cover
Contact Name
Enos Lolang
Contact Email
enos@ukitoraja.ac.id
Phone
+6281342530900
Journal Mail Official
jkip@ukitoraja.ac.id
Editorial Address
Kantor Pusat UKI Toraja Lt. 1. Jl. Nusantara No. 12 Makale 91811 Kabupaten Tana Toraja - Propinsi Sulawesi Selatan Tlp. (0423)22887, Fax (0423)22073 Email: jkip@ukitoraja.ac.id
Location
Kab. tana toraja,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 23028378     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 3 (2018)" : 10 Documents clear
Analisis Kebutuhan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.961 KB) | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.224

Abstract

Analisis kebutuhan adalah langkah pertama dalam desain program dan menyediakan validitas dan relevansi untuk semua aktivitas desain program berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebutuhan Mahasiswa pada Mata kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Research and development/R&D). Borg dan Gall (1979:772) menyatakan bahwa “R&D is a process used to develop and validate educational products.” Berdasarkan definisi tersebut, penelitian ini bertumpu pada upaya memproduksi dan memvalidasi suatu produk pendidikan. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penelitian yakni angket. Setelah melakukan analisis data, peneliti menarik kesimpulan bahwa Kebutuhan Mahasiswa pada Mata kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja yakni: Pengajaran materi Prose diintegrasikan dengan keterampilan berbahasa inggris: Listening, Speaking Reading dan Writing, Metode pengajaran yang responden butuhkan ketika belajar Prose adalah secara berkelompok, workshop/unjuk kerja, belajar secara berpasangan, belajar sendiri. Topik pelajaran yang disukai oleh responden dalam belajar Prose yakni; materi yang sesuai dengan disiplin ilmu, materi yang kontekstual, materi tentang IPTEKS, dan materi tentang kegiatan sehari-hari.
Analisis Kebutuhan Keterampilan Berbahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1467.662 KB) | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.259

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti tertarik dan ingin mengetahui keterampilan-keterampilan bahasa apa saja yang merupakan kebutuhan utama mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan manajemen di UKI Toraja? Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti mengumpulkan data melalui angket untuk mahasiswa yang telah melulusi mata kuliah Bahasa Inggris Ekonomi, alumni dan peneliti sebagai bagian dari self-evaluation.Data diolah secara kuantitatif untuk menentukan keterampilan berbahasa Inggris mana yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa pada Jurusan Manajemen UKI Toraja. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berbahasa Inggris yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa jurusan manajemen Fakultas ekonomi UKI Toraja adalah ketrampilan berbicara dengan total skor 4.26 sesuai nilai rata-rata dari 10 item yang dianalisis.
a Study on Model in Teaching English at Senior High School in Toraja Utara
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.768 KB) | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.294

Abstract

The objectives of the research is to find out teaching model are used by the English Teachers at Toraja Utara. The researcher employed qualitative method for the study. The data resources for the research were three English teachers, they chose in randomly and the instrument for the research consisted of observation. In analyzing the data, the researcher employed descriptive method. The result showed that, there are five models teaching that used by the English Teachers in teaching English in Toraja Utara. They are: (1) expert (2) formal authority (3) Personal Model (4) facilitator and (5) delegator.
Gambaran Gaya Belajar Siswa Yang Tinggal Di Daerah Lingkungan Pasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.768 KB) | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.301

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa yang tinggal di daerah lingkungan pasar pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa tes gaya belajar dan pedoman wawancara. Analisis data mengacu pada tahapan analisis menurut Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penerikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh 2 siswa dengan gaya belajar divergen, 4 siswa dengan gaya belajar asimilatif, 2 siswa bergaya belajar konvergen, dan 1 siswa dengan gaya belajar akomodatif. Hal ini menggambarkan bahwa cenderung anak yang tinggal di daerah lingkungan pasar lebih banyak menggunakan gaya belajar asimilatif dibanding gaya belajar yang lain.
Tuturan Ritual Dan Nilai Karakter Masyarakat Toraja
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.477 KB) | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.416

Abstract

Tuturan ritual sebagai sastra lisan Toraja sebagai unsur penting dalam prosesi upacara adat rambu solo’. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemaknaan mitos yang direpresentasikan melalui upacara adat ma’tammu tedong dalam menciptakan ideologi masyarakat Toraja. Metode yang digunakan adalah observasi partisipan dengan teknik catatan lapangan, rekam, dan wawancara. Data dianalisis secara interpretatif dengan menggunakan pendekatan semiotika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, teks ritual adat ma’tammu tedong terdapat ciri-ciri simbolik, paralelisme, dan metafor yang ikut merepresentasikan pemaknaan mitos. Teks ritual adat ma’tammu tedong mengontruksikan mitos dan ideologi tentang nilai karakter masyarakat Toraja terhadap adat. Melalui tuturan ritual pada ketujuh jenis kerbau dalam upacara adat ma’tammu tedong menuangkan pandangan, konsep, dan motivasi yang kemudian dijadikan acuan dan pedoman hidup bagi masyakat Toraja. Secara semiotik, pemaknaan mitos telah mengonstruksikan nilai-nilai ideologis dalam upacara adat ma’tammu tedong sebagai sistem aturan adat masyarakat Toraja.
Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Kristen Tagari Rantepao
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.744 KB) | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.417

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Kristen Tagari I Rantepao. Populasi dalam penelitian ini adalah sisiwa Kelas VIII SMP Kristen Tagari I Rantepao. Sampel Penelitian ini dipilih dengan metodfe proportional random sampling dengan jumlah sampel 35 siswa. Dalam penelitian ini ada dua macam variabel yaitu (1) Motivasi belajar sebagai variabel bebas (x) dan (2) Prestasi belajar matematika sebagai variabel terikat (y). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket Motivasi belajar. Dan prestasi belajar matematika diambil dari nilai semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Pengolahan data hasil penelitian dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik inferensial. Teknik statistik deskriptif dimaksudkan untuk mendeskritifkan karakteristik distribusi skor masing-masing variabel dan teknik statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu analisis regresi linear. Data yang diperoloeh dianalisis denagn statistik deskriptif yang meliputi Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP Kristen Tagari I Rantepao termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 74,63. Data hasil penelitian diperoloeh nilai thitung = 3,762 pada taraf signitifkan = 0,05 dengan dk = n – 2 = 33. Jadi, nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel = 0,547 karena nilai thitung 3,762 nilai ttabel = 0,547maka hipotesis penelitian (H1) diterima dan menolak hipotesis nol (Ho). Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kristen I Tagari Rantepao.
Toraja’s Carving Symbols and the Theological Meaning
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4058.716 KB) | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.418

Abstract

In the sense that God's salvation, we still have experienced in a sign or symbol that is the mystery of redemption that we experienced in the form of symbols.Thus the presence of Jesus Christ and His saving work in carving Toraja culture is presence in the form of signs or symbols. From the structure, symbols never appear for itself, but for which is symbolized. But what symbolized it can only be experienced and understood through the symbols. Therefore; culture is God’s manner to declared intention of His will and power to be able to dive in, to be understood and enjoyed by human beings, especially for the people of Toraja. Toraja society is a community that is rich with symbols narrated through engraving seen in traditional houses, fabrics and so on. The material presented in this section by the authors, only a fraction of the symbol in the Torajan’s people, who need to be revealed and given meaning in both the traditional order and culture, and in order of religiousness.
Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier Pada Materi Sistem Persamaan Linier
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.516 KB) | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.419

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menjawab soal aljabar linier pada materi sistem persamaan linier. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyelesaiakan soal sistem persamaan linier. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 3 kelas B6. Dan subjek untuk wawancara adalah 3 orang mahasiswa, yang dipilih berdasarkan kesalahan paling banyak yang dilakukan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan tiga indikator kesalahan yakni kesalahan konsep, kesalahan keterampilan dan kesalahan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal pada materi sistem persamaan linier adalah (1) kesalahan keterampilan. Dari hasil penelitian dan pembahasan disebutkan bahwa kesalahan tersebut meliputi tidak menukarkan pertama dengan baris yang lainnya, salah dalam mengalikan matriks dengan kelipatannya agar terbentuk 1 utama, salah dalam menjumlahkan atau mengurangkan suatu baris dibawah 1 utama agar menjadi nol, dan salah pada saat perhitungan. (2) kesalahan konsep yang meliputi salah dalam memasukan sistem persamaan linier kedalam matriks yang diperbesar, salah dalam meletakkan kolom paling kiri yang seluruhnya tak nol, tidak menukarkan baris pertama dengan baris yang lain atau kolom yang lain, tidak dapat menentukan 1 utama, tidak membuat dibawah 1 utama menjadi 0. (3) kesalahan pemecahan masalah yakni salah dalam menentukan solusi SPL dan tidak dapat menuliskan peubah-peubah untuk menentukan solusi SPL, Faktor-faktor penyebab kesalahan adalah (1) mahasiswa yang tidak memahami konse materi sistem persamaan linier sehingga menyebabkan sebagian besar mahasiswa menyebutkan lupa cara mengerjakan soal. (2) mahasiswa hanya menyontek saat menjawab soal, hal ini disebabkan karena mahasiswa tidak memperhatikan saat dosen saat menjelaskan materi. Penyebab lain adalah (3) mahasiswa kebingungan saaat melihat soal karena jawaban yang terlalu banyak.
Kalimat Temporal Dalam Roman Primadona Karya N. Riantiarno
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.026 KB) | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.420

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur kalimat temporal yang digunakan di dalam Roman Primadona, karya N. Riantiarno. Data dalam penelitian ini berupa kalimat temporal yang bersumber dari Roman Primadona, karya N. Riantiarno. Data dikumpulkan dengan teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kalimat temporal bahasa Indonesia yang ditemukan adalah sebagai berikut: Subjek + Predikat + Keterangan (S +P + K) Keterangan + Subjek + Predikat (K + S + P) Keterangan + Subjek + Predikat + Keterasngan (K + S+ P + K) Keterangan + Subjek + Predikat + Objek (K + S + P + O) Keterangan+Subjek+Predikat+Objek+Keterangan (K+S+P+O+K) Subjek + Predikat + Keterangan + Keterasngan ( S + P + K + K ) Keterangan + Subjek + Predikat + Objek + Keterangan ( K + S + P + O + K ) Kata kunci: Kalimat temporal, bahasa Indonesia, Roman Primadona
Dominant Paragraph Errors Made By The Students In Writing Essay
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 3 (2018)
Publisher : LPPM UKI Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0901/jkip.v6i3.433

Abstract

Paragraph is a part of essay. The paragraphs in the essay divided into three parts, they are introductory paragraph, body or supporting paragraph and concluding paragraph. In the introductory paragraph there is a thesis statement. Thesis statement is a main idea of the whole paragraph in body or supporting paragraph. Body or supporting paragraph contains at least one paragraph. The paragraph in body should support the thesis statement in the introductory paragraph. And the concluding paragraph is a paragraph that can retell the thesis statement by using another sentence. To make essay we need paragraph. Because, the paragraph in the essay consists of three parts that is why this research only focused on analyzing the body or supporting paragraphs of the essay written by the students of English department of FKIP UKI Toraja.

Page 1 of 1 | Total Record : 10