cover
Contact Name
Hendra Firdaus
Contact Email
hendrafirdaus@gmail.com
Phone
+62265-776324
Journal Mail Official
teknikjmt@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Galuh Ciamis JL. RE. Martadinata No. 150 Ciamis Tlp. (0265) 776324
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Media Teknologi
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23565241     EISSN : 28293371     DOI : 10.25157/jmt
memuat artikel penelitian (research article) di bidang Teknik dan bidang lainnya yang relevan dengan ilmu teknik. Fokus publikasi jurnal ini dalam bidang ilmu keteknikan dan bidang lainnya dengan kajian yang relevan dengan engineering yang meliputi hasil penelitian dosen, mahasiswa, dan praktisi dari berbagai lembaga pendidikan, lembaga penelitian, dan departemen
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi" : 10 Documents clear
PENGARUH ON-STREET PARKING DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Jenderal. Ibrahim Adjie Kota Bandung) Gifa Rezanti Bitami
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1380.637 KB)

Abstract

Jalan Jend. Ibrahim Adjie selain merupakan jalan umum, terletak pusat perekonomian masyarakat Kota Bandung yaitu Pasar Kiaracondong. Di sepanjang ruas jalan ini terdapat pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir khusus sehingga banyak kendaraan yang parkir di badan jalan. Hal ini menyebabkan meningkatnya volume lalu lintas sehingga mengakibatkan terjadinya antrian panjang pada kendaraanroda dua dan roda empatyang melintas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh on-street parking dan hambatan samping yang terjadi pada ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie Kota Bandung dan faktor yang paling berpengaruh diantara on-street parking dan hambatan samping terhadap kinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mendapatkan data sebagai bahan acuan untuk melakukan analisis penelitian.Terdapat dua jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diantaranya: Volume arus lalu lintas, Kecepatan arus lalu lintas, Hambatan samping, dan on-street parking. Untuk data sekundernya yaitu data jumlah penduduk serta peta lokasi penelitian. Berdasarkan analisis dan pembahasan menggunakan Metode MKJI 1997 On – street parking dan hambatan samping berpengaruh terhadap kinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie Kota Bandung. Grafik hubungan antara on- street parking dan derajat kejenuhan dengan nilai r tertinggi 0,988 (korelasi sangat kuat). Hasil penelitian menunjukan bahwa derajat kejenuhan 0,76 berada pada level D. Grafik hubungan antara hambatan samping dan derajat kejenuhan dengan nilai r tertinggi adalah 0,740 (korelasi kuat). Sedangkan faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie Kota Bandung adalah on-street parking pada ruas jalan tersebut dengan hasil korelasi tertinggi 0,988 (korelasi sangat kuat).Maka factor yang paling berpengaruh terhadapkinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie adalah on-street parking.
ANALISIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) (Studi Kasus pada Proyek Dinding Penahan Tanah Jalur Kereta Api Kota Banjar) Muhamad Erwin Aminudin
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1064.571 KB)

Abstract

Dalam mengantisipasi dan menangulangi angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, pemerintah mewajibkan setiap perusahaan kontruksi menerapkan sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Menanggapi hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memahami dan menganalisis penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada proyek dinding penahan tanah jalur kereta api kota Banjar. Penelitian ini menggunakan metode survei melalui lembar kuesioner yang dibagikan kepada 25 orang lalu diolah dengan software SPSS dan metode pembobotan (scoring). Berdasarkan hasil penelitian, total penerapan SMK3 keberhasilan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di proyek dinding penahan tanah jalur kereta api kota banjar yang mencapai nilai 71,31% tergolong dalam kategori 2 yaitu tingkat pencapaian penerapan 60-84% yang pengertiannya layak untuk diberi sertifikat dan peringkat bendera perak. Berdasarkan analisis pelaksanaanya, faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan SMK3 adalah sebagai berikut : Di tinjau dari variable keselamatan kerja, responden masih ada yang tidak setuju jika perusahaan memberikan pelatihan bagi setiap karyawan atau pekerja untuk bertindak dengan aman, di tinjau dari variable kesehatan kerja, responden masih ada yang tidak setuju jika perusahaan memberikan jaminan kesehatan bagi para pekerja, dan ditinjau dari variable produktifitas, responden masih ada yang belum bisa secara efektif menggunakan pekakas atau alat untuk bekerja.
ANALISIS MUATAN BERLEBIH (OVERLOAD) DAN PENGARUHNYA TERHADAP UMUR PERKERASAN JALAN ( STUDI KASUS JALAN RAYA CIAWI KABUPATEN TASIKMALAYA KM 24+000 – KM 26+000) Obi Pebriana
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1575.986 KB)

Abstract

Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah yang menghubungkan suatu wilayah, seperti antarkota atau kabupaten. Pada ruas jalan di Kabupaten Tasikmalaya sering terjadi pelanggaran muatan berlebihan, sehingga umur perkerasan jalan cepat menurun jauh dari umur perkerasan yang telah direncanakan dan terjadinya kerusakan pada perkerasan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh muatan berlebihan (Overload) terhadap umur perkerasan jalan dan kerusakan jalan dan juga untuk mengetahui penurunan umur perkerasan jalan akibat muatan berlebih (Overload). Penelitian ini menganalisis dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga. Metode Pavement Condition Index (PCI) untuk mencari tingkat kerusakan jalan, setelah dianalisis maka diperoleh tingkat kerusakan sesbesar 65,5, setelah dimasukan kedalam parameter didapat kondisi jalan bagus (good). Metode Bina Marga untuk mecari penurunan umur perkerasan rencana tiap tahunnya, setelah dianalisis maka diketahui selama 4 tahun umur rencana berkurang sebesar 2,55 Tahun. Jadi sisa umur rencananya adalah 7,5 tahun dari 10 tahun yang diakibatkan oleh muatan berlebihan (overload)
KAJIAN PUTAR BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS (Studi Kasus Jl. Ibrahim Adjie Kota Bandung) Syifaa Hafidhoh Halim
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1645.352 KB)

Abstract

Adanya beberapa titik bukaan median, memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau gerakan u-turn. Gerakan u-turn sendiri dapat menimbulkan konflik dalam bentuk hambatan terhadap lalu lintas, yaitu terhadap kecepatan kendaraan dimana kendaraan akan melambat atau berhenti sehingga tingkat kemacetan yang terjadi pada ruas jalan Ibrahim Adjie kota Bandung terbilang tinggi, terutama pada jam-jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh putar balik (u-turn) terhadap kecepatan kendaraan serta mengetahui kinerja arus lalu lintas akibat adanya putar balik (u-turn). Penelitian dilakukan dengan cara survey langsung di lapangan, pengukuran geometrik, pengamatan arus lalu lintas, kecepatan kendaraan dan durasi manuver gerakan u-turn selama satu minggu pada jalan Ibrahim Adjie kota Bandung. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonsia (MKJI). Hasil analisis menunjukan putar balik (u-turn) sangat berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan pada ruas jalan Ibrhim Adjie kota Bandung, didapat nilai tertinggi dari grafik hubungan kecepatan dan u-turn dengan r = 0,9767 korelasi hubungan sangat kuat. Kinerja arus lalu lintas dengan adanya putar balik arah (u-turn) di ruas jalan Ibrahim Adjie pada kondisi terparah berada pada level D, arus mendekati tidak stabil dimana hampir seluruh pengemudi dibatasi (terganggu). Volume berkaitan dengan kapasitas yang dapat ditoleransi.
PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UKM DUA JEMPOL DI DUSUN CIKEMBANG CIAMIS Yusep Madia
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Jurnal Media Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1086.331 KB)

Abstract

Usaha Kecil Menengah makanan ringan di Cikembang merupakan usaha rakyat yang dikerjakan secara meluas dan sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat, Industri Kecil Makanan ringan ini termasuk kedalam kelompok UKM-IKM dimana keberadaanya di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam rangka menciptakan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan. Tetapi dalam perkembangannya belum optimal hal ini karena minimnya pemahaman dan pengetahuan tentang industri kecil, kurang dukungan dari pemerintah, kurangnya teknologi yang mendukung, modal yang dimiliki masih terbatas, SDM yang kurang memadai, belum memiliki manajemen organisasi dan manajemen produksi yang baik sehingga laba yang diperoleh belum optimal, serta kurangnya pemahaman tentang strategi pemasaran. Bertitik tolak dari permasalahan di atas, maka pada penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terutama mengenai masalah perencanaan jumlah produksi dengan Linier Programing yaitu dengan Program LINDO dan strategi pemasaran yang didalamya termasuk strategi pengembangan melalui analisis SWOT. Jumlah yang dirpoduksi oleh UKM DUA JEMPOL dengan dibantu program lindo adalah sale goreng sebanyak 70 kg, semprong 95 kg, sumpia 50 kg dan Kripik Pisang tidak diproduksi. Strategi pemasaran yg dihasilkan dari perhitungan SWOT adalah berada di kuadran 2 (Diversifikasi Strategi), dimana UKM DUA JEMPOL akan menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Oleh karena itu fokus strategi perusahaan UKM DUA JEMPOL ini adalah memaksimalkan kekuaan internal perusahaan sehingga dapat menghadapi sejumlah tantangan berat agar bisa berssaing di pasaran. Strategi pemasaran UKM DUA JEMPOL menurut analisis SWOT yaitu peninjauan kembali terhadap kekuatan internalnya agar dalam pemasaran tidak terhambat oleh perusahaan yang lain.
PENGARUH ON-STREET PARKING DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Jenderal. Ibrahim Adjie Kota Bandung) Gifa Rezanti Bitami
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik UNIGAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1380.637 KB) | DOI: 10.25157/jmt.v7i2.2635

Abstract

Jalan Jend. Ibrahim Adjie selain merupakan jalan umum, terletak pusat perekonomian masyarakat Kota Bandung yaitu Pasar Kiaracondong. Di sepanjang ruas jalan ini terdapat pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir khusus sehingga banyak kendaraan yang parkir di badan jalan. Hal ini menyebabkan meningkatnya volume lalu lintas sehingga mengakibatkan terjadinya antrian panjang pada kendaraanroda dua dan roda empatyang melintas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh on-street parking dan hambatan samping yang terjadi pada ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie Kota Bandung dan faktor yang paling berpengaruh diantara on-street parking dan hambatan samping terhadap kinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mendapatkan data sebagai bahan acuan untuk melakukan analisis penelitian.Terdapat dua jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diantaranya: Volume arus lalu lintas, Kecepatan arus lalu lintas, Hambatan samping, dan on-street parking. Untuk data sekundernya yaitu data jumlah penduduk serta peta lokasi penelitian. Berdasarkan analisis dan pembahasan menggunakan Metode MKJI 1997 On – street parking dan hambatan samping berpengaruh terhadap kinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie Kota Bandung. Grafik hubungan antara on- street parking dan derajat kejenuhan dengan nilai r tertinggi 0,988 (korelasi sangat kuat). Hasil penelitian menunjukan bahwa derajat kejenuhan 0,76 berada pada level D. Grafik hubungan antara hambatan samping dan derajat kejenuhan dengan nilai r tertinggi adalah 0,740 (korelasi kuat). Sedangkan faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie Kota Bandung adalah on-street parking pada ruas jalan tersebut dengan hasil korelasi tertinggi 0,988 (korelasi sangat kuat).Maka factor yang paling berpengaruh terhadapkinerja ruas Jalan Jend. Ibrahim Adjie adalah on-street parking.
ANALISIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) (Studi Kasus pada Proyek Dinding Penahan Tanah Jalur Kereta Api Kota Banjar) Muhamad Erwin Aminudin
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik UNIGAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1064.571 KB) | DOI: 10.25157/jmt.v7i2.2636

Abstract

Dalam mengantisipasi dan menangulangi angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, pemerintah mewajibkan setiap perusahaan kontruksi menerapkan sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Menanggapi hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memahami dan menganalisis penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada proyek dinding penahan tanah jalur kereta api kota Banjar. Penelitian ini menggunakan metode survei melalui lembar kuesioner yang dibagikan kepada 25 orang lalu diolah dengan software SPSS dan metode pembobotan (scoring). Berdasarkan hasil penelitian, total penerapan SMK3 keberhasilan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di proyek dinding penahan tanah jalur kereta api kota banjar yang mencapai nilai 71,31% tergolong dalam kategori 2 yaitu tingkat pencapaian penerapan 60-84% yang pengertiannya layak untuk diberi sertifikat dan peringkat bendera perak. Berdasarkan analisis pelaksanaanya, faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan SMK3 adalah sebagai berikut : Di tinjau dari variable keselamatan kerja, responden masih ada yang tidak setuju jika perusahaan memberikan pelatihan bagi setiap karyawan atau pekerja untuk bertindak dengan aman, di tinjau dari variable kesehatan kerja, responden masih ada yang tidak setuju jika perusahaan memberikan jaminan kesehatan bagi para pekerja, dan ditinjau dari variable produktifitas, responden masih ada yang belum bisa secara efektif menggunakan pekakas atau alat untuk bekerja.
ANALISIS MUATAN BERLEBIH (OVERLOAD) DAN PENGARUHNYA TERHADAP UMUR PERKERASAN JALAN ( STUDI KASUS JALAN RAYA CIAWI KABUPATEN TASIKMALAYA KM 24+000 – KM 26+000) Obi Pebriana
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik UNIGAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1575.986 KB) | DOI: 10.25157/jmt.v7i2.2637

Abstract

Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah yang menghubungkan suatu wilayah, seperti antarkota atau kabupaten. Pada ruas jalan di Kabupaten Tasikmalaya sering terjadi pelanggaran muatan berlebihan, sehingga umur perkerasan jalan cepat menurun jauh dari umur perkerasan yang telah direncanakan dan terjadinya kerusakan pada perkerasan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh muatan berlebihan (Overload) terhadap umur perkerasan jalan dan kerusakan jalan dan juga untuk mengetahui penurunan umur perkerasan jalan akibat muatan berlebih (Overload). Penelitian ini menganalisis dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga. Metode Pavement Condition Index (PCI) untuk mencari tingkat kerusakan jalan, setelah dianalisis maka diperoleh tingkat kerusakan sesbesar 65,5, setelah dimasukan kedalam parameter didapat kondisi jalan bagus (good). Metode Bina Marga untuk mecari penurunan umur perkerasan rencana tiap tahunnya, setelah dianalisis maka diketahui selama 4 tahun umur rencana berkurang sebesar 2,55 Tahun. Jadi sisa umur rencananya adalah 7,5 tahun dari 10 tahun yang diakibatkan oleh muatan berlebihan (overload)
KAJIAN PUTAR BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS (Studi Kasus Jl. Ibrahim Adjie Kota Bandung) Syifaa Hafidhoh Halim
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik UNIGAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1645.352 KB) | DOI: 10.25157/jmt.v7i2.2638

Abstract

Adanya beberapa titik bukaan median, memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau gerakan u-turn. Gerakan u-turn sendiri dapat menimbulkan konflik dalam bentuk hambatan terhadap lalu lintas, yaitu terhadap kecepatan kendaraan dimana kendaraan akan melambat atau berhenti sehingga tingkat kemacetan yang terjadi pada ruas jalan Ibrahim Adjie kota Bandung terbilang tinggi, terutama pada jam-jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh putar balik (u-turn) terhadap kecepatan kendaraan serta mengetahui kinerja arus lalu lintas akibat adanya putar balik (u-turn). Penelitian dilakukan dengan cara survey langsung di lapangan, pengukuran geometrik, pengamatan arus lalu lintas, kecepatan kendaraan dan durasi manuver gerakan u-turn selama satu minggu pada jalan Ibrahim Adjie kota Bandung. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonsia (MKJI). Hasil analisis menunjukan putar balik (u-turn) sangat berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan pada ruas jalan Ibrhim Adjie kota Bandung, didapat nilai tertinggi dari grafik hubungan kecepatan dan u-turn dengan r = 0,9767 korelasi hubungan sangat kuat. Kinerja arus lalu lintas dengan adanya putar balik arah (u-turn) di ruas jalan Ibrahim Adjie pada kondisi terparah berada pada level D, arus mendekati tidak stabil dimana hampir seluruh pengemudi dibatasi (terganggu). Volume berkaitan dengan kapasitas yang dapat ditoleransi.
PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UKM DUA JEMPOL DI DUSUN CIKEMBANG CIAMIS Yusep Madia
Jurnal Media Teknologi Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Media Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik UNIGAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1086.331 KB) | DOI: 10.25157/jmt.v7i2.2639

Abstract

Usaha Kecil Menengah makanan ringan di Cikembang merupakan usaha rakyat yang dikerjakan secara meluas dan sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat, Industri Kecil Makanan ringan ini termasuk kedalam kelompok UKM-IKM dimana keberadaanya di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam rangka menciptakan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan. Tetapi dalam perkembangannya belum optimal hal ini karena minimnya pemahaman dan pengetahuan tentang industri kecil, kurang dukungan dari pemerintah, kurangnya teknologi yang mendukung, modal yang dimiliki masih terbatas, SDM yang kurang memadai, belum memiliki manajemen organisasi dan manajemen produksi yang baik sehingga laba yang diperoleh belum optimal, serta kurangnya pemahaman tentang strategi pemasaran. Bertitik tolak dari permasalahan di atas, maka pada penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terutama mengenai masalah perencanaan jumlah produksi dengan Linier Programing yaitu dengan Program LINDO dan strategi pemasaran yang didalamya termasuk strategi pengembangan melalui analisis SWOT. Jumlah yang dirpoduksi oleh UKM DUA JEMPOL dengan dibantu program lindo adalah sale goreng sebanyak 70 kg, semprong 95 kg, sumpia 50 kg dan Kripik Pisang tidak diproduksi. Strategi pemasaran yg dihasilkan dari perhitungan SWOT adalah berada di kuadran 2 (Diversifikasi Strategi), dimana UKM DUA JEMPOL akan menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Oleh karena itu fokus strategi perusahaan UKM DUA JEMPOL ini adalah memaksimalkan kekuaan internal perusahaan sehingga dapat menghadapi sejumlah tantangan berat agar bisa berssaing di pasaran. Strategi pemasaran UKM DUA JEMPOL menurut analisis SWOT yaitu peninjauan kembali terhadap kekuatan internalnya agar dalam pemasaran tidak terhambat oleh perusahaan yang lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 10