cover
Contact Name
Sularso Budilaksono
Contact Email
sularso2007@gmail.com
Phone
+6289608751887
Journal Mail Official
sularso2007@gmail.com
Editorial Address
Jln.Diponegoro No.74, Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
IKON
ISSN : 19786972     EISSN : 28303067     DOI : -
IKON: Jurnal Komunikasi diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun yaitu bulan April, Agustus dan Desember. IKON: Jurnal Komunikasi memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian dan non penelitian dibidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tim Redaksi IKON: Jurnal Komunikasi akan menerbitkan tujuh (7) artikel hasil penelitian dan non penelitian yang relevan yang disemaikan pada jurnal ilmiah nasional
Articles 79 Documents
ETIKA DALAM MELAKUKAN KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) Aan Setiadarma
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.195 KB)

Abstract

Corporate Social Responsibility dianggap penting bagi sebagian perusahaan maupun lembaga karena sebagai bukti bahwa perusahaan atau lembaga tersebut tidak hanya mementingkan profit semata namun juga memperhatikan lingkungan sosial sekitarnya. Perusahaan mewujudkan kepedulian sosial dan lingkungan dalam operasi bisnis dan dalam interaks dengan para pemangku kepentingan secara suka rela yang juga semakin menyadarkan bahwa perilaku bertanggung jawab mengarah pada keberhasilan bisnis yang berkelanjutan yang berlandaskan etika.
PENGARUH KAMPANYE #DIET KANTONG PLASTIK TERHADAP SIKAP KHALAYAK MENGURANGI KETERGANTUNGAN TERHADAP KANTONG PLASTIK ARIEF KHALIFATUR ROHMAN; SRI EKOWATI P
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.361 KB)

Abstract

This study discusses the effect of the #diet plastic bag campaign on public attitudes to reduce dependence on plastic bags. The purpose of this study is to determine how much influence the # diet plastic bag campaign has on public attitudes to reduce dependence on plastic bags. The theory used in this research is the theory of social integration. The concepts used are communication, social campaigns, attitudes and plastic waste. The research method used is a survey method to find out how much influence it has. The technique of collecting data through a questionnaire with 100 respondents, namely Followers Instagram @IDDKP.The results of this study indicate a correlation of 71.9% and the conclusion of this study is the effect of the plastic bag # diet campaign on public attitudes to reduce dependence on plastic bags. the meaning. The #diet plastic bag campaign has a major effect on the attitudes of the public to reduce dependence on plastic bags.
PERAN KOORDINATOR ENGINEERING OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA TIM TEKNISI DI SUMMARECON MALL BEKASI Sari Endah Nursyamsi; Nasaruddin Siregar; Melinda Kusumah
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.14 KB)

Abstract

Peran Koordinator Engineering Operasional dalam Meningkatkan Kinerja Tim Teknisi di Summarecon Mall Bekasi (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Kelompok Pada Divisi Engineering Operasional Summarecon Mall Bekasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara komunikasi koordinator dengan anggota tim kelompok, dalam melakukan peran sebagai koordinator engineering agar tim teknisi dapat meningkatkan kinerja, sesuai dengan prosedur engineering operasional di Summarecon Mall Bekasi. Data yang diperoleh melalui data primer yang merupakan dari hasil wawancara 1 (satu) key informan dan 3 (tiga) informan. Objek penelitian ini adalah kedua koordinator engineering operasional dalam melakukan komunikasi kelompok yang berperan dalam meningkatkan kinerja tim kelompok. Penilitian ini menggunakan penilitian kualitatif. Key informan dalam penelitian ini adalah salah satu koordinator engineering operasional yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam memimpin divisi engineering operasional. Informan pertama adalah koordinator lainnya, informan kedua dan ketiga adalah senior teknisi yang dapat melengkapi data dalam penelitian ini. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
STRATEGI MANAJEMEN ISU HUMAS PT ANGKASA PURA 1 DALAM MENANGANI PEMBERITAAN NEGATIVE Riyan Adhi Nugroho; Achmad Mucharam
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.861 KB)

Abstract

PT Angkasa Pura 1 sebagai organisasi yang bergerak di sektor publik, tentu diharapakan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat. Pada bulan Oktober 2019, Bandar Udara YIA (Yogyakarta International Airport) sebagai salah satu bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura 1 sempat diberitakan kurangnya fasilitas parker dan fasilitas bandara bagi para difabel yang berada di Yogyakarta. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui langkah-langkah manajemen isu yang dilakukan oleh humas PT Angkasa Pura 1 dalam menangani pemberitaan negative terkait kurang ramahnya fasilitas bandara YIA (Yogyakarta International Airport) bagi para penyandang disabilitas. Untuk mengevaluasi strategi humas PT Angkasa Pura 1 dalam mengelola isu pemberitaan negative terkait kurang ramahnya fasilitas bandara YIA (Yogyakarta International Airport) bagi para penyandang disabilitas. Menggunakan konsep manajemen isu, humas, Difabel. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sifat penelitian deskriptif Teknik pengumpulan data primer wawancara dan observasi dan data sekunder studi Pustaka dan studi dokumentasi.hasil yang diperoleh Isu yang berkembang di masyarakat tentunya bisa dikendalikan oleh humas memonitor lingkungannya secara aktif. Humas Pirngadi menilai isu sebagai rumor yang terkadang melanggar hukum dan fakta. Ia akan merespon dan mengakui keberadaan isu tersebut apabila telah ada “konfirmasi”. Sepanjang tidak ada konfirmasi maka humasnya tidak akan merespon dan mengakui keberadaan isu tersebut.
SOSIALIASASI PENCEGAHAN HOAX SEPUTAR INFORMASI COVID 19 DI KALANGAN REMAJA Windhi Tia Saputra; Ratu Nadya W; Ratu Laura M.B.P
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.489 KB)

Abstract

It has been more than a year since the Covid-19 virus was first discovered and spread around the world. The pandemic started in the city of Wuhan, China and has claimed many lives and tremendous effect of terror to people around the world. Because of the increasing of the pandemic, the Indonesian government as well as the rest of the world are taking steps to reduce and stop the spread of this deadly virus. Experts in the health sector are also moving quickly to observe the virus and find ways to eliminate this pandemic. In the midst of the activeness of health experts and the government in fighting this virus, various health information emerged to prevent and even kill the corona virus. However, not all of the information is true and we called them hoax. The spread of various hoax information during the pandemic is very massive. There are 1,387 hoax issues on various digital platforms. One of the effort to reduce hoax is provide counseling about hoax information. This Community Service activity is carried out in junior high school to increase youth's knowledge about the world of hoax and how to avoid them.
REPRESENTASI ISI KEKERASAN DALAM FILM “THE DEVIL ALL THE TIME” DANANG PRADIPTA
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 26 No 1 (2021): Vol. 26 No.1 April 2021 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.996 KB)

Abstract

Film menghasilkan sebuah audiovisual atau suara dan gambar yang dimana terkandung pesan-pesan yang ingin disampaikan. Sebuah film realitas masyarakat, yang dimana realita maupun peristiwa yang terjadi di masyarakat dijadikan sebuah cerita yang dibuat. Namun realita yang berada disekitar masyarakat yakni kekerasan. Teori dalam penelitian ini adalah konstruksi realitas sosial. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Dari hasil analisis disini menunjukkan 5 scene yang menunjukkan adanya kekerasan fisik yang terdapat di film The Devil All The Time dan juga terdapat 2 scene kekerasan non fisik yang menunjukkan seperti penghinaan dan bullying. Kesimpulannya terdapat makna denotasi pada film The Devil All The Time dilihat dengan gambaran potret realitas sekitar masyarakat yaitu kekerasan fisik maupun non fisik, makna konotasi dalam film ini merupakan pesan yang terkandung pada denotasi itu sendiri, makna mitos pada film The Devil All The Time terlihat pada Roy Lafetry, yang dimana ia memercayai mendapat kekuatan dari tuhan untuk dapat menghidupkan nyawa seseorang
PERAN PEREMPUAN DALAM KOMUNITAS MELALUI KAJIAN TEORI SOSIOLOGIS FEMINIS Lasmery RM Girsang
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 1 (2020): Vol 24 No 1 Bulan April 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.516 KB)

Abstract

Kajian feminisme semakin berkembang seiring dengan kehadiran para perempuan di hampir semua bidang kehidupan. Pun, peran perempuan juga semakin diperhitungkan dan merupakan suatu keniscayaan. Termasuk kehadiran para perempuan di dalam sebuah komunitas. Dalam penelitian ini, penulis berupaya mengangkat realitas sosial di rusunawa Pulo Gebang (Jakarta Timur) yang ternyata masih ditemukannya pertanyaan-pertanyaan sekitar kehidupan perempuan. Untuk itu, penulis berusaha mendekati fenomena sosial dalam komunitas tersebut melalui Teori Sosiologi Feminis. Berpijak pada penelitian kualitatif kritis, penulis menggunakan studi kasus untuk mengamati perilaku para narasumber. Dari hasil observasi dan wawancara, maka didapati beberapa temuan. Baik sosiologi pengetahuan, pola interaksi sosial serta pengalaman sosial telah terbentuk diantara para narasumber. Sedangkan integrasi kehidupan sosial dan model masyarakat masih membutuhkan waktu untuk menjadi sebuah realitas sosial yang ideal.
REPRESENTASI BUDAYA PARTIARKI DALAM IKLAN TELEVISI SARIWANGI VERSI #MARIBICARA Nadya Najna; Siti Maryam; Ratu Nadya W
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 1 (2020): Vol 24 No 1 Bulan April 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.269 KB)

Abstract

Penindasan terhadap kaum perempuan melekat dalam masyarakat karena adanya budaya patriarki. Dalam budaya patriarki, laki-laki memegang kontrol dan hak dominan dalam masyarakat umum dan kehidupan rumah tangga sehingga menempatkan perempuan dalam posisi subordinat. Budaya patriarki yang ada pada masyarakat mau tidak mau ikut terepresentasikan oleh media massa termasuk iklan. Iklan yang mungkin dianggap deskripsi keseharian masyarakat, sehingga dianggap biasa atau normal saat menampilkan budaya yang patriarkis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu analisis semiotik dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Iklan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah iklan SariWangi versi #MariBicara. Tujuan penelitian adalah untuk (1) mengetahui bagimana budaya patriarki direpresentasikan dalam iklan televisi dan (2) mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dari bentuk-bentuk patriarki dalam iklan televisi. Konsep dan teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah budaya patriarki dan teori kelompok bungkam. Hasil penelitian adalah ditemukannya representasi budaya patriarki dalam iklan SariWangi versi #MariBicara berupa pembagian peran, otoritas dalam pengambilan keputusan, dan ketimpangan gender. Bentuk-bentuk pembungkaman juga direpresentasikan dalam iklan ini.
DEKONSTRUKSI KEMATIAN DALAM KOMUNIKASI PERSUASIF JAGGI VASUDEV Yohanes Probo Dwi Sasongko
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 1 (2020): Vol 24 No 1 Bulan April 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.08 KB)

Abstract

Salah satu hal yang menjadi bagian dalam hidup manusia adalah kematian. Adanya Peristiwa kematian dalam skala global yang tengah terjadi karena wabah pandemi Covid-19 saat ini. Menghadirkan pertanyaan penting dalam pikiran kita, apa yang terjadi setelah kematian? Ini pertanyaan yang perlu diperhatikan dengan pemahaman yang baik. Perspektif kematian dalam pemahaman Jaggi Vasudev, atau yang biasa di sebut sebagai Sadhguru, menawarkan sudut pandang kematian yang rasional dan dapat diterima, terutama ditengah kecemasan dan ketakutan kita atas wabah makhluk renik ini. Peristiwa Kematian dapat membawa perubahan. Ia mampu mengubah keadaan dan jiwa manusia itu sendiri. Perubahan itu sendiri juga dapat dilihat sebagai alternative untuk membuka kesempatan dalam mengambil tindakan selanjutnya. Bagaimana kita menjalani hidup. Titik ubah ini mengejutkan sekaligus membuka peluang dan kesempatan yang sebelumnya tersembunyi. Menurut Jaggi Vasudev, secara garis besar, sesungguhnya manusia tidak pernah mengalami kematian. Manusia hanya mengalami perubahan. Ia pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Manusia berpaling dari dimensi yang satu ke dimensi yang berbeda. Hal inilah yang perlu menjadi kebaharuan pemahaman kita dalam peristiwa kematian tersebut, sebagai sesuatu peristiwa yang tidak dapat di pisahkan dalam hidup manusia.
ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI INDONESIA UNTUK PENYAMPAIAN ASPIRASI POLITIK Fit Yanuar; Daesy Ekayanthi
Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 24 No 1 (2020): Vol 24 No 1 Bulan April 2020 IKON
Publisher : Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.191 KB)

Abstract

Media sosial di Indonesia sejak 2009 telah digunakan untuk penyampaian aspirasi politik oleh warganet. Dalam kajian Manuel Castells, ini adalah wujud transformasi komunikasi dari komunikasi massa (mass communication) ke komunikasi-diri yang dimassalkan (mass self- communication). Artikel ilmiah ini adalah hasil dari sebuah penelitian dalam bidang studi ilmu komunikasi yang dilakukan selama satu setengah tahun tentang topik yang dimaksud. Penelitian menyimpulkan bahwa pada prinsipnya media sosial benar-benar telah dimanfaatkan secara efektif untuk penyampaian pesan komunikasi berupa pesan-pesan politik, dan bahwa di Indonesia khususnya pada PilPres RI 2014, PilGub DKI 2017, dan PilPres RI 2019 telah terjadi transformasi komunikasi dari komunikasi massa (mass communication) ke komunikasi-diri yang dimassalkan (mass self-communication). Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitatif, berdasarkan basis penelitian etnografis.