cover
Contact Name
Rendy Priyasmika
Contact Email
rendy.priyasmika@gmail.com
Phone
+6285735481190
Journal Mail Official
karanganfkip62@gmail.com
Editorial Address
KARANGAN: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan FKIP Universitas Billfath Lamongan, Jawa Timur, Indonesia Komplek PP Al Fattah Siman, Sekaran, Lamongan
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
KARANGAN Journal
Published by Universitas Billfath
ISSN : -     EISSN : 26561832     DOI : 10.55273
Core Subject : Education,
Journal KARANGAN published research result of education following: 1. Indonesian language learning 2. English learning 3. Chemistry education learning 4. Thematic learning 5. Literacy 6. Teaching materials development
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2023)" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Adawiyah Pettalongi
Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : FKIP, Universitas Billfath Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55273/karangan.v5i1.208

Abstract

Model pendidikan di Indonesia maupun di negara-negara lain menunjukkan keragaman tujuan yang menerapkan strategi dan sarana yang dipakai untuk mencapainya. Pendidikan multikultural di Indonesia perlu memakai kombinasi model yang ada, agar seperti yang diajukan Gorski, pendidikan multikultural dapat mencakup tiga hal jenis transformasi, yakni: transformasi diri, transformasi sekolah dan proses belajar mengajar, transformasi masyarakat. Pendidikan multikultural juga dinilai penting guna menjembatani perbedaan kepentingan dan perbedaan karakter dalam pendidikan-pendidikan lokal. Perbedaan kepentingan merupakan salah satu kendala pembangunan pendidikan nasional selama lebih dari setengah abad. Dengan pengembangan model pendidikan berbasis multikultural diharapkan mampu menjadi salah satu metode efektif untuk meredam konflik.
PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK Ahmad Sya'roni
Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : FKIP, Universitas Billfath Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55273/karangan.v5i1.219

Abstract

Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit terbukti hasil belajar bahasa Inggris yang diperoleh siswa SMPN 2 Sekaran masih rendah yaitu nilai tertinggi 85 dan terendah 55 sehingga rata-rata nilai bahasa Inggris adalah 71,25, sementara pencapaian kriteria ketuntasan minimal di SMPN 2 Sekaran sendiri adalah 75 sehingga nilai yang dicapai siswa tersebut bisa dikatakan belum mencapai KKM. Hal ini menunjukkan proses pembelajaran di kelas belum memenuhi kriteria pembelajaran yang baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan penilaian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi dan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris. Penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif model kajian kelompok untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar bahasa Inggris materi congratulation/wish/hope pada siswa kelas IX-A dapat dikatakan telah berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pada setiap siklus, yaitu siklus I sebesar 77,50 menjadi 89,53 pada siklus II.
THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE SERIES MEDIA ON STUDENT’S WRITING NARRATIVE TEXT Habibatul Maula Romadlona; Zanuba Arifah Khofshoh
Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : FKIP, Universitas Billfath Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55273/karangan.v5i1.220

Abstract

The purpose of the research was to determine how the use of picture series media to write narrative text skills. Subjects were students of class VIII PK MTs. Ma’arif NU Nguwok. The research used is a pre- experimental quantitative research using serial picture media in improving the ability to write narrative texts for class VIII PK MTs. Ma'arif NU Nguwok with 21 students. The instrument used in this research is a narrative text writing test sheet with the help of a series of pictures. Based on the results of study, concludes that picture series media to improve students' writing skills in daily life is effective for improving students' writing skills. From the analysis of research data, it can be concluded that the students' writing ability in the 2020/2021 school year is good. This is evidenced by the average value of the percentage according to aspects of 80.47% with good criteria.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR LAJU REAKSI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI 3 LAMONGAN Enis Suliastifah
Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : FKIP, Universitas Billfath Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55273/karangan.v5i1.222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi laju reaksi dapat meningkatkan kreativitas siswa. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Lamongan Tahun Pelajaran 2022/2023. Data penelitian yang diambil berupa prestasi belajar kognitif, afektif, dan kreativitas siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi laju reaksi dapat meningkatkan kreativitas siswa. Pada siklus I presentase siswa dengan kreativitas tinggi 51,51% pada siklus II meningkat menjadi 81,82%. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar kognitif pada materi laju reaksi. Presentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 42,42% pada siklus I menjadi 81,82 % pada siklus II. Untuk prestasi belajar afektif menunjukkan peningkatan ketercapaian rata-rata indikator dari 72,31 % pada siklus I menjadi 79,01 % pada siklus II.
PENERAPAN METODE CERAMAH DENGAN MODEL PENGAJARAN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEKARAN Binnuri Binnuri
Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : FKIP, Universitas Billfath Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55273/karangan.v5i1.223

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah ditemukan dalam pembelajaran PPKN di SMP Negeri 1 Sekaran masih rendah. Salah satu cara guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan metode ceramah dengan modep pembelajaran autentik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PPKN siswa setelah diterapkan metode ceramah dengan model pembelajaran autentik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekaran.Metode penelitian yang digunakan adalah metodi tindakan kelas.Adapun penelitian tindakan ini dilakukan menjadi 3 siklus.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data berupa analisis deskriftip. Berdasarkan hasil analisis adapun hasil penelitian terlihat adanya peningkatan pada siklus I 73,17%, siklus II 82,93%, dan pada siklus III 95,12%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode ceramah dan model pembelajaran autentik dapat meningkatkan prestasi belajar PPKN siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5