cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS MODAL, PERPUTARAN PIUTANG, DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP ARUS KAS Sri Rahayu; Ida Adhani
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.404 KB) | DOI: 10.36080/jem.v9i1.1113

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas modal terhadap arus kas pada perusahaan manufaktur sektor food and beverage, mengetahui pengaruh perputaran piutang terhadap arus kas pada perusahaan manufaktur sektor food and beverage dan untuk mengetahui pengaruh perputaran persediaan terhadap arus kas pada perusahaan manufaktur sektor food and beverage. Metode penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Populasi yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor food and beverage periode 2017-2018. Sampel yang digunakan 15 perusahaan manufaktur sektor food and beverage. Berdasarkan hasil uji t diperoleh dua variable yaitu efektivitas modal dan perputaran persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap arus kas. Sedangkan variabel perputaran piutang berpengaruh signifikan terhadap arus kas. Hasil uji f menyatakan bahwa variabel efektivitas modal, perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap arus kas.
ANALISA PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2018 Anita Wahyu Indrasti
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.353 KB) | DOI: 10.36080/jem.v9i1.1114

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas, solvabilitas dan aktivitas terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang telah diaudit dan telah dipublikasikan melalui situs resmi www.idx.co.id dan www.idnfinancials.com. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 30 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 20.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa likuiditas dan solvabilitas tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba, sedangkan profitabilitas dan aktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba.
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN PUBLIK SUB SEKTOR PLASTIK DAN KEMASAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018) Hanifa Hanifa
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.414 KB) | DOI: 10.36080/jem.v9i1.1109

Abstract

The purpose of this research is to find out effects of Firm size, Firm Growth, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share toward the Company Value. The samples of this research are plastic and packaging companies listed in Indonesia Stock Exchange period 2014 - 2018. This research applies purposive sampling technique, in which 12 plastic and packaging companies are eligible. Moreover, this research using Statistical Package for the Social Science Programs (SPSS) version 20.0 and Microsoft Excel 2013. The direct and the indirect effects of linear regression coefficient in order to ensure the correlation between the independent variables toward the dependent variables. The outcomes of this research indicates that the Firm size and Earning Per Share variable are having the significant effect toward Company Value, while the Firm Growth and Debt to Equity Ratio do not have the significant effect toward Company Value.
BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA Faturrachman Al Rommy; Dewi Murtiningsih
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.369 KB) | DOI: 10.36080/jem.v9i1.1110

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen hubungan pelanggan terhadap kepercayaan merek, pengaruh kualitas layanan terhadap kepercayaan merek, peran kepercayaan merek dalam memediasi pengaruh manajemen hubungan pelanggan terhadap loyalitas siswa, peran kepercayaan merek dalam memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas siswa, pengaruh manajemen hubungan pelanggan terhadap loyalitas siswa, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas siswa, dan pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas siswa. Penelitian ini adalah penelitian penjelasan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Universitas Budi Luhur kelas 2017/2018 yang berjumlah 1.703 siswa, dihitung dari bulan April sampai Juni 2019. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang reliabilitas dan validitasnya telah diuji. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan 110 responden. Data dianalisis menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen hubungan pelanggan mempengaruhi kepercayaan merek, kualitas layanan mempengaruhi kepercayaan merek, manajemen hubungan pelanggan mempengaruhi loyalitas, kualitas layanan tidak mempengaruhi loyalitas, kepercayaan merek mempengaruhi loyalitas, kepercayaan merek memediasi pengaruh manajemen hubungan pelanggan terhadap loyalitas, dan merek kepercayaan memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas.
PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN UKM DIMEDIASI KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA UKM DI SMESCO INDONESIA) Mohammad Mabrur Taufik
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.363 KB) | DOI: 10.36080/jem.v9i1.1111

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh: orientasi pasar terhadap kinerja UKM di SMESCO Indonesia secara langsung maupun melalui keunggulan bersaing; orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing; keunggulan bersaing terhadap kinerja UKM di SMESCO Indonesia. Populasi semua UKM yang bekerja sama dengan SMESCO Indonesia. Pengambilan sampel dengan probability sampling melalui simple random sampling. Data dianalis menggunakan Parsial Least Squares, dengan sampel 147 pemilik UKM di SMESCO Indonesia. Hasil penelitian: (1) orientasi pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya kinerja perusahaan UKM di SMESCO Indonesia namun berpengaruh signifikan melalui keunggulan bersaing; (2) Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya kinerja UKM di SMESCO Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 5