cover
Contact Name
Arman Maulana
Contact Email
armandjexo@gmail.com
Phone
+62882002182057
Journal Mail Official
armandjexo@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ridogalih RT 03 RW 09 Desa Tanjunglaya Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN)
ISSN : -     EISSN : 28303709     DOI : https://doi.org/10.3709/ilpen.v1i1
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) adalah jurnal peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan oleh Yayasan Azka Hafidz Maulana. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) merupakan wadah bagi para peneliti, cendekiawan, profesional, praktisi dan mahasiswa untuk berbagi dan berbagi pengetahuan dalam bentuk makalah penelitian empiris dan teoritis berkualitas tinggi dan studi kasus. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) menyambut dan mengakui makalah penelitian teoretis dan empiris berkualitas tinggi, studi kasus, makalah ulasan, model analitik, dan simulasi dalam topik pendidikan apa pun.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan" : 5 Documents clear
Implementasi Media Peraga Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yanti Yulianti
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i2.29

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sangat pentingnya media peraga dalam mendukung mutu pembelajaran, secara khusus pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Media pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru pada saat ini tidak hanya media pembelajaran yang berupa papan tulis, gambar, poster, model-model, dan lain-lain tetapi sekarang dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media peraga dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif berdasarkan penelitian lapangan, data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa proses pendidikan termasuk pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, peranan guru dalam setiap kegiatan pembelajaran sangat penting dan dinamis, sehingga seorang guru sulit diukur dengan apapun terhadap seluruh nilai jasa-jasanya dalam membentuk insan pembangunan yang berakhlak mulia dan profesional, bahkan kemajuan suatu bangsa atau negara sangat ditentukan oleh keberadaan guru di dalam eksistensinya sebagai tenaga pendidik. Kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di antaranya adalah kemampuan profesional yang meliputi penguasaan materi pembelajaran, strategi pembelajaran, penguasaan metode, penguasaan bimbingan dan penyuluhan, serta penguasaan evaluasi pembelajaran.
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Karyati
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i2.30

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sangat pentingnya usaha guru untuk memvariasikan cara mengajar dan menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan didalam kelas sehingga siswa dapat terlibat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan aktif tidak pasif sehingga tercapai prestasi belajar yang tinggi dari peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. Penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif berdasarkan penelitian lapangan, data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran PAI adalah menggunakan strategi discovery learning, melalui pendekatan saintifik. Dengan menggunakan strategi discovery learning terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat, dari pembelajaran yang pasif menjadi pembelajaran yang aktif. dari siswa yang tidak mempunyai semangat menjadi semangat dalam belajar. Melalui strategi discovery learning siswa bisa menemukan sendiri materi pembelajaran tanpa mengharapkan penjelasan materi dari guru.
Strategi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Ciwalen Ayi Nanang Muhaemin
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i2.31

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pada peningkatan mutu pembelajaran yang dilihat dari pengelolaan kualitas pembelajaran, misalnya pengelolaan tempat belajar, pengelolaan siswa, bagaimana mengaktifkan mereka dalam proses belajar mengajar, pengelolaan isi atau materi pembelajaran dan pengelolaan sumber belajar dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Ciwalen. Penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif berdasarkan penelitian lapangan, data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam meningkatkan mutu belajar siswa diantaranya adalah meningkatkan motivasi belajar siswa, menambah sarana atau media pembelajaran dan penguasaan materi yang diajarkan serta penguasaan metodologi pembelajaran, sehingga dengan antisipasi tersebut mutu siswa dapat ditingkatkan.
Strategi Supervisi Pengawas Sekolah Dalam Pengelolaan Pembelajaran Bermutu Eli Latifah
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i2.32

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi salah satu pengembang pendidikan yang bertanggung jawab atas lancarnya pelaksanaan pendidikan dan pengajaran adalah seorang pengawas. Sebagai gurunya guru, pengawas harus menyusun rencana untuk memperkuat implementasi kompetensi guru. Oleh karena itu, pengawas harus memiliki visi dan misi kepengawasan yang mampu dituangkan ke dalam tujuan dan strategi pencapaiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi supervisi pengawas sekolah dalam pengelolaan pembelajaran yang bermutu. Penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif berdasarkan penelitian lapangan, data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pelaksanaan kegiatan supervisi dilakukan dengan tiga tahap yaitu pra observasi atau pra supervisi, supervisi dan pasca supervisi. Langkah-langkah tindak lanjut atau evaluasi kegiatan supervisi adalah menindaklanjuti atau melakukan refleksi terhadap kegiatan supervisi yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam evaluasi tersebut, pengawas dapat melihat dan mengetahui perubahan atau peningkatan yang dilakukan guru yang telah disupervisi, apakah sesuai dengan binaan, arahan atau solusi yang diberikan pengawas ketika supervisi berlangsung.
Strategi Supervisi Pengawas Sekolah Dalam Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Bermutu Cecep Wahyu Hoerudin
Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Yayasan Azka Hafidz Maulana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3709/ilpen.v2i2.35

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah yang menjadi tempat penelitian. Dibutuhkan strategi pengawas dalam memberikan bantuan kepada guru terkait pengelolaan pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi supervisi pengawas sekolah dalam pengelolaan pembelajaran bahasa indonesia yang bermutu. Penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif berdasarkan penelitian lapangan, data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dengan penerapan pembinaan melalui Supervisi Akademik bagi guru bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia ternyata tepat dan signifikan. Peningkatan kinerja guru bahasa Indonesia dalam mengajar berdampak terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia bagi siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5