cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015)" : 5 Documents clear
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja (Studi Kasus Departement Technical PT. Surya Toto Indonesia Tbk, Divisi Fitting, Tangerang Selatan) Hasan Ipmawan
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.467 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i1.311

Abstract

Sebagai upaya peningkatan sumberdaya manusia dalam hal hasil kerja karyawan atau kinerja supaya perusahaan PT. Surya Toto Indonesia Tbk. tetap bersaing di pasar bebas perlu secara terus-menerus dilakukan suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara kepemimpinan transformasional, motivasi kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada karyawan PT. Surya Toto Indonesia Tbk di Department Technical – Divisi Fitting-Serpong. Data yang digunakan dalam penelitian ini berisi persepsi dari pegawai dengan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, usia, gelar akademik, posisi jabatan di tempat kerja. Untuk analisis data menggunakan metode regresi berganda dengan bantuan program SPSS v.21.Hasil penelitian secara simultan menunjukkan adanya pengaruh kepemimpinan transformasional , motivasi kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan, yaitu sebesar sebesar 77,2%, sedangkan sisanya sebesar 22,8 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Uji F menunjukkan bahwa F hitung > F tabel atau 67.103> 3.250 yang menunjukkan cukup bukti untuk menolak Ho dan menerima Ha. Keseluruhan variabel mempunyai hubungan yang kuat dan signifikan dengan kinerja  karyawan pada PT. Surya Toto Indonesia Tbk di Department Technical – Divisi Fitting-Serpong.
Analisis Pengaruh Social Marketing Terhadap Universitas Budi Luhur Melalui Loyalitas (Studi pada Universitas Budi Luhur Jakarta) Dewi Murtiningsih
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.142 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i1.312

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh social marketing terhadap Universitas Budiluhur melalui loyalitas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2014, dan tempat penelitian dilakukan di Universitas Budiluhur Jakarta. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, Sampel penelitian terdiri dari fakultas : Teknologi Informasi, Ilmu Komunikasi, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Politik, Teknik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 325 mahasiswa. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi.          Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh signifikan antara social marketing terhadap Universitas Budiluhur, Social marketing terhadap loyalitas mahasiswa, dan loyalitas mahasiswa terhadap Universitas budiluhur. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya social marketing dalam sarana marketing yang dapat memanjakan dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen sehingga peningkatan kualitas, pembangunan citra, dan perhatian terhadap reputasi merupakan hal yang dapat mempengaruhi loyalitas mahasiswa.
Pengaruh Harga Jual, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Pada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah/BPRS X) Periode Maret - Juli 2012 Muhammad Hadi Maulidin Nugraha
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.744 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i1.313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji adanya pengaruh harga jual, kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan murabahah. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah X agar dapat meningkatkan loyalitas nasabah para nasabahnya.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data tersebut diperoleh dengan cara membuat kuesioner dan meminta responden yaitu nasabah PT BPRS X untuk mengisinya. Adapun teknik pengambilan datanya menggunakan non probability sampling, yakni pengambilan sampling yang dilakukan secara subjektif terhadap elemen yang berkaitan dengan penyediaan data yang dibutuhkan. Berdasarkan tujuan penelitian ini, maka teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dan uji t.Tingkat penelitian ini menunjukkan bahwa angka Adjusted R Squared sebesar 88,6%. Hal ini menunjukkan bahwa model sudah mampu menjelaskan kondisi sebenarnya. Artinya sebesar 88,6%  dapat dijelaskan oleh variabel penelitian dan sisanya sebesar 11,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Analisa Performa UMKM Berdasarkan Inovasi, Kerjasama Dan Orientasi Wirausaha Studi Kasus Pada Sentra Tekstil Cipadu, Tangerang Selatan Rizki Pratomo Sunarwibowo
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.763 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i1.314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami aktivitas kerjasama yang terjadi di sentra tekstil Cipadu, Tangerang Selatan dan mempelajari hubungan faktor kerjasama usaha dan orientasi wirausaha dalam meningkatkan inovasi, hubungan faktor inovasi terhadap performa usaha, serta hubungan faktor kerjasama usaha, orientasi wirausaha dan inovasi terhadap performa usaha.Survey dilakukan untuk mendapatkan data primer dari berbagai rantai suplai, meliputi: pedagang bahan baku, pengusaha konveksi atau garmen, dan pedagang barang jadi. Metode yang dilakukan adalah menggunakan kuesioner dengan pernyataan berskala Likert. Data kemudian dianalisa menggunakan analisa regresi dan korelasi menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.2.1.Disimpulkan bahwa terbukti faktor kerjasama dan orientasi wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi, dan kemudian inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan performa usaha.
Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Indeks Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009 – 2013 Sugeng Priyanto
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.993 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i1.315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas  terhadap harga saham  baik secara parsial maupun simultan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling,dengan kriteria : (1) Perusahaan yang go public di BEI selama periode tahun 2009 sampai 2013, (2) perusahaan menerbitkan laporan keuangan selama periode penelitian, dan (3) data perusahaan sampel tersedia di Pusat Informasi Pasar Modal. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan perusahan sampel. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menujukan bahwa : variabel yang mempengaruhi  harga saham adalah Current Ratio, Debt Ratio dan Return on Asset. Secara simultan ketiga variabel yaitu Current Ratio, Debt Ratio dan Return on Asset   mempengaruhi harga saham. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5