cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
p3m@stkipaisyiyahriau.ac.id
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/Editorial_Board
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Journal Ta'lim of Journal STKIP Aisyiyah Riau
ISSN : 23025727     EISSN : 27769542     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The talim Journal of Education and Teacher Training was published for the first time in the form of an E-Journal in June 2013 with issn 2302-5727 (printed) and e issn in the administration period. Journals are collected from lecturers from both inside and outside the Study Program of Education and Teacher Training. This journal was published in order to carry out the tri Dharma of Higher Education and to improve and develop the quality of education and teacher training.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021" : 8 Documents clear
MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 2 SMAN 2 SINGINGI MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK Ari Ismiatun
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan penilaian yang diberikan didapat bahwa ada beberapa orang peserta didik dikelas XI IPA 2 SMAN 2 Singingi memiliki masalah terkait dengan rendahnya kecerdasan interpersonal. permasalahan ini terjadi karena berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Untuk membantu meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas XI IPA 2 SMA N 2 Singingi maka peneliti memberikan layanan konseling kelompok. Mereka diberi kesempatan untuk menyampaikan permasalahan, pengalaman, pengetahuan dan keluhan yang mereka alami ataupun mereka memberikan masukan, saran, pendapat ataupun sanggahan kepada kelompok atau teman yang lain. Dengan suasana kelompok yang terbuka dan penuh kekeluargaan mereka merasa senasib dan memiliki tanggung jawab bersama untuk menyelesaikan permasalahan dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui layanan konseling kelompok adalah salah satu cara yang cocok untuk melatih, mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan interpersonal. Sebelum diberikan layanan konseling kelompok, persentase hasil angket kecerdasan interpersonal berkisar antara 33-63 % (rata-rata 54%), setelah mengikuti layanan konseling kelompok meningkat menjadi 67-80% (rata-rata 75%). Sebelum tindakan dan setelah tindakan ada peningkatan 17%. Hal ini menunjukkan bahwa melalui pemberian layanan konseling kelompok dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 2 Singingi.
CLEAN AND HEALTHY LIVING BEHAVIOR FOR 3-4 YEARS CHILDREN IN SRI MERANTI VILLAGE Purniawati Purniawati; Susi Herlinda; Rahmah Rahmah
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan data dari hasil penelitian. Penelitian ini langsung ditujukan terhadap anak dan orang tua sebagai sampel guna mendapatkan gambaran konkrit tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia 3-4 tahun di Posyandu Tampuk Manggis Kelopak Mambang RW 01 Kelurahan Sri Meranti Kecamatan Rumbai Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data, menyusun data,atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya orang tua yang ada belum optimal dan menerapkan hidup bersih dan sehat. Anak kurang menjaga kesehatan dan kebersihan, nafsu makan anak secara umum sudah cukup baik walau ada juga anak yang pilih-pilih makanan, perkembangan gerak aktif anak sudah cukup baik walaupun ada dua orang anak yang terkadang malas. Perkembangan psikologi anak seperti sikap mandiri, percaya diri, dan sikap peduli dengan lingkungan dan orang disekitar sudah baik perkembangan sikap sosial dengan lingkungan tempat tinggalnya masih bersifat berubah-ubah sesuai suasana hati. Oleh karena itu, perlunya peran orang tua untuk membantu meningkatkan perkembangan sikap mandiri, percaya diri.
PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN AL-QUR’AN MAURICHE BUCAILLE Rahmah Rahmah
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mauriche Baucaille merupakan seorang sarjana kedokteran ahli bedah Prancis. Ia adalah spesialis dalam gastroentologi. Bucaille juga pernah mengepalai Klinik Bedah di Universitas Paris. Kemudian Mauriche meralih menjadi seorang metafisikawan dan menjadi sosok yang terkenal di dunia Islam dengan”Tafsirnya the bible the Qur’an and the Science“. Buku ini sambuatan yang baik oleh kalangan agamawan atau khalayak umum. Penerbitam buku mendapatkan sambuatan yang baik oleh kalangan agamawan atau khalayak umum. Ia banyak mengambarkan dengan sangat baik ayat-ayat suci yang selama ini selalu berkaitan dengan keimanan, moral dan etika namun juga banyak mengandung sains. Fenomena ini bukanlah hal yang baru, kerena sudah banyak penelitian yang melakukan hal yang sama, yang membedakan dari Bucaille hanyalah pendapat yang berlebihan terhadap isi kandungan al-Quran. Bucaille berpendapat bahwa semua al-Qur’an mengandung semua fenomena sains. Ia mengatakan bahwa al-Quran sebagai ensiklopedia sains.
PENGEMBANGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA AL-UBUDIYAH PEKANBARU Dewi Sri; Rahma Rahma; Nopa Wilyanita
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kreativitas guru sangat penting dalam memotivasi semangat belajar peserta didik sehingga peserta didik mempunyai minat untuk belajar. Munculnya pandemi COVID-19 dengan krisis kesehatan, sehingga negara memutuskan untuk menutup sekolah, termasuk RA Al-Ubudiyah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan metode kreativitas guru dalam mengajar pada pandemi Covid-19 di RA Al-Ubudiyah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Library Research) dengan metode deskripsi kualitatif.Adapun hasil penelitian ini adalah kreativitas guru di RA Al-Ubudiyah Pekanbaru dapat dilihat dalam manajemen kelas dan dalam penggunaan media pembelajaran. Pengembangan metode kreativitas guru dalam pembelajaran daring di RA Al-Ubudiyah Pekanbaru mengalami peningkatan, karena dalam menerapkan metode program In Service Training. Para guru di RA Al-Ubudiyah Pekanbaru menjadi lebih kreatif dalam pelaksanaan belajar mengajar dengan sistem daring. Hal tersebut ditandai dengan adanya pelaksanaan penataran penyegaran, penataran peningkatan kualifikasi dan penataran penjenjangan, dengan demikian terlihat bahwa guru terlihat lebih luwes dalam penyampaian materi, tanggap dalam hal-hal baru, lebih bersikap terbuka terhadap pengalaman baru dan memiliki semangat bertanya serta meneliti tentang keadaan sekitar.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CAK BUR Dewi Pramita; Radhiyatul Fithri; Nopa Wilyanita
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permaianan Tradisional Cak Bur di PAUD Kasih Bunda Minas Kecamatan Minas".Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan aktivitas anak didik ini diikuti peningkatan kerjasama anak di PAUD Kasih Bunda Minas Kecamatan Minas. peningkatan kemampuan kerjasama pada anak di PAUD Kasih Bunda Minas Kecamatan Minas dari siklus I ke siklus II. pada siklus I memperoleh skor rata-rata 32,4 (40,5%) dengan kiteria mulai berkembang. Terjadi peningkatan peningkatan kemampuan kerjasama pada anak di PAUD Kasih Bunda Minas Kecamatan Minas pada siklus II dengan skor rata-rata 65,1 (81,4%) dengan kiteria berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan pembahasan kesimpulan diatas, peneliti mengajukan beberapa saran yaitu kepada guru Guru diharapkan dapat lebih mengenalkan kepada anak tentang warisan neneng moyang terdahulu mengenai permainan tradisional yang dimiliki oleh bangsa ini dengan demikian dapat juga melestarikan budaya Indonesia yang saat ini mulai terlupakan oleh zaman.
PENDIDIKAN ISLAM DI MESIR Baidarus; Radhiyatul Fithri
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.23 KB)

Abstract

Artikel ini menyajikan aspek kajian sistem pendidikan Mesir, yang meliputi kebijakan pendidikan seperti lembaga pendidikan, manajemen pendidikan, kurikulum pendidikan, dan pendanaan pendidikan. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa perkembangan kemajuan Mesir dan modernisasi pendidikan dimulai dengan diperkenalkannya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh Napoleon Bonaparte yang merupakan bangsa Amerika ketika menaklukkan Mesir. Pasca Revolusi Industri, pendidikan di Mesir mengalami hal-hal yang dinamis seperti kurikulum, metodologi dan kebijakan pendidikan yang berbeda pada setiap jenjang pendidikan. Dalam mengelola birokrasi pendidikan, pemerintah Mesir membaginya menjadi dua sistem: sistem pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi dan sistem pendidikan tinggi. Sistem sekolah dasar dan menengah disponsori oleh Menteri Pendidikan. Sistem Pendidikan Tinggi disponsori oleh Menteri Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi lainnya. Pendidikan Al-Azhar saat ini dikelola di semua jenjang oleh Kementerian Urusan Al-Azhar, yang dapat disamakan dengan Kementerian Agama di Indonesia.
SUBJEK PENDIDIKAN DALAM PERSFEKTIF AL QURAN DAN IMPLEMENTASINYA DI MTS MUHAMMADIYAH I PEKANBARU Radhiyatul Fithri
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.067 KB)

Abstract

The subject of education is very influential on the success or failure of education. The subject of education is the person or group of people who are responsible for providing education, so that the material being taught or delivered can be understood by the object of education. The purpose of this study was to describe the implementation of the subject of education at Mts Muhammadiyah I Pekanbaru. This research method is analytical descriptive with interviews as a data collection technique. Based on the results of the research, it can be formulated that it was found that some teachers had low personal approach so that the teacher seemed unfriendly and even indifferent to the students, lack of mastery of the material by the teacher while the students are now very smart. Less innovative, creative and varied in learning even tend to be very conventional so monotonous. There is also very little improvement in academic qualifications and self-development in the form of training activities with the aim of increasing insight and information for the progress of learning. With such teacher conditions make students very far from being a subject of education.
MODEL PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSFEKTIF HADITS Radhiyatul Fithri
Jurnal Ta'lim : Journal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021
Publisher : P3M STKIP 'Aisyiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.038 KB)

Abstract

Islam memberikan porsi perhatian yang cukup besar terhadap pendidikan dalam setiap fase perkembangan hidup seorang anak. Dimulai dari masa pembentukan janin di dalam kandungan, masa menyusui, masa kanak-kanak, masa remaja hingga masa dewasa. Untuk mewujudkan itu semua, setiap anak memerlukan seseorang yang membantu perkembangan dirinya dan pemenuhan segala kebutuhan dirinya dengan baik. Di samping itu juga kondisi lingkungan yang tepat dan sesuai dalam pergaulannya dan perkembangan psikologisnya serta pembinaan dirinya dengan pendidikan yang baik. Maka orang tua, pendidik/guru dan lingkungan memiliki andil yang sangat besar dalam hal ini. Materi dan metode pendidikan sesuai dengan konsep islam khususnya konsep hadits menjadi sebuah keniscayaan diaplikasikan dalam mendidik anak demi menunjang keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan yaitu membentuk anak yang berkepribadian yang mulia.

Page 1 of 1 | Total Record : 8