cover
Contact Name
Budiyanto
Contact Email
budiyanto@perbanas.id
Phone
+6289644293557
Journal Mail Official
budiyanto@perbanas.id
Editorial Address
Jl. Perbanas, Karet Kuningan, Setiabudi kode pos 12940., Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Abdimas Perbanas
ISSN : 2745617X     EISSN : 27460223     DOI : https://doi.org/10.56174/jap.v3i1
Aim and Scope Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual dan hasil Pengabdian kepada masyarakat yang telah dicapai. Jurnal Abdimas Perbanas Institute, secara khusus menitik beratkan pada permasalahan pokok dalam pengembangan keilmuan bidang pengabdian masyarakat sebagai berikut: 1. Pengabdian Masyarakat: Peningkatan MSDM, Perbankan,Teknologi Informasi, Kewirausahaan/ UMKM, Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Psikologi, Pajak, Ekonomi dll 2. Pemberdayaan Masyarakat, Akses Sosial; 3. Pengabdian Masyarakat Mahasiswa; 4. Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Abdimas Perbanas" : 5 Documents clear
Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal Elmira Siska; Dwi Atmojo Wismono Prapto
Jurnal Abdimas Perbanas Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Abdimas Perbanas
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2131.329 KB) | DOI: 10.56174/jap.v2i2.422

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi yang diikuti oleh penggunaan internet yang semakin luas, merupakan peluang bagi UKMM dalam mengembangkan jaringan pemasaran, baik nasional maupun internasional. Permasalahannya adalah masih rendahnya penggunaan digital marketing oleh pelaku UMKM.  Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyatakan bahwa pada tahun 2019 dari 56 juta UMKM, hanya 3.75 juta atau sekitar 8 persen yang sudah memanfaatkan digital marketing. Pada tahun 2020, jumlah ini sudah meningkat menjadi 10,3 juta pelaku UMKM yang terjaring ke dalam bisnis digitali. Pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM masuk ekosistem digital pada tahun 2024. Digitalisasi UMKM tidak hanya bisa memasarkan produk dan layanan melalui marketplace. Pelaku UMKM yang sudah ada di marketplace harus bertahan dan memiliki transaksi berkelanjutan. Untuk membantu mensukeskan target pemerintah, IKPIA Perbanas sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia juga memiliki kewajiban untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Dalam hal ini adalah pelatihan “Digital Marketing pada Marketplace untuk meningkatkan penjualan produk UMKM”. 
Strategi Marketing Melalui Desain Kemasan Bagi Pelaku Usaha Makanan dan Minuman di Jakarta Selatan Hikmah A Rachman; Patria Laksamana; Inung Wijayanti; Erina Sovania; Stefanus MS Sadana5; Steph Subanidja; Reny Fitriana Kaban
Jurnal Abdimas Perbanas Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Abdimas Perbanas
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.875 KB) | DOI: 10.56174/jap.v2i2.427

Abstract

Dampak yang terlihat langsung akibat pandemi COVID-19 bagi perekonomian di Indonesia adalah penurunan pendapatan hingga 70,53% bagi masyarakat - Badan Pusat Statistik per 1 Juni 2020 yang berasal dari 87.379 responden. Pada Q1 2020, perekonomian Indonesia hanya tumbuh sebesar 2,97 persen dari target 5 persen. Selisih 2,03 persen ini dihitung dari posisi Produk Domestik Bruto (PDB) terakhir senilai Rp15.800 T. Kelompok yang terkena imbas tersebut kebanyakan berasal dari para pekerja di sektor informal dengan pendapatan di bawah Rp1,8 juta.   Beberapa sektor ekonomi jelas telah mengalami penurunan sehingga menyebabkan terjadinya PHK dan turunannya. Para karyawan atau rumah tangga yang mengalami penurunan pendapatan guna mempertahankan kelangsungan hidupnya, mereka melakukan wirausaha dengan cara membentuk usaha kecil-kecilan. Minimnya pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki menjadikan usaha yang dilakukan dirasa kurang optimum dan professional. Untuk membantu percepatan pertumbuhan tersebut , Provinsi DKI Jakarta sebagai salah satu poros pertumbuhan ekonomi Nasional telah menyiapkan program dalam rangka menumbuhkan Wirausaha Baru dan juga Wirausaha Naik Kelas melalui kegiatan Jakpreneur. Jakpreneur merupakan salah satu Kegiatan Strategis Daerah (KSD), dengan landasan hukum Pergub Nomor 2 Tahun 2020 yang merupakan penyempurnaan standarisasi kerja dalam program OK OCE yang dimulai pada 2018 dan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) pada 2019 lalu.  
Literasi Keuangan Bagi Para Santri Panti Asuhan Thariiqul Jannah Bekasi Hedwigis Esti Riwayati; Nyi Mas Rizky Noviyah; Yohanes Ferry Cahaya
Jurnal Abdimas Perbanas Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Abdimas Perbanas
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (964.098 KB) | DOI: 10.56174/jap.v2i2.428

Abstract

Literasi keuangan merupakan upaya mendorong masyarakat untuk lebih memahami seluk beluk lembaga keuangankhususnya perbankan yang meliputi: fungsi, produk, fasilitas dan jasa keuangan agar secara mudah dapat dipahami olehseluruh lapisan masyarakat. Literasi keuangan diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas sekaligus mengatasi kemiskinan. Literasi keuangan yang paling dasar bertujuan untuk meniadakan segala bentuk hambatan masyarakat dalam memahami seluk beluk Lembaga keuangan yang ada di Indonesia. Literasi keuangan khususnya tentang pengetahuan perbankan harus dikenalkan kepada masyarakat Indonesia sejak usia dini. Oleh karenanya langkah nyata yang dapat diterapkan untuk melaksanakan literasi keuangan sejak dini, Perbanas Institute melakukan pengabdian kepada masyarakat di Panti Asuhan Thariiqul Jannah, Bekasi. Panti AsuhanThariiqul Jannah, Bekasi memiliki peserta didik yang meliputi siswa/siswi TK, SD, SMP dan SMU sederajat. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Panti Asuhan Thariiqul Jannah, Bekasi denganmemberikan literasi keuangan khususnya pengetahuan tentang perbankan konvensional dan perbankan syariahmerupakan salah satu contoh untuk menyadarkan masyarakat agar senantiasa memberikan pengetahuan tentang perbankan sejak usia dini. Secara langsung juga menyadarkan masyarakat untuk mengenal perbankan di Indonesia bagiseluruh lapisan masyarakatnya.   Kata kunci: Literasi keuangan, bank konvensional, bank Syariah.  
Branding Upaya UMKM Di Tengah Pandemi Covid 19 Andyni Yulfanis; Rizki Yuniarti; Endah Winarti
Jurnal Abdimas Perbanas Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Abdimas Perbanas
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2218.077 KB) | DOI: 10.56174/jap.v2i2.431

Abstract

Virus Covid-19  merupakan pandemi yang dihadapi oleh seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Dampak pandemi Covid 19 tak hanya dirasakan pada sektor kesehatan saja, sektor ekonomi dan juga sektor keuangan turut merasakan dampak dan memberikan tekanan yang sangat nyata terhadap perekonomian di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang melambat dengan turunnya akitivitas ekonomi dan konsumsi, sebagai akibat dari adanya pandemi covid 19. Sektor UMKM merupakan salah sektor yang sangat terdampak selama masa pandemi covid 19, sehingga sektor UMKM perlu beradaptasi terhadap berbagai perubahan kondisi saat ini. Selain itu, sektor UMKM juga diharuskan untuk mampu beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan kepada Para Pelaku UMKM di bawah binaan suku dinas PPUKM Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu bertujuan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan mengenai branding yang menarik kepada UMKM dengan pemanfataan teknologi. Dengan demikian, Pelaku UMKM dapat menciptakan citra yang baik terhadap produk yang dijual.
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi Digital Untuk UMKM di Wilayah Jakarta Timur Mercurius Broto Legowo; Harya Damar Widiiputra; Trinandari Prasetya Nugrahanti
Jurnal Abdimas Perbanas Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Abdimas Perbanas
Publisher : Perbanas Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.286 KB) | DOI: 10.56174/jap.v2i2.432

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu pilar dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kerja sama antara kampus Perbanas dengan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah Jatinegara. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi pelaku UMKM yang sebagian besar masih melakukan pencatatan secara manual untuk kegiatan usahanya. Dengan adanya pelatihan tersebut maka diharapkan pelaku UMKM dapat memanfaatkan aplikasi “BUKU WARUNG” yang dapat mempermudah pencatatan keuangan dari kegiatan usaha mereka. Kata kunci : Aplikasi Digital, Laporan Keuangan, Pelatihan, UMKM.

Page 1 of 1 | Total Record : 5