cover
Contact Name
Rino Subekti
Contact Email
rino.subekti@gmail.com
Phone
+628129501543
Journal Mail Official
junif@ibi-k57.ac.id
Editorial Address
Jl. Moch. Kahfi II No.33, RT.1/RW.5, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JUNIF: Jurnal Nasional Informatika
ISSN : 27743497     EISSN : 27743500     DOI : https://doi.org/10.55122/junif.v2i2.334
Core Subject : Science,
JUNIF: Jurnal Nasional Informatika published by Programme of Study in Informatics Institute of Bisnis and Informatics Kosgoro 1957 ( IBI Kosgoro 1957 ), a scientific journal of Information Systems and Information Technology which includes scholarly writings on pure research and applied research in the field of information systems and information technology as well as a review-general review of the development of the theory, methods, and related applied sciences. Publish two times every April and October.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Nasional Informatika" : 6 Documents clear
PENERAPAN ALGORITMA SEMUT DALAM PENENTUAN DISTRIBUSI JALUR PIPA PENGOLAHAN AIR BERSIH Dini Amalia; Boy Firmansyah
Jurnal Nasional Informatika (JUNIF) Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Nasional Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/junif.v3i1.923

Abstract

Pengembangan Kinerja Pengolahan Air Minum (PKPAM) adalah unit kerja pengembangan kinerja pengolahan air minum di yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan air minum warga melalui peningkatan akses jaringan perpipaan yang nantinya akan melayani kebutuhan tersebut. pendistribusian air ke rumah masing-masing penduduk melalui sumber air. Permasalahan yang sering muncul adalah tidak terlayaninya debit air yang sama pada simpul terakhir, dikarenakan debit yang tidak terlalu besar dari sumber air untuk melayani kebutuhan warga. Secara umum, pencarian jalur terpendek menjadi solusi yang diberikan. Pencarian jalur terpendek terbagi menjadi dua metode, yaitu metode konvensional dan metode heuristik. Dalam metode heuristik terdapat beberapa algoritma, salah satunya adalah algoritma semut. Algoritma semut merupakan algoritma yang diadopsi dari perilaku koloni semut. Secara alami, koloni semut dapat menemukan rute terpendek dalam perjalanan dari sarang ke tempat sumber makanan. Koloni semut dapat menemukan rute terpendek antara sarang dan sumber makanan berdasarkan jejak kaki pada jalur yang dilalui. Semakin banyak semut yang melewati suatu jalur, semakin jelas jejaknya. Algoritma semut sangat cocok digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi, salah satunya adalah menentukan jalur terpendek. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan bagian Pengembangan Kinerja Pengolahan Air Minum untuk mengambil keputusan penentuan lokasi pipa distribusi pipa air yang akan dialirkan ke rumah warga. Penelitian ini mengambil 8 titik pipa pengolahan air bersih dengan titik awal A dan titik tujuan N. Berdasarkan perhitungan penentuan pipa pengolahan air bersih antara A dan N menggunakan algoritma semut, diperoleh siklus yang terpendek jalur melalui satu pipa adalah pipa N sebagai tujuan adalah rute ke-3 dengan panjang pipa 441 meter (V1 → V2 → V3 → V6 → V7 → V8).
PERANCANGAN APLIKASI ANDROID PENJEMPUTAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK MASYARAKAT Richard Jayanto; Boy Firmansyah
Jurnal Nasional Informatika (JUNIF) Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Nasional Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/junif.v3i1.925

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi berbasis Android untuk pengumpulan dan pengelolaan sampah yang membantu mengatasi masalah pengelolaan sampah di daerah perkotaan Indonesia. Untuk menjamin skalabilitas dan keamanan sistem, aplikasi ini akan menggunakan teknologi komputasi awan, kontainerisasi, dan platform sebagai layanan (PaaS). Dengan menjadwalkan penjemputan sampah melalui aplikasi, sistem ini akan memungkinkan pengguna membuang sampah dengan mudah dan efisien. Untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat, pengelolaan sampah yang tepat sangat penting. Diharapkan penelitian ini akan membantu meningkatkan metode pengelolaan sampah di Indonesia, khususnya di kota-kota.
PERANCANGAN APLIKASI TES BUTA WARNA PADA PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) BERBASIS ANDROID Zacky Fatur Rachman; Boy Firmansyah
Jurnal Nasional Informatika (JUNIF) Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Nasional Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/junif.v3i1.926

Abstract

Buta warna adalah keadaan dimana seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu yang dapat dilihat jelas oleh orang dengan mata normal. Untuk mengetahui keadaan buta warna pada seseorang selama ini adalah dengan menggunakan Plates Ishihara. Plates Ishihara yang biasa digunakan masih terbatas pada warna merah dan hijau, sehingga belum dapat mengetahui tingkatan buta warna yang dialami seseorang. Tes buta warna adalah suatu tes yang digunakan untuk mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna atau tidak. Hasil dari tes buta warna ada 3 macam yaitu buta warna total, buta warna sebagian (parsial) dan normal. Aplikasi tes buta warna merupakan aplikasi yang berguna untuk melakukan tes buta warna dalam pembuatan surat izin mengemudi. Tujuan pembuatan aplikasi tes buta warna untuk membantu para petugas dalam melakukan pembuat SIM agar lebih efisien dan tidak memakan waktu. Metode penelitian yang di gunakan adalah perancangan dan analisis menggunakan SDLC system development life cycle terdapat planning, analysis, design, implementation dan testing.
PENERAPAN CHATBOT PADA WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN PHP Dany Rayhan; Boy Firmansyah; Rino Subekti
Jurnal Nasional Informatika (JUNIF) Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Nasional Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/junif.v3i1.927

Abstract

Chatbot adalah sebuah program yang berbasis kecerdasan buatan, yang dapat membantu manusia dalam melakukan percakapan secara instan layaknya berbicara kepada manusia. Penerapan chatbot pada WhatsApp sebagai media pembelajaran pemrograman PHP dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Chatbot juga dapat membantu pengguna dalam memahami konsep-konsep dasar pemrograman PHP dan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara instan. Hal ini membuat proses belajar menjadi efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemrograman berbasis web. Secara keseluruhan, penerapan chatbot pada WhatsApp sebagai media pembelajaran pemrograman PHP dapat menjadi alternatif yang efektif dan efisien dalam memfasilitasi proses belajar dan meningkatkan pengetahuan pada konsep-konsep dasar pemrograman PHP bagi pengguna.
PEMANFAATAN GPS DALAM PENCARIAN BENGKEL KENDARAAN DI WILAYAH KOTA BEKASI BERBASIS ANDROID Muhammad Farhan Dwi Saputra; Boy Firmansyah
Jurnal Nasional Informatika (JUNIF) Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Nasional Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/junif.v3i1.928

Abstract

kita merasa kesulitan dalam mencari bengkel atau tempat tambal ban terdekat ketika kita sedang berada di tengah perjalanan dan mengalami masalah pada kendaraan kita. Di Kota Bekasi banyak bengkel sepeda motor yang tersebar di beberapa lokasi, baik bengkel kecil maupun bengkel besar. Hampir semua orang memiliki smartphone di mana ada aplikasi Google Maps dengan memanfaatkan teknologi GPS agar tidak tersesat saat berkendara, dengan teknologi GPS dapat diperkirakan jarak antara satu lokasi dengan lokasi lain[1]. Tujuan jangka panjang dari artikel ini agar dapat membantu masyarakat Kota Bekasi khususnya pengguna smartphone dalam mencari bengkel di area Kota Bekasi secara mudah, cepat dan tepat sesuai dengan informasi yang tersedia.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MENU MAKANAN DAN MINUMAN BERBASIS WEB Amanda Arista; Boy Firmansyah
Jurnal Nasional Informatika (JUNIF) Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Nasional Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55122/junif.v3i1.929

Abstract

Cafetaria IBI-K57 merupakan kedai jajanan kekinian dengan pilihan makanan dan minuman yang bermacam varian rasa. Saat ini, Cafetaria IBI-K57 masih menggunakan sistem manual pada penjualan ataupun pada pengelolaan datanya. Dimana sistem pemesanan di Cafetaria IBI-K57 saat ini masih menerapkan pemesanan menu yang sudah biasa, seperti pelanggan yang harus datang ke Cafetaria IBI-K57, mengantre untuk melakukan pemesanan, memilih meja lalu menunggu kedatangan pelayan untuk mencatat pesanan. Masalah yang sering dihadapi adalah antrean pelanggan yang panjang karena pemesanan menu makanan dan minuman yang hanya melalui satu tempat. Sehingga perlu adanya sistem informasi yang nantinya dapat membantu proses penjualan atau pengolahan data apabila ada kendala. Cafetaria IBI-K57 ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi atau sistem informasi pemesanan menu yang berbasis web dengan implementasi menggunakan localhost dan perancangan yang menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML). Dengan adanya sistem tersebut dapat diharapkan pada karyawan Cafetaria IBI-K57 tersebut dapat mengelola aplikasi yang sudah dibuat untuk pengelolaan data penjualan menu seperti, Laporan pemesanan Menu Makanan dan Minuman.

Page 1 of 1 | Total Record : 6