cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2015)" : 6 Documents clear
Ketersediaan Areal Parkir, Kelengkapan Barang, Lokasi, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sebagai Variable Intervening Minat Konsumen Berkunjung pada Minimarket Alfamart di Kotamadya Jakarta Selatan Mohammad Mabrur Taufik
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (907.731 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i2.317

Abstract

Persaingan antar perusahaan ritel semakin ketat, terbukti banyak berdirinya toko-toko ritel yang menjual kebutuhan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Seperti halnya Alfamart, Indomart, Alfamidi, Seven-Eleven. Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) pada tahun 2013: omzet ritel modern tumbuh 10%–11%, dengan total penjualan mencapai Rp 150 triliun. Pertumbuhan sektor ritel pada tahun 2014 meningkat, sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi domestik yang lebih baik. Menurut Pudjianto, Ketua APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) yang juga Vice President Director PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, menyatakan bahwa pemerintah diharapkan memberikan proteksi kepada perusahaan nasional untuk berinvestasi dan berekspansi di negeri sendiri. Pudjianto menyatakan bahwa: “pada saat MEA 2015 diterapkan, perusahaan ritel nasional bisa menjadi tuan rumah di Negeri sendiri”.Sampel penelitian 157 responden alfamart se-Kotamadya Jakarta Selatan, data yang diambil adalah data primer melalui kuesioner yang disebar secara acak, alat analisis yang digunakan dengan SEM Program AMOS 22 dengan 38 total indikator pada semua variabel yang digunakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kurang begitu baik. Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang paling berpengaruh berdasarkan model penelitian adalah lokasi, areal parkir, kelengkapan barang, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung konsumen, yang pada akhirnya terjadi keputusan pembelian. Variabel harga mempunyai pengaruh negatif dan signifikan.Simpulan bahwa harga berpengaruh negatif, berarti harga yang diberikan di Alfamart relatif kompetitif dan merupakan barang kebutuhan pokok sehari-hari dan walaupun negatif tapi benar-benar nyata tetap terjadi keputusan pembelian oleh konsumen dan dengan demikian konsumen tidak mempermasalahkan atau merisaukan dalam menentukan keputusan pembelian. Sedangkan variabel lainnya seperti areal pakir, lokasi, kelengkapan barang, kualitas layanan mempengaruhi minat berkunjung konsumen. Variabel areal parkir berpengaruh kuat karena untuk tempat parkir kendaraan roda dua bahkan roda empat milik konsumen ketika berbelanja.
Pengaruh Kualitas Layanan, Ekuitas Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ProdukLionStar Di Modern Market Jakarta Agus Sriyanto; Aris Wahyu Kuncoro
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.104 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i2.318

Abstract

Industri peralatan rumah tangga, terutama dengan bahan dasar plastik merupakan salah satu bisnis yang cukup berkembang. Produk yang bermerek LionStar yang sudah cukup dikenal masyarakat saat ini paling banyak dan mudah ditemui/didapat. Sebagian masyarakat mengenal produkLionStar karna distribusinya yang merata, dari segi harga produk – produkLionStar jauh lebih murah dan terjangkau untuk semua kalangan, begitu juga model sangat bervariasi baik bentuk dan warnanya sehingga mudah dikenal masyarakat.      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan (X1), ekuitas merek (X2), dan promosi (X3) terhadap keputusan pembelian produkLionStar di Modern Market di Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen yang pernah membeli produk – produkLionStar di Giant cabang Pluit, Carrefour cabang lebak Bulus, Hypermart Cabang Gajah Mada dan LotteMart Cabang Meruya, alasan memilih tempat tersebut karena jumlah  produk – produkLionStar penjualannya bagus. Besar sampel yang diperlukan 100 responden.      Persamaan Regresi Linear Berganda Y = -,538+0,202 X1 + 0, ,779 X2+ 0,134 X3. Kesimpulannya adalah Variabel Kualitas Layanan (X1) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).Variabel Ekuitas Merek (X2) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).Variabel Promosi (X3) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara bersama – sama  Variabel Kualitas Layanan (X1), Ekuitas Merek (X2) dan Promosi (X3) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis T Erhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek “Asus” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Budi Luhur) Periode September – Desember 2014 Elizabeth Ginting
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (984.641 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i2.319

Abstract

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, tergantung pada ukuran,bahan,dan spesifikasi laptop tersebut.. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer  notebook atau notebook saja. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Laptop  sangat membantu dalam menyelesaikan tugas tugas mereka dengan lebih cepat dan lebih baik. Di samping itu, dengan  laptop dapat digunakan untuk menambah penghasilan dengan banyaknya penjualan secara online. Bagi kalangan anak muda, ada kalanya untuk hiburan dengan banyaknya game yang ditawarkan.Di kalangan mahasiswa, laptop sudah menjadi kebutuhan primer karena semua tugas dosen dari semester awal sampai penyusunan tugas akhir,diselesaikan dengan bantuan laptop. Dalam kehidupan akademisnya mahasiswa sangat tergantung dari laptop,sebagai penunjang keberhasilan studinya.
Pengaruh Kinerja Keuangan Berdasarkan Teori Kebangkrutan Zmijewski Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Publik Sektor Keramik, Kaca Dan Porselin Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010 – 2014 Imam Tri Wibowo
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.928 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i2.320

Abstract

Kebangkrutan adalah suatu kondisi di mana perusahaan tidak mampu lagi untuk mengoperasikan perusahaan dengan baik karena kesulitan keuangan yang dialami tersebut sudah sangat parah. Dalam penelitian ini akan digunakan teori kebangkutan yang lazim digunakan yaitu Zmijewski Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perusahaan pada sektor keramik, kaca dan porselin ditinjau dari metode kebangkrutan Zmijewski Model dan pengaruhnya terhadap harga saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Penelitian hal ini mengambil sampel perusahaan keramik, kaca dan porselin. Perusahaan yang dipilih adalah perusahaan yang secara kontinu menyampaikan atau mempublikasikan laporan keuangan dan sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2014. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, karena variabel penelitian lebih dari satu variabel bebas yang diduga dapat mempengaruhi variabel terikatnya. Dalam regeresi linier berganda terdapat asumsi klasik yang harus terpenuhi, yaitu residual terdistribusi normal, tidak adanya multikolinearitas, tidak adanya heteroskedastisitas, dan tidak adanya autokorelasi pada model regresi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel Earning After Tax to Total Asset dan Current Assets to Current Liabilities mempunyai pengaruh terhadap harga saham sedang variabel Total Debt to Total Asset tidak mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar investor menggunakan Earning After Tax to Total Asset dan Current Assets to Current Liabilities. untuk mengetahui pergerakan atau perubahan harga saham pada perusahaan keramik, kaca dan porselin. Sedang perusahaan dalam menentukan kebijakan dirasakan tidak hanya memperhatikan faktor internal, tetapi juga memperhatikan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi harga saham, sehingga dapat menarik banyak investor yang akan menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut.
Pengaruh Price Book Value (PBV ) Price Earning Ratio (PER), Operating Profit Margin ( OPM ) Earning Per Share ( EPS ) , Dan Return On Asset ( ROA ) Terhadap Harga Saham Ratna Ujiandari
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.66 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i2.321

Abstract

Perusahaan Manufaktur merupakan salah satu tempat berinvestasi yang menjanjikan bagi investor, hal ini terbukti dengan banyaknya sektor industri Manufaktur yang mendominasi  dibandingkan dengan Perusahaan Sektor industri lainnya. Salah bentuk Investasi yang bagus pada saat ini adalah saham , oleh karena itu  dalam menilai suatu saham diperlukan informasi yang akurat sebagai referensi investor untuk mengambil keputusan saham mana yang baik untuk diambil  dan tentunya  prospek kedepan lebih menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Faktor – Faktor Fundamental  dalam menilai harga saham. Studi ini menggunakan variabel Fundamental yang terdiri dari PRICE BOOK VALUE (PBV ) PRICE EARNING RATIO  (PER), OPERATING PROFIT MARGIN ( OPM ),  EARNING PER SHARE ( EPS ) , dan  RETURN ON ASSET ( ROA ).  Penelitian ini menggunakan data Laporan Keuangan Perusahaan  Manufaktur  Tahun 2004, 2005 dan 2006 dengan total sample 20 Perusahaan yang terdaftar di BEI.  Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji Asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas ,uji heteroskedastisitas dan autokorelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara gabungan(simultan) faktor fundamental yang terdiri dari PRICE BOOK VALUE (PBV ) PRICE EARNING RATIO  (PER) OPERATING PROFIT MARGIN ( OPM )  EARNING PER SHARE ( EPS ) , DAN RETURN ON ASSET ( ROA) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Harga Saham, sedangkan secara parsial yang berpengaruh secara signifikan adalah PRICE BOOK VALUE (PBV ) PRICE EARNING RATIO  (PER),  EARNING PER SHARE ( EPS ) , DAN RETURN ON ASSET ( ROA)  sedangkan OPERATING PROFIT MARGIN ( OPM ) tidak signifikan terhadap Harga Saham .
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Internal Perusahaan Terhadap Earning Per Share Slamet Mudjijah
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.848 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i2.316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal yang dapat mempengaruhi earning per share. Variabel yang diteliti adalah variabel independen  yang terdiri dari current  ratio (CR), debt to assets ratio (DAR), total assets turnover (TATO), ukuran perusahaan, dan pertumbuhan pejualan. Sedangkan variabel dependen adalah profit perusahaan diukur dari earning per share (EPS).Subjekpenelitian adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Data yang digunakan bersumber dari laporan keuangan periode tahun 2010 sampai dengan 2014. Pengujian data penelitiandilakukandenganmenggunakanujiasumsiklasik. Metode analisis yang digunakan adalah uji regresi, uji hipotesis dan uji diterminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel current  ratio (CR) dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap earning per share. Sedangkan variabel debt to assets ratio (DAR), total assets turnover (TATO) dan pertumbuhan pejualan tidak berpengaruh terhadap earning per share. Secara simultan current  ratio (CR), debt to assets ratio (DAR), total assets turnover (TATO), ukuran perusahaan, dan pertumbuhan pejualan  berpengaruh terhadap  earning per share (EPS).

Page 1 of 1 | Total Record : 6