cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2014)" : 6 Documents clear
Suatu Tinjauan Konsep Pembiayaan Syariah Untuk Segmen Pra Sejahtera Dan Cukup Sejahtera Serta Penanganan Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah X Dwi Kristanto
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.915 KB) | DOI: 10.36080/jem.v3i2.306

Abstract

Program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia perlu di dukung oleh semua pihak. Salah satu bisnis yang berkompenten dalam menyukseskan program pengentasan kemiskinan adalah perbankan. Perbankan dalam hal ini telah mengeluarkan produk pembiayaan untuk segmen pra sejahtera dan sejahtera dengan menggunakan prinsip syariah. Untuk memberikan pembiayaan untuk segmen pra sejahtera dan sejahtera diperlukan konsep yang tepat, guna menunjang keberhasilan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik. Di samping itu penanganan penyelesaian pembiayaan untuk segmen pra sejaratera dan sejahtera yang bermasalah diperlukan cara yang memberikan rasa keadilan, sehingga program tersebut benar-benar dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat miskin.Untuk itu perlu meninjau konsep pembiayaan syariah untuk segmen pra sejahtra dan sejahtera serta penanganan penyelesaian pembiayaan yang bermasalah.
Analisis Faktor Fenomena Underpricing Pada Perusahaan yang Melakukan Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia Astrid Dita Meirina Hakim
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.361 KB) | DOI: 10.36080/jem.v3i2.307

Abstract

Fenomena underpricing terjadi di hampir seluruh pasar modal di dunia termasuk di Indonesia, namun dengan tingkat yang bervariasi. Skripsi ini membahas tentang analisis fenomena underpricing pada perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia. Tujuannya untuk membuktikan fenomena underpricing yang terjadi pada perusahaan yang melakukan IPO pada periode tahun 2009-2012. Sekaligus mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan regresi berganda dalam perhitungannya dan variabel yang diteliti adalah financial leverage (DER), profitabilitas (ROA), komposisi Dewan Komisaris dan ukuran perusahaan.Hasil pengujian membuktikan bahwa dari variabel independen yang digunakan hanya komposisi Dewan Komisaris yang berpengaruh signifikan terhadap underpricing. Hasil penelitian ini diharapkan dapat member tambahan informasi kepada investor dan calon investor dalam melakukan strategi investasi di pasar modal, sehingga dapat mengambil keputusan yang mendatangkan keuntungan dan juga sebagai pertimbangan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan yang mendatangkan keuntungan, khususnya yang berkaitan dengan masalah keterbukaan informasi bila akan melakukan IPO untuk memperoleh harga yang optimal.
Analisis Industri Alas Kaki di DKI Jakarta Tahun 2014 Dengan Model ‘Porter’s Five Forces’ Deasy Widyasari
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.285 KB) | DOI: 10.36080/jem.v3i2.308

Abstract

Industri alas kaki Indonesia menyerap jumlah tenaga kerja banyak dan  berkontribusi besar pada PDB Indonesia. Dalam beberapa tahun pertumbuhan industri ini mengalami fluktuasi karena kelangkaan bahan baku kulit, kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dan kenaikan upah minimum regional (UMR). Luasnya pasar alas kaki Indonesia, ternyata produsen lokal baru bisa memenuhi kurang dari 50%, sementara sisanya dari impor. Pemenuhan bahan baku industri alas kaki ternyata lebih dari 70% berasal dari impor. Fenomena ini terjadi pada industri alas kaki di Indonesia umumnya dan Jakarta secara khusus. Model Porter’s Five Forces terdiri dari kekuatan tawar pemasok, kekuatan tawar pembeli, ancaman pendatang baru, ancaman barang substitusi dan persaingan antar perusahaan dalam industri. Tujuan penelitian untuk menggambarkan daya tarik, intensitas persaingan, potensi laba, serta faktor-faktor kunci keberhasilan (key success factors) pada industri alas kaki di DKI Jakarta. Populasinya terdiri dari UKM dan usaha besar yang jumlahnya 35, kemudian dengan menggunakan rumus slovin didapat 25 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengungkapkan isu-isu strategis secara intensif, mendalam dan komprehensif. Hasil temuan penelitian ini yaitu daya tawar empat kekuatan Model Porter dalam industri ini cenderung kuat, kecuali ancaman pendatang baru yang bisa dikatakan cukup lemah karena besarnya hambatan masuk dalam industri ini khususnya bagi UKM.
Analisis Studi Kelayakan Pendirian Usaha “Minuman Segar Jus Buah Dan Pop Ice” Di Ciledug Ditinjau Dari Capital Budgeting Periode Tahun 2014 – 2018 Pambuko Naryoto; Budi Rahardjo
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.869 KB) | DOI: 10.36080/jem.v3i2.309

Abstract

Keadaan perekonomian di negara berkembang seperti Indonesia membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi baik dalam membuka lapangan usaha. Sebelum membuka suatu usaha bisnis maka perlu dianalisis mengenai kelayakan usaha di masa yang akan datang. Salah satu metode analisis yang sering dipakai dengan pendekatan Capital Budgeting. Dengan menganalisis menggunakan Capital Budgeting terdapat kriteria metode penilaian investasi yang meliputi Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), dan Internal Rate Of Return (IRR), Average Rate Of Return (ARR), Profitability Index (PI), Discounted Payback Period (DPP) pada versi optimis, moderat, dan pesimis di dalam pengembalian investasi. Penilaian investasi tersebut dikatakan sebagai suatu analisis kuantitatif karena melakukan perhitungan menggunakan model, alat, atau nama yang diperlukan untuk menjawab permasalahan penelitian untuk menentukan kelayakan rencana usaha. Berdasarkan analisis dengan metode capital budgeting versi Optimis, pendirian usaha “Minuman segar jus buah dan pop ice” layak untuk dijalankan. Secara Moderat layak untuk dijalankan. Dan secara pesimis juga layak untuk dijalankan. Oleh sebab itu bisnis dalam industi makanan dan minuman merupakan alternatif untuk investasi.
Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Layanan, Promo Berhadiah, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza Di Showroom Auto 2000 Mabrur Taufik
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.711 KB) | DOI: 10.36080/jem.v3i2.304

Abstract

Persaingan antar perusahaan semakin ketat. Ketatnya persaingan memungkinkan penataan kembali oleh perusahaan terkait strategi pemasaran yang selama ini di lakukannya, sehingga perusahaan dapat bertahan dalam periode tertentu sesuai visi dan misi serta tujuan yang hendak di capainya. Setidak-tidaknya fenomena persaingan antara perusahaan yang ada membuat setiap perusahaan menyadari suatu kebutuhan untuk memaksimalkan aset-aset perusahaan demi kelangsungan perusahaan yang menghasilkan produk yang sesuai kebutuhan konsumen bahkan pelanggan. Penjualan Toyota Avanza membukukan total penjualan 19.013 unit atau tumbuh 6,8% dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebanyak 17.809 unit. Pencapaian bulan lalu tercatat di atas rata-rata bulanan penjualan Toyota Avanza sekitar 17.000 unit. Mobil Avanza dikenal sangat cocok dengan iklim Indonesia, mobil murah yang dapat digunakan dijalanan Ibu kota ataupun kota besar lainnya. Walaupun terjadi kemacetan yang tinggi, mobil avanza masih dikategorikan irit bahan bakar minyak. Kondisi seperti inilah yang dijadikan pertimbangan oleh konsumen untuk memilih avanza.Penelitian dilakukan dengan mengambil data primer. teknik sampel probability sampling, penyebaran kuesioner menggunakan simple random sampling, pengolahan data dan analisis data dengan menggunakan program SPSS. Jumlah responden sebesar 37 orang.Hasil pengujian hipotesis secara parsial kualitas layanan, kualitas produk, ekuitas merek dan promo berhadiah tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas layanan, kualitas produk, ekuitas merek dan promo berhadiah berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan, F hitung sebesar 20.326 dengan nilai sig sebesar 0,000 Jadi berdasarkan perhitungan, F hitung (20.326) ≥ F tabel (2.0301), maka Ho ditolak, Ha diterima dengan Sig (0,000) < α (0,05), maka Ho ditolak, Ha diterima dan mempunyai hubungan yang sangat signifikan karena nilai sig (0,000).
Pengaruh Brand Image, Lokasi, Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Berkuliah Di Universitas Dan Akademi Sekretari Budi Luhur Tahun Akademik 2014/2015 Reni Hariyani; Brury Trya Sartana
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.134 KB) | DOI: 10.36080/jem.v3i2.305

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh antara brand image, lokasi, dan fasilitas pendidikan terhadap keputusan calon mahasiswa untuk berkuliah di Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 341 responden.Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan calon mahasiswa untuk berkuliah di Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur dengan nilai signifikansi 0,018 dan secara parsial lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan calon mahasiswa untuk berkuliah di Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur dengan nilai signifikansi 0,007 dan secara parsial fasilitas pendidikan berpengaruh signifikan terhadap keputusan calon mahasiswa untuk berkuliah di Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur dengan nilai signifikansi 0.000. Dan pada penelitian ini membuktikan bahwa secara bersama-sama variabel independen yaitu brand image, lokasi, dan fasilitas pendidikan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan calon mahasiswa untuk berkuliah di Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur dengan nilai signifikansi 0.000.

Page 1 of 1 | Total Record : 6