cover
Contact Name
Marissa utami
Contact Email
marissautami@umb.ac.id
Phone
+6285159228701
Journal Mail Official
ikhafi.hrd@gmail.com
Editorial Address
Jl. Timur Indah Raya, Kota Bengkulu Kota Bengkulu, Bengkulu 38229.
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika
ISSN : 2655755X     EISSN : 27238091     DOI : -
Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika (JUKOMIKA) adalah jurnal ilmiah peer-review yang membahas mengenai desain dan implementasi algoritma dalam sebuah perangkat lunak. Selain itu, jurnal ini juga membahas mengenai perangkat lunak yang dikembangkan berbasis robotika, kecerdasan buatan, pengolahan data serta informasi. Jurnal menerbitkan secara berkala dua kali setahun yaitu pada Juni dan Desember. Jurnal diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Penerbitan dan Percetakan Indonesian Scholar Khiar Wafi (LPPMPP IKHAFI) dibawah Yayasan Sejahtera Bersama Bengkulu. Semua artikel publikasi di Jurnal JUKOMIKA bersifat open-acess (terbuka) yang tersedia secara bebas online tanpa harus berlangganan. P-ISSN: 2655-755X E-ISSN: 2723-8091
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 6 (2020): Desember" : 5 Documents clear
PENINGKATAN HASIL SEGMENTASI DETEKSI TEPI MENGGUNAKAN MORPHOLOGY PADA PENGOLAHAN CITRA Ardi Wijaya; Heru Franata
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 6 (2020): Desember
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.5 KB)

Abstract

Pengolahan citra digital adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perbaikan kualitas gambar (peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra), transformasi gambar (rotasi, skala, transformasi geometric), pemilihan citra ciri yang optimal untuk tujuan analisis, dan melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi objek atau pengenalan objek yang terkandung pada citra. Deteksi tepi merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan dalam pengolahan citra digital. Deteksi tepi juga salah satu langkah prapengolahan yang penting dalam analisis citra. Penelitian ini berpusat pada peningkatan preprosesing menggunakan metode erosi (morphology). Hasil yang telah ditemukan pada penelitian ini menggunakan pengukuran mean sequera error (MSE). Pada penelitian ini akan terlihat perbaikan kualitas citra yang dihasilkan. Dalam sesi pengujian menggunakan matlab 2012, peningkatan terhadap deteksi tepi ini terlihat dengan persentase yang dihasilkan dari 50 data citra yang diujikan dengan tingkat persentase mencapai 96%
RESOURCE ASSIGNMENT ALGORITHM PADA PROTOTYPE APLIKASI ANDROID KOSA KATA BAHASA INGGRIS Dwita Deslianti; Yuda Betrika; M. Ridho Syahputra
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 6 (2020): Desember
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.926 KB)

Abstract

Salah satu bentuk perkembangan ICT yaitu lahirnya terobosan pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas pembelajaran, yang mampu mengintegrasi model pembelajaran dengan memanfaatkan mobile sebagai media untuk belajar. Solusi untuk memunculkan kemampuan berfikir secara logis pada anak adalah menggunakan Resource Assignment Algorithm (RAA). RAA mempunyai kemampuan untuk menghasilkan sebuah nilai berdasarkan beberapa nilai yang ada dengan diurutkan menggunakan skala prioritas. hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Resource Assignment Algorithm dapat diterapkan pada proses pembalajaran kosa kata bahasa inggris, dan dengan menggunakan prototype yang dikembangkan dapat memebantu memudahkan dalam proses pembelajaran kosa kata bahasa inggris.
PENERAPAN ALGORITMA BINARY SEARCH PADA APLIKASI E-ORDER (STUDI KASUS PARIS VAN JAVA KOTA BENGKULU) Alba Ragil Sutra Deva
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 6 (2020): Desember
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.542 KB)

Abstract

Pada usaha Restoran/Cafe PVJ di Kota Bengkulu dalam praktek pemesanan makanan dan minuman masih menggunakan cara manual. Ini dimana pelayan mengambil dan mencatat pesanan pada sebuah kertas yang nantinya diserahkan ke dapur dan kasir. Hal ini terkesan tidak efektif dan memungkinkan terjadinya kesalahan penulisan yang berakibat pesanan tidak sesuai dengan order, adanya pemesanan yang berulang (redudansi), pensil yang tumpul, pena atau kertas pemesanan habis yang memotong banyak waktu untuk menggantinya. Selain itu, dengan proses pemesanan manual seperti ini sering terjadi kesalahan dalam urutan pemesanan akibat bertumpuknya nota pemesanan, hal tersebut berdampak negatif pada kepuasan pelanggan. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang mampu mempermudah proses pemesanan. Adapun permasalahan yang dihadapi yaitu Bagaimana Penerapan Algoritma BinarySearch Pada Aplikasi e- Order (Studi Kasus Paris Van Java Kota Bengkulu). Tempat penelitian ini dilakukan di Restoran/Cafe Paris Van Java Kota Bengkulu. Waktu pelaksanaan penelitian di laksanakan setelah seminar proposal skripsi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, observasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil dari perancangan dan pengujian yang telah dilakukan Aplikasi e-Order Restoran/Cafe Paris Van Java Kota Bengkulu Menggunakan Algoritma BinarySearch berhasil dibuat dengan Software Android Studio dan Database Firebase. Aplikasi yang dibuat menghadirkan pemberitahuan secara otomatis sehingga dapat mempermudah pengguna atau user untuk mendapatkan informasi tentang makanan dan minuman yang masih tersedia dan Aplikasi e-Order Restoran/Cafe Paris Van Java Kota Bengkulu ini dapat menjadi media atau alternatif baru bagi pihak Restoran/Cafe dalam memberikan layanan terhadap pelanggan.
DESAIN SISTEM BASIS DATA SIMULASI JADWAL UJIAN NASIONAL PADA MURID SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIK Danu Rizki
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 6 (2020): Desember
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.086 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya untuk menyelesaikan masalah penjadwalan yang disebabkan banyaknya komponen dilibatkan, dan disisi lain terdapat algoritma genetik yang dapat menyelesaikan masalah-masalah optimasi termasuk penjadwalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem penjadwalan pengawas pada sekolah menengah pertama kota bengkulu mengunakan algoritma genetik. Manfaat penelitian ini yaitu sistem yang akan dibangun dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penjadwalan Ujian Nasional pada sekolah menengah pertama pada waktu sekarang dan yang akan datang. Metode perancangan sistem yang digunakan untuk membangun sistem tersebut adalah metode incremental yang meliputi bentuk Data Flow Diagram (DFD), serta Entity Relationship Diagram (ERD). Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi, dan pengolahan data. Penelitian dilaksanakan selama 1 (satu) bulan dikantor dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Bengkulu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa sistem penjadwalan pengawas pada sekolah menengah pertama kota Bengkulu dapat dibuat dengan menggunakan metode algoritma genetik. Sebagai kesimpulan dalam penelitian, bahwa penjadwalan pengawas dapat diselesaikan sebagai masalah optimasi dengan algoritma genetik.
APLIKASI CERDAS CERMAT MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR BERBASIS ANDROID anisya sonita; Ria Elda Fitri
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 3, No 6 (2020): Desember
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.402 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa. Untuk meningkatkan minat belajar siswa diperlukan suatu persaingan diantara siswa itu sendiri yang mana nantinya akan berpengaruh dalam kepentingan belajar. Salah satu metode yang sudah dijalankan adalah dengan mengadakan even cerdas cermat. Cerdas cermat merupakan salah satu metode belajar dengan menggunakan sistem perlombaan. Lomba cerdas cermat dilakukan dengan memberikan pertanyaan dan beberapa kelompok akan berlomba untuk menjawab pertanyan tersebut. Perkembangan teknologi saat ini bisa membantu para siswa dalam melakukan kegiatan cerdas cermat kapan saja dan dimana saja. Salah satu teknologi tersebut adalah smartphone android. Dengan membangun aplikasi yang fokus dalam memberikan paparan soal kepada user akan menjadi salah satu cara untuk melakukan simulasi cerdas cermat itu sendiri. Setiap soal akan diacak sehingga megurangi kemungkinan dalam menghapal soal dan jawaban. Metode pengacakan soal yang akan digunakan adalah LCG (Linear Congruential Generator) yaitu dengan membangkitkan bilangan acak pada perhitungan urutan soal yang akan ditampilkan. Aplikasi dapat memberikan materi pembalajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKN. Aplikasi memberikan soal dan pilihan jawaban sebagai proses cerdas cermat dan menampilkan hasilnya. Algoritma linear congruential generator dapat melakukan pengacakan soal yang akan ditampilkan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan metode belajar yang interaktif sehingga bisa meningkatkan minat belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5