cover
Contact Name
Edy Siswanto
Contact Email
khansa3d1@gmail.com
Phone
+6285641123450
Journal Mail Official
khansa3d1@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pantura Semarang- Kendal No 25, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
INFORMATIKA
ISSN : 2808909X     EISSN : 27982505     DOI : DOI: https://doi.org/10.51903
Jurnal Teknik Informatika dan Multimedia adalah jurnal ilmiah peer review yang diterbitkan oleh Politeknik Pratama Kendal. Jurnal Teknik Informatika dan Multimedia terbit dalam dua edisi dalam setahun yaitu edisi Mei dan Oktober. Kontributor Jurnal Teknik Informatika dan Multimedia berasal dari peneliti, akademisi (dosen dan mahasiswa) di bidang informatika, Teknik Komputer dan Multimedia.
Articles 48 Documents
Media Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Cerita Rakyat Dengan Metode Demonstrasi Berbasis Multimedia Fani Danau Innalita; Edy Siswanto
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/jtim.v1i1.17

Abstract

Based on the results of observations, the learning method used in SMP Negeri 35 Semarang is in the form of lectures, discussions, questions and answers using book media. The learning methods that have been applied so far have not had enough impact on the level of students' understanding of the material taught by the teacher. The method used was less successful due to lack of visualization so students felt bored and bored. This research offers a solution to the use of multimedia with demonstration methods through interesting learning media where media through computers can display images, text, audio and video so that folklore can be more visualized and attract students as well as the learning process can be fun. This study uses the Research and Development (R n D) product development method using 6 of the 10 research stages. The results of the study show that from the media expert validation test, material validation test and user validation test results, the product can be said to be effective and feasible to use.
Sistem Keamanan Pada Sangkar Burung Menggunakan SIM900 Dan Kamera Berbasis Mikrokontroller Yurizal Bagas Permadi
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/informatika.v1i1.18

Abstract

Sistem keamanan yang akan diterapkan oleh penulis yaitu sistem keamanan sangkar burung, dengan memanfaatkan teknologi mikrokontroler sebagai pengendali yang terhubung melalui aplikasi Telegram dan diakses melalui smartphone. Permasalahan yang terjadi adalah ketika pemilik burung meletakkan kandang yang berisi burung diluar ruangan rumah seperti di halaman tanpa penjagaan, sehingga kandang burung yang diletakkan diluar tersebut rawan dicuri oleh pencuri burung. Apalagi burung yang tercuri sulit pelakunya teridentifikasi . Alat yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini antara lain adalah Sensor PIR sebagai pemicu atau input. Buzzer sebagai penanda atau alarm jika sangkar hendak diangkat pencuri akan berbunyi. Modul SIM900a sebagai penyampaian informasi kepada pemilik melalui panggilan di smartphone. Modul Kamera ESP32-CAM untuk mengawasi keadaan burung serta keadaan sekitar yang diprogram yang sudah dilengkapi chip ESP32 yang terhubung ke internet lalu dapat diakses melalui smartphone lewat aplikasi telegram dengan fitur bot telegram yang telah diprogram sebelumnya.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Majelis Perbendaharaan Gereja dengan Metode Fuzzy Logic Modell Mamdani (Studi kasus di gereja HKBP Semarang Barat) Theo Markus Lumbantobing
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/informatika.v1i1.19

Abstract

Majelis Perbendaharaan merupakan elemen terpenting di gereja HKBP karena majelis pengatur semua harta dan keuangan gereja, begitupun jadwal dan pra jadwal yang akan dilaksanakan, oleh sebab itu pemilihannya pada penelitian ini dibantu dengan sistem pendukukung kepurusan yang menggunakan metode fuzzy logic dengan model mamdani. Dalam hal ini ada 4 variabel yang menjadi Kriteria yaitu: Kerajinan, Pelayanan, Perilaku, dan Pengetahuan, dan adapun variabel himpunan fuzzy untuk perhitungan adalah: Kurang, Cukup, dan Baik, output dari perhitungan ini ialah Performa ahir, dan sistem ini dibuat menggunakan website dengan bahasa pemrograman PHP.
Perancangan Media Pembelajaran Komponen Pasif dan Aktif Pada SMK Muhammadiyah 3 Weleri Dengan Metode MDLC Dika Wahyu Pratama; Edy Siswanto
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/informatika.v1i1.21

Abstract

Quality education can be achieved with the means to carry out learning. One of the facilities used is to use learning aids or learning media. Learning media is an integral part of the learning process in the classroom. SMK Muhammadiyah 3 Weleri which is located at Jl Bahari No. 345 Weleri sub-district, Kendal district, in delivering basic electricity and electronics lessons about passive and active components at SMK Muhammadiyah 3 Weleri currently still uses a system like schools in general, namely the teacher conveys material in front of the class by means of a blackboard with chalk or markers to provide examples or illustrations to students. This is evident from the minimal percentage of the average value in basic electricity and electronics lessons about passive and active components decreasing due to many obstacles in their learning, students find it difficult to remember in lessons, in delivering information that has been used so far, problems have been found, namely by using a system that conventional in the delivery of material. Students are less interested and motivated to follow the teacher's explanation. By using a multimedia system is expected as a good solution to be able to resolve or overcome existing problems
Sistem Alat Bantu Jalan Dan Deteksi Nominal Uang Kertas Menggunakan Sensor Ultrasonic Dan Sensor Warna Dengan Output Suara Bagi Penyandang Tuna Netra Berbasis Microkontroller Riswan Fatukaloba
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/informatika.v1i1.31

Abstract

Tuna netra adalah individu yang hilangnya fungsi penglihatan, mereka mengoptimalkan indra pendengaran, peraba, dan penciuman dalam berinteraksi, baik dengan lingkungan maupun orang lain. Masalah yang kerap dihadapi para tuna netra misalnya sulit mendeteksi halangan yang ada di depan mereka, adanya lubang, batu atau permukaan tanah yang tidak rata juga salah satu dari banyak kendala yang dihadapi oleh para tuna netra dalam beraktivitas. Alat bantu jalan dan pendeteksi uang kertas dengan mickrocontroller ini di harapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi penyandang tuna netra. Pembuatan Alat Bantu Jalan dan Deteksi uang Bagi Penyandang Tuna Netra Berbasis Microcontroller ini dirancang menggunakan mikrokontroler sebagai pengontrol utama, sensor ultrasonic dan mpu 6050 untuk mendeteksi halangan yang ada di depan maupun di samping kiri kanan serta mendeteksi kemiringan tanah, sensor warna TCS3210 dan sensor ultrviolet untuk mendeteksi nominal uang dan keaslian uang, dengan data suara menggunakan pemutar/ perekam suara IC YX5300 MPE SERIAL UART MODULE
Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Tetap Berbasis Web Studi Kasus Di Kantor Kelurahan Pudakpayung Pamirah
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/informatika.v1i1.74

Abstract

Kantor Kelurahan Pudakpayung sangat membutuhkan suatu sistem informasi yang dapat digunakan untuk mempermudah pengelolaan aset yang dimiliki. Dalam rangka merancang sistem informasi tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan model R&D (Research and Development) yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, desain produk, desain pengujian, revisi desain, pembuatan produk, uji coba produk, revisi produk, produk akhir. Sistem Informasi dirancang berbasis website dengan menggunakan program XAMPP, PHP , MYSQL, BOOSTRAP dan ATOM. Perancangan diawali dengan membuat flowchart, DFD (Data Flow Diagram), Normalisasi serta ERD (Entity Relationship Diagram). Data diambil dari sumber data melalui observasi langsung, dan wawancara, serta berdasarkan data monografi dan profil di Kantor Kelurahan Pudakpayung Penelitian ini menghasilkan produk berupa sistem informasi aset yang didalamnya terdapat menu login untuk bisa mengakses sistem, menu pencatatan aset, menu pendataan ruangan, penghitungan nilai penyusutan, penghapusan aset, penempatan aset (KIR) dan menu pelaporan aset berdasarkan jenis aset. Sistem informasi ini mampu menyajikan data dan membuat laporan tentang aset lebih cepat dan akurat.
Perancangan Sistem Informasi Simulasi Ujian Nasional Dengan Metode Multiple Choice Berbasis Web Studi Pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Cabang Semarang Muhamad sa’dun
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/informatika.v1i1.75

Abstract

Ujian Nasional (UN) menggunakan model Computer Based Test (CBT) semi-online.Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem perencanaan simulasi ujian nasional dengan menggunakan metode multiple choice berbasis web dengan mengambil studi pada lembaga bimbingan belajar Ganesha Operation.Dilatar belakangi dari proses simulasi ujian nasional yang di selenggarakan oleh bimbingan belajar Ganesha Operation masih menggunakan media kertas atau paper based test (PBT),padahal siswa/siswi Ganesha Operation mayoritas sudah menggunakan ujian nasional dengan model CBT di sekolahnya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode multiple choice dimana soal hanya menampilkan pilhan ganda dan desain aplikasinya yaitu dengan model pengayakan soal pada database secara random,diharapkan soal-soal ujian yang keluar dapat bervareasi.
Perancangan Media Informasi Wisata Daerah Kabupaten Semarang Berbasis Multimedia Studi Kasus Di Dinas Pariwisata Ungaran Johan Wahyudi
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/informatika.v1i1.76

Abstract

Wisata Daerah Kabupaten Semarang yang seringkali hanya menjadi daerah kunjungan saja, membuat masyarakat kurang mengenal potensi wisata yang ada, seperti tempat wisata lainnya yang belum terjamah. Untuk membuat Perancangan Web Informasi Wisata ini sangatlah tepat untuk memberikan informasi dan data yang actual kepada masyarakat local maupun asing untuk sepenuhnya mengenal tempat wisata yang lama ataupun yang baru. Dengan adanya Perancangan Media Informasi Wisata Daerah Kabupaten Semarang Berbasis Multimedia sebagai media komunikasi dan informatif disertai foto objek wisata dan peta lokasi, serta video yang tersedia, web ini sangatlah tepat untuk masyarakat yang gemar berwisata. Serta untuk penambahan wawasan yang belum pernah mengetahui adanya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.
Sistem Pengolahan Data Inventory Suku Cadang Pada Toko Mobil Karta Jaya Dengan Memanfaatkan Barcode Wahyu Rosada
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/informatika.v1i1.78

Abstract

Toko Karta Jaya Suku Cadang Mobil Semarang adalah salah satu perusahaan Dagang yang bergerak dibidang penjualan suku cadang kendaraan roda empat (Mobil). Dalam melakukan kegiatan pengolahan persediaan barang masih menggunakan aplikasi Microsoft excel. Hal ini berimbas pada laporan persediaan yang lama dalam pembuatannya sehingga membuang-buang waktu dan juga kurang akurat dalam proses pembuatan laporan, karena belum adanya sistem penyimpanan database. Sehingga kurang efektif bagi perusahaan. Untuk itu penulis akan membuat sistem yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Dalam menyelesaikan masalah tersebut maka penulis mengumpulkan data dan fakta yang ada pada Toko Karta Jaya Suku Cadang Mobil Semarang selanjutnya merancang suatu sistem informasi pengendalian persediaan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam pembuatan sistem informasi pengendalian persediaan, penulis menggunakan bahasa pemograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan juga MySQL sebagai database dengan memanfaatkan Barcode.
Perancangan Company Profile Cetak Sebagai Media Promosi Dan Informasi Pada Tugu Muda Advertising Amirul Muslimin
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA Vol 1 No 1 (2021): Mei : JURNAL INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA
Publisher : LPPM Politeknik Pratama Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/informatika.v1i1.79

Abstract

Tugu Muda Advertising Semarang menggunakan media promosi dan informasinya masih terdapat kendala, dimana kegiatan promosi dan informasi menggunakan kartu nama dan hanya dari pembicaraan mulut ke mulut saja, hal ini menyebabkan media promosi dan informasi dengan menggunakan kartu nama memiliki keterbatasan dalam penyampaian informasi dan dari pembicaraan mulut ke mulut dirasa sudah ketinggalan jaman. Penulis tertarik mengadakan penelitian guna membantu dalam meningkatkan kualitas media promosi dan informasi perusahaan. Model pengembangan yang digunakan yaitu penelian dan pengembangan ( Research and Development / R&D ) dan dalam pengembangan software aplikasi menggunakan bahasa pemograman Corel Draw dan Adobe Photoshop.