cover
Contact Name
Abdan Rahim
Contact Email
jurnal.ibnu.rusyd@gmail.com
Phone
+6281228001135
Journal Mail Official
jurnal.ibnu.rusyd@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Rusyd - Tanah Periuk, kec. Tanah Grogot, kab. Paser Kalimantan Timur
Location
Kab. paser,
Kalimantan timur
INDONESIA
Fikruna : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan
ISSN : 26207834     EISSN : 27152928     DOI : https://doi.org/10.56489/fik
Jurnal ilmiah kependidikan,kemasyarakatan, yang menampung pemikiran/ide-ide tentang pendidikan, agama, kebudayaan, dan ranah-ranah yang lainnya. Jurnal ini boleh di isi oleh dosen luar, diisi masyarakat yang mempunyai pemikiran dan ide-ide ilmiah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN" : 7 Documents clear
KAMUS BAHASA ARAB (STUDI KOMPARATIF METODOLOGI AL-‘AIN, AL-BĀRI’ DAN TAHDZĪB AL-LUGHAH) Iwan Sudirwan
FIKRUNA Vol 4 No 1 (2022): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.62 KB) | DOI: 10.56489/fik.v4i1.53

Abstract

Pengetahuan tentang kamus bahasa khususnya kamus bahasa Arab perlu mendapat perhatian lebih khususnya di kalangan pembelajar bahasa Arab, utamanya di perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Apalagi bahasa Arab kini mulai mendapatkan tempatnya untuk dikaji sebagai alat untuk memahami dan menggali khazanah Islam yang kaya akan sumber ilmu pengetahuan yang mana ditulis dengan literatur bahasa Arab klasik. Tanpa memahami dan mendalami bahasa Arab tersebut, tidak mungkin seseorang dapat menemukan apa yang hendak dicari dari khazanah tersebut. Hal ini tentunya akan banyak menggunakan bantuan kamus dalam memahaminya. Sampai saat ini, belum banyak buku yang membicarakan tentang permulaan kamus bahasa Arab, kalaupun ada, jumlahnya masih sedikit. Melalui tulisan ini, penulis ingin mencoba menjelaskan tentang beberapa kamus bahasa Arab zaman permulaan dan perbandingannya khususnya dalam metodologi penyusunan kamus al-‘ain, al-bāri’ dan tahdzīb al-lughah.
PENDIDIKAN SOSIAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN Ria Susanti
FIKRUNA Vol 4 No 1 (2022): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.605 KB) | DOI: 10.56489/fik.v4i1.54

Abstract

Banyak persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat zaman sekarang. Banyak contoh-contoh permasalahan yang melibatkan masyarakat sebagai makhluk sosial dan berbudaya. Permasalahan yang terjadi pada masyarakat tersebut dikategorikan dalam istilah konflik sosial. Konflik sosial yang sering terjadi khususnya di negara kita Indonesia adalah seperti; kerusuhan antar desa, tawuran antar pelajar, penistaan agama, dan lain sebagainya. Melihat sejumlah konflik sosial tersebut, muncul sebuah pertanyaan ada apa dengan sosial kemasyarakatan pada masa sekarang. Maka pada artikel ini, penulis akan mendeskrifsikan bagaimana pendidikan sosial berdasarkan pandangan ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana konsep Pendidikan sosial kemasyarakatan yang terkandung dalam Al-Qur’an, dan 2) Bagaimana analisis nilai-nilai pendidikan sosial kemasyarakatan dalam Al-Qur’an terhadap pengembangan Pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan bagaimana pendidikan sosial kemasyarakatan berdasarkan pandangan dari kandungan ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan metode content analysis. Artikel ini mendapati bahwa gambaran masyarakat ideal dalam Al-Qur’an yaitu disebut sebagai masyarakat Mardhatillah yang bercirikan; ummat yang satu, terdiri dari berbagai suku-bangsa, bermusyawarah dalam setiap urusan, tegaknya keadilan, adanya persatuan, tidak ada saling menghina antar sesama, serta adanya pemimpin yang berwibawa dan taat kepada Allah SWT. Kemudian implikasi nilai-nilai pendidikan sosial bermasyarakat yang terdapat dalam Al-Qur’an untuk pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam adalah berorientasi kepada: 1) Pendidikan bertujuan untuk membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah; 2) Persamaan derajat sosial masyarakat; 4) Penanaman sikap menyeru kepada kebaikan dan menghindari keburukan“Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar”; 5) Pendidikan sikap mental mau berubah ke arah kemajuan; 6) Pendidikan sikap keadilan dalam bermasyarakat. Artikel ini sangat berguna sebagai analisis terhadap materi kurikulum PAI khususnya tentang pendidikan sosial perspektif Alquran.
BARAMBANGAN SEBAGAI PENCEGAHAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN PESPEKTIF HAM Rian Chandra
FIKRUNA Vol 4 No 1 (2022): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.337 KB) | DOI: 10.56489/fik.v4i1.55

Abstract

Penelitian ini membahas tradisi Barambangan sebagai pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dengan perspektif HAM. Barambangan merupakan sebuah tradisi di dalam masyarakat Banjar yang muncul sejak kepemimpinan Sultan Adam sebagai Raja Kesultanan Banjar. Tradisi ini merupakan suatu keadaan antara suami istri yang telah mengalami kerenggangan hubungan rumah tangga, sehingga mereka memerlukan waktu jeda untuk menentukan pilihan tetap bersatu atau bercerai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif, dengan mengumpulkan bahan hukum sekunder. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Tradisi Barambangan sebagai pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan mengadopsi system hukum Islam dan hukum Adat. Selanjutnya, Tradisi Barambangan ini muncul sebagai perlindungan hukum seorang perempuan dari paksaan serta kekerasan ketika terjadi konflik. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisa menggunakan teori perlindungan hukum. Selain itu, Tradisi Barambangan ini juga mengandung tata cara penyelesaian konflik antara suami istri yang Barambangan. Dalam perspektif HAM, Tradisi Barambangan sebagai pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan telah memenuhi amanat HAM untuk mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan. Akan tetapi, masih terdapat unsur diskriminatif dalam tradisi ini. Hal itu karena dictum perkara 18 UUSA hanya menekankan perempuan sebagai pihak yang tidak mau berdamai.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU Adiyono Adiyono
FIKRUNA Vol 4 No 1 (2022): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.697 KB) | DOI: 10.56489/fik.v4i1.56

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Umum Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah MA Al-Ihsan Kabupaten Paser, Kinerja Guru, dan Pengaruhnya Terhadap Gaya Kepemimpinan Demokratis Pemimpin Madrasah terhadap Kinerja Guru MA Al-Ihsan. Survei ini merupakan survei kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MA Al-Ihsan Kab. Paser sebanyak 27 orang. Peralatan survei menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah sangat tinggi, yaitu 88,88%. Kedua, guru kategori tinggi mencapai 55,56% dan kategori sedang mencapai 44,44%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap kinerja guru MA Al-Ihsan. Hal ini ditunjukkan pada Hitung> Tabel (0,796> 0,277).
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL (Fenomena Kerukunan Antar Umat Beragama Pada Acara Keagamaan Di Dusun Kabo Jaya Swarga Bara Sangatta Utara Kutai Timur) Faelasup Faelasup
FIKRUNA Vol 4 No 1 (2022): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.386 KB) | DOI: 10.56489/fik.v4i1.58

Abstract

Konsep Pendidikan Islam multicultural merupakan sebuah ajaran yang menekankan nilai-nilai taawun, tawazun, dan tawasuth, dan keterbukaan pada keragaman budaya, ras, suku, dan agama. Pendidikan Islam multikultural merupakan salah satu Pendidikan yang dapat memahami masyarakat beragam tentang pentingnya saling menjunjung tinggi dan menghormati nilai-nilai keberagaman dalam agama. Pada hakikatnya, masyarakat Dusun Kabo Jaya sudah menyadari dan menghormati adanya perbedaan dalam keyakinan dan beribadah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran implementasi nilai-nilai Pendidikan Islam multicultural di Dusun Kabo Jaya, (2) mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Pendidikan Islam multikultural pada fenomena kerukunan anatar umat beragama pada acara keagamaan di Dusun Kabo Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatannya menggunakan depth interview. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis kualitatif dengan model interaktif, Miles and Huberman yaitu: (1) kondensasi data (pengembunan), (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Berdasarkan hasil dan analisis data, maka disimpulkan bahwa penerapan Pendidikan agama Islam multicultural di Dusun Kabo Jaya melalui konsep tasamuh, taawun dan tawasuth. Implementasi Pendidikan agama Islam multicultural di Dusun Kabo Jaya melalui kegiatan kerja bakti dan bakti sosial, keagamaan, dan seni budaya.
PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENANGKAL RADIKALISME DI PONDOK PESANTREN NURUL MUHIBBIN PASER Mardani Mardani
FIKRUNA Vol 4 No 1 (2022): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.279 KB) | DOI: 10.56489/fik.v4i1.59

Abstract

Kiai berkewajiban memberikan pemahaman ajaran agama Islam yang benar kepada santrinya dan juga menjaga agar para santri tidak terpengaruh dengan pemahaman yang dapat merusak agamanya salah satunya adalah pemahaman radikalisme yang berbuntut pada beberapa tindakan terorisme yang membahayakan orang lain. Maka dari itu, dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kiai dalam menangkal paham radikalisme di pondok pesantren salah satunya yaitu Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Paser. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis, kemudian dilakukan observasi, interview dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Selanjutnya data di analisis dengan mereduksi data dan terakhir di uji keabsahannya dengan metode triangulasi. Dalam penelitian ini seorang kiai setidaknya memiliki tiga peran dalam kepemimpinannya di pondok pesantren untuk menangkal radikalisme yaitu, menjadi teladan, pengambil keputusan dan pembimbing.
LEARNING STYLES AND VARIETY OF MATERIALS IN ENGLISH TEACHING AND LEARNING Fitriani Fitriani
FIKRUNA Vol 4 No 1 (2022): FIKRUNA : JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEMASYARAKATAN
Publisher : STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.848 KB) | DOI: 10.56489/fik.v4i1.61

Abstract

Applying of Learning styles and variety of materials are the important factors in teaching and learning English. When the teacher wants to teach must be prepare some materials and apply technic to get the students’ gaining. With recognizing about learning styles and variety of materials are very useful for language teachers to prepare and implement the effective and positive influence in teaching and learning English. Understanding the students’ learning style is the best way and technic to maximalise potential of students in learning process. After knowing the students’ learning style, the teacher will consider the best method to apply in the classroom. All students have not same their own learning style for understanding material in teaching and learning English. So the teacher can apply learning style the suitable condition their students and variant materials to get the students’ progress and avoid boring of class situation.

Page 1 of 1 | Total Record : 7