cover
Contact Name
Yosep Septiana
Contact Email
yseptiana@itg.ac.id
Phone
+6282124588750
Journal Mail Official
algoritma@itg.ac.id
Editorial Address
Jl. Mayor Syamsu No.1, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Algoritma
ISSN : 14123622     EISSN : 23027339     DOI : https://doi.org/10.33364/algoritma
Core Subject : Science,
Jurnal Algoritma merupakan jurnal yang digunakan untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Teknologi Informasi (TI), Sistem Informasi (SI), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia (MM), dan Ilmu Komputer (Computer Science).
Articles 609 Documents
PENGEMBANGAN APLIKASI HIKMAH DAN KEAJAIBAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN BERBASIS ANDROID Yayang Taopik; , Bunyamin; Asep Setia
Jurnal Algoritma Vol 11 No 1 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-1.102

Abstract

Aplikasi Hikmah dan Keajaiban Ayat-Ayat Al-Qur’an berbasis Android is application which developed to give an information and comprehension about meaning of Al-Qur’an verses related to science. Previously, Gustyawan have been designed an application called aplikasi fiqih ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan and several similar applications that already available at Google Play Store. in this research, to complete applications that already available before, it will be developed a simillar application which add some features that already not have such as audio files, online video links, and animation contents. Rasearch methodology in Pengembangan Aplikasi Hikmah dan Keajaiban ayat-ayat Al-Qur’an berbasis Android is using Prototype Development Method.
Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Alat Pencernaan Manusia Dengan Perangkat Mobile Muhammad Dzulfi Muwaffaq; Leni Fitriani; Aldy Rialdy Atmadja
Jurnal Algoritma Vol 16 No 2 (2019): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1227.328 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.16-2.186

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat, terutama di bidang multimedia. Multimedia banyak membantu dalam bidang pendidikan, saat ini multimedia banyak digunakan oleh dunia pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar karena belajar mengajar dengan multimedia menggunakan gambar, video, animasi, suara, dan teks yang berada dalam suatu model perangkat lunak yang menjelaskan suatu program pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran interaktif pengenalan alat pencernaan manusia untuk anak kelas 5 Sekolah Dasar. Penelitian ini memberi kemudahan dalam segi belajar tentang pengenalan alat pencernaan manusia karena dikemas dalam bentuk aplikasi mobile android, jadi bisa di akses dimana saja. Pada penelitian ini menggunakan metodologi pengembangan Multimedia Development Life Cycle versi Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahapan, diantaranya yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan-bahan, pembuatan aplikasi, melakukan pengujian, dan pendistribusian hasil akhir aplikasi. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis mobile android tentang pengenalan alat pencernaan manusia yang menjadi dasar pembelajaran. Di dalam aplikasi media pembelajaran interaktif mengenai alat pencernaan manusia ini bertujuan untuk membantu dalam kegiatan belajar, karena di dalam aplikasi terdapat gambar, teks, animasi, suara, dan aplikasi bisa di akses dimana saja.
PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN HURUF, ANGKA DAN WARNA UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID Nurul Fitriyani; Dewi Tresnawati; Nahdi Hadiyanto
Jurnal Algoritma Vol 11 No 2 (2014): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.11-2.273

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah melahirkan budaya penggunaan smartphone dalam sehari-hari Contohnya adalah penggunaan aplikasi mobile pada smartphone android sebagai media dalam menyampaikan materi terhadap peserta didik ataupun sebagai alat peraga [1]. Pendidikan dasar anak usia dini seperti pengenalan dasar mengenai huruf, angka dan warna diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya [10]. Sebelumnya Juliana [8] dan Anggraeni [2] melakukan perancangan aplikasi pengenalan huruf, angka dan warna. Namun belum terdapat fitur dua bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris, maka dalam penelitian ini akan mengembangkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi yang menarik dan mudah serta menambahkan fitur dua bahasa. Metode penelitian dalam pengembangan aplikasi pengenalan huruf, angka dan warna ini menggunakan metode Pengembangan Multimedia versi Luther-Sutopo dan untuk pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian Black Box dan pengujian beta terhadap kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pengenalan huruf, angka dan warna untuk anak usia dini berbasis android yang memiliki fitur dua bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris untuk melengkapi dari penelitian sebelumnya.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGOLAHAN SURAT IZIN PERCERAIAN BAGI PEGAWAI NEGERI PADA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DI POLRES GARUT Aas Sumiati; , Bunyamin
Jurnal Algoritma Vol 12 No 1 (2015): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.12-1.13

Abstract

Kepolisian Resor adalah pelaksana tugas dan wewenang Polri diwilayah kabupaten/kota, khususnya Bagian Sumber daya yang bertugas melaksanakan pembinaan administrasi personel, bantuan dan penerapan hukum serta memberikan pelayanan mengenai kebutuhan personel khususnya dalam hal pembuatan surat. Mengingat banyaknya surat yang dibuat untuk memenuhi kelengkapan izin perceraian bagi pegawai negeri pada Polri di Polres Garut menyebabkan rendahnya pelayanan tehadap pegawai negeri pada Polri yang akan mengajukan permohonan izin perceraian. Sistem pengolahan surat izin perceraian yang sedang berjalan kurang epektif dan memakan banyak waktu. Hal ini dikarenakan dari sistem yang selama ini digunakan masih bersifat manual dengan memasukan data satu persatu kedalam blangko surat. Dengan sistem yang manual maka proses untuk memperoleh informasi tidak dapat diperoleh dengan cepat dan tepat waktu. Solusi yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan sebuah aplikasi pengolahan surat izin perceraian. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian tugas akhir  ini yaitu Traditional System Development Metodology (Waterfall) yang dikemukakan oleh Sandra Donalson Dewitz (1996) dengan dibantu oleh beberapa pemodelan  sistem seperti : Block Diagram , Flowmap, DFD dan  ERD.       Aplikasi pengolahan surat izin perceraian yang dirancang ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap pegawai negeri pada Polri di Polres Garut dalam hal pelayanan pembuatan surat izin perceraian, dan mempercepat dalam perekapan data.
RANCANG BANGUN APLIKASI HADITS ARBA’IN AN-NAWAWIYAH BERBASIS MULTIMEDIA , Bunyamin; Savitri Banurani
Jurnal Algoritma Vol 12 No 1 (2015): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.12-1.41

Abstract

Muhil Dhofir (2001:4) dalam Terjemah Hadits Arba’in An-Nawawiyah menjelaskan bahwa kitab ini adalah kumpulan dari 42 hadits yang memfokuskan pada hadits-hadits yang berkenaan dengan masalah ushuluddin (aqidah dan masalah yang prinsip dalam agama), yang dikarang oleh Imam An-Nawawi dan sebagian besar di ambil dari shahih Bukhari dan Muslim. Solusi yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan sebuah aplikasi multimedia interaktif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian tugas akhir Metode Pengembangan Multimedia versi Luther Sutopo untuk pengembangan aplikasi perangkat lunak (Iwan Binanto, 2010 : 259). Aplikasi Hadits Arba’in An-Nawawiyah yang dirancang ini di harapkan dapat meningkatkan perhatian dan mempermudah pemahaman masyarakat dalam mempelajarinya.
PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN IQRA’ DAN TAJWID BERDASARKAN METODE ASY-SYAFI’I MENGGUNAKAN SISTEM MULTIMEDIA Eri Satria; Dewi Tresnawati; Anita Nurvitrya
Jurnal Algoritma Vol 12 No 1 (2015): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.12-1.74

Abstract

Dalam membaca Al Qur’an haruslah sesuai dengan syari’at yakni membacanya dengan bacaan yang tartil, dan salah satu upaya untuk mencapainya adalah dengan mempelajari iqra’ dan ilmu tajwid. Salah satu panduan dalam pembelajaran membaca Al Qur’an adalah metode Asy-syafi’i. dengan penggunaan sistem multimedia pada pembelajaran membaca Al Qur’an metode Asy-syafi’i diharapkan dapat dapat mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam mempelajari bacaan Al Qur’an. Salah satu metode pengembangan sistem yang digunakan oleh pengembang aplikasi multimedia adalah metode pengembangan sistem multimedia oleh Luther-Sutopo. Pembuatan aplikasi pembelajaran iqra’ dan tajwid dengan mengunakan sistem operasi android memungkinkan pengguna dapat menjalankan aplikasi pembelajaran kapan saja dan dimana saja. Android merupakan teknologi mobile yang memiliki sistem operasi open source berbasis linux yang dirancang untuk perangkat seluler smartphone dan komputer tablet. Pemilihan Android sebagai platform dasar agar dapat menjalankan fitur yang mendukung dalam pembelajaran iqra’ dan tajwid metode Asy-syafi’i tanpa terbatas ruang dan waktu. Aplikasi pembelajaran iqra’ dan tajwid ini menyediakan fasilitas audio/mp3 contoh bacaan Al Qur’an dan tajwid, fitur latihan membaca pada beberapa materi pelajaran dan latihan berbentuk quiz
PENGEMBANGAN APLIKASI FIQIH JUAL BELI, HUTANG PIUTANG DAN RIBA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM MULTIMEDIA Farida Nuraeni; Dewi Tresnawati
Jurnal Algoritma Vol 12 No 1 (2015): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.12-1.92

Abstract

Fiqih muamalah adalah peraturan-peraturan Allah SWT yang harus diikuti dan ditaati dalam hidup bermasyarakat untuk menjaga kepentingan manusia. Namun belakangan ini pengertian muamalah lebih banyak dipahami sebagai aturan-aturan Allah SWT yang mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam memperoleh dan mengembangkan harta benda atau lebih tepatnya dapat dikatakan sebagai aturan islam tentang kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia, salah satu kegiatan muamalah adalah jual beli didalam kegiatan jual beli sering terjadi hutang piutang dan riba. Dengan aplikasi berbasis android pengguna dapat dengan mudah menggunakannya karena tidak perlu konek internet. Metode pengembangan sistem multimedia Luther-Sutopo merupakan salah satu metode pengembangan sistem yang digunakan oleh pengembang aplikasi multimedia. Aplikasi fiqih jual beli, hutang piutang dan riba ini berisi materi pengertian jual beli, rukun jual beli, hikmah jual beli, khiyar jual beli, pengertian hutang piutang, hukum hutang piutang, rukun hutang piutang, pengertian riba, hukum riba, dan macam-macam riba.
PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI REGISTER KEPENDUDUKAN PADA BAGIAN PINDAH DATANG PENDUDUK DI KELURAHAN LEBAKJAYA Ayu Sabawanti; , Bunyamin
Jurnal Algoritma Vol 12 No 2 (2015): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.444 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.12-2.364

Abstract

Sebuah sistem informasi sangat diperlukan dalam meningkatkan kinerja sebuah organisasi, baik itu organisasi swasta ataupun pemerintah. Kelurahan Lebakjaya dalam kegiatannya masih menggunakan sistem manual dalam proses pengolahan data pindah dan datang penduduk, sehingga proses pengolahan, pencarian dan pelaporan data menjadi kurang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil kegiatan analisis yang dilakukan di kantor Kelurahan Lebakjaya menunjukan gambaran bahwa sistem yang sedang berjalan memerlukan pembaharuan, dari sistem manual menjadi sistem yang terkomputerisasi dikarenakan sistem manual yang saat ini sedang berjalan mengalami beberapa kendala diantaranya proses pengelolaan data pindah dan datang penduduk memerlukan waktu yang cukup lama begitu juga dengan proses pencarian dan pembuatan laporan yang menghabiskan waktu yang lama. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Register Kependudukan Pada Bagian Pindah Datang Penduduk Di Kelurahan Lebakjaya menggunakan metodologi berorientasi objek Unified Approach (UA) yang dikemukakan oleh Ali Bahrami (1999) yang terdiri dari tahapan Object Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Design (OOD) serta menggunakan Unified Modelling Languange (UML) untuk memodelkan kebutuhan sistem. Berdasarkan hasil kegiatan analisis dan perancangan, dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem pengelolaan data pindah dan datang penduduk telah mengakomodasi pencatatan data pindah dan datang penduduk di Kelurahan Lebakjaya
RISK ASSESSMENT PADA MANAJEMEN RESIKO KEAMANAN INFORMASI MENGACU PADA BRITISH STANDARD ISO/IEC 27005 RISK MANAGEMENT Fajar Ilham Satria Yudha; Erwin Gunadhi
Jurnal Algoritma Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.283 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-2.333

Abstract

Badan Pertanahan Nasional (BPN) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementrian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden dan dipimpin oleh Kepala. (Sesuai dengan Perpres No. 63 Tahun 2013). Badan Pertanahan Nasional mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pertanahan secara nasional, regional dan sektoral sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.. Tujuan dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui kondisi keamanan dan memberikan hasil dari Risk Assessment berdasarkan assessment yang mengikuti panduan standar ISO dalam hal mengidentifikasi resiko, kontrol, kelemahan dan lain – lain. Di mulai dari proses awal assessment sampai evaluasi.  Metode yang di gunakan adalah Risk Assessment standar ISO/IEC 27005:Risk Management yang di dalamnya menerangkan tahapan – tahapan tentang Risk Assessment di antaranya Risk Identification, Risk Estimation dan Risk Evaluation. Hasil dari penelitian ini yaitu di dapatkannya hasil akhir berupa ranking akhir setiap resiko yang telah di beri penilaian dan di urutkan berdasarkan proses assessment menurut panduan BS ISO/IEC 27005.
PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT DAN HAMA PADA TANAMAN PADI VARIETAS SARINAH BERBASIS ANDROID Asep Saepulloh; Dini Destiani Siti Fatimah
Jurnal Algoritma Vol 13 No 1 (2016): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.798 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.13-1.149

Abstract

Tanaman padi merupakan bahan kebutuhan pokok masyarakat khususnya di Indonesia, petani padi di Indonesia berusaha agar mendapatkan hasil panen padi yang baik dengan banyak cara diantaranya penanggulangan hama dan penyakit, penanggulangan penyakit dan hama dilakukan dengaan cara dianosis, akan tetapi banyak petani yang kesulitan dalam mendiagnosis gejala-gejala yang timbul akibat penyakit dan hama, hal tersebut diakibatkan kurangnya pengetahuan beberapa petani dalam penanggulangan dini hama dan penyakit yang menyerang, maka dari itu diperlukan adanya seorang ahli atau pakar dalam hal tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sistem pakar yang diharapkan dapat membantu para petani dalam menanggulangi hama dan penyakit tanaman padi. Sistem pakar ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelititan Expert System Development Life Cycle (ESDLC) yang dikemukakan oleh Durkin pada tahun 1994. Metodologi yang ini memiliki beberapa tahapan yaitu Penilaian, Akuisisi Pengetahuan, Desain, Pengujian, Dokumentasi dan Pemeliharaan. Sistem pakar diagnosis penyakit dan hama ini dikembangkan dangan berbasis mobile android menggunakan JAVA dan XML sebagai bahasa pemerogramannya, sedangkan untuk menyimpan basis pengetahuan dalam sistem pakar ini digunakan SQLITE, sistem pakar ini memiliki menu diagnosis dan penjelasan beberapa penyakit, hama, serta solusi penganggulangan penyakit yang dialami. Sistem pakar ini telah melalui pengujian dengan metode black box serta validasi pengetahuan oleh pakar. Penelitian dengan mengembangkan Sistem pakar diagnosis penyakit dan hama pda tanaman padi ini menghasilkan sebuah aplikasi berbasis mobile android yang dapat digunakan oleh petani pada khususnya dan masyarakat umum untuk menambah pengetahuan tentang penyakit dan hama pada tanaman padi, dengan dihasilkannya aplikasi tersebut maka pengembangan ini berhasil dilakukan

Page 1 of 61 | Total Record : 609