Adl Islamic Economic
Adl Islamic Economic (E. ISSN 2723-1771, P. ISSN 2722-2810) is an electronic scientific journal published print out and online once six a month (Mei and November). Adl Islamic Economic aims to improve the quality of research and development of Islamic economics. Adl Islamic Economic received the results of studies and research articles that have not been published in other media and invited various practitioners, scholars and the general public who are interested in the study of Islamic economics. Adl Islamic Economi will not accept research articles or manuscripts that have been sent and published elsewhere and also book reviews, evaluation programs or articles that are not in accordance with the focus and scope. All research articles must be written in Indonesian or English. Adl Islamic Economic covered various of research approach, namely: quantitative, qualitative and mixed methods. Adl Islamic Economic focuses related on various of themes, topics and aspects of Islamic Economic including (but not limited to) the following topics: 1. History of Islamic Economic Thought 2. Islamic Economic Management 3. Islamic Economics Theory 4. Islamic Economic Ethics 5. Islamic Economic Finance
Articles
36 Documents
STRATEGI PEMASARAN PRODUK ASURANSI SYARIAH PADA PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE CABANG KOTA YOGYAKARTA
Ernawati Ernawati
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 1 No 2 (2020): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - November 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (466.797 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v1i2.14
Kehidupan manusia pada zaman modern ini beragam macam risiko dan bahaya. Manusia sendiri tidak mengetahui apa yang akan terjadi pada hari esok dan dimana ia akan meninggal dunia. Asuransi merupakan sarana financial dalam tata kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi risiko yang mendasar seperti risiko kematian atau dalam menghadapi risiko atas harta benda yang dimiliki. Dalam proses pemasaran diperlukan sebuah penerapan strategi yang esensial, yang sasaran utama perusahaan dalam jangkauan pasar yang luas. Sehingga diperlukan sebuah strategi sebelum memasuki pasar, dengan merincikan semua rencana yang telah disatukan, menyeluruh dan terpadu yang dirancang untuk memastikan tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan strategi yang tepat oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi segmentasi, targeting dan positioning) pada PT. Prudential Life Assurance Cabang Kota Yogyakarta, serta mengetahui apakah strategi pemasaran yang diterapkan sudah sesuai dengan karakteristik syariah marketing. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Segmentasi pasar (Segmenting) yang dilakukan oleh PT. Prudential Life Assurance Cabang Kota Yogyakarta berdasarkan pengelompokkan pasar per wilayah. Supaya lebih memudahkan Prudential bertemu dan menyapa dengan nasabahnya kembali. Targeting, dalam menentukan target pasar yang dicakup oleh PT. Prudential Life Assurance Cabang Kota Yogyakarta tidak ada batasan tertentu, perusahaan melayani semua segmen pasar. Positioning, dalam memposisikan produk dan merek dibenak konsumen PT. Prudential Life Assurance Cabang Kota Yogyakarta dengan slogannya yaitu “always listening, always understanding” yang memiliki pemahaman bahwa hanya mendengarkan secara mendalam, Prudential syariah dapat mengerti apa yang diinginkan oleh nasabahnya yaitu kenyamanan dan keamanan hidup mereka beserta keluarganya. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Prudential Life Assurance Cabang Kota Yogyakarta sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
PENETAPAN HARGA BERAS DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI PD PASAR KERTAPATI PALEMBANG)
Fitria;
Humairoh
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 1 No 2 (2020): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - November 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (737.584 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v1i2.15
Harga harus mencerminkan manfaat bagi pembeli dan penjualan secara adil, yaitu penjualan memperoleh keuntungan yang normal dan pembeli memperoleh manfaat yang setara dengan harga yang dibayarkan. Islam memandang bahwa pasar memiliki kelebihan sekaligus kekurangannya. Dengan kata lain, mekanisme pasar tidak dianggap sebagai sesuatu yang telah sempurna atau baku sehingga tidak perlu intervensi dan rekayasa apapun (taken for granted). Ajaran islam sangat menghargai pasar sebagai tempat perniagaan yang halal (sah/legal), baik, sehingga secara umum merupakan mekanisme perniagaan yang paling ideal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian ini adalah Penetapan harga beras di pasar kertapati palembang ditetapkan oleh mekanisme pasar dengan memiliki standar harga yang berlaku di pasaran. Penetapan harga di apsar kertapati palembang telah sesuai dengan teori ekonomi islam, karena terjadinya akad dalam keadaan rela sama rela antara penjual dan pembeli, tanpa adanya unsur keterpaksaan. Tujuan utama dari penetapan harga adalah adanya kestabilan harga di pasar guna menjaga kemaslahatan masyarakat. Menurut pandangan ekonomi Islam pemerintah tidak perlu ikut campur tangan dalam menentukan harga selama mekanisme pasar berjalan normal. Hanya bila mekanisme pasar tidak berjalan, pemerintah disarankan untuk melakukan kontrol harga. Adapun tugas pemerintah hanya mengawasi dan mengontrol jalannya mekanisme pasar.
ANALISA MOTIVASI KERJA UNTUK PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA RS. AR BUNDA PRABUMULIH
Puspa Utami;
Muhammad Wahidin
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 1 No 2 (2020): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - November 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (448.336 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v1i2.16
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan motivasi kerja yang diberikan pihak RS. AR. Bunda Prabumulih dalam meningkatkan kinerja karyawannya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang di dapat melalui data sekunder maupun data primer. Dalam penelitian ini data yang di dapat menggunakan teknik wawancara kepada pihak karyawan yang bersangkutan, maupun data data ataupun dokumen yang sudah tersedia dari pihak RS. AR. Bunda Prabumulih. Setelah melakukan penelitian dapat dianalisa oleh peneliti bahwa dengan adanya komponen motivasi kerja yang diberikan dalam penelitian ini berupa gaji, reward, dan punishment. Serta lingkungan yang menyenangkan bagi karyawan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja karyawan RS. AR. Bunda Prabumulih.
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN TERHADAPPEMBIAYAAN PRODUK CICIL EMAS PADA PT. BANK MANDIRI SYARIAH KANTOR CABANG PRABUMULIH
Rika Rahmadina Putri
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 1 No 2 (2020): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - November 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (693.827 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v1i2.17
Strategi pemasaran menjadi faktor penting bagi suatu perbankan untuk dapat bersaing dan bertahan menghadapi kenyataan banyaknya perbankan yang menyediakan barang dan jasa dengan kualitas yang beragam dan sering munculnya pesaing-pesaing baru yang mengakibatkan tingkat persaingan yang semakin tajam. Perbankan harus dapat mempertahankan pangsa pasar yang dimiliki bahkan memperluas pangsa pasar tersebut agar dapat bersaing dengan perbankan yang lainnya. Metode Penelitian Ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data pada oenelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan reduksi data, penarikan data dan validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Marketing sudah ditetapkan pada Bank Syariah Mandiri, hanya pada segmen promotion yang harus di tambahkan instrument elektronik agar supaya lebih maksimal.
MEKANISME PEMBIAYAAN MITRAGUNA BERKAH PNS DENGAN AKAD MURABAHAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PRABUMULIH
Mudzakir Ilyas
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 1 No 2 (2020): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - November 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (295.144 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v1i2.20
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme pembiayaan mitraguna guna berkah pada PNS Kota prabumulih dengan menggunakan akad murabahah pada bank syariah mandiri cabang prabumulih. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik interview (wawancara) dan teknik dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa mekanisme pembiayaan mitraguna berkah ada 3 tahapan yaitu : (1) permohonan menjadi nasabah mitraguna berkah, (2) proses verifikasi dokumen nasabah, (3) proses pencairan pembiayaan mitraguna berkah. adapun akad yang diterapkan pada pembiayaan mitraguna berkah pada tahap proses pencairan menggunakan akad murabahah. Penggunaan akad murabahah ini sudah sesuai dengan landasan hukum baik secara syariah maupun hukum positif.
ANALISIS KELAYAKAN NASABAH DALAM PEMBERIAN PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH DI BTN SYARIAH CABANG PALEMBANG
M Robby Kaharudin
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 1 No 2 (2020): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - November 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (280.24 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v1i2.21
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan yang dilakukan BTN Syariah cabang Palembang dalam melakukan analisis kelayakan nasabah kredit kepemilikan rumah (KPR). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik interview (wawancara). Dari hasil penelitian diketahui bahwa analisis kelayakan nasabah dalam pemberian pembiayaan kepemilikan rumah di BTN Syariah cabang Palembang menggunakan prinsip 5C dan dalam penerapannya BTN Syariah cabang Palembang sangat memperhatikan character, capacity dan collateral. Ketiga poin tersebut sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pembiayaan. Sementara itu, pada poin capital dan conditional of economy hanya sebagai aspek pendukung karena keduanya dinilai tidak terlalu memiliki pengaruh besar dalam proses pembiayaan.
PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH (STUDI KASUS BANK SAMPAH KOTA PRABUMULIH)
Fitria Fitria;
Fatiah
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2021): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - Mei 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (290.749 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v2i1.22
Penanganan sampah adalah permasalahan global yang dihadapi oleh masyarakat masa kini. Masyarakat di perkotaan maupun di pedesaan hidup setiap harinya selalu menghasilkan sampah, oleh karena itu permasalahan sampah selalu tidak ada penyelesaianya dan ujungnya bahkan selalu meresahkan masyarakat. sebenarnya sampah dapat di manfaatkan dan dapat mengurangi masalah kemiskinan yang sudah menjadi gejala umum di seluruh dunia. Namun, Sebagian besar masyarakat selama ini masih memandang sampah sebagai bahan sisa yang tidak berguna, bukan sumber daya potensial yang tidak bisa dimanfaatkan, masyarakat dalam mengelola sampah masih dikumpulkan, diangkut dan dibuang ke tempat pembuangan akhir saja. Maka dari itu perlu adanya sebuah program agar sampah bisa diolah dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Dari hasil kajian terakhir, sampah bisa dimanfaatkan dan dapat mensejahterakan masyarakat dengan cara mengolahnya kembali. Salah satu bentuk penanganan sampah berbasis masyarakat yaitu melalui pendirian Bank Sampah. Bank sampah adalah tempat pemilihan dan pengumpulan sampah yang dapat di daur ulang atau digunakan kembali yang memiliki nilai ekonomi. Salah satu Bank sampah yang berhasil mengumpulkan sampah lalu dikelola menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis adalah Bank Sampah Prabumulih, bahkan BSP mampu memberdayakan masyarakat sekitar melalui program-programnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Bank Sampah beserta implikasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.Hasil penelitian ini adalah proses pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan Bank Sampah Prabumulih yaitu dengan mengadakan sosialisasi serta memberikan pelatihan mendaurulang sampah sehingga menjadi nilai ekonomis. Dampak adanya pemberdayaan dan BSP ini adalah bertambahnya pengahasilan masyarakat.
PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN PETERNAK WALET MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS DI DESA SIMPANG TIGA KEC. TULUNG SELAPAN KAB. OKI)
Ivo Chandra;
M Robby Kaharudin
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2021): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - Mei 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (637.033 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v2i1.23
Kesejahteraan keluarga bagi manusia merupakan dasar sekaligus tujuan utama dari syariat islam (mashlahah al-ibad). Dalam mencapai kesejahteraan keluarga kepala keluarga perlu memenuhi indikator-indikator kesejahteraan tersebut. Salah satunya adalah pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan terhadap kesejahteraan peternak walet menurut perspektif Islam yang terjadi di Desa Simpang tiga Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 Peternak sarang burung wallet di Desa Simpang Tiga Kecamatan Tulung selapang Kabupaten Ogan komering Ilir. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan Random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang terdiri dari indikator tingkat pendidikan, alokasi jam, pengalaman kerja dan harga barang berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan peternak walet Desa Simpang tiga Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan nilai (13,395 dan p value (Sig) sebesar 0,000 ˂ 0,05.
IMPLEMENTASI APPRECIATIVE INQUIRY DALAM MANAJEMEN LEMBAGA AMIL ZAKAT
Rambo Saputra
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2021): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - Mei 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (241.668 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v2i1.24
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dalam melakukan strategi pengelolaan lembaga, Yakesma melakukan strategi dengan berangkat dari kejadian saat ini dimana masalah ditemukan dan diselesaikan saat itu. Penerapan manajemen strategi dilakukan dengan cara mengungkapkan kelebihan (strength) lalu para stakeholder mengungkapkan peluang (opportunity) yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan keadaan yang ada, lalu aspirasi (aspiration) yang diinginkan sesuai dengan kekuatan lembaga dan peluang dengan catatan tetap terukur kemudian yang terakhir hasil (result) diungkapkan untuk dijadikan sebagai bahan perencanaan baru.
IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA USAHA KERIPIK TEMPE SUMBER REZEKI
Ernawati
ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2021): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - Mei 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (166.791 KB)
|
DOI: 10.56644/adl.v2i1.25
Bauran Pemasaran (Marketing mix) adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan inti dari sistem pemasaran perusahaan yang meliputi produk, harga, promosi dan distribusi. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk keripik tempe sumber rezeki memiliki keanekaragaman ukuran dan pelayan 2) harga yang diberikanpun beraneka ragam dari harga Rp. 15.000 sampai dengan harga Rp. 60.000 3) tempat yang meliputi lokasi dan pendistribusian produk kepada konsumen 4) promosi yang dilakukan melalui personal selling dan melalui media sosial.