cover
Contact Name
Sularso Budilaksono
Contact Email
sularso2007@gmail.com
Phone
+6289608751887
Journal Mail Official
sularso2007@gmail.com
Editorial Address
Jln.Diponegoro No.74, Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
IKON
ISSN : 19786972     EISSN : 28303067     DOI : -
IKON: Jurnal Komunikasi diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun yaitu bulan April, Agustus dan Desember. IKON: Jurnal Komunikasi memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian dan non penelitian dibidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tim Redaksi IKON: Jurnal Komunikasi akan menerbitkan tujuh (7) artikel hasil penelitian dan non penelitian yang relevan yang disemaikan pada jurnal ilmiah nasional
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON" : 7 Documents clear
ETIKA DALAM MELAKUKAN KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) Aan Setiadarma
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.195 KB)

Abstract

Corporate Social Responsibility dianggap penting bagi sebagian perusahaan maupun lembaga karena sebagai bukti bahwa perusahaan atau lembaga tersebut tidak hanya mementingkan profit semata namun juga memperhatikan lingkungan sosial sekitarnya. Perusahaan mewujudkan kepedulian sosial dan lingkungan dalam operasi bisnis dan dalam interaks dengan para pemangku kepentingan secara suka rela yang juga semakin menyadarkan bahwa perilaku bertanggung jawab mengarah pada keberhasilan bisnis yang berkelanjutan yang berlandaskan etika.
PENGARUH KAMPANYE #DIET KANTONG PLASTIK TERHADAP SIKAP KHALAYAK MENGURANGI KETERGANTUNGAN TERHADAP KANTONG PLASTIK ARIEF KHALIFATUR ROHMAN; SRI EKOWATI P
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.361 KB)

Abstract

This study discusses the effect of the #diet plastic bag campaign on public attitudes to reduce dependence on plastic bags. The purpose of this study is to determine how much influence the # diet plastic bag campaign has on public attitudes to reduce dependence on plastic bags. The theory used in this research is the theory of social integration. The concepts used are communication, social campaigns, attitudes and plastic waste. The research method used is a survey method to find out how much influence it has. The technique of collecting data through a questionnaire with 100 respondents, namely Followers Instagram @IDDKP.The results of this study indicate a correlation of 71.9% and the conclusion of this study is the effect of the plastic bag # diet campaign on public attitudes to reduce dependence on plastic bags. the meaning. The #diet plastic bag campaign has a major effect on the attitudes of the public to reduce dependence on plastic bags.
PERAN KOORDINATOR ENGINEERING OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA TIM TEKNISI DI SUMMARECON MALL BEKASI Sari Endah Nursyamsi; Nasaruddin Siregar; Melinda Kusumah
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.14 KB)

Abstract

Peran Koordinator Engineering Operasional dalam Meningkatkan Kinerja Tim Teknisi di Summarecon Mall Bekasi (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Kelompok Pada Divisi Engineering Operasional Summarecon Mall Bekasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara komunikasi koordinator dengan anggota tim kelompok, dalam melakukan peran sebagai koordinator engineering agar tim teknisi dapat meningkatkan kinerja, sesuai dengan prosedur engineering operasional di Summarecon Mall Bekasi. Data yang diperoleh melalui data primer yang merupakan dari hasil wawancara 1 (satu) key informan dan 3 (tiga) informan. Objek penelitian ini adalah kedua koordinator engineering operasional dalam melakukan komunikasi kelompok yang berperan dalam meningkatkan kinerja tim kelompok. Penilitian ini menggunakan penilitian kualitatif. Key informan dalam penelitian ini adalah salah satu koordinator engineering operasional yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam memimpin divisi engineering operasional. Informan pertama adalah koordinator lainnya, informan kedua dan ketiga adalah senior teknisi yang dapat melengkapi data dalam penelitian ini. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
STRATEGI MANAJEMEN ISU HUMAS PT ANGKASA PURA 1 DALAM MENANGANI PEMBERITAAN NEGATIVE Riyan Adhi Nugroho; Achmad Mucharam
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.861 KB)

Abstract

PT Angkasa Pura 1 sebagai organisasi yang bergerak di sektor publik, tentu diharapakan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat. Pada bulan Oktober 2019, Bandar Udara YIA (Yogyakarta International Airport) sebagai salah satu bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura 1 sempat diberitakan kurangnya fasilitas parker dan fasilitas bandara bagi para difabel yang berada di Yogyakarta. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui langkah-langkah manajemen isu yang dilakukan oleh humas PT Angkasa Pura 1 dalam menangani pemberitaan negative terkait kurang ramahnya fasilitas bandara YIA (Yogyakarta International Airport) bagi para penyandang disabilitas. Untuk mengevaluasi strategi humas PT Angkasa Pura 1 dalam mengelola isu pemberitaan negative terkait kurang ramahnya fasilitas bandara YIA (Yogyakarta International Airport) bagi para penyandang disabilitas. Menggunakan konsep manajemen isu, humas, Difabel. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sifat penelitian deskriptif Teknik pengumpulan data primer wawancara dan observasi dan data sekunder studi Pustaka dan studi dokumentasi.hasil yang diperoleh Isu yang berkembang di masyarakat tentunya bisa dikendalikan oleh humas memonitor lingkungannya secara aktif. Humas Pirngadi menilai isu sebagai rumor yang terkadang melanggar hukum dan fakta. Ia akan merespon dan mengakui keberadaan isu tersebut apabila telah ada “konfirmasi”. Sepanjang tidak ada konfirmasi maka humasnya tidak akan merespon dan mengakui keberadaan isu tersebut.
SOSIALIASASI PENCEGAHAN HOAX SEPUTAR INFORMASI COVID 19 DI KALANGAN REMAJA Windhi Tia Saputra; Ratu Nadya W; Ratu Laura M.B.P
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.489 KB)

Abstract

It has been more than a year since the Covid-19 virus was first discovered and spread around the world. The pandemic started in the city of Wuhan, China and has claimed many lives and tremendous effect of terror to people around the world. Because of the increasing of the pandemic, the Indonesian government as well as the rest of the world are taking steps to reduce and stop the spread of this deadly virus. Experts in the health sector are also moving quickly to observe the virus and find ways to eliminate this pandemic. In the midst of the activeness of health experts and the government in fighting this virus, various health information emerged to prevent and even kill the corona virus. However, not all of the information is true and we called them hoax. The spread of various hoax information during the pandemic is very massive. There are 1,387 hoax issues on various digital platforms. One of the effort to reduce hoax is provide counseling about hoax information. This Community Service activity is carried out in junior high school to increase youth's knowledge about the world of hoax and how to avoid them.
REPRESENTASI ISI KEKERASAN DALAM FILM “THE DEVIL ALL THE TIME” DANANG PRADIPTA
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.996 KB)

Abstract

Film menghasilkan sebuah audiovisual atau suara dan gambar yang dimana terkandung pesan-pesan yang ingin disampaikan. Sebuah film realitas masyarakat, yang dimana realita maupun peristiwa yang terjadi di masyarakat dijadikan sebuah cerita yang dibuat. Namun realita yang berada disekitar masyarakat yakni kekerasan. Teori dalam penelitian ini adalah konstruksi realitas sosial. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Dari hasil analisis disini menunjukkan 5 scene yang menunjukkan adanya kekerasan fisik yang terdapat di film The Devil All The Time dan juga terdapat 2 scene kekerasan non fisik yang menunjukkan seperti penghinaan dan bullying. Kesimpulannya terdapat makna denotasi pada film The Devil All The Time dilihat dengan gambaran potret realitas sekitar masyarakat yaitu kekerasan fisik maupun non fisik, makna konotasi dalam film ini merupakan pesan yang terkandung pada denotasi itu sendiri, makna mitos pada film The Devil All The Time terlihat pada Roy Lafetry, yang dimana ia memercayai mendapat kekuatan dari tuhan untuk dapat menghidupkan nyawa seseorang
REPRESENTASI KESETARAAN GENDER PADA FILM LIVE-ACTION “MULAN” PRODUKSI DISNEY Marie Rose Jane; Woro Harkandi Kencana
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.016 KB)

Abstract

Film merupakan salah satu media komunikasi massa yang menampilkan serangkaian gambar bergerak dengan suatu jalan cerita yang dimainkan oleh para pemeran yang diproduksi untuk menyampaikan suatu pesan kepada para penontonnya. Untuk itu, pesan yang terkandung dalam film menjadi poin yang penting bagi masyarakat. Salah satu film yang memuat banyak pesan didalamnya adalah film “Mulan” yang adalah hasil produksi dari perusahaan animasi terbesar di dunia yaitu Walt Disney Pictures. Film ini mengangkat tema kesetaraan gender sebagai masalah utamanya. Peneliti kemudian memutuskan untuk menggali representasi makna kesetaraan gender yang terdapat dalam film tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik dan teori konstruksi realitas sosial dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, studi pustaka, serta menggunakan triangulasi teori dan metode. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa dalam penelitian ini terdapat representasi kesetaraan gender yang terdapat dalam film “Disney Mulan” berupa: akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7