cover
Contact Name
Yosep Septiana
Contact Email
yseptiana@itg.ac.id
Phone
+6282124588750
Journal Mail Official
algoritma@itg.ac.id
Editorial Address
Jl. Mayor Syamsu No.1, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Algoritma
ISSN : 14123622     EISSN : 23027339     DOI : https://doi.org/10.33364/algoritma
Core Subject : Science,
Jurnal Algoritma merupakan jurnal yang digunakan untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Teknologi Informasi (TI), Sistem Informasi (SI), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia (MM), dan Ilmu Komputer (Computer Science).
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma" : 21 Documents clear
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PKN UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU BERBASIS MULTIMEDIA (Studi kasus di Kelas VII SMPLB Negeri Garut Kota) Yeni Pariyatin; Yuda Zuliansa Ashari
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.903 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.1

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang perancangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran PKN untuk penyandang tuna rungu berbasis multimedia (Studi kasus di Kelas VII SMPLB Negeri Garut Kota). Dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan dalam hal pendengaran, menerima informasi dalam pemahaman materi pelajaran sekolah, keterbatasan tersebut menyebabkan kesulitan bagi guru dalam penyampaian materi yang bersifat abstrak khususnya pada mata pelajaran PKN di SMPLB kelas VII SLB Negeri Garut Kota. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah perangkat lunak media pembelajaran interaktif berbasis multimedia sebagai alat bantu guru dalam penyampaian isi materi mata pelajaran PKN untuk kelas VII di SLB Negeri Garut kota. Metode yang digunakan pada perancangan perangkat lunak ini menggunakan metode pengembangan multimedia menurut luther (1994) yang dilakukan dalam 6 tahap, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Perangkat lunak ini dibuat dengan mennggunakan tools Adobe Flash CS 3, Adobe Photoshop, Adobe Audition, Adobe After effect, CorelDraw dan Adobe Premiere
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PENGELOLAAN DATA PAJAK REKLAME DI DINAS PENGELOLAAN PENDAPATAN KEUANGAN DAN ASSET (DPPKA) KABUPATEN GARUT MENGGUNAKAN METODOLOGI SYSTEM DEPELOPMENT LIVE CYCLE (SDLC) Nosha Nur Permana; Asep Deddy Supriatna
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.10

Abstract

Kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) sebagai salah satu sistem perangkat daerah yang berfungsi dalam pengelolaan keuangan mempunyai kewenangan untuk mengelola pendapatan daerah termasuk pajak reklame. Proses pengelolaan data pajak reklame di DPPKA yang berjalan saat ini masih dikerjakan secara manual, dalam proses penghitungan nilai sewa pajak reklame  masih dikerjakan secara manual dan menggunakan alat bantu kalkulator. Dengan jumlah data yang banyak dan tidak tetap, maka sistem pengelolaan data pajak reklame membutuhkan waktu yang relatif tidak sedikit, dan tingkat keakuratan perhitungan tidak dapat dijamin. Penelitian ini mencoba untuk merancang perangkat lunak yang mampu melakukan perhitungan pajak reklame, dengan metodelogi system development life cycle (SDLC) dengan hasil yang diharapkan berupa perangkat lunak yang dirancang mampu  melakukan perhitungan pajak reklame. Berdasarkan pengujian betha terhadap penerapan perangkat lunak yang dilakukan di DPPKA Kabupaten Garut dapat ditarik kesimpulan bahwa perangkat lunak yang dirancang mampu memecahkan masalah yang dihadapi dalam perhitungan pajak reklame di DPPKA Kabupaten Garut.
PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI TRANSAKSI PEMBAYARAN IURAN UNTUK LEMBAGA PENDIDIKAN Rina Kurniawati; Rinda Cahyana
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.19

Abstract

Sekolah yang belum terjangkau oleh bantuan pemerintah mengupayakan dana pendidikannya dari iuran peserta didik. Dalam keterbatasan dana tersebut, sekolah dapat mengurangi biaya dan meningkatkan kepuasan klien dengan menerapkan TI. Salah satu di antara komponen TI adalah program aplikasi, yang disediakan melalui rekayasa perangkat lunak. Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan program aplikasi dalam sistem informasi keuangan pada lembaga pendidikan secara umum yang menunjang pengelolaan transaksi pembayaran iuran. Metode yang digunakan mengikuti metode rekayasa perangkat lunak konvensional, dengan tambahan sejumlah langkah dari analisis berorientasi layanan untuk memberikan kepastian relasi antara proses bisnis dengan aplikasi yang dihasilkan. Aplikasi yang dihasilkan menunjang tugas pencatatan data transaksi serta pembuatan informasi untuk klien internal dan eksternal organisasi. Pengurangan biaya walau tidak signifikan tetapi berhasil dicapai dengan hilangnya biaya pengadaan kertas karena kesalahan dalam membuat laporan. Sementara kepuasan klien dicapai dengan terjadinya pengurangan waktu pelayanan yang disebabkan pemrosesan pengajuan klien yang cepat oleh komputer.
PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN SPAREPART PADA BENGKEL FAJAR MOTOR MENGGUNAKAN METODE BERORIENTASI OBJEK Muhammad Rangga Perkasa
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.27

Abstract

Perusahaan Fajar Motor merupakan perusahaan yang bermula sebagai Home industry, namun dalam perjalanannya selama beberapa tahun ini Fajar Motor telah berkembang menjadi perusahaan yang lumayan besar dan maju. Beberapa produk yang dijual oleh perusahaan ini adalah berbagai macam suku cadang atau Sparepart sepeda motor.  Tetapi dalam masalah penjualan sparepart masih menggunakan cara manual sehingga jaminan keamanan akan tempat penyimpanan data masih sangat rendah. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan tehadap pelanggandan mempermudah pekerjaan pegawai. Metode perancangan sistem yang digunakan dalam Tugas Akhir ini merupakan metodologi berorientasi objek yaitu Unified Approach (UA) yan dikemukanan oleh Ali bahrami (1999) yang terdiri dari tahapan-tahapan Object Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Design (OOD), serta menggunakan (UML) untuk memodelkan kebutuhan sistem. Adapaun hasil dari penelitian ini adalah mebuat system penjualan yang lebih baik melalui analisis dan desain sistem yang telah dilakukan sehingga bisa menghasilkan aplikasi Penjualan yang lebih efektif dan efesien baik dari sisi pengusaha maupun pembeli. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, Hasil akhir dari penelitian ini, diharapakan aplikasi yang telah dibuat dapat membantu dalam pemecahan masalah yang ada pada bengkel Sadulur Motor, dalam melakukan transaksi Penjualan sparepart baik secara tunai.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KEUANGAN SISWA BERBASIS SMS GATEWAY DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KADUNGORA Ahmad Nurul Hak; Cepy Slamet; Rina Kurniawati
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.34

Abstract

Suatu lembaga pendidikan memerlukan pengelolaan administrasi yang baik untuk melayani kebutuhan masyarakat. Pengolahan data siswa baru dan administrasi keuangan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Kadungora masih bersifat manual dimana pencatatan data dilakukan ke dalam buku besar karena proses tersebut dapat menyita waktu, dan penyimpanan data masih berupa arsip. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem informasi administrasi pembayaran keuangan siswa yang sedang berjalan di SMK Muhammadiyah 2 Kadungora. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan dibidang teknologi informasi khususnya yang berhubungan dengan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran keuangan Siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dibuat suatu sistem informasi yang terkomputerisasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Sedangkan metodologi pengembangan sistemnya menggunakan Unified Approach. Alat bantu analisis dan perancangan yang digunakan adalah data terstruktur, diantaranya identifikasi actor, activity diagram, use case diagram, class diagram dan relationship diagram. Program aplikasi yang digunakan adalah PHP (Personal Home Page Tools) serta database menggunakan MySQL. Sistem yang dibangun diharapkan dapat mendukung kegiatan pembayaran administrasi keuangan siswa diantaranya sistem input siswa baru, sistem input pembayaran DSP, sistem input pembayaran SPP sehingga mempermudah dalam pencarian data siswa yang diperlukan dan dalam hal pembuatan laporan bulanan menjadi lebih cepat dan tepat waktu.
RANCANG BANGUN APLIKASI SURAT IZIN PENGUSAHAAN ANGKUTAN DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN GARUT Cepi Robiana; , Partono; Andri Ikhwana
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.42

Abstract

Pembuatan Kartu Izin Pengusahaan Angkutan merupakan salah satu bentuk pengembangan sistem informasi dalam bidang teknologi informasi. Ini membuktikan bahwa teknologi informasi telah mempengaruhi aktifitas suatu lingkungan salah satunya lingkungan pemerintahan. Dilatar belakangi peningkatan jumlah pembangunan usaha yang berkembang pesat setiap tahunya dan kendaraan roda empat sebagai alat untuk mengangkut barang yang semakin tahun semakin banyak di gunakan, maka jumlah pembuatan surat izin angkutan  meningkat pula hal tersebut mengakibatkan, banyaknya kendaraan yang membuat atau memperpanjang kartu izin, sehingga pelayanan pembuatan dan perpanjangan kartu izin usaha angkutan membutuhkan waktu yang cukup lama terutama pada saat proses validasi kartu perizinan. Adapun yang menjadi tujuan dari pengembangan sistem ini adalah merancang sistem pembutan kartu izin usaha angkutan yang terkomputerisasi, guna mengakomodasi kebutuhan petugas sebagai pengguna sistem dalam proses pengolahan data, serta mempercepat proses validasi pembuatan dan perpanjangan kartu izin. Dalam menganalisa dan merancang aplikasi surat izin pada penelitian ini,  digunakan pendekatan berorientasi objek yaitu Unified Approach (UA)  dikemukakan oleh Ali Bahrami (1999), serta dilakukan pengujian usability dengan blacbox testing dan user satisfaction. Akhir dari produk ini adalah aplikasi perizinan. Berdasarkan dari tahapan-tahapan yang dilalui dalam proses analisis dan perancangan sistem anatara lain, identifikasi aktor, pengembangan activity diagram, pengembangan  use case diagram, pengembangan interaction diagram (sequence diagram), dan mengidentifikasi kelas.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sitem Informasi Pembuatan Kartu Izin Usaha Angkutan di harapkan dapat mempercepat kinerja petugas.
REKAYASA SISTEM PENJUALAN JAKET KULIT SECARA ONLINE DI TOKO YAL COLLECTION GARUT Doni Nuriksa Abdul Malik; , Partono; Rina Kurniawati
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.51

Abstract

Toko Yal Collection merupakan tempat yang menyediakan produk jaket kulit pria dan wanita yang memfokuskan pada pelayanan dan kualitas produk yang baik. Pengolahan data penjualan dan persediaan barang pada Toko Yal Collection masih menggunakan sistem pembukuan serta sulitnya konsumen untuk mengetahui produk yang diinginkan dan sulitnya mencari media promosi menjadi suatu permasalahan pada Toko Yal Collection. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi penjualan produk jaket kulit berbasis web, mengetahui implementasi sistem dan mengetahui analisis dan pengujian program pada Toko Yal Collection. Desain penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada Toko Yal Collection, serta teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi sumber data primer yaitu dengan cara observasi dan wawancara, sedangkan sumber data sekunder yaitu dengan cara melihat dokumen-dokumen. Metode pendekatan yang digunakan terstruktur dan metode pengembangan sistem informasi penjualan berbasis web yang dibuat menggunakan metode Waterfall, dengan alat bantu analisis perancangan sistem berupa flowmap, diagram konteks, DFD dan alat perancangan database yang diusulkan berupa ERD. Sedangkan pembuatan perangkat lunak dalam tugas akhir ini, penulis menggunakan perangkat lunak PHP dan Macromedia Dreamweaver, dan untuk database menggunakan My-SQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan sistem informasi penjualan produk jaket kulit berbasis web dapat membantu konsumen dalam mengakses informasi mengenai produk yang dijual, mengimplementasikan sistem informasi yang meliputi implementasi perangkat lunak, perangkat keras, basis data serta antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan. Tahap akhir adalah mengadakan pengujian terhadap aplikasi dengan menggunakan metode Blackbox.
PERANCANGAN APLIKASI FIQIH NIKAH DAN TALAK MENURUT MAZHAB IMAM SYAFI’I BERBASIS ANDROID Eliza Belidina; , Bunyamin; Asep Setia
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.59

Abstract

Berkembangnya zaman secara pesat, membuat berbagai alat komunikasi canggih yaitu smartphone mulai banyak ditawarkan. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengakses dan memperoleh informasi melalui media mobile yang digunakan secara praktis dan dengan paparan yang menarik untuk dipelajari dan dipahami. Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sebelumnya Rachman [6] melakukan perancangan aplikasi fiqih pada bab shalat berbasis android dan Purnama [7] mengembangkan aplikasi fiqih pada bab zakat berbasis web. Maka untuk melengkapi bab fiqih yang sudah ada, pada penelitian kali ini akan dirancang aplikasi fiqih pada bab nikah dan talak menurut mazhab Imam Syafi’i. Metode penelitian dalam perancangan aplikasi fiqih nikah dan talak menurut mazhab Imam Syafi’i ini menggunakan metode Pengembangan Multimedia versi Luther-Sutopo dan untuk pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian Black Box. Hasil dari penelitian ini berupa fiqih nikah dan talak menurut mazhab Imam Syafi’i berbasis android untuk semua usia dari usia belajar sampai orang tua.
PENGEMBANGAN APLIKASI PENGOLAHAN NILAI SISWA BERBASIS WEB DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAGALIH V Galuh Raga Nandika; , Wahyudin; Eko Retnadi
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.67

Abstract

Aplikasi Pengolahan Nilai Siswa Berbasis Web merupakan salah satu pengaplikasian sistem untuk mengolah nilai siswa berbasis komputer yang dapat dilakukan oleh guru sehingga mampu menghasilkan informasi dan laporan yang lebih cepat, akurat dan relevan dengan kebutuhan. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di Sekolah Dasar Negeri Sukagalih V, ditemukan kendala-kendala dari sistem yang saat ini sedang berjalan, antara lain: yaitu keterlambatan penyampaian laporan dan informasi, seringnya terjadi kesalahan terhadap hasil pekerjaan, sulitnya mencari data yang masih diorganisir secara manual, waktu kerja yang berlebihan sebagai akibat dari proses yang tumpang tindih dan berulang-ulang. Keadaan seperi inilah yang mendorong penulis untuk membuat suatu aplikasi pengolahan nilai siswa berbasis web dan diharapkan aplikasi ini mampu mengatasi permasalahan diatas dan mengantisipasinya. Metode perancangan sistem yang digunakan dalam Tugas Akhir ini merupakan metodolodi berorientasi objek yaitu Unified Approach (UA) yang dikemukakan oleh Bahrami (1999) yang terdiri dari tahapan-tahapan Object Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Design (OOD), serta menggunakan (UML) untuk memodelkan kebutuhan sistem. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bagaimana sistem yang sedang berjalan dapat dikembangkan lagi menjadi lebih baik melalui analisis dan desain sistem yang telah dilakukan sehingga bisa menghasilkan aplikasi pengolahan nilai yang lebih efektif dan efesien. Dari hasil penyusunan ini, akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan adanya solusi ini mengurangi masalah yang timbul. Sehingga akan memudahkan proses pengerjaan dan menghasilkan informasi yang cepat dan akurat.
PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SMP KELAS VII BERBASIS ANDROID Siti Nurohimah; , Wahyudin; , Partono
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.75

Abstract

Seiring dengan zaman modern ini, berbagai alat komunikasi canggih yaitu Smart Phone mulai banyak ditawarkan dengan tujuan untuk menunjang kebutuhan kita, khusunya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi siswa. Smart phone yang berbasis Android pun didukung dengan sejumlah aplikasi yang dapat digunakan sebagai fasilitas belajar bagi siswa. Sebelumnya Alifah [1] melakukan pengembangan aplikasi media pemelajaran fisika pokok bahasan kalor untuk SMP kelas VII berbasis multimedia dan Aththibby, A R. [3] melakukan perancangan media pembelajaran fisika berbaisis animasi komputer untuk SMA pokok bahsan hukum-hukum newton tentang gerak berbasis multimedia, maka dalam penelitian ini akan merancang aplikasi media pembelajaran fisika untuk SMP kelas VII berbasis android yang menarik untuk mempermudah dalam belajar. Metode penelitian dalam perancangan aplikasi media pembelajaran fisika untuk SMP kelas VII ini menggunakan metode Pengembangan Multimedia versi Luther-Sutopo dan untuk pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian Black Box dan pengujian beta terhadap kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran fisika untuk siswa SMP kelas VII berbasis android.

Page 1 of 3 | Total Record : 21