliability, and facilities on customer loyalty and satisfaction is a positive intervening variable.
PERENCANAAN STRATEGIS PADA PERUSAHAAN DIGITAL RINTISAN (STARTUP): STUDI KASUS SIBER TEKNOLOGI INDONESIA Adith Aulia Rahman
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v12i2.2591

Abstract

Perusahaan digital rintisan memerlukan perencanaan strategi sistem informasi terhadap visi dan misi perusahaan ditengah persaingan yang sangatlah ketat antar perusahaan digital yang telah ada dan lebih kuat secara finansial dan organisasi. Metode deskriptif digunakan untuk meneliti dan menganalisa pencapaian yang akan dicapai oleh perusahaan dalam rentang waktu 5 tahun kedepan. Model Founder’s Vision yang dikemukakan oleh Mazdeh.M.M, Moredi.K, Mazdeh.H.M dianggap paling cocok dalam penelitian ini untuk merancang perencanaan strategi sistem informasi bagi perusahaan rintisan yang merupakan pengembangan dari perencanaan strategi generik Porter yang terfokus pada suatu kondisi. Model Founder’s Vision akan menganalisa aspek Internal dan External dengan analisa SWOT dan SLEPT yang akan menghasilkan strategi bagi perusahaan kedapan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6