cover
Contact Name
Nurul Aswar
Contact Email
nurulaswar@iainpalopo.ac.id
Phone
+6282292123465
Journal Mail Official
jurnalkonsepsi@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Balandai, Kota Palopo Sulawesi Selatan, 91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konsepsi
Published by P3I LUWU RAYA
ISSN : 23014059     EISSN : 27985121     DOI : -
Core Subject : Education,
URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, implementasi teknologi, dan kebijakan tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Konsepsi (Mei)" : 5 Documents clear
Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City Dodi Ilham
Jurnal Konsepsi Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.238 KB)

Abstract

This study aims to determine how the bride and groom course in KUA Bara Subdistrict, Including the values of local wisdom in implementing the bride and groom course, and inhibiting factors and supporting local wisdom values. This research is research with a qualitative approach to field research. This research is located in KUA Kec. Palopo City Bara. This study's data sources are primary data sources (course participants for bride and groom), secondary data sources (KUA Bara Subdistrict files). Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The data analysis used was descriptive qualitative data analysis. The data obtained that the implementation of the course for the bride and groom in KUA Kec. Palopo City Bara is administratively by the General Director of Islamic Community Guidance Regulation on Candidate Bride Course Number DJ.II / 491 of 2009 dated December 10, 2009, although, in the process of implementing the bride and groom course, it is still not by the Regulation of the Director-General of Islamic Community Guidance of the Ministry of Religion Number DJ.II/542 of 2013 concerning Guidelines for the Implementation of Pre-Marriage Courses; The values of local wisdom are conveyed by the method of lectures and questions and answers between the resource person and the prospective bride and groom at KUA, Bara Subdistrict, Palopo City, with a focus on three values of local wisdom, namely aju tunung (wood/birth support), waju (clothes/honor), aju-aju (inner sustenance); Supporting Factors for the implementation of the bride and groom course at KUA Kec. Bara Kota Palopo is the resource persons' ability for the prospective bride and groom course to insert local wisdom values for the bride and groom's course material. The bride and groom are serious about receiving the bride and groom's course materials.
Realitas Pendidikan Agama Islam di Kalangan Keluarga Petani Desa Pelalan Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu Muh. Amin Pabonean
Jurnal Konsepsi Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.119 KB)

Abstract

Adapun yang menjadi pokok bahasan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Realitas Pendidikan Agama Islam di Kalangan Keluarga Petani Desa Pelalan Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu, 2) Faktor- faktor apa yang menghambat peningkatan Pendidikan Agama Islam di Kalangan Keluarga Petani Desa Pelalan Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif kualitatif sederhana yang menganalisis data secara mendalam tidak berdasarkan angka dalam menganalisis data. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Insturmen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: pedoman observasi , pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: a. Mencatat hasil yang diperoleh dalam penelitian lapangan, selanjutnya diberi kode dengaan tujuan agar sumber data tersebut dapat ditelusuri dengan mudah. b. Mengumpulkan, memilah-milah, mengklasifikasikan, mensintesiskan, membuat ikhtiar, dan membuat indeksnya. c. Berfikir, dengan tujuan membuat agar kategori data itu mempunyai makna, mencari dan menemukan pola dan hubungan-hubungannya, dan membuat temuan-temuan umum. Adapun hasil penelitian yakni: 1. Pendidikan Islam dalam keluarga di Desa Pelalan Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu dilaksanakan oleh para orang tua sebagaimana fungsinya sebagai pendidik pertama dan utama sekaligus sebagai penanggung jawab terhadap anak-anaknya. 2. Faktor-faktor yang Menghambat Peningkatan Pendidikan Agama Islam di Kalangan Keluarga Petani Desa Pelalan Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu tahun yaitu: a. Rendahnya tingkat pengetahuan agama orang tua/keluarga petani, b. Kesibukan bekerja di sawah, c. Kurangnya dukungan dari pemerintah setempat, d. Kurangnya lembaga pendidikan Islam, e. Pengaruh dari lingkungan sekitar. Saran dari penulis yaitu: 1. Kepada orang tua agar lebih meningkatkan perhatian pendidikan agama dalam keluarga sehingga dapat membentengi diri dari pengaruh lingkungan sekitar., 2. Kepada pemerintah setempat hendaknya memperhatikan masyarakatnya tanpa memandang ajaran agama.
Peranan Penerjemah dalam Pembinaan Bahasa Indonesia Sukirman Sukirman
Jurnal Konsepsi Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.931 KB)

Abstract

Kegiatan penerjemahan memiliki andil yang sangat besar dalam memahami dan mengembangkan peradaban manusia. Untuk mencapai dan mengembangkan pengetahuan alih teknologi secara mudah dan murah dapat dilakukan melalui kegitan penerjemahan. Dalam menterjemahkan ilmu pengetahuan tentu menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar untuk memahami maknanya. Oleh karena itu diharapkan dalam proses menterjemahkan si penerjemah harus mampu menguasai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga dapat memudahkan pembaca memahami makna bacaan tersebut dan sekaligus mengembangkan bahasa Indonesia yang memenuhi standar.
Upaya Guru Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Muhtar Muhtar; Helmi Kamal; A. Sukmawati Assaad
Jurnal Konsepsi Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.078 KB)

Abstract

Adapun yang menjadi pokok penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsentrasi belajar peserta didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu, 2) Faktor apa yang menghambat konsentrasi belajar peserta didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu, 3) Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisa data secara mendalam berdasarkan angka/persentase. Adapun hasil penelitian yakni: 1. Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu masih rendah, 2. Faktor yang Menghambat Konsentrasi Belajar Peserta Didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten luwu yaitu: a. Faktor masalah dari rumah, b. Faktor sarana dan prasarana, c. Metode yang digunakan membosankan, d. Faktor Lingkungan. 3. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu meliputi: a. Membantu menyelesaikan masalah peserta didik dengan berkomunikasi dengan orang tuanya, b. Mengadakan perbaikan saran dan prasaran dengan mengajukan permohonan kepada pemerintah daerah, c. Mengadakan kegiatan dalam rangka meningkatkan penggunaan metode pembelajaran seperti workshop manajemen penggunaan metode pembelajaran, manajemen kelas dan lain sebagainya, d. Meminimalisir pengaruh dari luar dengan cara memberikan aturan kepada siswa untuk tidak membuat keributan pada saat kelas lainnya sedang belajar, serta mengadakan pertemuan dengan warga untuk membahas masalah keributan yang dapat mengganggu suasana konsentrasi siswa pada saat proses belajar mengajar, e. Berusaha memahami kondisi atau karakter peserta didik.
Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran PAI melalui Pendampingan Siswa di Luar Jam PBM di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Leppangang Nurdin Nurdin; Masmuddin Masmuddin; Mahadin Shaleh
Jurnal Konsepsi Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.995 KB)

Abstract

Adapun yang menjadi bahasan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan Peningkatan Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI Dengan Melakukan Pendampingan di Luar Jam PBM Di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Leppangang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, 2) Faktor apakah yang menghambat peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Leppangang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif sederhana yang menganalisis data secara mendalam berdasarkan persentase. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data meliputi: library research dan field research sedangkan dalam menganalisis data terdiri dari: a. Metode induktif. b. Metode deduktif c. Metode komparatif, dan d. Distribusi frekuensi. Adapun hasil penelitian yakni: 1. Bentuk-bentuk kegiatan untuk peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI dengan melakukan pendampingan di luar jam PBM di pondok pesantren darul istiqamah leppangangg kecamatan ponrang kabupaten Luwu adalah: Melakukan Pengkajian Al-Qur’an secara rutin/Tafsir Lafdziah Al-Qur’an, mengadakan latihan berceramah/Pidato (Muhadharah), Ceramah setelah shalat subuh. 2. Faktor yang menghambat peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI di pondok pesantren Darul Istiqamah Leppangangg Kecaman Ponrang Kabupaten Luwu adalah: Kurangnya perhatian siswa terhadap materi pendampingan yang diberikan, kurangnya perhatian dan dukungan orang tua terhadap pendidikan anaknya, dan minimnya waktu yang diberikan untuk pendampingan yang berkaitan dengan materi Pendidikan Agama Islam (PAI). Sedangkan saran-saran dari penulis yaitu: 1. Kepada seluruh pihak sekolah agar lebih memperhatikan pengetahuan agama santri sebagai bekal dalam menjalani kehidupan. 2. Sebagai penanggung jawab pendidikan yakni orang tua, masyarakat, pemerintah dan lembaga sekolah hendanya memahami apa saja kebutuhan anak/santri, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan memajukan kualitas pendidikan siswa, terutama dalam pendidikan agama yang sangat dibutuhkan oleh setiap anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5