cover
Contact Name
Vitta Pratiwi
Contact Email
vitta.pratiwi@email.unikom.ac.id
Phone
+6281394089666
Journal Mail Official
vitta.pratiwi@gmail.com
Editorial Address
UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL JL. DIPATI UKUR 112-116 GEDUNG BARU UNIKOM LANTAI 10 KOTA BANDUNG
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
CRANE: Civil Engineering Research Journal
ISSN : -     EISSN : 27754588     DOI : https://doi.org/10.34010/crane.v3i1
Core Subject : Engineering,
Civil Engineering Research Journal (CRANE) provides media to publish the original research articles from contributors related to civil engineering: Civil and Structural Engineering Civil Engineering and Design Construction and Building Materials Construction Management Geo-Technical Engineering Hydraulic engineering Sustainability in Civil Engineering Transportation engineering Water Science and Engineering
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): CRANE" : 6 Documents clear
ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT AKTIVITAS PERDAGANGAN TRADISIONAL PADA KONDISI PANDEMI COVID 19 mohamad donie aulia
CRANE: Civil Engineering Research Journal Vol 4 No 1 (2023): CRANE
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/crane.v3i2.8330

Abstract

penelitian ini menggunakan PKJI 2014, PMHUB 14 tahun 2006
ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL mohamad donie aulia
CRANE: Civil Engineering Research Journal Vol 4 No 1 (2023): CRANE
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/crane.v4i1.9603

Abstract

Bundaran Cibiru merupakan simpang tak bersinyal yang berada di dekat perbatasan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung. Tercatat tingginya volume lalu lintas yang melewati bundaran ini setiap harinya yang menyebabkan kemacetan dan penurunan kinerja simpang, yaitu kapasitas , derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja simpang tak bersinyal Bundaran Cibiru berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Drone digunakan sebagai alat bantu untuk merekam data volume lalu lintas yang dilakukan pada hari Selasa (Weekday) dan hari Minggu (Weekend). Hasil Analisa kapasitas bundaran, arus total kendaraan (Qtot) sebesar 6576,7 smp/jam, dengan komposisi kendaraan ringan (LV) sebesar 3385 smp/jam, kendaraan berat (HV) sebesar 631,2 smp/jam, dan sepeda motor (MC) sebesar 2483,5 smp/jam. Derajat kejenuhan, untuk Jalinan AB (Jl. Cibiru – Jl. Soekarno-Hatta) adalah 0,63, dikategorikan baik, untuk Jalinan BC (Jl. Soekarno-Hatta – Jl. A.H. Nasution) adalah 0,82, dan Jalinan CA (Jl. A.H. Nasution – Jl. Cibiru) adalah 0,88, dikategorikan kurang baik karena melebihi nilai acuan derajat kejenuhan (DS= 0,75). Tundaan bundaran, didapat nilai tundaan bundaran (DR) adalah 12,27 dtk/smp, dikategorikan kurang baik karena melebihi nilai acuan tundaan 4,55 dtk/smp. Peluang antrian bundaran, didapat nilai peluang antrian bundaran (QPR%) terendah pada Jalinan AB (Jl. Cibiru – Jl. Soekarno-Hatta), yaitu 9,63%, dan paling tinggi pada Jalinan BC (Jl. A.H. Nasution – Jl. Cibiru), yaitu 53,54%. Perbandingan total kinerja Bundaran Cibiru pada hari Minggu (Weekend) lebih tinggi dibandingkan hari Selasa (Weekday). Secara keseluruhan kinerja Bundaran Cibiru dikategorikan kurang baik.
PERENCANAAN LOGISTIK KONSTRUKSI: STUDI LITERATUR Lakhsmi Dewi Wulandari
CRANE: Civil Engineering Research Journal Vol 4 No 1 (2023): CRANE
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/crane.v4i1.9739

Abstract

Perencanaan sinergi logistik rantai pasok perlu dilakukan agar proyek konstruksi dapat dilakukan dengan kualitas material yang baik, diselesaikan tepat waktu, dan biaya yang terkendali. Dalam perencanaan sinergi tersebut terdapat faktor komunikasi, order system dan cycle system jugs perlu diperhatikan agar risiko dalam proses rantai pasok dapat dihindari. Untuk menjamin ketepatan waktu, diperlukan suatu sistem yang berfungsi untuk merencanakan jadwal keperluan material proyek dalam beberapa tahapan sehingga dapat ditentukan jadwal dan kuantitas yang dipesan untuk masing-masing komponen suatu produk yang akan dibuat. Skenario pelaksanaan strategi sinergi logistik yang dapat diterapkan pada kasus proyek pembangunan gedung dua lantai di Garut dan 54 buah rumah dua lantai tipe 180 di Bandung Timur di antaranya yaitu sistem direct shipping, traditional warehouse, dan cross docking. Terdapat beberapa asumsi yang perlu diperhitungkan agar metode tersebut dapat dipergunakan yaitu tersedia armada transportasi yang cukup, pemasok selalu mampu memenuhi pesanan material dari segi kualitas dan kuantitas, dan harga material konstruksi tidak mengalami perubahan yang signifikan, terutama harga material di Bandung selalu lebih murah dari Garut sehingga sebagian material akan dipasok dari Bandung.
ECO CEMENT: INOVASI FORMULA SEMEN DENGAN SUBSTITUSI ABU JERAMI PADI, ABU CANGKANG KERANG SIMPING DAN ALBUMEN PADA PORTLAND CEMENT Galuh Swanita
CRANE: Civil Engineering Research Journal Vol 4 No 1 (2023): CRANE
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/crane.v4i1.9772

Abstract

Semen memiliki waktu pengikatan awal, serta mengalami proses hidrasi. Waktu pengikatan dan hidrasi ini dipengaruhi oleh komposisi semen dan konsentrasi air yang digunakan. PT Semen Gresik Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi semen termasuk Portland Cement (PC), produksi di Indonesia mencapai 12 juta ton pertahun dengan kenaikan 10% tiap tahunnya. Hal tersebut berbanding lurus dengan jumlah kebutuhan bahan baku semen berupa batu kapur. Gresik merupakan salah satu daerah yang terkena dampak eksploitasi batu kapur. Mengacu pada permasalahan yang ada dilakukan pemanfaatan sumber daya alam guna meminimalisir dampak yang dimbulkan, Dengan metode penelitian eksperimental melalui sebuah inovasi Eco Cement - inovasi formula semen dengan substitusi abu jerami padi, abu cangkang kerang simping dan albumen pada portland cement. Metode uji yang digunakan yaitu uji kehalusan, uji konsistensi normal, uji waktu pengikatan awal dan uji kekekalan. Dalam penelitian ini menggunakan rencana perbandingan komposisi campuran Eco Cement : Semen Gresik yaitu 25 % : 75%, 50% : 50%, dan 75% : 75%. Inovasi ini menghasilkan Eco Cement ramah lingkungan dengan waktu pengikatan dan hidrasi yang baik pada perbandingan campuran 25 % : 75% yaitu S7 dan S9, untuk 50% : 50% pada S1 dan S5, dan 75% : 25% pada S5 dan S9. Kata kunci: Portland cemen, Kerang Simping, Albumen, Sumber Daya Alam, Eksperimental
PENGUJIAN STRUKTUR PADA BANGUNAN GEDUNG TERMINAL PELABUHAN DI KOTA BATAM Syapril Janizar
CRANE: Civil Engineering Research Journal Vol 4 No 1 (2023): CRANE
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/crane.v4i1.9803

Abstract

Dengan banyak aktivitas dan kegiatan, kebutuhan akan ruang dan gedung menjadi permasalahan. Permasalahan timbul dari kurangnya ruang dan gedung yang akan digunakan, hal ini yang menjadikan gap dalam penelitian ini. Kebutuhan mendesak ruang dan gedung seringkali menjadikan gedung yang ada dan tidak terpakai sebagai jawaban dari permasalahan tersebut. Untuk tetap menjaga gedung sesuai dengan tujuan pemeliharaan Gedung yaitu selalu laik fungsi. Pengujian struktur merupakan salah satu metode kuantitatif yang dilakukan untuk melihat keandalan gedung tersebut. Sederetan pengujian dan pemeriksaan dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk memeriksa secara visual terhadap bangunan, memeriksa bar screening, pengujian secara NDT, dan untuk menguji secara destructive. Lokasi yang dilakukan pengujian adalah salah satu bangunan Gedung yang ada di kota Batam. Berdasarkan hasil pengujian struktur yang telah dilakukan didapatkan hasil terdapatnya retakan pada dinding bangunan, terdapatnya rata-rata mutu permukaan beton dengan jyalitas cukup, terdapatnya selimut beton yang memenuhi persyaratan, untuk pengujian khusus struktur dilakukan pemodelan ulang perkuatannya menggunakan program software. Perbaikan yang direkomendasikan untuk perbaikan retak dengan metode penambalan (patching), pembongkaran akibat penurunan tanah dan perbaikan atau perkuatan kolom lantai dengan fiber reinforced polymer (FRP).
PERBANDINGAN PENGGUNAAN SISTEM BEKISTING KONVENSIONAL DAN ALUMINIUM PADA PROYEK PEMBANGUNAN MALL X Esther Glory Sirait; Philomena Clarita Welan; Yongki Alexander Tanne
CRANE: Civil Engineering Research Journal Vol 4 No 1 (2023): CRANE
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/crane.v4i1.9894

Abstract

Structural building components such as columns, beam and slab require formwork in its construction. Formwork plays an important role in forming the dimensions of the structure to fulfill the design. This study aims to determine the formwork comparison between conventional and aluminum in terms of characteristics, implementation methods and costs. This study compares the characteristics, implementation methods and costs using quantitative and comparative methods. Data on aluminum and conventional formwork were obtained by observing the project site implementation and studying the literature. In the construction of project mall X building, several types of formwork were used, including semi-system formwork (semi peri) and aluminum formwork used for columns and conventional formwork used for beams. That consideration is needed to determine the most efficient formwork in terms of characteristics, method of implementation and costs. The result shows that in project mall X building, aluminum formwork has the same cost as conventional formwork but the process is faster and more efficient than conventional formwork. In addition, aluminum formwork does not produce wood waste and can be reused for 150-200 installation. after the researchers analyzed the installation of the formwork system in the mall X construction project. For the development of further research, it is suggested to make a comparison of project X with other projects, besides that it also makes a comparison of the types of formwork with several variables so that it can consider the use of the type of formwork in terms of construction needs.

Page 1 of 1 | Total Record : 6