cover
Contact Name
Setyo Admoko
Contact Email
setyoadmoko@unesa.ac.id
Phone
+6282144347073
Journal Mail Official
physics@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetaahuan Alam Jl. Ketintang, Gd C3 Lt 1, Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inovasi Pendidikan Fisika
  • inovasi-pendidikan-fisika
  • Website
ISSN : 23024496     EISSN : 28303881     DOI : -
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya sebanyak tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Juli, dan September.
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021" : 19 Documents clear
Pengembangan Pipa Organa Menggunakan Aplikasi Physics Toolbox Suite untuk Menentukan Cepat Rambat Bunyi di Udara sebagai Media Pembelajaran pada Materi Gelombang Bunyi
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1557.875 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p8-13

Abstract

Abstrak Kegiatan eksperimen dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang terkait dengan pembelajaran. Berdasarkan fakta yang terdapat di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, khususnya pada pembelajaran fisika bab gelombang bunyi, kegiatan eksperimen belum pernah dilakukan. Tujuan utama dari pengembangan ini yaitu terciptanya KIT percobaan pipa organa yang layak ditinjau dari akurasi dan presisi cepat rambat bunyi yang diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan ADDIE. Pada tahap analisis, melakukan analisis permasalahan siswa pada materi gelombang bunyi melalui kegiatan pra-penelitian, kemudian tahap desain yaitu membuat rancangan pipa organa yang akan dikembangkan, selanjutnya tahap pengembangan yaitu membuat alat yang telah didesain, tahap selanjutnya yaitu implementasi, dengan melakukan uji coba eksperimen dari alat yang dikembangkan, kemudian tahap evaluasi yaitu melakukan pengecekan kelayakan dari alat yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Alat yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat layak. Pada pipa organa terbuka diperoleh nilai cepat rambat bunyi di udara sebesar (322,6±5,376) m/s dengan presisi sebesar 98,4% dan akurasi sebesar 94,89%. Sedangkan pada pipa organa tertutup, nilai cepat rambat bunyi di udara yang diperoleh sebesar (335,4±8,133) m/s dengan presisi 97,6% dan akurasi sebesar 98,65%. Dari hasil tersebut, alat eksperimen yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: cepat rambat, pipa organa, akurasi, presisi Abstract Experiment activities could help the student in understanding lesson related concepts. Based on fact that there is no experiment activity especially for physics in sound wave matter in SMA Muhamadiyah 4 Surabaya, the main aim of this research is to develop proper organ pipe experiment kit reviewed by its accuracy and precision of propagation speed of sound. ADDIE development Method used in this research. In the Analysis step, students problems in sound wave matter analyzed in pre-research activity, then in the development step designed instrument produced. In the next step, implementation, the developed instrument tested. Then, in the Evaluation step, the developed instrument appropriateness examined. The analysis technique in the research is a descriptive statistical analysis technique. The developed instrument has 87,5% average validity value, categorized very proper. Open organ pipe obtains propagation speed of sound in air (322,6)m/s with 94,89% precision and 94,89% accuracy. While closed organ pipe obtains (335,4)m/s propagation speed of sound in air with 97,6% precision and 98,65% accuracy. Based on the result, the developed experiment kit proper to be used as learning media. Keywords: speed propagation, organ pipe, accuracy, precision.
Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Siswa
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1078.119 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p1-7

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning serta implikasi terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah librabry research yaitu penelitian kepustakaan dengan metode pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisis artikel dari beberapa sumber yang relevan. Pada artikel ilmiah ini menggunakan teknik analisis mengorganisasikan literasi yang akan diriview; menyatukan hasil organsasi literasi menjadi suatu ringkasan untuk menjadi literasi yang padu; mengidentifikasi literatur untuk disimpulkan. Menurut hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik dalam bidang fisika. Peningkatan keterampilan berpikir peserta didik juga mempengaruhi penigkatan pemahaman konsep fisika, hal tersebut dapat dilihat dari nilai pre-test dan post-test. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik khusunya dalam mata pelajaran fisika Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Problem Based Learning Abstract The purpose of this study is to describe the application of the Problem Based Learning learning model and its implications for improving critical thinking skills. The type of research used in this article is librabry research, which means that library research with data collection methods is used to analyze articles from several relevant sources. This scientific article uses analytical techniques to organize the literacy to be reviewed; unifying the results of literacy organizations into a summary to become integrated literacy; To identify the literature to conclude, according to the results of the study, it was found that the application of the problem based learning model could improve the thinking skills of students in physics. The increase in thinking skills of students also affects the increase in understanding of physics concepts, this can be seen from the pre-test and post-test scores. It can be concluded that the problem based learning model can improve the critical thinking skills of students, especially in physics subjects. Keywords: Critical Thinking Skills, Concept Understanding, Problem Based Learning.
Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube pada Materi Usaha dan Energi
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1164.622 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p21-31

Abstract

Abstrak Media pembelajaran online sangat penting untuk menunjang pembelajaran daring (dalam jaringan) terutama di kala pandemi COVID-19. Pembelajaran daring memiliki keterbatasan ruang dan waktu, sehingga menuntut kemandirian siswa dan juga guru. Dengan menggunakan eksistensi sosial media salah satunya adalah Youtube, media pembelajaran online akan mudah diakses oleh siswa. Namun kurangnya penelitian tentang kelayakan media pembelajaran pada platform Youtube mendorong peneliti untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis video pembelajaran Fisika berbasis platform Youtube guna mengetahui seberapa layak video pembelajaran digunakan oleh siswa sebagai tambahan materi. Penelitian menggunakan metode penelitian studi dokumentasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah data sekunder, yaitu data yang dikumpulkan secara tidak langsung terhadap objek yang sedang diteliti berupa sejumlah video pembelajaran dari platform Youtube. Video yang diambil akan di validasi oleh 3 dosen ahli Fisika. Pemilihan video pembelajaran menggunakan kata kunci materi Usaha dan Energi untuk SMA kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 video yang diambil menunjukkan persentase antara 61%-79%. Dengan demikian, video pembelajaran Fisika materi Usaha dan Energi berbasis Youtube termasuk dalam kategori layak untuk digunakan sebagai tambahan materi dengan beberapa catatan sebagai koreksi kedepannya. Kata Kunci : video pembelajaran, Youtube, pembelajaran daring Abstract Online learning media is really important to support online learning, especially during the COVID-19 pandemic. Online learning has limited space and time, so it demands the independence of students and also teachers. By using the existence of social media, one of it is Youtube, online learning media will be easily accessed by students. But the lack of research on the validity of learning media on the Youtube platform encourages researchers to do research aimed at analyzing Physics learning videos based on the Youtube platform in order to find out how appropriate the learning videos are used by students as additional subject. The research used the research method of documentation study with the data collection technique used was secondary data, it was data that collected indirectly on the object that being studied in the form of several learning videos from the Youtube platform. The videos that had been taken will be validated by 3 physics expert lecturers. The selection of learning videos used the keywords of Work and Energy for class X senior high school. From the 30 videos that had been taken, the results showed that the videos’ percentage were 61% -79%. Thus, the Physics learning videos for Work and Energy subject based on Youtube are categorized as appropriate additional subject to be used with a few notes as future correction. Keywords : learning videos, Youtube, online learning
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Multi Representasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.404 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p14-20

Abstract

Abstrak Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran secara terdeskripsi, peningkatan hasil belajar dan respon peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi pada materi gelombang. Dalam penelitian digunakan pre eksperimental one group pretest-posttest design dengan adanya satu kelas eksperimen dan kelas replikasi sejumlah dua kelas. Data penelitian diperoleh dari observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasil prestest–posttest, dan respon peserta didik. Tiga representasi berupa gambar, grafik, dan matematik dimunculkan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model inkuri terbimbing berbasis multi representasi. Data pretest-postest yang diperoleh terdistribusi normal atau tidak dapat diketahui berdasarkan uji normalitas kemudian dilanjut uji homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji-t berpasangan dan analisis n -gain score ternormalisasi diketahui hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan atau tidak. Secara keseluruhan, penelitian ini memeroleh hasil sebagai berikut: keterlaksanaan pembelajaran berpredikat sangat baik, peningkatan yang signifikan pada hasil belajar terlihat dari analisis uji n-gain score dan perbandingan rerata nilai pretest-postets kelas replikasi dua dengan berpredikat sedang dan kelas eksperimen dan kelas replikasi satu berpredikat tinggi, hasil terakhir yaitu respon peserta didik yang baik sekali. Menurut data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Gedangan dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi pada materi gelombang. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Multi Representasi, Gelombang Abstract This research was conducted to determine the feasibility of learning in a description, improved learning outcomes, and student responses after the guided inquiry based multi-representation learning model was applied to wave material. In this study, pre-experimental one group pretest-posttest design was used in the presence of one experimental class and two replication classes. The research data were obtained from observations of the implementation of learning, the results of the pretest-posttest, and the responses of students. Three representation in images, graphics, and mathematics are presented in learning activities using guided inquiry model based a multi representation. The pretest posttest data obtained were normally distributed or could not be known based on the normality test then continued with the homogeneity test. Then the paired t-test and n-gain test were carried out. It was found that the learning outcomes of students had increased or not. Overall, this study obtained the following results: the implementation of learning was predicated very well, a significant increase in learning outcomes was seen from the analysis of the n-gain test and comparison of the pretest-posttest mean, replication class two has medium predicate and experimental class and replication class one with high predicate, the last result is the student’s responses is excellent. According to these data it can be said that the learning outcomes of students in SMAN 1 Gedangan can be improved by implementing guided inquiry based multi-representation learning model on wave material. Keywords: Guided Inquiry, Learning Outcomes, Multi Representation, Wave
Pengembangan Media Prest Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Pada Materi Momentum Dan Impuls
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1089.79 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p32-38

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas Prest yang dikembangkan pada materi Momentum dan Impuls untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik (Critical Thnigking) peserta didik SMA. Kevalidan tersebut ditinjau dari beberapa aspek yaitu aspek media, bahasa, pembelajaran, dan materi. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian DDD-E (Decide, Design, Develop. Evaluate). Penitian ini hanya sampai Develop( tahap pngembangan) tidak sampai tahap Evaluate( tahap evaluasi), hal ini dikarenakan adanya PSBB yang dilaksanakan untuk penanggulan penyebaran virus pandemi Covid 19. Validasi ini dilakukan oleh tiga orang dosen ahli. Prest yang dikembangkan layak digunakan jika kevalidan media nya ≥ 61%. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket validasi dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil dari validitas Prest secara keseluruhan didapatkan 88,6% dengan rincian aspek pembelajaran didapat 88 %, aspek materi 91%, aspek media sebesar 91%, aspek bahasa sebesar 86% , dan aspek berpikir kritis sebesar 87 %. Hasil validitas keseluruhan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis sendiri didapat sebesar 4.0 dengan rincian indikator interpretasi sebesar 4,25, indikator analisis sebesar 4,00, indikator evaluasi sebesar 4,50, indikator interference sebesar 4,00, indikator eksplanasi sebesar 3,75 dan indikator regulasi diri sebesar 3,50 dan memiliki kriteria yang sangat valid dan dapat dinyatakan layak digunakan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA, pada materi Momentum dan Impuls. Kata Kunci: Validitas, Prest, Keterampilan Berpikir Kritis, Momentum dan Impuls Abstract This study aims to describe the validity of Prest developed in the Momentum and Impulse material to improve students' critical thinking skills (Critical Thinking) of high school students. The validity is viewed from several aspects, namely aspects of media, language, learning, and materials. This research uses the type of DDD-E research (Decide, Design, Develop. Evaluate). This research is only up to Develop (development stage) not to Evaluate stage (evaluation stage), this is due to the existence of a PSBB which is implemented to mitigate the spread of the Covid 19 pandemic virus. This validation was carried out by three expert lecturers. The prestige developed is feasible if the media validity is ≥ 61%. The data was collected using a validation questionnaire instrument and analyzed using quantitative descriptive techniques. The results of the overall validity of Prestige were obtained 88.6% with details of the learning aspects obtained 88%, material aspects 91%, media aspects 91%, language aspects by 86%, and critical thinking aspects by 87%. The results of the overall validity based on the indicators of critical thinking skills themselves are obtained at 4.0 with detailed interpretation indicators of 4.25, analysis indicators of 4.00, evaluation indicators of 4.50, interference indicators of 4.00, explanatory indicators of 3.75 and indicators Self-regulation of 3.50 and has very valid criteria and can be declared fit for use as a medium to improve critical thinking skills of high school students, on the material Momentum and Impulse. Keywords: Validity, Prest, Critical Thinking, Momentum and Impulse.
Studi Literatur Pemanfaatan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1729.8 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p39-49

Abstract

Abstrak Augmented reality merupakan media interaktif dengan tampilan 3D yaitu gambar secara virtual yang terintegrasi dengan kehidupan nyata. Media interaktif ini dapat berisi materi dan contoh fenomena fisika dalam kehidupan nyata untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi literatur, yaitu menggunakan data sekunder yang didapatkan dengan cara merangkum serta mereview beberapa artikel penelitian terkait penggunaan media Augmented Reality yang pernah dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan informasi relevan terkait penggunaan media Augmented Reality terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan tahapan koleksi data, reduksi data, dan display data, kemudian penarikan kesimpulan. Artikel dalam penelitian ini dipilih dan disaring dengan menggunakan kata kunci; media interaktif, Augmented Reality, dan berpikir kritis. Sehingga diperoleh 22 dari 311 artikel terkait penggunaan media Augmented Reality yang ditelaah dalam penelitian ini. Dari hasil studi literatur dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media Augmented Reality efektif meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik. Kataikunci: Media Interaktif, Augmented Reality, Berpikir Kritis Abstract Augmented Reality is an interactive media with a 3D performance that's a virtual image which integrates with real life. These interactive media can contain material and examples of real-life physics phenomena to support the learning process. This research is a literature study that uses secondary data obtained by summarizing and reviewing several research articles related to Augmented Reality media that have been carried out to describe and interpret relevant information related to the use of Augmented Reality media to increase students' critical thinking skills. This study used a descriptive qualitative method, namely the stages of data collection, data reduction, and data display. This study's articles were selected and filtered using keywords; interactive media, Augmented Reality, and critical thinking. Thus, 22 of the 311 articles related to Augmented Reality media are examined in this study. From the results of the literature study, it can be concluded that Augmented Reality media effectively improves students' critical thinking skills. Keywords: Interactive Media, Augmented Reality, Critical Thinking
Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah pada Materi Hukum Newton
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1003.957 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p50-58

Abstract

Abstrak Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA dalam pemecahan masalah pada materi Hukum Newton. Instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi dikembangkan menggunakan metode ADDIE dan pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Jogoroto Jombang tahun ajaran 2020/2021. Instrumen disusun dalam bentuk uraian, mengacu pada indikator soal, aspek berpikir tingkat tinggi, dan aspek pemecahan masalah. Hasil validasi logis menyatakan 92,7% penilaian ahli dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda item diperoleh 15 item instrumen valid, reliabel, dan mampu mendeskripsikan profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA dalam pemecahan masalah. Hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA dalam pemecahan masalah pada materi Hukum Newton berada pada kategori sedang dengan persentase 52,1%. Efektivitas penggunaan instrumen oleh pengguna (siswa) dalam kategori efektif (72,2%). Hasil analisis profil kemampuan siswa SMA dalam berpikir tingkat tinggi pada pemecahan masalah berada pada kategori cukup. Kata Kunci: Kemampuan berpikir tingkat tinggi, pemecahan masalah. Abstract This quantitative descriptive study aims to describe high school students' high-level thinking skills profile in problem-solving in Newton's Law material. The instrument for higher-order thinking skills developed by the ADDIE method and data collection used to test and questionnaire techniques. This research was students of class XI MIPA at SMA Negeri Jogoroto Jombang for the 2020/2021 academic year. The instrument was arranged in a description, referring to the problem indicators, higher-order thinking aspects, and problem-solving aspects. The logical validation results stated that 92.7% of the expert's assessment was in the very valid category. Based on the empirical data of item test, obtained 15 test items based on the results of the test items' feasibility are valid, reliable, difficulty level, and distinctive power. The test items are feasible and can be used to describe the students' high-level thinking skills profile. The results of high-level thinking high school student ability to solve problems in Newton's Law material were in the medium category with a percentage of 52.1%. The effectiveness of using the instrument by users (students) was in the useful category (72.2%). The high school student ability profile in high-order thinking on problem-solving was in the sufficient category. Keywords: Higher-order thinking skills, problem-solving.
Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kabupaten Pamekasan Dalam Bahasan Fluida Statis
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1264.45 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p59-65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains peserta didik SMA/MA di Kabupaten Pamekasan. Metode penelitian dilakukan dengan mengukur kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan instrumen penilaian fisika pada materi fluida statis berbasis literasi sains yang valid secara teoritis maupun empiris. Penelitian dilaksanakan di lima sekolah SMAN dan MAN di Kabupaten Pamekasan. Sampel penelitian dipilih dengan tehnik purposive sampling, sebanyak 150 peserta didik kelas XII IPA dari lima sekolah yang telah menerima materi fluida statis dengan sampel representatif dari seluruh SMA dan MA. Pengumpulan data dilakukan secara online menggunakan Google Form. Analisis kemampuan literasi peserta didik pada penelitian ini hanya ditinjau dari tiga aspek literasi sains PISA, yaitu kompetensi, pengetahuan, dan penguasaan konten untuk menyelesaikan masalah fenomena fluida statis. Hasil analisis menunjukkan: a) kemampuan literasi sains peserta didik pada kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 47, pada kompetensi mengevaluasi dan mendesain penelitian ilmiah dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 35, dan pada kompetensi menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 45; b) pengetahuan konten peserta didik dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 49, pengetahuan prosedural masih dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 36, dan pengetahuan epistemik dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 49; c) penguasaan peserta didik pada konten fluida statis rata-rata pada kategori cukup. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa profil kemampuan literasi sains peserta didik di Kabupaten Pamekasan dalam kategori cukup. Kemampuan tersebut dipengaruhi aspek pengetahuan dan tingkat penguasaan peserta didik terhadap konten fluida statis. Abstract This study aims to describe the profile of the science literacy skills of high school students in Pamekasan Regency. The research method was carried out by measuring the scientific literacy skills of students using physics assessment instruments on static fluid material based on scientific literacy that was valid theoretically or empirically. The research was conducted in five high schools in Pamekasan Regency. The research sample was selected by purposive sampling technique, as many as 150 students of class XII IPA from five schools who had received static fluid material with a representative sample from all high schools. Data collection was carried out online using Google Form. The analysis of students' literacy abilities in this study was only viewed from three aspects of PISA scientific literacy, namely competence, knowledge, and content mastery to solve problems with static fluid phenomena. The results of the analysis show: a) the students' scientific literacy ability in the competence to explain phenomena scientifically in a sufficient category with an average value of 47, the competence to evaluate and design scientific research in the low category with an average score of 35, and the competence to interpret data and scientific evidence in sufficient category with an average value of 45; b) the content knowledge of students was in the sufficient category with an average score of 49, procedural knowledge was still in the low category with an average score of 36, and epistemic knowledge was in the sufficient category with an average score of 49; c) the mastery of students on the average static fluid content in the sufficient category. From this analysis it can be concluded that the profile of the science literacy skills of students in Pamekasan Regency is in the sufficient category. This ability is influenced by aspects of knowledge and the level of mastery of students on static fluid content.. Keywords: Profile, Science Literacy Skills, Content knowledge, Procedural knowledge, Static Fluid
Exploration Of Physics Concepts In Tourism Sites For Basic Competency Of Grade 12
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.458 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p66-71

Abstract

Abstract This study aims to determine the relationship between the rides in Jatim Park 3 with the basic competence (BC) of high school physics grade 12 and visitors' response to these rides. This study used a qualitative-quantitative design (Mixed Method) with a sequential exploratory mixed-method approach. The subjects used in this study were the visitors to Jawa Timur Park 3 who visited the infinity world rides and fun tech. The data from the relationship between BC and physics instruments were obtained from interviews with managers whose results were analyzed using qualitative descriptive and responses were obtained using a visitor response questionnaire, the results of which were analyzed using exploratory factor analysis. Based on the qualitative descriptive analysis, the results of the interviews conducted by Jatim Park 3 can be used as a means of study tours for grade 11 and 12. Based on the analysis of the exploratory factors in the visitor response questionnaire, it was found that the calculated KMO value is 0.845, and the p-value is 0.000 (<0.05), and it can be said that the data can be used. Most visitors did not understand the basic concepts of physics on the infinity world and fun tech rides and that visitors were enthusiastic about the study tour activities at Jatim Park 3. Keywords: Physics concept, tourism object, basic competence, visitor response Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara wahana di Jatim Park 3 dengan Kompetensi Dasar Fisika SMA kelas XII dan respons dari pengunjung terhadap wahana tersebut. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif-kuantitatif (Mixed Method) dengan pendekatan metode campuran sekuensial eksploratori. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengunjung Jawa Timur Park 3 yang mengunjungi wahana infinity world dan fun tech. Hasil data dari keterkaitan Kompetensi Dasar (KD) dan wahana fisika diperoleh dari wawancara terhadap pengelola yang hasilnya dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan respon diperoleh menggunakan angket respon pengunjung yang hasilnya akan dianalisis menggunakan analisis eksplorasi faktor. Berdasarkan analisis deskriptif kualitatif pada hasil wawancara yang dilakukan Jatim Park 3 bisa digunakan sebagai sarana untuk study tour kelas XI dan XII. Berdasarkan analisis ekplorasi faktor pada angket respon pengunjung didapatkan nilai KMO yang terhitung sebesar 0,845 serta p-value sebesar 0,000 (< 0,05) dan dapat dikatakan bahwa data dapat digunakan. Sebagian besar pengunjung kurang paham dengana konsep dasar fisika pada wahana infinity world dan fun tech dan pengunjung antusias atas kegiatan study tour di Jatim Park 3. Kataikunci: Konsep fisika, obyek wisata, kompetensi dasar, respon pengunjung
Pengembangan Media Hukum Melde Berbasis Aplikasi Physics Toolbox Sensor Suite Pada Materi Gelombang Stasioner Kelas XI SMA
IPF: Inovasi Pendidikan Fisika Vol 10 No 1 (2021): Volume 10 Nomer 1 Tahun 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.09 KB) | DOI: 10.26740/ipf.v10n1.p72-83

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas alat peraga hukum Melde berbasis aplikasi physics toolbox sensor suite untuk menentukan cepat rambat gelombang pada materi gelombang stasioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation). Validitas alat peraga hukum Melde dinilai berdasarkan hasil yang dilakukan oleh validator ahli dan taraf ketelitian menggunakan alat peraga. Berdasarkan data yang diperoleh tingkat validitas alat peraga hukum Melde berbasis aplikasi physics toolbox sensor suite termasuk dalam kategori sangat layak dikarenakan hasil validasi dan taraf ketelitian alat peraga memiliki presentase ≥61%. Hasil validasi alat peraga menunjukkan presentase sebesar 89,38% dan data hasil percobaan hukum Melde pada percobaan 1 memiliki presentase sebesar 96,40%, pada percobaan 2 memiliki presentase sebesar 98,99% dan pada percobaan 3 memiliki preentase sebesar 95,80% sehingga kesesuaian alat peraga hukum Melde termasuk dalam kategori sangat layak. Kata Kunci : Physics toolbox sensor suite, cepat rambat gelombang, gelombang stasioner Abstract This research aims to describe the validity of Melde law teaching aids based on the physics toolbox sensor suite application to determine the fast propagation of waves in stationary wave material. This type of research is a research development using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation). The validity of Melde's legal props is assessed based on the results made by expert validators and the level of accuracy using props. Based on the data obtained, the validity level of Melde's law teaching aids based on the physics toolbox sensor suite application is in the very feasible category because the results of the validation and the level of accuracy of the teaching aids have a percentage of ≥61%. The results of the validation of the props show a percentage of 89.38% and the results of the Melde law experiment data in experiment 1 have a percentage of 96.40%, in experiment 2 it has a percentage of 98.99% and in experiment 3 it has a percentage of 95.80% so that The suitability of Melde's legal props is in the very feasible category. Keywords: Physics toolbox sensor suite, fast wave propagation, stationary waves

Page 1 of 2 | Total Record : 19