cover
Contact Name
Endo Wijaya Kartika
Contact Email
puslit@petra.ac.id
Phone
+62312983147
Journal Mail Official
puslit@petra.ac.id
Editorial Address
Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen Perhotelan
ISSN : 02166283     EISSN : 26859408     DOI : https://doi.org/10.9744/jmp
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Perhotelan is published biannually, in March and September, by Petra Christian University. Jurnal Manajemen Perhotelan aims to: Promote a comprehensive approach to hotel management incorporating viewpoints of different disciplines, Strengthen academic exchange with other institutions, Encourage scientist, practicing engineers, and others to conduct research and other similar activities. Jurnal Manajemen Perhotelan welcomes papers with the above aims and scopes. The editorial board decides papers to be published in Jurnal Manajemen Perhotelan after review by reviewers appointed by the board. Authors will be advised of comments from reviewer and suggestions.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2020): SEPTEMBER 2020" : 6 Documents clear
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA MELALUI KOMPETENSI SDM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UKM KERIPIK TEMPE MALANG Ratih Indriyani; Monica Dewi
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 6 No. 2 (2020): SEPTEMBER 2020
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.177 KB) | DOI: 10.9744/jmp.6.2.53-61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari lingkungan kerja terhadap kompetensi sumber daya manusia, kompetensi sumber daya manusia terhadap individual performance dan pengaruh dari lingkungan kerja terhadap terhadap individual performance pada UKM Keripik Tempe Sanan Malang. Pengumpulan data menggunakan angket. Sampel yang digunakan 100 orang karyawan UKM Keripik Tempe Sanan, Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kompetensi sumber daya manusia, kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap individual performance dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap terhadap individual performance
PEMILIHAN STRATEGI BISNIS PEMBENIHAN UDANG VANAME DENGAN METODE INTERNAL-EXTERNAL MATRIX Marcus Remiasa; Terry Sugiharto
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 6 No. 2 (2020): SEPTEMBER 2020
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.106 KB) | DOI: 10.9744/jmp.6.2.62-71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis pembenihan udang vaname dengan metode Internal External Matrix. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi strategi perusahaan berada pada kuadran IV mengarah pada strategi grow and build yang terdiri dari strategi intensive dan strategi integrative. Strategi intensive dengan melakukan strategi penetrasi pasar dan stratgei pengembangan pasar sedangkan strategi integrative dengan melakukan strategi integrasi ke depan.
ANALISIS FAKTOR BRAND CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA HOTEL SHERATON SURABAYA Claudion Graciella; Erica Dea Hutama; Fransisca Andreani
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 6 No. 2 (2020): SEPTEMBER 2020
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.936 KB) | DOI: 10.9744/jmp.6.2.72-78

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor baru yang dapat terbentuk dari Brand Citizenship Behavior (BCB) di Hotel Sheraton Surabaya. BCB adalah perilaku karyawan yang mencerminkan merek organisasinya. Karena perilaku karyawan mencerminkan merek organisasinya, maka sangatlah penting untuk membentuk perilaku karyawan.  Penelitian ini bertujuan mereduksi 7 faktor BCB (helping behavior, brand consideration, brand enthusiasm, sportsmanship, brand endorsement, self-development, brand advancement) dengan menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor baru yang terbentuk adalah helping behavior, brand enthusiasm, self-development, dan brand loyalty
BAGAIMANA KEAMANAN PANGAN, KUALITAS MAKANAN DAN CITRA MEREK MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG Hanjaya Siaputra
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 6 No. 2 (2020): SEPTEMBER 2020
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.27 KB) | DOI: 10.9744/jmp.6.2.79-87

Abstract

Lika-liku bisnis makanan dan minuman tidak selalu semanis yang dibayangkan. Kejadian keracunan makanan dan minuman masih sering membayangi geliat usaha di bidang yang satu ini. Ketika tragedi seperti ini terjadi, restoran harus berusaha keras menumbuhkan minat beli ulang konsumen atas produk yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keamanan pangan, kualitas makanan dan citra merek terhadap minat beli ulang konsumen restoran “XYZ” dengan kepuasan konsemen sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan penyebaran kuesioner kepada 146 responden yang pernah mengkonsumsi produk restoran “XYZ”. Data yang terkumpul dianalisis dengan Partial Least Square. Dari hasil analisa data yang dilakukan, terbukti adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara keamanan pangan, kualitas makanan, citra merek, dan kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang. Dalam penelitian ini juga terbukti bahwa kepuasan konsumen dapat berperan sebagai mediator terhadap minat beli ulang
FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KONSUMEN SURABAYA MEMBELI MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI APLIKASI GOFOOD DAN GRABFOOD Marcella Puspita; Adriana Aprilia
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 6 No. 2 (2020): SEPTEMBER 2020
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.505 KB) | DOI: 10.9744/jmp.6.2.88-98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong konsumen Surabaya membeli makanan dan minuman melalui aplikasi GoFood dan Grabfood. Kuesioner telah disebarkan kepada 351 responden dan data dianalisis dengan menggunakan analisa faktor dengan SPSS for windows 16.0. Hasil analisa ini menunjukkan 8 faktor baru yang mendorong konsumen membeli makanan dan minuman melalui aplikasi yaitu kualitas layanan dan aplikasi, variasi, gaya hidup, efektivitas dan efiesiensi, kondisional, sosial, preferensi dan individu
PENGARUH PEMULIHAN JASA TERHADAP KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN ATAS MEREK HOTEL: STUDI PADA HOTEL BERBINTANG SATU SAMPAI TIGA DI INDONESIA Michelia Tansi; Ika Agustin; Serli Wijaya
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 6 No. 2 (2020): SEPTEMBER 2020
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.241 KB) | DOI: 10.9744/jmp.6.2.99-110

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa penerapan pemulihan jasa di hotel berbintang satu sampai tiga di Indonesia atas kegagalan jasa yang terjadi dan pengaruhnya terhadap kepercayaan pelanggan atas merek hotel. Survei dilakukan kepada 286 responden yang menginap di hotel dan melakukan keluhan akibat kegagalan jasa yang dialami selama menginap. Data primer diolah dengan teknik statistik SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemulihan jasa memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan atas pemulihan jasa. Sementara itu, kepuasan atas pemulihan jasa terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam mengembalikan kepercayaan responden atas merek hotel serta menjadi variabel mediasi yang signifikan bagi hubungan antara kepuasan atas pemulihan jasa dan kepercayaan merek.

Page 1 of 1 | Total Record : 6