cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal.P4I@gmail.com
Phone
+6289681071805
Journal Mail Official
jurnal.P4I@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan
ISSN : 28094042     EISSN : 28094034     DOI : https://doi.org/10.51878/knowledge.v2i2
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam smua disiplin ilmu yang berkaitan dengan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh para guru, dosen, pakar, ilmuan praktisi dan umum.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 71 Documents
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMK MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL KHOERUNNISA KHOERUNNISA
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.043 KB)

Abstract

This study aims to improve student chemistry learning outcomes through the STAD method with the SAVI approach. This research was conducted in October 2019 at the Mandala Tiara Bangsa Pharmacy Vocational School, East Jakarta. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR). The indicators measured in this study are indicators of learning outcomes, which consist of; suitability of the learning process with the curriculum, implementation of learning programs by students, student motivation, student activity in the learning process, interaction between teachers and students and students with students, abilities and skills of teachers, and student learning outcomes. In the first cycle, not all of the sub-indicators have been achieved properly, the sub-indicators include; students use other learning resources, students dare to express their opinions in the learning process, students discuss in groups, students ask questions in group discussions, students ask other students or the teacher if they don't understand the subject matter, there are questions and answers between teachers and students, and there are question and answer between students and students. While in cycle II all sub indicators have been achieved well. This shows that the use of Student Teams Achievement Division (STAD) cooperative learning with the Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) approach can improve students' chemistry learning outcomes on the subject of Chemical Balance. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Kimia siswa melalui metode STAD dengan pendekatan SAVI. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2019 di SMK Farmasi Mandala Tiara Bangsa Jakarta Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Indikator yang diukur pada penelitian ini adalah indikator hasil belajar, yang terdiri dari; kesesuaian proses pembelajaran dengan kurikulum, keterlaksanaan program pembelajaran oleh siswa, motivasi belajar siswa, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa, kemampuan dan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Pada siklus I belum semua sub indikator tercapai dengan baik, sub indikator tersebut antara lain; siswa menggunakan sumber belajar lainnya, siswa berani mengemukakan pendapatnya pada proses pembelajaran, siswa berdiskusi secara berkelompok, siswa mengajukan pertanyaan pada diskusi kelompok, siswa bertanya pada siswa lain atau kepada guru bila tidak memahami materi pelajaran, adanya tanya jawab antara guru dengan siswa, dan adanya tanya jawab antara siswa dengan siswa. Sedangkan pada siklus II semua sub indikator telah tercapai dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar Kimia siswa pada materi Kesetimbangan Kimia.
PENINGKATAN MINAT DAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 POGALAN DALAM PEMBELAJARAN IPS-GEOGRAFI MELALUI METODE OUT DOOR STUDY TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ENDAH SUTJIATI
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.876 KB)

Abstract

This study aims to improve the learning process and increase students' interest and participation in learning through the out door study method. The type of research is Classroom Action Research which refers to the Kemmis and Taggart models, which in each cycle is carried out twice in each cycle consisting of four stages, namely planning, action, observation and reflection. This classroom action research was conducted at SMP Negeri I Pogalan in Trenggalek Regency. The target is class VIII F SMP Negeri I Pogalan with a total of 40 students, 18 males and 22 females. The research instrument consisted of the KBM format, out-of-class learning guides for each group, questionnaires, observation sheets, field notes/journals. The results showed that using the Out Door Study method from cycle I to cycle II everything went well. Of all the students who were the research subjects, 40 students based on the results of the first cycle questionnaire, there were 73% who had high interest and learning participation, while after the second cycle ended it increased to 80.4%. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan peningkatan minat dan partisipasi belajar siswa melalui metode out door study. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart, yang setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri I Pogalan di Kabupaten Trenggalek. Sebagai sasarannya adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri I Pogalan dengan jumlah siswa 40 orang 18 laki-laki dan 22 perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari Format KBM, Panduan belajar diluar kelas untuk masing masing kelompok, Kuesioner, Lembar observasi, Catatan lapangan/jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Out Door Study dari siklus I ke Siklus II semua berjalan dengan baik. Dari seluruh siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 40 siswa berdasarkan hasil angket siklus I terdapat 73% yang minat dan partisipasi belajarnya tinggi sedangkan setelah siklus 2 berakhir meningkat menjadi 80,4%.
PENERAPAN INFORMATION RETRIEVAL PADA SEARCH ENGINE NURAINI AHMAD; ARIENDA ADDIS PRASETYO; ANIS MASRURI
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.886 KB)

Abstract

Information retrieval (information retrieval), while it has been applied in various fields of human life. Library, museum, document management, knowledge management, collection management, records management has been known before the web search engines (search engine website, often referred to as search engines only) applied. The Web as a medium that would later appear, it requires also a model retrieval system of its own. Before the use of a search engine website that is known at this time, experts of the library has been trying to apply the principles of categorization and classification as they arrange the collection of the library. However, it turns out that the website has its own characteristics, so the model that they develop quickly outdated. The Website has the properties of fast-changing and temporary. In this paper, the authors discuss how the implementation of information retrieval in search engines. The results showed that search engines continue to evolve to provide information that is relevant to the development of the evaluation process, improving the ability, update data, continue to adapt to users ' needs, improve the ability of the performance of the device, and try to solve the problem encountered. ABSTRAKInformation retrieval (temu kembali informasi), saat ini telah diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Perpustakaan, museum, manajemen dokumen, manajemen pengetahuan, manajemen koleksi, manajemen arsip telah dikenal sebelum web search engine (mesin pencari website, sering disebut dengan search engine saja) diterapkan. Web sebagai media yang belakangan muncul, membutuhkan pula model sistem temu kembali tersendiri. Sebelum digunakannya mesin pencari website yang dikenal saat ini, para ahli perpustakaan telah mencoba menerapkan prinsip-prinsip kategorisasi dan klasifikasi sebagaimana mereka mengatur koleksi perpustakaan. Namun, ternyata website mempunyai karakteristik sendiri, sehingga model yang mereka kembangkan dengan cepat ketinggalan zaman. Website mempunyai sifat cepat berubah dan sementara. Dalam tulisan ini, penulis mendiskusikan bagaimana penerapan information retrieval pada search engine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa search engine terus berkembang untuk menyediakan informasi yang relevan dengan pengembangan proses evaluasi, meningkatkan kemampuan, memperbarui data, terus beradaptasi dengan kebutuhan pengguna, meningkatkan kemampuan kinerja perangkat, dan berusaha menyelesaikan masalah yang dihadapi.
STRATEGI KEBIJAKAN PEMBENTUKAN BRIN COORPORATE UNIVERSITY AYURISYA DOMINATA
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.908 KB)

Abstract

The excellence of educational and training institutions is one of the keys to succeed in achieving the performance of research and innovation bodies such as the National Research and Innovation Agency (BRIN). Moreover, institutions that have strategic goals to encourage increased productivity of inventions and innovations of researchers to strengthen competitive and sustainable economic transformation in Indonesia. However, there are a number of obstacles to achieving these goals, for example the traditional education system and the old approach, the unavailability of a link and match between the education and training program and the organization's vision and mission, as well as the business as usual training program and the complexity of the bureaucracy, resulting in the output of education and training institutions, did not reach the maximum target. One of the strategies adopted by many countries in the world and also by a number of ministries/agencies in Indonesia to deal with this is to transform their educational and training institutions into a Corporate University (Corpu). Corporate University, is a new form of training institution that is more modern and dynamic, replacing the previous learning method which was only limited to training and development, becoming learning and development. This research aims to identify and analyze policy strategies that can be carried out by BRIN in establishing a Corporate University. This research uses qualitative methods, with data collection techniques through observation, interviews, and documentation studies. The results of the study conclude several important steps to build BRIN Corporate University (CU). First, it is necessary to draft a policy formulation for the establishment of BRIN Corporate University (CU), as well as conduct advocacy so that this policy gets full support from the highest leadership of the institution. Second, it is necessary to establish a CU 'governing body' by involving experts from certain relevant fields/sciences. Third, identify and formulate the vision and mission of BRIN Corporate University. Fourth, determine funding system policies, stakeholder roles, and learning models. Fifth, make a formal policy regarding the use of technology and adequate learning media. Sixth, Ensure the involvement of every element of the institution or organization. Seventh, consider the possibility of establishing partnerships with universities. Eighth, the formation of a cross-functional team from business lines that can be used to launch BRIN Corporate University. ABSTRAKLembaga pendidikan dan pelatihan yang berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan pencapaian kinerja badan riset dan inovasi seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang memiliki target mendorong tumbuhnya produktivitas aktivitas riset sehingga dapat mendorong daya saing bangsa. Namun, kendala sistem pendidikan lembaga diklat yang masih tradisional dan menggunakan pendekatan lama, belum adanya link and match antara program diklat dengan visi misi organisasi, juga program diklat yang bersifat business as usual dan sangat birokratis, menyebabkan banyak ouput lembaga pendidikan dan pelatihan ASN di Indonesia saat ini belum mampu mencapai target lembaganya. Salah satu strategi yang dilakukan banyak negara di dunia dan juga mulai dilakukan oleh sejumlah kementerian/lembaga di Indonesia untuk menyiasati hal ini adalah melakukan transformasi lembaga pendidikan dan pelatihan mereka menjadi Coorporate University (Corpu). Corporate University, adalah bentuk baru dari lembaga diklat yang lebih modern dan dinamis, menggantikan metode pembelajaran sebelumnya yang hanya sebatas training and development, menjadi learning and development. Riset ini bertujuan melakukan identifikasi dan analisis tentang strategi kebijakan yang dapat dilakukan oleh BRIN dalam membentuk Corporate University. Riset ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti melakukan pengumpulan data dengan teknik observasi, studi literatur, dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan beberapa langkah penting untuk membangun BRIN Corporate University (CU). Pertama, menyusun rancangan formulasi kebijakan pembentukan BRIN Corporate University (CU), sekaligus melakukan advokasi sehingga kebijakan ini mendapat dukungan penuh dari pimpinan tertinggi lembaga juga stakeholder terkait. Kedua, melakukan pembentukan 'governing body' CU dengan melibatkan para ahli dari bidang/ilmu tertentu yang relevan. Ketiga, mengidentifikasi dan merumuskan visi dan misi BRIN Corporate University. Keempat, merumuskan kebijakan terkait sistem pendanaan dan model pembelajaran. Kelima, membuat kebijakan formal tentang pemanfaatan teknologi dan media pembelajaran yang memadai. Keenam, memastikan keterlibatan penuh seluruh unsur lembaga. Ketujuh, mempertimbangkan kemungkinan membangun kemitraan dengan perguruan tinggi. Kedelapan, pembentukan tim lintas fungsi dari lini bisnis yang dapat digunakan untuk meluncurkan BRIN Corporate University.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS XI SMK NOVRIZAL HENDRIAWAN
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.96 KB)

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of the Concrete Pictorial Abstract (CPA) learning method on understanding mathematical concepts in three-dimensional material in class XI SMK Cahaya Sakti, Jakarta. The research method used is a quasi-experimental research with t-test analysis technique which previously tested the data analysis requirements, namely normality test and homogeneity test. The population is class XI students of SMK Cahaya Sakti, Jakarta. The sampling technique was random. The instrument in this study was a test of understanding mathematical concepts using 10 essay questions. Based on the results of the t-test calculation, obtained , so it can be concluded that learning mathematics using the CPA method has an effect on understanding mathematical concepts for class XI SMK Cahaya Sakti, Jakarta on three-dimensional material for the 2019 academic year/ 2020. ABSTRAKPenelitian ini ditujukan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran Concrete Pictorial Abstract (CPA) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi dimensi tiga kelas XI SMK Cahaya Sakti, Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan teknik analisis uji-t yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Populasinya adalah siswa kelas XI SMK Cahaya Sakti, Jakaarta. Teknik pengambilan sampel adalah acak. Instrumen pada penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematika dengan menggunakan soal essay sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh , sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode CPA berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika kelas XI SMK Cahaya Sakti, Jakarta pada materi dimensi tiga tahun ajaran 2019/2020.
PENGEMBANGAN MEDIA PENGUKUR VOLUME BENDA BERBENTUK TIDAK TERATUR BERBAHAN WADAH MINUMAN BEKAS PADA MASA “PTMT” RR. INDAH WAHJU RATNAWATI
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.044 KB) | DOI: 10.51878/knowledge.v1i1.799

Abstract

This study aims to produce a product in the form of a medium for measuring the volume of irregularly shaped objects, made from used drink containers. The type of media developed is in the form of practical aids. This research includes development research known as Research and Development. During the limited face-to-face learning period (PTMT) the learning process must be designed as effectively as possible, because students study at school for only about 4 hours, without rest. The existence of practical aids is very helpful for students' understanding of the concepts explained by the teacher, but not all schools have laboratory equipment that is proportional to the number of students. To overcome this problem, a solution is given to develop a practical tool made from used drink containers for measuring the volume of irregularly shaped objects. Before the practical aids were tested, they were validated by material experts and material experts. The average results of the two validation experts. obtained a score of 97.05% with a very decent category. The media trial included a limited test consisting of 12 students of class VII/B and a broad test which was carried out on all students of class VII/B of 32 students. The results of the limited test obtained an average of 98.3%, and in the broad test an average of 99% was obtained with a very decent predicate as well. After the trial, the students were given a set of test tools in the form of questions related to the material for measuring the volume of objects with irregular shapes. The results of the tests completed by students after using the developed media, students who scored above the KKM were 96%, this indicates that the developed media is feasible to use and can help students understand the concept of measuring the volume of irregularly shaped objects. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pengukur volume benda yang berbentuk tidak teratur, berbahan wadah minuman bekas. Jenis media yang dikembangkan berupa alat bantu praktik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development. Pada masa pembelajaran dengan tatap muka terbatas (PTMT) proses pembelajaran harus di rancang seefektif mungkin, karena siswa belajar di sekolah hanya sekitar 4 jam, tanpa istirahat. Keberadaan alat bantu praktik sangat membantu pemahaman siswa terhadap konsep yang dijelaskan guru, namun tidak semua sekolah memiliki peralatan laboratorium yang sebanding dengan jumlah siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diberikan solusi mengembangkan alat bantu praktik berbahan wadah minuman bekas pada pengukuran volume benda berbentuk tidak teratur. Sebelum alat bantu praktik diuji cobakan, dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli materi. Hasil rata-rata dari kedua ahli validasi . diperoleh scor 97,05% dengan kategori sangat layak. Uji coba media meliputi uji terbatas yang terdiri dari 12 siswa kelas VII/B dan uji luas yang dilaksanakan pada seluruh siswa kelas VII/B sejumlah 32 siswa. Hasil uji terbatas diperoleh rata-rata 98,3%, dan pada uji luas diperoleh rata-rata 99% dengan predikat sangat layak juga. Setelah dilakukan uji coba siswa diberikan seperangkat alat tes berupa soal yang berkaitan dengan materi pengukuran volume benda yang bentuknya tidak teratur. Hasil test yang diselesaikan oleh siswa setelah menggunakan media yang dikembangkan, siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 96%, hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dan dapat membantu pemahaman siswa dalam mempelajari konsep pengukuran volume benda yang berbentuk tidak teratur.
NILAI MANFAAT DAN TINGKAT PENERAPAN MATERI PELATIHAN LITERASI DAN EDUKASI KEUANGAN (PLEK) NINING HARIYANI
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.305 KB) | DOI: 10.51878/knowledge.v1i1.800

Abstract

The lack of awareness and ability in recording and managing the finances of farming and farmer households causes farmers can’t get a real of their welfare. Farmers are still oriented to production activities and have not led to a profitable business through professional financial management. Training is one of the activities carried out as an effort to provide financial literacy and education for farming and farmer households. This study aims to determine the value of benefits and the level of application of financial literacy and education training materials which consist of 2 core materials, namely farming finance management and household financial management. The research method uses purposive sampling with 29 respondents from the Tuban, Ngawi, Lamongan, Madiun and Jombang regencies of East Java Province as participants in financial literacy and education training in 2019 and 2020. The results showed that the two materials were considered useful about 4.35 and 4.27 and the level of application of the materials was still at 50% or about 3.23 and 3.07 from the specified learning outcome indicators. The value of benefits is positively correlated with the application of the two training materials.It is necessary to improve the training module to make it simpler, easier to understand and aplicable by participants as well as intensive assistance from local extention officer so the material can be applied more optimally in farmer daily activities. ABSTRAKRendahnya kesadaran dan kemampuan dalam pencatatan dan pengelolaan keuangan usahatani dan rumah tangga petani menyebabkan kesejahteraan kurang dirasakan oleh petani. Petani selama ini masih berorientasi pada kegiatan produksi dan belum mengarah pada bisnis yang menguntungkan melalui pengelolaan keuangan yang profesional. Pelatihan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk memberikan literasi dan edukasi keuangan baik usahatani maupun rumah tangga petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai manfaat dan tingkat penerapan materi pelatihan literasi dan edukasi keuangan yang terdiri dari 2 materi inti yaitu pengelolaan keuangan usahatani dan pengelolaan keuangan rumah tangga. Metode penelitian menggunakan purposive sampling dengan responden alumni peserta pelatihan literasi dan edukasi keuangan tahun 2019 dan 2020 yang berasal dari Kabupaten Tuban, Ngawi, Lamongan, Madiun dan Jombang Provinsi Jawa Timur sebanyak 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua materi dinilai bermanfaat yaitu sebesar 4,35 dan 4,27 serta tingkat penerapan materi sebesar 3,23 dan 3,07 atau masih 50% dari indikator hasil pembelajaran yang ditetapkan. Nilai manfaat berkorelasi secara positif terhadap penerapan kedua materi pelatihan. Perlu perbaikan modul pelatihan agar lebih sederhana, mudah dipahami dan diterapkan oleh peserta serta pendampingan yang intensif dari penyuluh pertanian setempat agar penerapan materi lebih optimal dan bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari.
KARAKTERISTIK MENTOR PADA KEGIATAN PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL CPNS ATPRIATNA UTAMA
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.579 KB) | DOI: 10.51878/knowledge.v1i1.818

Abstract

The mentoring program in basic training activities for civil servant candidates aims to improve the professionalism of civil servants at the beginning of community service. The relationship between mentors and mentees is fundamental and crucial to realizing the goals of mentors and mentees. This study aims to determine the character of the mentor's "admirable characteristics" in the actualization of basic training for civil servant candidates. This research on the phenomenon of the interpretive paradigm uses a qualitative approach with data taken from interviews using purposive sampling, observing mentor-mentee interactions, and analyzing seminar documents. The findings of this study show that, in general, mentors have ideal and professional characteristics. "Humble" characteristics and "teacher" professionalism are indicators that mentors can visualize against mentees. These are characters that are able to create connections that are able to build and develop the potential of the mentee and realize success. basic exercise. However, this positive condition is very contradictory to the condition of the results of the interview. It has been found that there are mentors who ignore their functions. So the strategies currently recommended are the availability of schedules, technical guidance, and transparency of the mentor-mentee relationship. The personality of the mentor is fundamental to the implementation of a good and effective mentoring process. ABSTRAK Program mentoring dalam kegiatan pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil diawal pengabdian di masyarakat, hubungan mentor dan mentee merupakan fundamental dan krusial untuk mewujudkan tujuan dari mentor dan mentee. Penelitian ini untuk mengetahui karakter mentor “Admirable Characteristics” kegiatan aktualisasi latihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Penelitian penomena paradigma interprentif ini dengan pendekatan kualitatif, data yang diambil bersumber dari interview secara pusposive sampling, observasi interkasi mentor – mentee, dan menganalisa dokumen hasil seminar. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa secara umum mentor memiliki karakter ideal dan profesional, karakter “humble” dan profesionalisme “teacher” menjadi indikator yang mampu divisualkan mentor terhadap mentee, ini karakter yang mampu mewujudkan koneksi yang mampu membangun dan mengembangkan potensi dari mentee dan mewujudkan keberhasilan latihan dasar. Namun kondisi positif tersebut sangat kontrakdiktif dengan kondisi hasil wawancara telah ditemukan terdapat mentor yang mengabaikan fungsinya. Strategi yang direkomendasikan adalah tersedianya jadwal, petunjuk teknis dan transparansi hubungan mentor-mentee. Kepribadian mentor menjadi fundamental terselengaranya proses mentoring yang baik dan efektif.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPYPIE PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI FITRI HIDAYATI
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.524 KB) | DOI: 10.51878/knowledge.v1i1.838

Abstract

The Covid-19 phenomenon has increased the awareness of educators to be able to take advantage of learning media that uses communication information technology so that learning continues well. One of learning media that is easy to make is android-based learning media using appypie. By using appypie, teachers easily create their own learning applications/media that contain content according to the learning objectives to be achieved without having to have knowledge of coding or programming. The purpose of this research is to produce android-based learning media using appypie which can be used as an alternative valid and effective learning media for students. This type of study is research and development (R&D) using the ADDIE model. The ADDIE model consists of five stages, 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation and 5) Evaluation. The Research instruments is questionnaire, which are used to obtain data on the level of worthiness (validity). The results of the validation by media experts obtained an average of 80.40% which is included in the " feasible" category to be used as learning media. Meanwhile, material experts obtained an average of 86.40% in the "Very feasible" category, and from the student responses, an average of 95.56% was obtained which was also included in the "Very feasible" category to use. Based on the results of the study, the learning media was declared effective and feasible to be implemented in the learning process. ABSTRAKAdanya fenomena Covid-19 semakin meningkatkan kesadaran para pendidik untuk dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Salah satu alternatif media pembelajaran yang mudah dibuat ialah media pembelajaran berbasis android dengan mengunakan appypie. Dengan menggunakan appypie, guru dengan sangat mudah membuat aplikasi/media pembelajaran sendiri yang berisi konten-konten sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tanpa harus memiliki pengetahuan coding atau pemograman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan appypie yang valid dan efektif bagi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, 1) Analisis; 2) Perancangan; 3) Pengembangan; 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang digunakan untuk memperoleh data tingkat kelayakan (validitas). Hasil validasi oleh ahli media diperoleh rata-rata sebesar 80,40% yang termasuk dalam kategori “Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan oleh ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 86,40% dengan kategori “Sangat Layak”, dan dari respon peserta didik diperoleh rata-rata 95,56% juga termasuk kedalam kategori “Sangat Layak” digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran ini dinyatakan efektif dan layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
SISTEM PENYIMPANAN DATA PEMELIHARAAN PERALATAN LISTRIK BERBASIS WEBSITE YAYUK SUPRIHARTINI; TARYANA TARYANA
KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.428 KB) | DOI: 10.51878/knowledge.v2i1.1004

Abstract

Airport has the main task of providing flight operation services, of course, it must be equipped with adequate supporting facilities. Therefore, the existing equipment must be ready to operate even though needed or not. To realize the reliability of the equipment, equipment maintenance needs to be implemented at the airport. In the maintenance of electrical equipment, Airport is based on SKEP 157/IX/2003 on the Guidelines on maintenance and reporting equipment facilities of aviation electronics and electric. After that, equipment maintenance results are reported and made based on the decree. In order to make the results of equipment maintenance is not just reported but able to be stored, presented and make a report at the same moment when the equipment is under maintenance, it needs a media to make it realize. By creating a program, this data storage system design based on website that use XAMPP application for create a databases and ATOM for created data encryption. After that, the maintenance report result used for input data. Besides that, trough this system the technician be able to know the maintenance schedule, so, this program can make a technician work easier to remember the maintenance schedule and making the maintenance report. ABSTRAKBandar Udara mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan operasi penerbangan tentunya harus dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang yang memadai. Oleh karena itu, peralatan yang ada harus siap untuk dioperasikan mana kala dibutuhkan ataupun tidak. Untuk mewujudkan kehandalan dari peralatan tersebut, perlu dilaksanakan pemeliharaan terhadap peralatan yang ada di bandar udara tersebut. Dalam pemeliharaan peralatan listrik, Bandar Udara berpedoman pada SKEP 157/IX/2003 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Pelaporan Peralatan Fasilitas Elektronika dan Listrik Penerbangan. Selanjutnya hasil pemeliharaan peralatan dilaporkan dalam bentuk laporan sesuai dengan yang termuat pada Surat Keputusan tersebut. Agar hasil pemeliharaan peralatan tersebut tidak sekedar dilaporkan pada waktu yang telah ditentukan tetapi agar dapat disimpan, disajikan dan dibuat laporan pada saat bersamaan ketika melakukan pemeliharaan, perlu adanya suatu media yang dapat mewujudkan hal tersebut. Dengan membuat suatu program, rancangan sistem penyimpanan data ini berbasis Website dengan aplikasi XAMPP untuk membuat database dan ATOM untuk enskripsi data yang dibuat. Selanjutnya hasil laporan pemelihraan digunakan untuk input data. Selain itu, melalui sistem ini teknisi dapat mengetahui jadwal pemeliharaan sehingga memudahkan kerja teknisi dalam mengingat jadwal pemeliharaan serta pembuatan laporan pemeliharaannya.