cover
Contact Name
Ni Wayan Bogoriani
Contact Email
bogi_wayan@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
dianrahadian@fh.uncen.ac.id
Editorial Address
Kota Jayapura, Papua Indonesia
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
ISSN : 23383402     EISSN : 2623226x     DOI : http://doi.org/10.31957/jipi.v10i2.2195
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (JIPI) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program magister Pendidikan IPA, Program Pascasrjana Universitas cendrawasih. JIPI terbit 3 kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni dan Oktober. JIPI merupakan sarana publikasi bagi akademisi dan praktisi di bidang IPA dan sains dalam menerbitkan artikel hasil-hasil penelitian.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2017)" : 3 Documents clear
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ILAGA RETNO WURI SULISTYOWATY; IRFAN WAHYUDI
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.174 KB) | DOI: 10.31957/jipi.v5i3.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Model pembelajaran tipe NHT lebih efektif daripada tipe TPS. (2) Siswa motivasi belajar tinggi lebih efektif daripada siswa dengan motivasi sedang dan rendah (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. (4) Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe TPS dan tipe NHT. Sampel yang diambil yaitu kelas VII A dan VII B dengan jumlah siswa 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe NHT lebih efektif daripada yang diajar dengan tipe TPS dengan selisih rata-rata nilai 0,16. (2) Hasil uji analisis anava menunjukkan Fobs = 115,85 dengan taraf signifikan α = 0,05 yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi lebih efektif daripada siswa dengan motivasi sedang dan rendah, serta siswa yang mempunyai motivasi sedang lebih efektif daripada siswa motivasi rendah. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran tipe TPS dan model pembelajaran tipe NHT pada siswa yang mempunyai motivasi tinggi, sedang maupun rendah terhadap hasil belajar matematika F =1,58 > Ftabel=0,215. (4) Terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe TPS dan tipe NHT, diperoleh n-Gain sebesar 0,34 pada kategori sedang.Kata kunci: TPS, NHT, Motivasi, Hasil Belajar Matematika, Bilangan Bulat
BUKU KENDALI TAGIHAN LITERASI PEMBENTUK KARAKTER KERJA KERAS PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SMA NEGERI 3 JAYAPURA EULIS ANGGIA BUDIARTI
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.931 KB) | DOI: 10.31957/jipi.v5i3.318

Abstract

Pola belajar ketika siswa di SD atau SMP yang tidak sama dengan pola belajar di SMA sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan proses belajar. Hal tersebut terlihat dari siswa SMA Negeri 3 Jayapura yang rendah minat bacanya berkaitan dengan latar belakang siswa yang tidak biasa membaca. Pola Literasi yang digulirkan Pemerintah belum begitu efektif, oleh karena itu perlu guru bahasa Indonesia memikirkan suatu cara yang dapat memotivasi siswa untuk gemar membaca dan memiliki karakter kerja keras.Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Buku Kendali Tagihan Literasi dapat membentuk karakter kerja keras?Metode penelitian kualitatif deskripsi. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Jayapura berjumlah 194.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa 1) buku Kendali Tagihan Literasi menumbuhkan karakter kerja keras siswa. 91% siswa telah menyelesaikan kegiatan literasi dengan membaca buku sebanyak minimal 4 buku dalam 1 semester. Kata Kunci: kartu kendali, literasi, budaya tutur, kerja keras
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK THALK WRITE (TTW) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 OKSIBIL BENEDICTA ENDAWATI TITIRLOLOBY; BASA RUMAHORBO
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.283 KB) | DOI: 10.31957/jipi.v5i3.319

Abstract

guna mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TTW dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar dan hasil belajar siswa dan bagaimana interaksi antara model pembelajaran TTW dan motivasi belajar dengan disiplin dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati di Kelas X SMA Negeri 1 Oksibil telah dilakukan penelitian pada bulan September sampai dengan Oktober 2017.Terdapat  pengaruh  antara  model  pembelajaran  TTW  terhadap  disiplin  belajar  siswa. Tidak ada pengaruh antara model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar biologi. Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa. Tidak ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa. Tidak ada pengaruh antara model pembelajaran  TTW  terhadap  disiplin  belajar  dan  hasil  belajar  biologi  siswa.  Tidak  ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap disiplin belajar dan hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran TTW dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa. Tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran TTW dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa. Terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa.Kata  Kunci  :  Model  Pembelajaran  Think Talk Write (TTW),  Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Biologi

Page 1 of 1 | Total Record : 3