cover
Contact Name
Dion Eriend
Contact Email
dioneriend44@gmail.com
Phone
+62811666-810
Journal Mail Official
jkomdis@gmail.com
Editorial Address
http://jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media
Published by CV ITTC Indonesia
ISSN : -     EISSN : 28076087     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi sosial dan Media Sosial (JKOMDIS) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV. ITTC INDONESIA dan dikelola langsung oleh Webinar.Gratis dan Even.Gratis untuk berbagai kalangan yang mempunyai perhatian terhadap Ilmu Komunikasi, sosial dan budaya, baik dalam pengertian luas, maupun khusus dalam bidang yang terkait. naskah yang diterima untuk diterbitkan berupa penelitian lapangan, penelitian kepustakaan, pengamatan, serta karya ilmiah yang berhubungan dengan topik yang relevan dengan ilmu komunikasi, sosial, dan budaya. Jurnal Ilmu komunikasi sosial dan budaya terbit 3 kali dalam 1 tahun, yaitu bulan Maret, Juli dan November
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial" : 16 Documents clear
Instagram Sebagai Sarana Literasi Digital Evanny Wibowo
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan strategi literasi digital yang dapat dilakukan dalam upaya mengantisipasi dan meminimalisir dampak negative dari penggunaan media social melalui penggunaan aplikasi media social Instagram sebagai sarana literasi digital. Tujuan selanjutnya dari penelitian ini adalah untuk menemukan tema utama dan kategori penelitian tentang literasi digital khususnya pada media social Instagram. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada literatur dengan mendorong pemahaman dan menambah pengetahuan terkait pentingnya konseptualisasi literasi digital dalam menggunakan social media khususnya Instagram.Metode : Metode yang digunakan untuk penelitian ini yakni penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan studi literatur meta analisis review untuk dapat menyusun tinjauan literatur yang telah diperoleh dari penelitian sebelumnya serta membuat ringkasan temuan dari penelitian terdahulu yang terjadi di beberapa negara.Hasil: Hasil penelitian mengatakan bahwa media social seperti Instagram mampu memberikan dampak positif pada kemampuan bahasa, literasi, kemampuan dalam mengintegrasikan informasi, memperluas wawasan serta pengetahuan, memberikan hiburan, meningkatkan kecerdasan individu, dan kreatifitas seseorang, meminimalkan persepsi kesepian dan isolasi sosial di kalangan masyarakat. Namun dibalik semua dampak positif ada, terdapat dampak negative yang juga timbul dari penggunaan media social tersebut seperti perundungan (cyber bullying), Hoax, ketergantungan, kecemasan sosial, perilaku perbandingan social, harga diri rendah dan perilaku anti sosial di kalangan masyarakat.Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang ada, masyarakat dengan literasi digital yang tinggi, mereka akan menggunakan media social yang ada secara bijak dan bertanggung jawab. Namun sebaliknya, masyarakat dengan literasi digital yang rendah akan rentan terkena dampak negative dari penggunaan media social yang ada yang memungkinkan terjadinya perilaku penyimpangan social.
Analisis Komparasi Kompetensi Komunikasi Lintas Budaya Antara Mahasiswa Pendatang dan Mahasiswa Lokal Prodi Ilmu Komunikasi : indonesia Fatma Dianasari; sahrul irawan; Salsabilla Nusa Fhilanna
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47233/jkomdis.v2i3.359

Abstract

Fenomena komunikasi lintas budaya kerap kali terjadi di lingkup universitas, di mana universitas merupakan salah satu tempat individu bertemu dengan individu yang berbeda latar belakang budaya. Komparasi kompetensi lintas budaya dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kompetensi komunikasi lintas budaya antara mahasiswa pendatang dengan mahasiswa local Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 Universitas Tidar. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif dengan cara menyebarkan kuisioner. Didapatkan hasil rata - rata komparasi kompetensi komunikasi lintas budaya antara mahasiswa pendatang dengan mahasiswa lokal tidak jauh berbeda karena rata-rata kompetesi komunikasi lintas budaya hanya berbeda 0,03. Rata-rata kompetensi mahasiswa perantau 2,98 dan mahasiswa lokal 2,95.
A The Pengaruh Pesan Kampanye 'Be Seen Be Heard' terhadap Brand Image The Body Shop Indonesia bulan indah hutasoit; Tsabita Najmi; Ardiati Tiar
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47233/jkomdis.v2i3.366

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan kampanye Be Seen Be Heard terhadap Brand Image The Body Shop Indonesia. Responden yang digunakan adalah pengikut akun instagram @thebodyshopindo dengan mengambil 100 responden. Terdapat 2 teknik analisis data yaitu dengan menggunakan uji parsial dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan kampanye yang sesuai dengan hasil yang didapatkan dari responden termasuk ke dalam kategori memiliki pengaruh yang kuat. Oleh karena itu dapat diketahui bahwa pesan kampanye Be Seen Be Heard oleh The Body Shop Indonesia memiliki pengaruh yang kuat terhadap Brand Image The Body Shop Indonesia.
PENGARUH CULTURE SHOCK TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MAHASISWA RANTAU DI YOGYAKARTA Yeni Febrianty; Ayu Romauli Octisa; Muhammad Arif Fuadi; Agung Dimas Dibrata; Muhamad Nastain
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47233/jkomdis.v2i3.377

Abstract

The combination of students from various cultural backgrounds in one place is not a new phenomenon in Indonesia. When in a new place, overseas students will experience difficulties in studying, difficulty sleeping, feeling homesick, and having a decreased appetite. Thus, this study aims to determine the effect of culture shock on the social life of overseas students. The population in this study were students of the Faculty of Communication & Multimedia, Mercu Buana University Yogyakarta Class of 2021, while the sample was overseas students. This type of research is quantitative research. The instruments used in this study were culture shock questionnaires and student social life. The data obtained were then analyzed using SPSS software. The results of the study show that culture shock has a relationship with the social life of students, where a Pearson Correlation value of 0.541 is obtained, which means that there is a fairly strong relationship between the variable culture shock and the social life of students. In addition, it was also shown that culture shock affected the social life of overseas students by 29.2%. So that the other 71.8% is influenced by other variables not examined.
Pengaruh Publik Figur Sebagai Brand Ambasador Terhadap Minat Beli Produk Skincare: indonesia Anisa Ahda Sabila; Elsa Syafiah Martha; Rizal Choirul Anwar
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47233/jkomdis.v2i3.381

Abstract

Penggunaan brand ambasador sebagai sarana meningkatkan minat beli suatu produk sangat penting sekali, seorang brand ambasador diharapkan mampu menarik atau memikat seseorang untuk kemudian membeli produk ini. Dari maksud dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh publik figur sebagai brand ambasador terhadap minat beli produk skincare Azarine. Populasi dalam penelitian ini yaitu merupakan mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2020 Universitas Tidar Magelang yang berjumlah 160 responden dan jumlah sampelnya yaitu sebanyak 60 responden. Kami mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuisioner kepada Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 Universitas Tidar Magelang.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Dalam menganalisis datanya kami menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t. Dari hasil ini menunjukkan bahwa brand ambasador berpengaruh terhadap minat beli produk.
Pengaruh Konten Kreator Tiktok @Sikibor Halilibor Terhadap Sikap Dan Perilaku Generasi Z: indonesia Aden Nisa; Sendi Dwi Harya P; Yuna Adelia P
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47233/jkomdis.v2i3.382

Abstract

Pada zaman sekarang perkembangan teknologi sudah semakin mempelihatkan eksistensinya. Salah satunya yaitu adanya teknologi komunikasi penggunaan internet hingga munculmya media sosial. Namun perlu diketahui, penggunaan media sosial yang dilakukan secara terus-menerus pastinya akan menimbulkan efek positif atau negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh konten creator @sikibor halilibor terhadap sikap dan perilaku generasi z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Universitas Tidar Angkatan 2020. Hasil penelitian ini berdasarkan Uji koefisien determinasi (R²) yaitu terdapat pengaruh konten media terhadap sikap sebesar 11,8% dan pengaruh konten media terhadap perilaku sebesar 24,7.
Pengaruh Trailer Black Panther: Wakanda Forever Terhadap Minat Menonton Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar Bintang Restu Widhiatmoko; Faruq Syahviar Arafat; Rizky Amanda Nasution
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47233/jkomdis.v2i3.383

Abstract

Di era perkembangan teknologi sekarang ini, kebanyakan orang menggunakan media sosial untuk kebutuhan hiburan. Banyak yang menggunakan media sosial untuk memenuhi kebutuhan seperti hiburan, pendidikan, dan lain-lain. Salah satu konten hiburan dapat ditemukan melalui media sosial saat ini seperti film. Sebagai bentuk promosi strategi dan membangun kesadaran produser film memproduksi dan menampilkan trailer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh trailer di media sosial terhadap minat tonton mahasiswa ilmu komunikasi universitas tidar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stimulus-respons dan konsep minat. Peneliti menyebarkan kuesioner online melalui google form dengan menggunakan teknik purposive sampling kepada mahasiswa ilmu komunikasi universitas tidar angkatan 2020 dan sampel yang ditetapkan menggunakan rumus slovin 21 dengan jumlah responden. Pengolahan data menggunakan SPSS 29.ver dan hasilnya terdapat pengaruh yang signifikan antara trailer Black Panther: Wakanda Forever di Youtube terhadap minat Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar.
Efektivitas Komunikasi Pemasaran Iklan Head And Shoulders Di Youtube Terhadap Keputusan Membeli Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar Purnama Sani Wulandani; Fadilla Khairun Nisa; Naila Jannati A
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47233/jkomdis.v2i3.393

Abstract

In the digital era, social media has become a trend in the marketing world. Social media is online media where users can contribute, share and create content. Social media is used for business or to help market products/services, communicate with buyers and suppliers, reduce costs, and for online sales. Online marketing or online marketing communication is a strategy to use the internet that can be reached by audiences. This study aims to find out whether Head & Shoulders Ads can attract and even influence purchasing decisions for Tidar University Communication Studies students to buy the product or not. The type of research used in this study is descriptive quantitative, namely by collecting data using survey methods, namely using a questionnaire to obtain data and information that is considered as a sample that can represent the entire population.
Efektivitas Komunikasi Pemasaran Instagram Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada Akun Instagram @Weekndplanner: indonesia Ria Ardila; Setiawan Setiawan; Yusuf Sabil Zein
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47233/jkomdis.v2i3.395

Abstract

Instagram yaitu aplikasi media sosial yang menjadi platfroam paling berpengaruh dalam industri bisnis dengan mempunyai banyak fitur-fitur yang beragam serta kemudahan dalam mengakses informasi yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis dengan cara beriklan, instagram itu sendiri mempunya wadah untuk orang-orang yang berbisnis yaitu dengan Instagram ads. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif media Instagram sebagai sarana komunikasi pemasaran terhadap keputusan pemakaian jasa akun instagram @weekndplanner. Pendekatan Penelitian Variabel Penelitian Teknik Pengumpulan Data Populasi dan Sampel Pengujian Variabel Uji Validitas Uji Reliabilitas Teknik Analisis Data Promosi Weekndplanner Tabel Hasil Responden Efektivitas Komunikasi Pemasaran Instagram Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada Akun Instagram @WeekndplannerJika melihat hasil beberapa uji yang dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat hasil-hasil yang mendukung hipotesis pertama yaitu bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Terbukti dari penelitian bahwa komunikasi pemasaran di Instagram efektif terhadap keputusan penggunaan jasa wedding organizer pada akun Instagram @weekndplanner.
Efektivitas Media Sosial Instagram Terhadap Pengungkapan Diri: indonesia Achmad Fajri Muttaqien; Farid Hibatullah; Ratna Wulandari
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) Vol. 2 No. 3 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47233/jkomdis.v2i3.396

Abstract

Dalam proses pengungkapan diri seseorang bisa saja terpengaruh oleh berbagai faktor yang ada pada media sosial. Maka akan banyak faktor yang bisa mempengaruhi dalam proses pengungkapan diri seorang mahasiswa dalam akun media sosialnya. Sehingga, diadakannya penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh dari penggunaan instagram terhadap pengungkapan diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar. Penelitian berfokus pada permasalahan sebab-akibat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kausal komparatif. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 90 mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi Universitas Tidar yang menjadi sampel dari seluruh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Melalui penelitian diperoleh hasil bahwa penggunaan instagram berpengaruh terhadap pengungkapan diri sebesar 32,5%, sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh yang diberikan signifikan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16