cover
Contact Name
Nurchim
Contact Email
nurchim@udb.ac.id
Phone
+62271-719552
Journal Mail Official
dutacom@udb.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No 55 Surakarta Jawa Tengah 57154
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Duta.com : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 20869436     EISSN : 29623340     DOI : https://doi.org/10.47701/dutacom.v15i1
Core Subject : Science,
Duta.Com is an article journal in the field of Information Technology and Communication, published in February and August are published annually by the Institute for Research and Service, Faculty of Computer Sciences, University Duta Bangsa Surakarta. The aim is to share, develop, facilitate research findings related to Information Technology and Communication so that they can provide benefits for managers, decision makers, lecturers, and students.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3" : 6 Documents clear
SISTEM INFORMASI KARTU RENCANA STUDI DAN KARTU HASIL STUDI ONLINE Ari Zusnan Fahrudin; Eko Purwanto
Jurnal DutaCom Vol 3
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.254 KB)

Abstract

Sekolah Tinggi Agama Islam MambaulÂ’ulum Surakarta adalah salah satu instansi yang bergerak di bidang pendidikan yang mana pada awal semester melakukan proses pengisian KRS dan pada akhir semester melakukan proses pengisian KHS dan Transkrip dan membuat laporan KHS dan Transkrip yang diberikan kepada mahasiswa. Proses pengisian KRS, KHS dan Transkrip masih semi manual sehingga menyebabkan proses pengisian KRS, KHS dan Transkrip masih lambat.Dalam menyelesaikan masalah tersebut maka penulis merancang suatu sistem informasi KRS dan KHS online. Dalam perancangan ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan format database menggunakan MySQL dan hasil dari laporan dicetak langsung dari browser. Tahap perencanaan sistem informasi KRS dan KHS online di STAIMUS Surakarta dimulai dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai yaitu agar mahasiswa dapat mengisi KRS secara online dan dosen bisa memberikan nilai KHS secara online kepada mahasiswa. Tahap selanjutnya adalah melakukan analisa terhadap sistem informasi KRS dan KHS online meliputi analisa pengguna dan kebutuhan data. Analisa pengguna terdiri dari administrator, mahasiswa dan dosen. Analisa data yang dibutuhkan meliputi data dosen, data mahasiswa, data jurusan, data mata kuliah. Tahap selanjutnya adalah membuat rancangan atau desain sistem informasi KRS dan KHS online yang meliputi flowchart sistem yang sedang berjalan dan yang diusulkan, membuat diagram konteks, bagan berjenjang, DAD, perancangan input, perancangan output dan perancangan database. Hasil akhir dari implementasi sistem KRS dan KHS online adalah laporan yang terdiri dari laporan data dosen, data mata kuliah, data mahasiswa, data mengajar, KHS, transkrip, kartu ujian, daftar nilai, presensi mata kuliah, presensi ujian dan laporan pembelajaran.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN LABORATORIUM Budi Prasojo; Indah Nofikasari
Jurnal DutaCom Vol 3
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1394.14 KB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat semakin mendorong manusia untuk meningkatkan bahkan menciptakan suatu teknologi baru yang lebih bermanfaat bagi pengguna teknologi. Begitu juga dengan perkembangan dunia informasi yang semakin maju, sangat terasa pula diperlukan alat-alat bantu yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pengolahan data yang cepat dan baik, dengan resiko kesalahan yang kecil. Pelaksanaan pengamatan ini, menggunakan pengamatan diskritif kualitatif yaitu dengan menggambarkan proses pelayanan yang ada di Laboratorium Multi media di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta yang dituangkan dalam bentuk kalimat dan berdasarkan fakta. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tempat penelitian yaitu; Data Primer dan Data Sekunder. Analisis dan perancangan yang dilakukan di Laboratorium Multimedia FISIP UNS memberikan pelayanan yang diantaranya harus melalui proses sebagai berikut: Proses Input data barang, data peminjam, transaksi peminjaman dan pengembalian
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN EVALUASI PEMASOK BARANG DAN JASA DENGAN METODE P-CHAT SEBAGAI PENGENDALI KONTROL KUALITAS DAN PENAMBAHAN VARIABEL HARGA DAN WAKTU PENGIRIMAN DANIEL TUNGGONO SAPUTRO
Jurnal DutaCom Vol 3
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.68 KB)

Abstract

Secara tradisional para pembuat produk (manufactures) biasanya melakukan inspeksi terhadap produk setelah produk tersebut selesai dibuat dengan jalan menyortir produk yang jelek dari produk yang baik, kemudian mengerjakan ulang produk yang cacat tersebut untuk diperbaiki. Dengan demikian pengertian manufactures secara tradisional tentang konsep kualitas hanya berfokus kepada aktivitas inspeksi untuk mencegak lolosnya produk-produk cacat ke tangan pelanggan. Kegiatan inspeksi ini dipandang dari perspektif sistem kualitas modern adalah sia sia, karena tidak memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas (quality improvement). Sistem kualitas modern berorentasi pada pelanggan. Produk-produk didesain sesuai dengan keinginan pelanggan melalui suatu riset pasar kemudian diproduksi dengan cara –cara yang baik dan benar sehingga produk yang dihasilkan memenuhi spesifikasi desain serta akhirnya memberikan layanan purna jual kepada pelanggan. Untuk memenuhi sistem kualitas modern ini, harus dapat mengidentifikasi siapa saja yang menjadi pemasok (supplier) dan pelanggan (customer) manufacture tersebut. Pemasok merupakan faktor eksternal dari suatu manufacture yang sangat berperan dalam upaya menghasilkan suatu produk yang berkualitas dan memberikan kepuasan pelanggan. Untuk itu setiap pemasok harus dilakukan evaluasi setiap periode tertentu untuk mengetahui kinerja mereka. P-Chart merupakan salah satu metode untuk menguji kualitas sehingga dapat diambil suatu kesimpulan apakah pemasok tersebut layak dipertahankan atau mencari pemasok yang lainnya. Selain variabel kualitas, ada variabel harga dan ketepatan waktu pengiriman yang akan dijadikan pertimbangan evalusi terhadap pemasok-pemasok. Variabel harga akan berpengaruh terhadap efisiensi suatu produks dan ketepatan waktu pengiriman akan berpengaruh terhadap perencanaan produksi yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap serah terima dengan pelanggan.
RANCANG BANGUN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI STRATEGIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGI Sri Sumarlinda; Abidarin Rosidi; Hanif Al Fatta
Jurnal DutaCom Vol 3
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2078.422 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi strategis yang dibuat dan dikembangkan dari sistem informasi manajemen perguruan tinggi ( SIM-PT) yang ada pada saat penelitian dilakukan dan berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Institusi. SIM-PT yang ada terdiri dari Sistem Informasi Pendaftaran, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Akademik, Sistem Informasi Perpustakaan, Sistem Informasi Sarana & Prasarana, Sistem Informasi Kepegawaian dan Sistem Informasi Alumni. Berdasarkan basis data dari ke tujuh Sistem Informasi tersebut dikembangkan Sistem Informasi Strategis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil dari Sistem Informasi Strategis ini adalah berupa informasi strategis yang merupakan hasil pengolahan dan query data dari masing-masing sistem informasi yang dapat digunakan oleh Direktur untuk bahan pertimbangan dalam mencapai Rencana Strategis perguruan tinggi berdasarkan visi dan misi institusi
ANALISIS DAN PERANCANGAN IT GOVERNANCE MENGGUNAKAN COBIT VERSI 4.1 DOMAIN PO7 UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN SISTEM INFORMASI Muhammad Ahlan
Jurnal DutaCom Vol 3
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.801 KB)

Abstract

Teknologi Informasi (TI), merupakan faktor penting suatu organisasi dalam mencapai tujuan, sehingga sebuah perlu dikembangkan dan diimplementasikan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang IT Governance dalam suatu organisasi menggunakan COBIT 4.1 agar selaras dengan strategi bisnis dan tujuan sebuah organisasi. Penelitian dilakukan dengan metode kuesioner management awareness, dan kuesioner maturity level yang dikembangkan dari COBIT sebagai pengendali tata kelola TI berstandar internasional. Analisis dari kuesioner management awareness telah berhasil memilih beberapa proses TI untuk dirancang model tata kelolanya. Proses TI hasil penelitian yang terpilih adalah domain PO meliputi PO1, PO7 dan PO10, domain AI meliputi AI3 dan AI4, domain DS meliputi DS5, DS6, DS7 dan DS11 serta domain ME pada ME4. Analisis maturity level telah berhasil menunjukkan tingkat kematangan proses-proses TI terpilih, sehingga dapat diketahui besarnya gap kondisi saat ini dengan target tingkat kematangan yang diinginkan. Dasar pertimbangan/pembenaran (justification) untuk melakukan upaya perbaikan tingkat kematangan tata kelola TI dalam sebuah organisasi dapat diperoleh dengan melakukan analisis management awareness dan analisis maturity level berdasarkan standar COBIT.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI PERUSAHAAN DENGAN PIHAK PEMAKAI Indra Hastuti
Jurnal DutaCom Vol 3
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.428 KB)

Abstract

Informasi Akuntansi dibutuhkan oleh semua pihak pemakai laporan keuangan, informasi Akuntansi sangat bermanfaat bagi pemakaiannya untuk pengambilan keputusan, oleh karena itu informasi yang tersedia harus berkwalitas. Untuk menghasilkan dan menyediakan informasi suatu perusahaan harus melalui proses pengolahan data yang dikenal dengan Sistem Informasi. Diantara informasi-informasi yang banyak dihasilkan oleh perusahaan, salah satu informasi tersebut berupa informasi keuangan dakam bentuk Laporan Keuangan. Informasi keuangan ini dihasilkan oleh perusahaan melalui proses pengolahan data yang disebut sebagai Sistem Informasi Akuntansi. Kondisi keuangan dari hasil operasi perusahaan yang tercermin dari laporan-laporan keuangan perusahaan pada hakekatnya merupakan hasil akhir dari kegiatan akuntasi perusahaan yang bersangkutan. Informasi tentang kondisi keuangan dan hasil operasi sangat berguna bagi berbagai pihak, baik pihak-pihak yang ada di luar perusahaan (investor, kreditor, pemasok, pelanggan, pemerintah dan masyarakat). Informasi yang berguna tersebut misalnya tentang kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang-hutang jangka pendek, kemampuan perusahaan dalam membayar bunga dan pokok pinjaman, keberhasilan perusahaan dalam meningkatkan besarnya modal sendiri , sehingga laporan keuangan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 6