cover
Contact Name
Asep Hidayatullah
Contact Email
jurnaldiksatrasia@gmail.com
Phone
+62265-776787
Journal Mail Official
4sephidayatullah@gmail.com
Editorial Address
Jl. R. E. Martadinata No.150, Mekarjaya, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46274
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Galuh
ISSN : -     EISSN : 28291832     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Diksatrasia dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis dengan ISSN 2829-1832. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoretis mengenai pendidikan kebahasaan dan kesastraan Indonesia. Diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2018" : 5 Documents clear
Nilai sosial lirik lagu dalam album efek rumah kaca ganjar fauzi
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2018): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2018
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.724 KB) | DOI: 10.25157/diksatrasia.v2i1.1577

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan penyediaan bahan ajar yang masih terpaku karena menggeneralisasi kemampuan siswa secara global. Permasalahan lainnya penggunaan bahan ajar yang kurang proporsional. Berdasarkan hal tersebut, guru dituntut memilih bahan ajar yang lebih efektif, yakni dengan memanfaatkan lirik lagu Efek Rumah Kaca yang dikaji berdasarkan nilai sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat pada lirik lagu Efek Rumah Kaca dalam album Efek Rumah Kaca. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Sumber data adalah lirik lagu Efek Rumah Kaca dalam album Efek Rumah Kaca. Metode pengumpulan data ini menggunakan teknik studi pustaka, teknik dokumentasi, dan teknik analisis. Teknik pengolahan data yakni membaca, mengkaji, dan menemukan kesesuaian lirik lagu Efek Rumah Kaca dalam album Efek Rumah Kaca dengan kriteria pemilihan bahan ajar.            Penelitian ini menggunakan dasar teori nilai sosial menurut Notonegoro. Nilai-nilai yang diteliti  adalah nilai material, nilai vital dan nilai kerohanian. Nilai kerohanian sendiri terdiri atas nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai kebaikan atau moral serta nilai religius.Hasil penelitian menemukan bahwa, nilai material dalam lirik lagu Efek Rumah Kaca pada album Efek Rumah Kaca sebesar 25%. Nilai vital dalam lirik lagu Efek Rumah Kaca pada album Efek Rumah Kaca sebesar 8,3%. Nilai kerohanian terdapat dalam seluruh lirik lagu, terbagi atas : Nilai kebenaran sebesar 91,7%, nilai keindahan sebesar 66,7%, nilai moral sebesar 91,7 dan nilai religius sebesar 41,7%. Nilai sosial lirik lagu Efek Rumah Kaca dalam album Efek Rumah Kaca dapat dijadikan bahan ajar menulis puisi di SMA. Terbukti bahwa nilai sosial pada lirik lagu tersebut sesuai dengan kriteria bahan ajar yang digunakan yakni bahan ajarnya berarti atau bermanfaat, bahan ajarnya menarik, dan bahan ajarnya berada dalam batas-batas kemampuan peserta didik untuk mempelajarinya.
Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Mariana _96
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2018): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2018
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.321 KB) | DOI: 10.25157/diksatrasia.v2i1.2062

Abstract

Penelitian ini berjudul “Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu menurunnya pendidikan karakter bangsa, terutama pada remaja yang dapat berpengaruh terhadap pendidikan serta pentingnya menanamkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam karya sastra, karena secara sadar atau tidak karya sastra bukan sekedar menyajikan hiburan tetapi terdapat nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah karakteristik nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik studi pustaka dan teknik analisis. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif sehingga diperoleh simpulan sebagai berikut. Terdapat delapan belas nilai pendidikan karakter yaitu Religius dengan bukti sebanyak tiga data kutipan, Jujur dengan bukti sebanyak empat data kutipan, Toleransi dengan bukti sebanyak dua data kutipan, Disiplin dengan bukti sebanyak tujuh data kutipan, Kerja Keras dengan bukti sebanyak sepuluh data kutipan, Kreatif dengan bukti sebanyak empat data kutipan, Mandiri dengan bukti sebanyak satu data kutipan, Demokrasi dengan bukti sebanyak empat data kutipan, Rasa Ingin Tahu dengan bukti sebanyak delapan data kutipan, Semangat Kebangsaan dengan bukti sebanyak satu data kutipan, Cinta Tanah Air dengan bukti sebanyak enam data kutipan, Menghargai Prestasi dengan bukti sebanyak lima data kutipan, Bersahabat/Komunikatif dengan bukti sebanyak tujuh data kutipan, Cinta Damai dengan bukti sebanyak satu data kutipan, Gemar Membaca dengan bukti sebanyak tiga data kutipan, Peduli lingkungan dengan bukti sebanyak satu data kutipan, Peduli Sosial dengan bukti sebanyak tujuh data kutipan, dan Tanggungjawab dengan bukti sebanyak empat data kutipan. Kata kunci: Sastra, Novel, dan Nilai Pendidikan Karakter
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI NOVEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 BANJAR Tri Asih
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2018): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2018
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.152 KB) | DOI: 10.25157/diksatrasia.v2i1.1478

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa siswa kurang mampu dalam menulis resensi novel. Kurangnya kemampuan siswa dalam kegiatan pembelajaran ini merupakan suatu kendala.Hasil studi awal menunjukkan bahwa kemampuan menulis resensi novel siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Banjar masih belum memenuhi tuntutan KKM yang telah ditentukan yakni 80.Model yang digunakan guru mata pelajaran bahasa Indonesia pun kurang efektif.          Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi.Model ini diharapkan menjadi solusi dalam pembelajaran menulis resensi novel karena model ini mempunyai banyak kelebihan yang dapat membantu dalam pembelajaran menulis resensi novel.          Model multiliterasi merupakan model yang cukup menarik dan dapat menumbuhkan menumbuhkan motivasi serta meningkatakan kemampuan siswa menulis resensi.                    Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah langkah-langkah penggunaan model pembelajaran multiliterasi dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis resensi novel? ; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis resensi novel setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi ?         Metode yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode deskriktif dengan desain penelitian tindakan kelas (action research)  yang dilaksanakan  dalam  bentuk  siklus.          Hasil dari penelitian tindakan kelas ini adalah (1) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran multiliterasi dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis resensi novel terdiri dari siswa menentukan fokus pengamatan sebuah novel berdasarkan tema yang telah ditentukan,siswa menentukan maksud dan tujuan pengamatan, siswa membuat kerangka laporan novel yang telah diamati,mengumpulkan dan mencatat data,menganalisis dan mensintesis selanjutnya membuat simpulan dari novel tersebut menjadi sebuah resensi ; (2) terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis resensi novel setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi.Peningkatan tersebut terbukti dari adanya peningkatan kemampuan siswa dari hasil awal belajar ke siklus I sebesar 3,18 dan peningkatan hasil pembelajaran siklus I ke siklus II sebesar 17,97.
NILAI MORAL DAN SOSIAL DALAM ALBUM LAGU PARADOX KARYA ISYANA SARASVATI WINA WINA
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2018): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2018
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.834 KB) | DOI: 10.25157/diksatrasia.v2i1.1282

Abstract

Peneliti ini dilatar belakangi oleh upaya mendapatkan alternatif bahan pembelajaran menulis puisi di SMP kelas VIII. Masalah pokok yang dibahas adalah bagaimanakah nilai moral dan sosial yang terdapat dalam album Paradox, serta upaya untuak mendapatkan alternatif  bahan ajar menulis puisi puisi di SMP kelas VIII. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat nilai moral dan sosial yang terkandung dalam lirik lagu Isyana Sarasvati dalam Album Paradox. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Hubungan manusia dengan diri sendiri yang terdapat dalam lirik lagu Isyana Sarasvati album Paradox terdiri dari 2 macam nilai (1) Nilai yang berkaitan akan sabar dalam menghadapi kehidupan. (2) nilai yang berkaitan akan ikhlas dalam menghadapi kehidupan. Hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial termasuk hubungannya dengan lingkungan alam yang terdapat dalam lagu Iayana Sarasvati album Paradox terdiri dari 2 macam nilai: (1). Nilai yang berkaitan akan tolong menolong terhadap orang lain. (2). Nilai yang berkaitan akan memanfaatkan kesalahan orang lain. Hubungan manusia dengan tuhannya yang terdapat dalam lagu Isyana Sarasvati album Paradox terdiri dari 2 macam nilai: (1). Nilai yang berkaitan akan mensyukuri nikmat-Nya dengan jalan menerima, mengurus, memanfaatkan semua pemberian Allah kepada manusia. (2). Nilai yang berkaitan akan memohon ampun atas segala dosa dan tobat dalam makna sadar untuk tidal lagi melakukan segala perbuatan jahat dan tercela.Nilai material, Nilai vital, Nilai kerohanian yang terdapat dalam lirik lagu Isyana Sarasvati album Paradox terdiri dari 4 macam nilai. Niai yang berkaitan akan nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai kebaikan, nilai religuis.
HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Ciamis) Dian Yulianti
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2018): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2018
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.468 KB) | DOI: 10.25157/diksatrasia.v2i1.1338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar guru, mengetahui prestasi belajar bahasa Indonesia siswa dan mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa di MTs Negeri 2 Ciamis. Metode yang digunakan dalan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 254 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 siswa. Pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini dengan cara menyebarkan angket kepada 70 responden. Sedangkan pengumpulan data prestasi belajar didapat dari nilai rapor siswa. Pengolahan data dilakukan dengan rumus Korelasi Produck Moment.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Gaya mengajar guru yang meliputi, variasi suara termasuk dalam kategoti sangat baik, penekanan termasuk dalam kategori baik, pemberian waktu termasuk dalam kategori baik, kontak pandang termasuk dalam kategori baik, gerakan anggota tubuh termasuk dalam kategori baik dan perpindahan posisi juga termasuk dalam kategori baik. Oleh karena itu, gaya mengajar guru bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Ciamis termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai responden sebesar 258. (2) Prestasi  belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII MTs Negeri 2 Ciamis termasuk kategori baik. Hal ini tampak pada nilai rapor dengan rata-rata nilai 78 yang sudan mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. (3) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar bahasa Indonesia  MTs Negeri 2 Ciamis. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil uji korelasi sebesar 0,81. Sedangkan uji t pada tingkat kepercayaan 0.05 diperoleh  >  (11,299 > 1,667).

Page 1 of 1 | Total Record : 5