cover
Contact Name
Asep Hidayatullah
Contact Email
jurnaldiksatrasia@gmail.com
Phone
+62265-776787
Journal Mail Official
4sephidayatullah@gmail.com
Editorial Address
Jl. R. E. Martadinata No.150, Mekarjaya, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46274
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Galuh
ISSN : -     EISSN : 28291832     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Diksatrasia dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis dengan ISSN 2829-1832. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoretis mengenai pendidikan kebahasaan dan kesastraan Indonesia. Diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023" : 30 Documents clear
NILAI KARAKTER DALAM NOVEL SI ANAK BADAI KARYA TERE LIYE Eva Apriliani Pratiwi
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8206

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai Karakter dalam Novel Si Anak Badai karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode penelitian perpustakaan. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan mencatat seluruh informasi yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti di perpustakaan. Juga mengumpulkan data dengan membaca buku-buku yang berkaitan dnegan nilai karakter. Hasil yang di temukan setelah melakukan penelitian terhadap novel  tersebut yaitu terdapat nilai karakter antara lain: jujur, tanggung jawab, cerdas, sehat dan bersih, peduli, kreatif, dan gotong royong.Kata kunci: Nilai Karakter, novel Si Anak Badai, Tere Liye  
INTERFERENSI BAHASA JAWA DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA PIDATO PERSUASIF DI MTS AL HIDAYAH PONDOK LOMBOK KABUPATEN PANGANDARAN Rifqi Tubagus Subagja; Hendaryan Hendaryan; Sri Mulyani
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8655

Abstract

ABSTRAK Adapun yang melatar belakangi penelitian ini siswa MTS Al-Hidayah Pondok Lombok dalam menggunakan bahasa Jawa lebih dominan dibanding dengan penggunaan bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaan siswa yang lebih dominan menggunakan bahasa Jawa dalam berbicara sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Interferensi bahasa Jawa dalam berbahasa Indonesia ditemukan pada siswa ketika berpidato. Permasalahan tersebut muncul karena siswa tersebut merupakan seorang dwibahasawan, yaitu menguasai dua bahasa, bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Penguasaan bahasa Jawa yang sudah terlebih dahulu dikuasai akan berpengaruh saat menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan interferensi bahasa Jawa dalam pidato pada siswa di MTS Alhidayah Pondok lombok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik studi pustaka, teknik observasi, teknik analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interferensi bahasa Jawa dalam pidato bahasa Indonesia pada siswa di MTS Al-Hidayah Pondok Lombok dilihat dari aspek fonologis secara keseluruhan hasil yang didapat diketahui adanya siswa yang masih terpengaruh dengan bahasa daerahnya dan juga terjadi salah ucap yang menyebabkan kesalahan arti. Sebagai masyarakat Jawa yang bahasa pertamanya adalah bahasa ibu yaitu bahasa Jawa sehingga dialek/logat yang khas tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan berbicara walaupun sudah menggunakan Bahasa Indonesia. Aspek morfologis secara keseluruhan diketahui ada kesalahan dalam bidang morfologi meliputi, (1) kesalahan pengimbuhan awalan (prefiks), (2) kesalahan pengimbuhan akhiran (sufiks), (3) kesalahan pengimbuhan bersama (simulfik).  
Analisis gaya bahasa pada novel si anak badai karya Tere liye Ikbal Ramadhan
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8686

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan pengkajian gaya bahasa terhadap novel Si Anak Badai karya Tere Liye, maka diperoleh simpulan bahwa terdapat ragam gaya bahasa (majas) yaitu (1) penggunaan majas perbandingan membuat novel Si Anak Badai karya Tere Liye menjadi lebih berbobot namun mudah dicerna pembaca, (2) penggunaan majas pertentangan membuat novel Si Anak Badai karya Tere Liye menjadi lebih dinamis dan menarik dalam setiap plot yang dihadirkan, (3) penggunaan majas pertautan membuat diksi novel lebih variatif, dan (4) penggunaan majas perulangan membuat novel Si Anak Badai karya Tere Liye kaya akan gaya penulisan, tidak terpaku pada satu kelompok majas. Kata Kunci : Gaya Bahasa, Novel, Bahan Ajar
ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KOMUNIKASI INFORMAL ANTARA PEDAGANG DAN PEMBELI DI PASAR CINEAM (Kajian Sosiolinguistik) Ridwan Sundawa
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8614

Abstract

Penelitian ini berjudul “Alih Kode dan Campur Kode dalam komunikasi informal antara pedagang dan pembeli di Pasar Cineam". Pada dasarnya tingkat penguasaan bahasa antara satu orang dengan orang lainnya tentu berbeda-beda. Dengan begitu saat pemakaian satu bahasa sangat memungkinkan penggunaan dengan bahasa lainnya digabung. Hal ini dapat dikatakan sebagai fenomena alih kode dan campur kode. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ingin mengkaji fenomena alih kode dan campur kode yang terjadi di Pasar Cineam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana alih kode dalam komunikasi informal antara pedagang dan pembeli di Pasar Cineam?; 2) Bagaimana campur kode dalam komunikasi informal antara pedagang dan pembeli di Pasar Cineam? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan alih kode dan campur kode dalam komunikasi informal antara pedagang dan pembeli di Pasar Cineam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik telaah pustaka, teknik observasi, teknik wawancara, teknik catat, teknik rekam, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian dan pengkajian terhadap alih kode dan campur kode dalam komunikasi informal di Pasar Cineam ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Alih kode yang terjadi dalam komunikasi informal antara pedagang dan pembeli di Pasar Cineam ini dapat diperoleh alih kode intern. Alih kode intern ini meliputi, alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda, bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, bahasa Sunda ke bahasa Indonesia, dan bahasa Jawa ke bahasa Imdonesia. (2) Campur kode yang terjadi dalam komunikasi informal antara pedagang dan pembeli di Pasar Cineam ini dapat diperoleh campur kode ke dalam dan campur kode keluar. Campur kode ke dalam meliputi campur kode penyisipan kata bahasa Sunda ke dalam Bahasa Indonesia, campur kode penyisipan frasa bahasa Sunda ke dalam bahasa Indonesia, campur kode penyisipan kata bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia, campur kode penyisipan frasa bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Campur kode keluar meliputi campur kode penyisipan kata bahasa Inggris ke dalam  bahasa Indonesia dan Campur kode penyisipan kata bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia.
GAYA BAHASA NAJWA SHIHAB DALAM ACARA MATA NAJWA DI TRANS7 Nida Fauziah; Nia Rohayati; Hendaryan Hendaryan
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8567

Abstract

Penelitian ini berjudul Gaya Bahasa Najwa Shihab Dalam Acara Mata Najwa di TRANS7, dilatar belakangi dengan berperannya gaya bahasa untuk memperindah kata-kata sehingga menjadi indah dan menarik bagi pendengar, banyaknya pembawa acara yang topiknya menarik namun dibawakan oleh pembawa acara yang tidak berkarakter karena tidak menggunakan gaya bahasa sehingga acara yang dibawakan kurang menarik padahal topiknya penting untuk diketahui, maka dari itu pada penelitian ini akan dikaji gaya bahasa yang digunakan Najwa Shihab yang nantinya akan dijadikan bahan bahan penyuluhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dalam pengumpulan data mengunakan metode simak, instrument pengumpulan data dilakukan dengan menyimak mencatat seluruh pengguanan gaya bahasa Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa, wujud datanya berupa kata, paragraf dan kalimat hasil analisis. Hasil yang ditemukan setelah melakukan penelitian terhadap acara Mata Najwa yaitu terdapat penggunaa bahasa penunjukan sikap antara lain: 1) kata, 2) kalimat, 3) nada, 4) kesopanan, 5) kejujuran, dan 6) kemenarikan.Kata kunci : Gaya Bahasa, Najwa Shihab, Mata Najwa 
PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI KELAS 10 MA ASSA'ADAH JAMANIS Dicky Ramadhan
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8229

Abstract

Skripsi ini berjudul “PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI KELAS 10 MA ASSA’ADAH JAMANIS‘’. Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti ingin mengubah kondisi pembelajaran yang pasif menjadi kondisi pembelajaran yang aktif dan menarik. Metode suggestopedia dipandang sebagai metode yang efektif untuk merangsang siswa menemukan imajinasi menggunakan musik sehingga mampu mengumpulkan kata-kata untuk di susun menjadi bait atau larik puisi yang utuh.. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah bentuk perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada siswa kelas X MA? 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA? 3) Bagaimanakah perubahan kemampuan menulis puisi siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada siswa kelas X MA. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA. 3) Untuk mengetahui perubahan kemampuan menulis puisi siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode suggestopedia pada kelas X MA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.. Penelitian kuantitatif deskriptif dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) dengan membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Penggunaan metode suggestopedia dalam pembelajaran menulis puisi mampu mengubah kemampuan siswa dalam hal menuis puisi. karena metode suggestopedia mampu menciptakan lingkungan belajar yang tenang dengan alunan musik. sehingga siswa senantiasa fokus untuk mengikuti pelajaran. Selain itu dengan metode suggestopedia, siswa dapat mengungkapkan atau mengekspresikan gagasan, ide, mengembangkan daya pikir kreativitas siswa dalam menulis.Kata kunci : Menulis Puisi, Metode Suggestopedia, Metode Kuantitatif
KRITIK SOSIAL YANG TERDAPAT PADA LIRIK LAGU ALBUM GULALI KARYA IKSAN SKUTER Mita Mita
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8204

Abstract

            Penelitian ini berjudul “Kritik Sosial Yang Terdapat Pada Lirik Lagu Album Gulali Karya Iksan Skuter”. Adapun yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini yaitu bahan ajar mengenai puisi yang terdapat di dalam buku paket kurang bervariatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kritik sosial yang terdapat pada lirik lagu album Gulali karya Iksan Skuter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kritik sosial yang terdapat pada lirik lagu album Gulali karya Iksan Skuter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian terhadap kritik sosial yang terdapat pada lirik lagu album Gulali karya Iksan Skuter dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Kritik soaial masalah kemiskinan (2) Kritik sosial masalah kejahatan (3) Kritik sosial masalah generasi muda (4) Kritik sosial masalah lingkungan hidup (5) Kritik sosial masalah birokrasi. Kata Kunci: lirik lagu,kritik sosial.
NILAI MORAL DAN NILAI SOSIAL DALAM NOVEL KKN (KULIAH KERJA NGEBAPER) KARYA NURUL VIDYA UTAMI Putri Anisa Nurendah Sari; H.R. Herdiana
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dan nilai sosial yang terdapat dalam novel KKN (Kuliah Kerja Ngebaper) karya Nurul Vidya Utami. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik studi pustaka, teknik analisis data, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moral terdiri dari: 1) hubungan manusia dengan Tuhannya yang terdapat sikap perilaku tokoh yang senantiasa berdoa, bersyukur dan mengakui kebesaran Tuhannya; 2) hubungan manusia dengan dirinya sendiri terdapat sikap rasa percaya diri, sabar, sikap tegas dan disiplin, menggambarkan suasana adanya rasa takut dan kerinduan; 3) hubungan manusia dengan sesama terdapat sikap jujur, rela berkorban, bertanggung jawab, bekerja sama, penuh kasih sayang, saling menyemangati, dan bermusyawarah; 4) hubungan manusia dengan alam terdapat sikap yang senantiasa menjaga lingkungan dan dapat memanfaatkan sumber daya alam. Nilai sosial terdiri dari: 1) nilai material yang terdapat kebutuhan hidup berupa kebutuhan pangan, papan, dan sandang, 2) nilai vital, mempunyai keterkaitan akan kelancaran sebuah aktivitas dan pola hidup sehat; 3) nilai kerohanian yang berkaitan dengan nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral, dan nilai keagamaan. Kata kunci: novel, nilai moral, nilai sosial
PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MUDZAKARAH DI SMK AL-HUDA TURALAK KABUPATEN CIAMIS Agus setiawan Setiawan; Herdiana Herdiana; Juju Juandi
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8619

Abstract

 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah : 1) Ingin mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis. 2) Ingin mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis. 3) Ingin mengetahui perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara setelah menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitataif dengan rancangan deskriptif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah. Variabel ini mempunyai tiga subvariabel yaitu; 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) perubahan kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Al Huda Turalak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kajian pustaka, teknik observasi, teknik pembelajaran dan teknik tes. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis, guru melakukan analisis terhadap perencanaan pembelajaran berbicara, terbukti sesuai dengan metode mudzakarah yang digunakan pembelajaran. Pernyataan tersebut diperkuat dengan penilaian observatory terhadap keseluruhan komponen pembelajaran. 2) pelaksanaan dengan metode pembelajaran Mudzakarah yaitu cukup memberikan keyakinan akan keberhasilan guru dan siswa dalam menempuh langkah-langkah pembelajaran membaca pemahaman dalam cerpen yang disajikan dengan penerapan metode mudzakarah.. 3) Perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara di lingkungan belajar menggunakan metode mudzakarah yaitu kelompok eksperimen yang dilakukan dengan menerapkan metode mudzakarah pada pembelajaran berbicara. Perolehan rata-rata skor prates yaitu 65,33 sedangkan pada postes diperoleh rata-rata skor 84,67. Dengan demikian terdapat perubahan kemampuan siswa yang buktikan dengan selisih skor antara prates dan pascates yaitu 19,34. Kelompok kontrol yang dilakukan  dengan menerapkan teknik tanyajawab pada pembelajaran membaca pemahaman dalam cerpen. Perolehan rata-rata skor  prates yaitu 60,83 sedangkan pada pascates diperoleh rata-rata skor 81,25. Dengan demikian terdapat perubahan kemampuan siswa yang dibuktikan dengan selisih skor antara prates dan pascates yaitu 20,42.
PEMBELAJARAN BERPIDATO MENGGUNAKAN METODE PEMODELAN DI KELAS XI SMK AL-ILYAS KABUPATEN GARUT Suyono Suyono; Juju Juandi; Taufik Hidayat
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2023): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8636

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya masalah yaitu rendahnya kemampuan peserta didik dalam berpidatosehingga guru melakukan perlakukan dengan menggunakan metode pembelajaran pemodelan. Tujuan penelitian ini: 1) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran; 2) mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran; 3) mendeskripsikan kemampuan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran berpidato menggunakan metode pemodelan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Randomized Matched Subject Posttest Only. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKJ I dan XI TKJ II di SMK Al-Ilyas Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Teknik yang digunakan yaitu teknik studi pustaka, observasi, dan tes. Hasil analisis penyusunan RPP sudah mengacu pada kurikulum 2013 sehingga memenuhi kriteria penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai observer 1 dan observer 2 rata-rata 81,25 dengan kriteria baik. Hasil analisis langkah-langkah pembelajaran pada kegiatan guru memperoleh nilai rata-rata 81,25 dan termasuk kedalamkriteria baik. Hasil analisis kemampuan peserta didik dalam pembelajaran berpidato berdasarkan hasil tes pemahaman yaitu sebesar 74,76 dengan kategori baik. Hasil uji praktik pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 71,98 dengan kategori baik. Hasil uji-t, thitung ˃ ttabel = 2,049 ˃ 2,021 maka H0 ditolak, artinya terdapatperbedaan kemampuan berpidato peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Metode pemodelan dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan peserta didik.

Page 1 of 3 | Total Record : 30