Articles
98 Documents
STUDI PERBANDINGAN METODE YANG DENGAN METODE ENGELUND AND HANSEN PADA ANGKUTAN SEDIMEN TOTAL (QT) SUNGAI CIMUNTUR KABUPATEN CIAMIS
Aan Andriani
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1373.894 KB)
Sungai Cimuntur mempunyai panjang ± 48,03 km dengan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) ± 551,64 km2. Sungai ini mengalir melalui daerah Kawali, Ciamis, Cijeungjing dan bermuara di sungai Citanduy. Di sepanjang aliran sungai Cimuntur terjadi sedimentasi yang menyebabkan berkurangnya kecepatan aliran sungai yang berpengaruh terhadap naiknya dasar sungai (agradasi) dan mengakibatkan banjir ketika musim hujan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya angkutan dan besarnya selisih angkutan sedimen total (Qt) metode Yang dengan metode Engelund and Hansen pada aliran sungai Cimuntur Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode survei (observasi) dengan melakukan pengukuran langsung di lapangan dan mengambil sampel sedimen dari tiga titik lokasi yang diamati, kemudian diuji laboratorium untuk mendapatkan d50 dan berat jenis sedimen yang digunakan saat analisis data. Untuk perhitungan angkutan sedimen total (Qt) di sepanjang aliran sungai Cimuntur menggunakan metode Yang dan metode Engelund and Hansen. Hasil perhitungan didapat angkutan sedimen total (Qt) di sungai Cimuntur dengan menggunakan metode Yang sebesar 317,567 ton/tahun, sedangkan metode Engelund and Hansen sebesar 975,723 ton/tahun. Jadi besarnya selisih angkutan sedimen total (Qt) metode Yang dengan metode Engelund and Hansen yaitu 50,9 %.
EVALUASI PENGENDALIAN BIAYA PROYEK PENINGKATAN JALAN MARGALUYU TAHAP II (DAK) DENGAN METODE EARNED VALUE MANAGEMENT (EVM)
Ade Tri Satrio Rudiantoro
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (984.149 KB)
Penelitian ini akan di lakukan pada proyek peningkatan jalan Margaluyu tahap II (DAK) di mana konsultan pengawas proyek ini adalah CV. Multitech. Proyek ini telah diselesaikan tepat waktu dan mutu sesuai dengan kontrak kerja. Pada proyek ini juga terjadi Contract Change Order di mana terdapat perubahan nilai kontrak yang juga mengakibatkan tambah dan kurang volume pekerjaan, hal tersebut cukup berpengaruh pada perencanaan biaya di proyek ini. Hal tersebut, selama pelaksanaan proyek di perlukan pengendalian biaya terhadap apa yang telah direncanakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengendalian biaya proyek peningkatan jalan Margaluyu tahap II (DAK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Earned Value Management (EVM). Metode Earned Value Management (EVM) adalah salah satu teknik penting dalam menganalisis dan mengendalikan kinerja proyek yang memungkinkan pengukuran lebih akurat dari kinerja dan kemajuan proyek.Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Earned Value Management (EVM) dapat mengendalikan biaya proyek peningkatan jalan margaluyu tahap II (DAK), hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan CV(cost Variance) pada minggu ke-13 dan minggu ke-21 menunjukkan angka positif, hal ini berarti biaya untuk menyelesaikan proyek lebih kecil dari rencana. Schedule Variance (SV) pada minggu ke-13 menunjukkan nilai negative (-) artinya pelaksanaan proyek terlambat dari jadwal yang direncanakan dan minggu ke-21 bernilai positif menunjukkan bahwa paket pekerjaan diperoleh lebih besar dibanding biaya yang dikeluarkan. Dan nilai CPI minggu ke-13 = 1,100 dan minggu ke-21 = 1,100 yang menunjukkan bahwa biaya proyek sesuai dengan yang telah di rencanakan. SPI–13 = 0,746 dan SPI–21 =1,000 nilai SPI kurang dari satu menunjukkan bahwa kinerja pekerjaan tidak sesuai dengan di harapkan karena tidak mampu mencapai target yang sudah direncanakan, sedangkan SPI = 1 menunjukkan bahwa proyek telah mencapai target. Pada evaluasi Nilai BETC pada minggu ke-13 = Rp. 4.436.713.691,75 dan minggu ke-21 = Rp.0 yang menunjukkan sisa biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. Nilai BEAC minggu ke-13 sebesar = Rp. 6.818.160.947,49 dan minggu ke-21 = Rp 6.818.182.489,86 merupakan perkiraan biaya akhir proyek.
OPTIMASI PINTU AIR PADA SALURAN IRIGASI DALAM PENANGANAN KESEIMBANGAN KEBUTUHAN AIR DI DAERAH IRIGASI LEUWIGARU
Didah Siti Khodijah
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (2548.423 KB)
Bendung Leuwigaru merupakan bendung tetap dengan sumber air yang berasal dari sungai Cimuntur. Bendung ini dijadikan sebagai sumber air untuk daerah irigasi Dusun Parungsari Desa Rawa dan Dusun Sadewata Desa Lumbung. Daerah irigasi ini mempunyai luas area sebesar 84 ha. Pembagian air di daerah irigasi Leuwigaru ini tidak terdistribusi secara merata sehingga terjadi kekeringan lahan terutama di ujung jaringan irigasi. Selain itu sistem operasi bukaan pintu air yang tidak disesuaikan dengan kebutuhan air juga menjadi masalah dalam pendistribusian air. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perhitungan debit ketersediaan air yang ada di bendung leuwigaru, menghitung kebutuhan air yang diperlukan oleh daerah irigasi yang sesuai dengan pola tanam serta membuat perbandingan tinggi pintu air dengan kebutuhan air sebagai optimasi pintu air. Pada penelitian ini dilakukan dengan 2 metode yaitu observasi dan studi pustaka. Dengan menganalisis curah hujan dari 3 stasiun penakar hujan yaitu stasiun curah hujan Panawangan, stasiun curah hujan Kawali dan Stasiun Curah Hujan Panjalu. Pada penelitian ini juga dilakukan analisis jadwal dan pola tanam untuk menentukan jadwal tanam maksimal, dan menentukan tinggi bukaan pintu air. Berdasarkan hasil analisis data dengan membandingkan kebutuhan air irigasi dengan ketersediaan air irigasi diperoleh nilai faktor k. Dari nilai tersebut diperoleh jadwal optimum pada bulan Nop-1 dengan pola tanam padi-padi-palawija, dengan tinggi pintu air maksimum adalah 1,1 m dengan debit debit 1,66 m3/det dan tinggi pintu air minimum adalah 0,31 m dengan debit 0,10 m3/det.
ANALISIS PENGUKURAN KERJA PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME STUDY DI UKM SANDAL CAMEL MANGKUBUMI TASIKMALAYA
Iqbal Nurjaman
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1191.789 KB)
Perusahaan sandal di Kecamatan Mangkubumi Tasikmalaya ini memiliki potensi yang cukup baik, dan mempunyai peranan penting untuk kehidupan masyarakat sekitar, yang lebih utamanya yaitu memberikan peluang usaha bagi masyarakat. Akan tetapi banyak yang jadi penghambat terhadap perkembangan UKM tersebut, yaitu perusahaan belum menerapkannya waktu standar kerja produksi, ini yang menjadi penghambat dalam perencanaan dan penjadwalan proses produksi, disinilah yang menjadi permasalahan delay-nya terhadap produktivitas pemesanan produk terhadap konsumen. Sedangkan dari tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengukuran waktu kerja produksi Sandal di UKM Mangkubumi Tasikmalaya dengan menggunakan metode Time Study dengan Stopwatch. Time Study adalah teknik pengukuran pekerjaan dengan mengumpulkan data yang dibutuhkan, Time Study disini digunakan untuk menghitung waktu baku dari hasil suatu pekerjaan. Dari hasil analisis maka didapatkan hasil waktu siklus pembuatan sandal, menggunakan metode Stopwatch sebesar 158,33 detik atau 2,638833 menit, waktu normal sebesar 169,8591 detik atau 2,83098 menit dan waktu baku sebesar 22,9224 detik atau 3,69870 menit.
EVALUASI MUTU CAMPURAN PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN BUNISEURI – CIPAKU KABUPATEN CIAMIS
Iqbal Purnama
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 1 (2020): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (838.419 KB)
Peningkatan ruas jalan Buniseuri – Cipaku Kabupaten Ciamis dengan konstruksi perkerasan lentur, lapis permukaan menggunakan campuran beraspal panas jenis Laston Lapis Aus (AC-WC). Secara visual ditemukan bahwa pascapelaksanaan lapis permukaan adanya retak, hal ini dimungkinkan terdapat ketidaksesuaian dengan spesifikasi, sehingga perlu dilakukan evaluasi mutu campuran perkerasan jalan pada ruas jalan Buniseuri – Cipaku Kabupaten Ciamis.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mutu campuran perkerasan jalan pada ruas jalan Buniseuri – Cipaku Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilakukan di laboratorium. Hasil survei lapangan diperlukan untuk pengumpulan data pendahuluan, selain itu dilakukan juga pengambilan sampel lapis permukaan perkerasan sebagai bahan pengujian di laboratorium dengan menggunakan alat Core Drill (Coring).Hasil pengujian menunjukan bahwa mutu campuran yang digunakan pada lapis permukaan termasuk baik (sesuai spesifikasi),hasil pengujian gradasi agregat menunjukan bahwa agregat yang digunakan sesuai dengan spesifikasi, hasil pengujian berat jenis semu dan penyerapan air agregat memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan, dan hasil pengujian kadar aspal dan mutu aspal juga memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan.
PENGARUH ON-STREET PARKING DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Jenderal. Ibrahim Adjie Kota Bandung)
Gifa Rezanti Bitami
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1380.637 KB)
Jalan Jend. Ibrahim Adjie selain merupakan jalan umum, terletak pusat perekonomian masyarakat Kota Bandung yaitu Pasar Kiaracondong. Di sepanjang ruas jalan ini terdapat pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir khusus sehingga banyak kendaraan yang parkir di badan jalan. Hal ini menyebabkan meningkatnya volume lalu lintas sehingga mengakibatkan terjadinya antrian panjang pada kendaraanroda dua dan roda empatyang melintas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh on-street parking dan hambatan samping yang terjadi pada ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie Kota Bandung dan faktor yang paling berpengaruh diantara on-street parking dan hambatan samping terhadap kinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mendapatkan data sebagai bahan acuan untuk melakukan analisis penelitian.Terdapat dua jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diantaranya: Volume arus lalu lintas, Kecepatan arus lalu lintas, Hambatan samping, dan on-street parking. Untuk data sekundernya yaitu data jumlah penduduk serta peta lokasi penelitian. Berdasarkan analisis dan pembahasan menggunakan Metode MKJI 1997 On – street parking dan hambatan samping berpengaruh terhadap kinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie Kota Bandung. Grafik hubungan antara on- street parking dan derajat kejenuhan dengan nilai r tertinggi 0,988 (korelasi sangat kuat). Hasil penelitian menunjukan bahwa derajat kejenuhan 0,76 berada pada level D. Grafik hubungan antara hambatan samping dan derajat kejenuhan dengan nilai r tertinggi adalah 0,740 (korelasi kuat). Sedangkan faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie Kota Bandung adalah on-street parking pada ruas jalan tersebut dengan hasil korelasi tertinggi 0,988 (korelasi sangat kuat).Maka factor yang paling berpengaruh terhadapkinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie adalah on-street parking.
ANALISIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) (Studi Kasus pada Proyek Dinding Penahan Tanah Jalur Kereta Api Kota Banjar)
Muhamad Erwin Aminudin
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1064.571 KB)
Dalam mengantisipasi dan menangulangi angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, pemerintah mewajibkan setiap perusahaan kontruksi menerapkan sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Menanggapi hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memahami dan menganalisis penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada proyek dinding penahan tanah jalur kereta api kota Banjar. Penelitian ini menggunakan metode survei melalui lembar kuesioner yang dibagikan kepada 25 orang lalu diolah dengan software SPSS dan metode pembobotan (scoring). Berdasarkan hasil penelitian, total penerapan SMK3 keberhasilan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di proyek dinding penahan tanah jalur kereta api kota banjar yang mencapai nilai 71,31% tergolong dalam kategori 2 yaitu tingkat pencapaian penerapan 60-84% yang pengertiannya layak untuk diberi sertifikat dan peringkat bendera perak. Berdasarkan analisis pelaksanaanya, faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan SMK3 adalah sebagai berikut : Di tinjau dari variable keselamatan kerja, responden masih ada yang tidak setuju jika perusahaan memberikan pelatihan bagi setiap karyawan atau pekerja untuk bertindak dengan aman, di tinjau dari variable kesehatan kerja, responden masih ada yang tidak setuju jika perusahaan memberikan jaminan kesehatan bagi para pekerja, dan ditinjau dari variable produktifitas, responden masih ada yang belum bisa secara efektif menggunakan pekakas atau alat untuk bekerja.
ANALISIS MUATAN BERLEBIH (OVERLOAD) DAN PENGARUHNYA TERHADAP UMUR PERKERASAN JALAN ( STUDI KASUS JALAN RAYA CIAWI KABUPATEN TASIKMALAYA KM 24+000 – KM 26+000)
Obi Pebriana
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1575.986 KB)
Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah yang menghubungkan suatu wilayah, seperti antarkota atau kabupaten. Pada ruas jalan di Kabupaten Tasikmalaya sering terjadi pelanggaran muatan berlebihan, sehingga umur perkerasan jalan cepat menurun jauh dari umur perkerasan yang telah direncanakan dan terjadinya kerusakan pada perkerasan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh muatan berlebihan (Overload) terhadap umur perkerasan jalan dan kerusakan jalan dan juga untuk mengetahui penurunan umur perkerasan jalan akibat muatan berlebih (Overload). Penelitian ini menganalisis dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga. Metode Pavement Condition Index (PCI) untuk mencari tingkat kerusakan jalan, setelah dianalisis maka diperoleh tingkat kerusakan sesbesar 65,5, setelah dimasukan kedalam parameter didapat kondisi jalan bagus (good). Metode Bina Marga untuk mecari penurunan umur perkerasan rencana tiap tahunnya, setelah dianalisis maka diketahui selama 4 tahun umur rencana berkurang sebesar 2,55 Tahun. Jadi sisa umur rencananya adalah 7,5 tahun dari 10 tahun yang diakibatkan oleh muatan berlebihan (overload)
KAJIAN PUTAR BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS (Studi Kasus Jl. Ibrahim Adjie Kota Bandung)
Syifaa Hafidhoh Halim
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1645.352 KB)
Adanya beberapa titik bukaan median, memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau gerakan u-turn. Gerakan u-turn sendiri dapat menimbulkan konflik dalam bentuk hambatan terhadap lalu lintas, yaitu terhadap kecepatan kendaraan dimana kendaraan akan melambat atau berhenti sehingga tingkat kemacetan yang terjadi pada ruas jalan Ibrahim Adjie kota Bandung terbilang tinggi, terutama pada jam-jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh putar balik (u-turn) terhadap kecepatan kendaraan serta mengetahui kinerja arus lalu lintas akibat adanya putar balik (u-turn). Penelitian dilakukan dengan cara survey langsung di lapangan, pengukuran geometrik, pengamatan arus lalu lintas, kecepatan kendaraan dan durasi manuver gerakan u-turn selama satu minggu pada jalan Ibrahim Adjie kota Bandung. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonsia (MKJI). Hasil analisis menunjukan putar balik (u-turn) sangat berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan pada ruas jalan Ibrhim Adjie kota Bandung, didapat nilai tertinggi dari grafik hubungan kecepatan dan u-turn dengan r = 0,9767 korelasi hubungan sangat kuat. Kinerja arus lalu lintas dengan adanya putar balik arah (u-turn) di ruas jalan Ibrahim Adjie pada kondisi terparah berada pada level D, arus mendekati tidak stabil dimana hampir seluruh pengemudi dibatasi (terganggu). Volume berkaitan dengan kapasitas yang dapat ditoleransi.
PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UKM DUA JEMPOL DI DUSUN CIKEMBANG CIAMIS
Yusep Madia
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1086.331 KB)
Usaha Kecil Menengah makanan ringan di Cikembang merupakan usaha rakyat yang dikerjakan secara meluas dan sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat, Industri Kecil Makanan ringan ini termasuk kedalam kelompok UKM-IKM dimana keberadaanya di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam rangka menciptakan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan. Tetapi dalam perkembangannya belum optimal hal ini karena minimnya pemahaman dan pengetahuan tentang industri kecil, kurang dukungan dari pemerintah, kurangnya teknologi yang mendukung, modal yang dimiliki masih terbatas, SDM yang kurang memadai, belum memiliki manajemen organisasi dan manajemen produksi yang baik sehingga laba yang diperoleh belum optimal, serta kurangnya pemahaman tentang strategi pemasaran. Bertitik tolak dari permasalahan di atas, maka pada penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terutama mengenai masalah perencanaan jumlah produksi dengan Linier Programing yaitu dengan Program LINDO dan strategi pemasaran yang didalamya termasuk strategi pengembangan melalui analisis SWOT. Jumlah yang dirpoduksi oleh UKM DUA JEMPOL dengan dibantu program lindo adalah sale goreng sebanyak 70 kg, semprong 95 kg, sumpia 50 kg dan Kripik Pisang tidak diproduksi. Strategi pemasaran yg dihasilkan dari perhitungan SWOT adalah berada di kuadran 2 (Diversifikasi Strategi), dimana UKM DUA JEMPOL akan menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Oleh karena itu fokus strategi perusahaan UKM DUA JEMPOL ini adalah memaksimalkan kekuaan internal perusahaan sehingga dapat menghadapi sejumlah tantangan berat agar bisa berssaing di pasaran. Strategi pemasaran UKM DUA JEMPOL menurut analisis SWOT yaitu peninjauan kembali terhadap kekuatan internalnya agar dalam pemasaran tidak terhambat oleh perusahaan yang lain.