cover
Contact Name
Sariaman Gultom
Contact Email
jurnal.moralita@gmail.com
Phone
+6281370714478
Journal Mail Official
jurnal.moralita@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan FKIP, Universitas Simalungun Jl Sisingamangaraja No 1 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Published by Universitas Simalungun
ISSN : 22525629     EISSN : 23026561     DOI : https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini sebagai media informasi dan publikasi hasil penelitian, perkembangan teoritis, dan karya ilmiah mengenai pendidikan, pancasila dan kewarganegaraan, hukum, sosial politik dan pembelajarannya, khususnya pada bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan" : 5 Documents clear
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS X SMK SWASTA SATRIA MANDIRI BANDAR TONGAH Imman Yusuf Sitinjak; Sariaman Gultom; Nur Aini
Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Publisher : Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan FKIP, Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jurnalmoralita.v3i2.549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Peserta Didik Pada Masa Pandemi COVID 19 di Kelas X SMK Swasta Satria Mandiri Bandar Tongah Kabupaten Simalungun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskritif. Sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Instrumen penelitian adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan data. Instrumen yang dipakai oleh penulisan ini adalah dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa dan guru. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Satria Mandiri Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun. Data yang didapat akan dianalisis kembali sehingga rumus yang dipakai untuk melakukan penganalisisan adalah dapat kita lihat sebagai berikut. Upaya guru dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran di masa pandemi covid -19 di sekolah SMK Swasta Satria Mandiri adalah dengan cara mengajar seorang guru, ketika seorang pengajar kreatif dalam mengajar dan menjelaskan pembelajaran kepada siswa nya tentu saja siswa tersebut tidak merasa bosan atau jenuh dalam mengikuti pembelajran itu tentu saja disini juga guru dituntut untuk merancang rpp dan media pembelajaran tematik yang membuat siswa berperan aktif didalam pembelajarannya. Prestasi belajar anak bukanlah semata-mata ditentukan atau dipengaruhi dari dalam diri anak itu sendiri seperti IQ, minat, motivasi dan lain-lain, tetapi juga ditentukan oleh faktor dari luar diri anak, seperti keadaan pengaruh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI OLEH TRAVEL UMROH ATAS JAMAAH HAJI FURODA/UMROH DI INDONESIA Sahdani Ritonga; Ida Nadirah
Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Publisher : Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan FKIP, Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jurnalmoralita.v3i2.550

Abstract

Tahun 2017, Indonesia mendapat kuota sebanyak 334 tamu undangan haji dari Kerajaan Arab Saudi. Program ini terbentuk dari kerjasama Duta Besar Arab Saudi, PT. Hadco dan Rabut Al-Islami. Namun sayangnya undangan haji dari Arab Saudi sering disalahgunakan oleh oknum pejabat dengan memperdagangkan visa Furoda mereka bermain-main dengan biro perjalanan yang tidak terdaftar di Kementerian Agama. Selain masalah visa, masalah administrasi dari Indonesia juga harus diperhatikan karena Indonesia dan Arab Saudi memiliki kebijakan yang berbeda. Seperti masalah nama belakang jemaah haji, juga menjadi salah satu kebijakan haji dari Arab Saudi. Jemaah dipulangkan kembali ke Indonesia karena ada catatan pergantian nama di belakang bin atau nama ayahnya di paspornya. Sedangkan kasus yang terjadi pada Haji Furoda visa yang digunakan bukan dari Indonesia melainkan dari Malaysia atau Singapura,sehingga jamaah dikembalikan pulang ke tanah air, dalam hal ini bagaimana Penyelesaian sengketa atas tindakan wanprestasi oleh travel umroh/haji dan sejauh mana perlindungan hukum bagi jemaah haji sebagai konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah hukum normatif yaitu penelitian yang mengacu pada norma dan asas hukum yang terkandung dalam undang- undang dan putusan pengadilan dengan melakukan studi literatur. Spesifikasi dalam penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Pengumpulan data diperoleh dari data primer, data sekunder, antara lain: Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kajian hukum dengan norma-norma yang berlaku, kajian hukum yang berpegang pada norma-norma yang berlaku adalah kajian yang menekankan norma baku dan asas-asas hukum yang dapat ditemukan dalam undang- undang dan putusan pengadilan. Kesimpulan bahwa Penggunaan penyelesaian masalah wanprestasi ini adalah melalui litigasi dapat berupa pengajuan gugatan perdata yaitu gugatan wanprestasi dan/atau ganti rugi kepada biro perjalanan, apabila tuntutan ganti rugi tidak diperoleh maka calon jamaah haji dalam hal ini korban , juga dapat melaporkan tindak pidana penipuan di bidang penyelenggaraan haji dan umrah yang dilakukan oleh biro perjalanan haji dan umrah
ANALISIS HASIL PENUGASAN BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BILAH HULU SELAMA COVID-19 KABUPATEN LABUHANBATU Muhammad Khorul Ritonga; Misdani Pohan
Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Publisher : Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan FKIP, Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jurnalmoralita.v3i2.551

Abstract

Pohan misdani, 2021,”Analisis hasil penugasan belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bilah Hulu selama covid-19 Kabupaten Labuhanbatu”. Rantauprapat: Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhanbatu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil penugasan siswa SMP Negeri 4 Bilah Hulu terhadap peningkatan belajar siswa selama covid-19. Dimana masa pandemi covid-19 siswa tidak bisa melakukan.. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pengambilan data menggunakan teknik, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Medel penelitiannya observasi melihat pembelajaran lansung kesekolah Negeri 4 Bilah Hulu, dan penelitian wawancara langsung terjun kesekolah dan menemui adik-adik siswa secara langsung, bagi siswa yang tidak bisa disekolah peneliti kerumah masing-masing siswa melakukan wawancara langsung, dan dokumentasi saat melakukan penelitian kesekolah dan kerumah siswa untuk pengambilan data. Penelitian ini disarankan dalam pembelajaran daring oleh siswa dari rumah, guru tetap dituntut mampu merancang kegiatan pembelajaran dari perencanaan hingga evaluasi dengan cara yang sedehana, lebih efektif dan kreatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 4 Bilah Hulu 156 siswa. Pengambilan sampel dilakukan kepada 30 siswa di kelas VII menggunakan teknik wawancara. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII dan guru bidang study PPKn
ANALISIS LITERASI ABAD 21 BACA dan TULIS di TAMAN BACAAN MASYARAKAT PENDIDKAN & AMAL (TBM PENA) KABUPATEN LABUHANBATU Rohana; Muhammad Khorul Ritonga; Duma Intan Siregar
Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Publisher : Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan FKIP, Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jurnalmoralita.v3i2.552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengelola serta kegiatan Taman Bacaan Masyarakat Pendidikan dan Amal (TBM PENA) Kabupaten Labuhanbatu dalam membiasakan dan meningkatkan kegiatan literasi abad 21 baca dan tulis. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan proses pengambilan data menggunakan tekhnik, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah satu orang pengelola, dua orang pustakawan sebagai informan kunci dan 17 orang pemustaka TBM PENA sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan memberikan kesimpulan/verifikasi data yang sudah terkumpul . Data diolah dengan melakukan pendekatan kualitatif untuk menjawab pertanyaan peneliti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa peran pengelola Taman Bacaan Masyarakat Pendidikan dan Amal (TBM PENA) Kabupaten Labuhanbatu dalam membiasakan kegiatan literasi abad 21 baca dan tulis dapat dikatakan berhasil. Cara pengelola Taman Bacaan Masyarakat Pendidikan dan Amal (TBM PENA) Kabupaten Labuhanbatu dalam membiasakan kegiatan literasi abad 21 baca dan tulis: 1) Menyediakan bahan bacaan dengan jenis dan judul yang berbeda-beda, 2) Memberikan fasilitas yang nyaman, 3) Memberikan pelayanan yang baik untuk pemustaka agar mereka merasa senang, 4) Menjalin kerjasama dengan dinas, lembaga dan komunitas dalam penyediaan bahan bacaan 5) Memberikan program dan kegiatan yang berdampak aplikatif bagi pemustaka dan 6)Memberikan pelatihan literasi baca dan tulis untuk pemustaka. kegiatan yang dapat meningkatkan literasi abad 21 baca dan tulis. Semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua sudah tersedia kegiatan literasibaca dan tulis masing-masing. Adapun program dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Taman Bacaan Masyarakat Pendidikan dan Amal (TBM PENA), antara lain: 1) KIM (Kelas Ibu Membaca), 2) BATIC (Baca,Tulis dan Ceritakan), 3) Kampung Literasi, 4) Pojok Baca, 5) Literasi Qur’an, 6) Iqro’ Al-qur’an 7) Kegiatan Minggu Ceria dan 8) Main Buku (Bertemankan Buku). Kegiatan yang aktif dilakukan TBM PENA dan partisipasi dinas, lembaga serta komunitas akan mampu meningkatkan literasi abad 21 baca dan tulis di Kabupaten Labuhanbatu
PENGARUH MEDIA MASSA (TELEVISI DAN SURAT KABAR) TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS VIII MTs AL-HURRIYAH PANEI TONGAH Imman Yusuf Sitinjak; Sariaman Gultom; Rhyka Jessya Nita
Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Publisher : Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan FKIP, Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jurnalmoralita.v3i2.553

Abstract

Media massa merupakan faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi (belajar sosial).demikian hal nya pula di mts al-hurriyah panei tongah. Masih membutuhkan informasi melalui media massa baik dalam bentuk majalah, koran, atau media elektronik. Penelitian ini dilakukan untuk membahas mengenai pengaruh media massa (televisi dan surat kabar) terhadap perilaku siswa kelas viii MTs Al-hurriyah panei tongah. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui: Bagaimana pengaruh media massa (televisi dan surat kabar) terhadap perilaku siswa kelas VIII MTS AL-Hurriyah Panei Tongah, Bagaimana cara menanggulangi pengaruh media massa (televisi dan surat kabar) terhadap perilaku siswa kelas VIII MTS AL-Hurriyah Panei Tongah . Penelitian ini deskriptif analistis, dengan mengambil lokasi penelitian pada salah satu sekolah yang berada dalam wilayah kabupaten simalungun , tepatnya di MTs AL-Hurryah Panei Tongah. Hasil penelitian ini mensimpulkan bahwa Pengaruh media massa (Televisi dan Surat Kabar) sangat berpengaruh didalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan sekolah, Pengaruh media massa televisi dan surat kabar dari hasil penelitian ternyata dampak positif yang lebih berpengaruh atau lebih tinggi hasil nya, Penggunaan media massa surat kabar di dari hasil penelitian ternyata pemanfaatannya kurang di minati,baik dalam segi kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 5