cover
Contact Name
Achmad Fawaid
Contact Email
jurnal.trilogi@gmail.com
Phone
+6282318007953
Journal Mail Official
jurnal.trilogi@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur 67291
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
ISSN : 27744574     EISSN : 27744582     DOI : 10.33650/trilogi
The focus of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is a peer-reviewed journal, open-access journal is to provide readers the original articles on various issues within technology, health, and social humanities. The scope of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is relating to but are not limited to new-renewable energy, food-agriculture, health-pharmacy, transportation, information-communication technology, advanced-materials, maritime-infrastructre, social-arts-education, and religious studies based on academic and scientific research. This journal seeks to publish a balanced mix of theoretical or empirical articles, case studies, review papers, comparative studies, exploratory papers, and book reviews.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022)" : 6 Documents clear
Aplikasi Go-Qur’an Berbasis Web dan android Moh. Ainol Yaqin
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.69 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v3i1.3644

Abstract

Hubungan komunikasi antara pihak masyarakat dengan para Ahlu Al-Qur’an yang mengisi suatu kegiatan sangat penting adanya. Akan tetapi masalah yang sering dihadapi pihak masyarakat dalam setiap menghadirkan para Ahlu Al-Qur’an adalah sedikitnya informasi keberadaan para Ahlu Al-Qur’an serta lemahnya komunikasi antara pihak masyarakat dan Ahlu Al-Qur’an itu sendiri. Untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan sebelumnya maka diperlukan sebuah solusi dalam bentuk pembuatan aplikasi berbasis website dan android untuk bisa menjadi alat komunikasi antara pihak masyarakat dan Ahlu Al-Qur’an. Model yang digunakan untuk untuk membangun aplikasi ini adalah waterfall. Model waterfall memiliki beberapa tahapan yaitu System Engineering, Requirements, Design, Coding, Testing dan Maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem atau aplikasi yang mampu memberikan kemudahan dalam berkomunikasi antara pihak masyarakat dan Ahlu Al-Qur’an secara cepat dan akurat.
Persepsi Santri Mengenai Nilai Edukatif pada Pemilahan Sampah Organik dan Non Organik di Nurul Jadid Wiwin Warliah; Muliatin Ni'mah; Nur Afif; Nurul Maulidiyah; Ika Devi; Siti Nur Honifah; Laili Fitriyah; Isti'ana Isti'ana; Nur Sakinah
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.997 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v3i1.3596

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui persepsi santri terhadap nilai edukasi pemilahan sampah organik dan non organik yang dilaksanakan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat masih banyaknya santri yang belum memahami secara hakiki antara sampah organik dan non organik. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data yang dikumpulkan berupa kata dan gambar. Objek penelitian ini berasal dari santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para santri melakukan pemilahan sampah terlebih dahulu sebelum diangkut oleh  petugas TPS berdasar jenis sampah non organik dan organik. Sampah organik yang berasal dari dari rumput-rumput, sisa-sisa makanan atau sesuatu yang sifatnya mudah membusuk dan terurai dilainkan dalam kantong terpisah dengan sampah yang dihasilkan dari proses teknologi yang susah diurai seperti botol kemasan, atau kertas. Selain itu, perilaku dan sikap para santri telah mengalami perubahan yang disebabkan mereka telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru di dalam menjaga lingkungan kebersihan mereka.
Aktualisasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PAI dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 1 Kalimas Kec. Besuki M. Faisol
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.731 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v3i1.3672

Abstract

Penelitian ini menyajikan tentang implementasi media pembelajaran berbasis mobile learning di masa Covid-19 dalam meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan hasl implementasi media Pembelajaran Berbasis mobile learning terhadap hasil belajarsiswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Kalimas Besuki Situbondo. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan Pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data peneliti dengan Data Reduksi, Penyajian Data, dan Penyimpulan Data/Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum di terapkannya media pembelajaran berbasis mobile learning hasil belajar siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari pelajaran ini. Setelah di terapkannya media pembelajaran berbasis mobile learning, ini membuktikan bahwa siswa semakin mudah memperoleh pembelajaran secara daring dan juga dipermudah dalam mengakses tugas sekolah karena di dalam media pembelajaran berbasis mobile ini terbukti sangat efektif sebagai solusi didalam menghadapi masa pandemi covid-19.
Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Sentong Krejengan Probolinggo Abdurrahman Abdurrahman
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.526 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v3i1.3246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian Pembelajaran Jarak Jauh belajar pada siswa Madrasah Ibtidiyah Tarbiyatul Islamiyah Sentong Krejengan Probolinggo di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas VI, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik regresi sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan GTG (Group Telegram) sebagai model pembelajaran daring di madrasah ibtidaiyah memiliki langkah-langkah yang sama pada masing-masing guru di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah kelas VI dengan memanfaatkan menu pada GTG (Group Telegram), yakni berupa video, voice, diskusi, dan demonstrasi.
Analisis Hukum Terhadap Kedudukan Ahli Waris Pengganti, Anak Hasil Zina, Dan Anak Hasil Luar Nikah A. Malthuf Siroj; Moh. Zainuddin Sunarto; Ismail Marzuki
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.313 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v3i1.3787

Abstract

Hukum waris merupakan seperangkat aturan hukum yang mengatur tentang mekanisme pemindahan harta peninggalan pewaris kepada ahli warisnya sesuai dengan bagian masing-masing yang telah ditentukan. Penelitian ini memaparkan secara komprehensif tentang kedudukan dan status ahli waris pengganti, anak hasil zina dan anak hasil luar nikah. Mengingat masih banyak kalangan yang menilai bahwa ketiganya tidak berada dalam posisi sebagai ahli waris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis-normatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Berdasarkan analisa yang dilakukan diketahui bahwa ahli waris pengganti berdasarkan asas keadilan berhak untuk mendapatkan harta pusaka, namun besaran bagiannya tidak boleh melebihi dari bagian ahli waris yang sederajat dengan yang diganti. Sementara kedudukan anak hasil zina dalam hal waris-mewarisi hanya ada pada nasab ibunya dan keluarga ibunya, tidak pada laki-laki yang menyebabkan lahirnya anak tersebut, namun lembaga yang berwenang dapat menjatuhkan ta’zir dengan mewajibkannya untuk memenuhi kebutuhan anak tersebut dan pemberian harta saat ia meninggal dunia melalui wasiat wajibah. Adapun anak hasil luar kawin statusnya sama dengan anak dari hasil perkawinan yang sah berdasarkan putusan Mahkamah Konsitusi.
Pendidikan Karakter dalam Membangun Kecerdasan Moral bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona Salamah Eka Susanti
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.901 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v3i1.3396

Abstract

Padadasarnya pendidikan  berfungsi membentuk karakter yang baik, karena karakter yang baik merupakan modal awal bagi manusia untuk menjadi yang mampu mewujudkan kehidupan yang sejahtera. Menurut Thomas Lickona seorang pakar pendidikan karakter mengemukakan, bahwa konsep mengenai pendidikan karakter yang sering dipakai sebagai rujukannya yaitu diawali dengan knowing, filling, dan action. Nilai- nilai karakter yang digagas oleh Thomas Lickona diantaranya yaitu : Pertama, dengan kejujuran. Kedua, dengan adil. Ketiga, dengan tanggung jawab. Keempat, dengan berani. Kelima, dengan mau bekerja. Keenam, dengan disiplin. Selain itu Thomas Lickona juga mengemukakan, ada lima pendekatan dalam pendidikan karakter, yaitu sebagai berikut : (1). Pendekatan penanaman nilai (inculcation approach) , (2). Pendekatan perkembangan moral kognitif (cognitive moral development approach, (3). Pendekatan analisis nilai (values analysis approach), (4) pendekatan klarifikasi nilai (values clarification approach), (5). Pendekatan pembelajaran berbuat (action learning approach).

Page 1 of 1 | Total Record : 6