cover
Contact Name
Muhammad Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar No. K-2/22, Pos: 20222, Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Khazanah : Journal of Islamic Studies
ISSN : 28298225     EISSN : 28280458     DOI : -
Core Subject : Religion, Social,
Fokus penerbitan artikel riset pada jurnal Khazanah : Journal of Islamic Studies : 1. Ilmu-Ilmu Keislaman 2. Pendidikan Islam 3. Pemikiran Islam 4. Hukum Islam 5. Islam politik 6. Ekonomi Islam 7. Ilmu dakwah 8. Komunikasi Islam
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 76 Documents
Impelementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al Qur’an Di Kelas VIII di Ponpes Al Ikhwan Serapuh Diani Syahfitri, Nurmisdaramayani, Khairunnisa
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.824 KB)

Abstract

Problematika Guru Tahfidzul Qur’an dalam menerapkan metode One Day One Ayat bahwa siswa kurang istrirahat untuk menghafal al-Qur’an, sehingga setiap waktu penyetoran tidak sedikit siswa yang enggan menyetor hafalannya dan siswa kesulitan membagi waktu untuk menghafal al-Qur’an. Jenis Penelitian ini adalah penelitian PTK yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan teknik analisis deskriftif. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebelum dilakukan penelitian tindakan, diawali dengan tahap pra siklus. Pada tahap ini peneliti melakukan observasi tentang kemampuan menghafal al-Qur’an. Hasil penelitian bahwa diketahui kondisi awal siswa di kelas VIII A terjadi permasalahan yaitu kemampuan menghafal al-Qur’an siswa masih tergolong rendah dan jauh dari target KKM (70) yang ditetapkan oleh pihak Pondok Pesantren. Pada pelaksanaan pra siklus diperoleh nilai rata-ratasiswa 66, 538 dengan nilai ketuntasan belajar siswa 34%. Kemudian dilaksanakan siklus I, dari data penelitian tindakan kelas yang telah peneliti dapatkan terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus I menjadi 66,961, dengan niai ketuntasan belajar 50%. Tetapi masih banyak sekali siswa yang belum mencapai KKM, maka dilanjutkan ketindakan siklus II. Pada tindakan ini terjadi peningkatan lagi, yaitu menjadi 78,076 dengan ketuntasan hasil belajar 80%. Hal ini menunjukkan bahawa Metode ODOA (One Day One Ayat) yang peneliti gunakan mampu meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an siswa
Pengaruh Penggunaan Strategi Modeling Partisipan Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas VIII MTS Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak Muamar Al Qadri, Sheilla Fazelina
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.89 KB)

Abstract

Latar belakang berdasarkan identifikasi bahwa pembelajaran yang selama ini dilakukan di MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak khusus mata pelajaran Akidah akhlak kurang menekankan pada pembelajaran dengan pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui pengembangan psikomotorik siswa. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu : Pertama, Untuk mengetahui Strategi pembelajaran modeling partisipan dalam proses pembelajaran Akidah Akhalak Kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak. Kedua, Untuk mengetahui kemampuan Psikomotorik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhalak Kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak. Ketiga, Untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran modeling partisipan terhadap kemampuan Psikomotorik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhalak Kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian menggunakan instrument yang digunakan berupa angket dengan menggunakan sikap skala likert yang telah di modifikasi dengan penilaian sebagai berikut: sangat sering skor 3, sering skor 2, dan jarang skor 1. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi pembelajaran modeling partisipan berpengaruh signifikan positif terhadap kemampuan psikomotorik siswa, Artinya Strategi pembelajaran modeling partisipan yang baik akan diikuti oleh kenaikan kemampuan psikomotorik siswa kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah. Setiap kenaikan nilai Strategi pembelajaran modelling partisipan sebesar 1 maka kemampuan psikomotorik siswa kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah akan meningkat sebesar 0,418%. Artinya semakin baik Strategi pembelajaran modeling partisipan maka semakin tinggi pula kemampuan psikomotorik siswa kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah
Strategi Masyarakat Menghadapi Perilaku Buruk Remaja Zulfikar Abbas Pohan, Mhd. Fuad Zaini Siregar, Nova Silvia Karolina Br Sembiring
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.104 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana masyarakat setempat mampu mencegah dan menghadapi masalah-masalah yang terjadi pada remaja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, adapun hasil penelitian adalah Gambaran kenakalan remaja di Desa Patumbak 1 berupa mencuri uang orang tuanya, mencuri helm seperti demo berkelahi, mabuk-mabuan, dan lain-lain. Mereka sering melakukan tindakan-tindakan negatif itu karena tidak adanya kegiatan remaja dan mereka melakukan hal-hal yang negatif sehingga merugikan mereka sendiri dan masyarakat. Disamping karena tidak adanya kegiatan, banyaknya pengaruh dari teman sebaya untuk melakukan hal-hal tertentu. Strategi mengatasi perilaku buruk remaja di Desa Patumbak 1 Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang dapat dipahami sebagai berikut : Pertama, dari dalam diri remaja sendiri untuk memperbaiki diri. Kedua, peran orang tua harus lebih banyak memberikan perhatian, kasih sayang, tidak sibuk bekerja terus, tetapi ada waktu untuk bersama anak dengan memberikan nasehat bukan marah-marah, juga ada aturan batasan waktu anak-anak bermain tidak larut malam di luar rumah. Ketiga, peran sekolah lebih banyak memberikan pemahaman agama yang jelas dan detail, terutama terkait keutamaan ajaran Islam dan larangan-larangan agama. Keempat, teman pergaulan yang baik, yaitu teman yang bisa menunjukkan jalan yang benar dan tidak mendukung perilaku yang tidak baik.
Kondisi Masyarakat Terhadap Harmonisasi Masyarakat : Analisis Ilmu, Adat Dan Agama Ismail Nasution, Rizky Fauzie
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.326 KB)

Abstract

Tujuan penelitian pada kali ini yaitu untuk melihat kondisi masyarakat terhadap harmonisasi masyarakat antara perbedaan adat dan agama.di Indonesia memiliki banyak sekali adat dan budaya yang berbeda-beda akan tetapi sering terjadi di tidak keharmonisan di antara suatu lingkungan dalam suatu masyarakat mereka tidak menghargai akan memiliki suatu adat dan agama yang berbeda dan pada penelitian kali ini saya melakukan penelitian langsung ke Belawan di mana berawan adalah tempat pelosok di mana saya ingin melihat kondisi masyarakat terhadap keharmonisan mereka terhadap perbedaan adat dan agama apakah disini memiliki suatu keharmonisan atau tidak oleh karena itu saya melakukan penelitian langsung pada daerah lingkungan Belawan ini.
Kebiasaan- Kebiasaan Masyarakat Membangun Kerukunan Aulia Amri Ginting
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.209 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Kebiasaan- kebiasaan masyarakat membangun kerukunan, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kerukunan dalam islam diberi istilah “tasamuh“ atau toleransi. Sehingga yang dimaksud dengan toleransi adalah kerukunan social kemasyarakatan karena qaidah telah digariskan secara jelas dan ditegaskan dalam Al –Qur’an dan Hadist. Manusia diciptakan oleh Allah sebagai mahkluk social yang membutuhkan hubungan dan interaksi social memanusiakan dalam hal kebaikan. Dalam kehidupan social masyarakat umat islam dapat berhubungan dengan siapa saja tanpa batasan ras,bangsa maupun agama. Dengan tolong menolong dan kerjasama,masyarakat diharapkan bias hidup rukun dan damai dengan sesamanya. Kata islam berarti damai, selamat, taat dan patuh. Pengertian tersebut menunjukkan bahwa agama islam adalah agama yang mengandung ajaran untuk menciptakan kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan hidup umat manusia khususnya dari seluruh alam pada umatnya maupun sesamanya. Agama Islam adalah agama yang Allah turunkan sejak manusia pertama, Nabi pertama yaitu Nabi Adam a.s.
Ketokohan Syekh Jamaluddin Al-Qasimi (1282 H-1332 H) Dalam Bidang Pendidikan Muhammad Harmidi Harahap
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.724 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan perkara yang penting dalam Islam. Setiap Muslim digalakkan untuk menuntut pelbagai jenis ilmu. Kepentingan pendidikan ini secara jelas dinyatakan dalam al-Quran dan al-Sunnah serta dijelaskan oleh para sarjana Islam menerusi karya-karya agung mereka. Makalah ini menyingkap penglibatan dan komitmen Syekh Jamaluddin al-Qasimi dalam bidang pendidikan. Beliau merupakan ulama besar kontemporari di Syam yang menghasilkan beberapa karya yang membincangkan idea-idea pendidikan. Makalah ini menumpukan kepada penglibatan beliau dalam bidang pendidikan yang merangkumi analisis mengenai para murid dan karya-karya pendidikan beliau. Perbahasan ini seterusnya mengkaji sumbangan dan karya-karya beliau dalam bidang pendidikan.Hasil kajian mendapati bahawa al-Qasimi banyak mengkaji tentang pendidikan akhlak, akhlak kepada diri sendiri,akhlak keada Allah dan Rasulnya, akhlak didalam rumah dan sosial
Praktek Pelaksanaan Kenduri Kematian Dan Tahlilan Menurut Imam Syafi’i Dan Hanafi (Studi Kasus Di Desa Air Hitam Kecamatan Gebang) Muhammad Saleh, Muhammad Yusuf, Diyan Yusri
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.533 KB)

Abstract

Identification of the problems found at the research location, namely: 1. The implementation of tahlilan and death feasts was carried out after the maghrib prayer at the funeral home. So that its implementation in the near future is waiting for the Isha prayer. The problem found was that the congregational Isha prayer was missed because the tahlilan and death feast were still ongoing. 2. Some of the people of Air Hitam, Gebang District, do not accept the implementation of tahlilan and death feasts because they are considered as heretical acts, that is, they were never taught by the Messenger of Allah. The formulation of the problem in this study are: 1. How is the practice of tahlilan and death feast applied in Air Hitam Village, Gebang District? 2. How is the legal analysis regarding the implementation of tahlilan and death feast according to the Imam Shafi'i school of thought? 3. Is the implementation of tahlilan and death feast in Air Hitam Village, Gebang District, against Islamic law? 4. What is the law regarding the implementation of tahlilan according to the scholars of the Shafi'i and Shafi'i schools? The conclusions in this study are: The implementation of tahlilan really helps the community in deepening religious knowledge. Through this tahlilan and in general, the people of Air Hitam Village have noble character and good personality, thus creating a prosperous and peaceful life. The tahlilan facilities that have been provided by the people of Air Hitam Village are adequate, such as community houses and some cash and social gathering money which will be used to hold a meal together after the tahlilan event is over, so lectures are also held.
Akulturasi Tari Dampeng Dalam Budaya Islam Di Desa Tanjung Mas Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil Mawarni, Retno Sayekti, Franindya Purwaningtyas
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.478 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana masyarakat setempat mampu mencegah dan menghadapi masalah-masalah yang terjadi pada remaja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, adapun hasil penelitian adalah Gambaran kenakalan remaja di Desa Patumbak 1 berupa mencuri uang orang tuanya, mencuri helm seperti demo berkelahi, mabuk-mabuan, dan lain-lain. Mereka sering melakukan tindakan-tindakan negatif itu karena tidak adanya kegiatan remaja dan mereka melakukan hal-hal yang negatif sehingga merugikan mereka sendiri dan masyarakat. Disamping karena tidak adanya kegiatan, banyaknya pengaruh dari teman sebaya untuk melakukan hal-hal tertentu. Strategi mengatasi perilaku buruk remaja di Desa Patumbak 1 Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang dapat dipahami sebagai berikut : Pertama, dari dalam diri remaja sendiri untuk memperbaiki diri. Kedua, peran orang tua harus lebih banyak memberikan perhatian, kasih sayang, tidak sibuk bekerja terus, tetapi ada waktu untuk bersama anak dengan memberikan nasehat bukan marah-marah, juga ada aturan batasan waktu anak-anak bermain tidak larut malam di luar rumah. Ketiga, peran sekolah lebih banyak memberikan pemahaman agama yang jelas dan detail, terutama terkait keutamaan ajaran Islam dan larangan-larangan agama. Keempat, teman pergaulan yang baik, yaitu teman yang bisa menunjukkan jalan yang benar dan tidak mendukung perilaku yang tidak baik.
Analisis Program Unggulan Dalam Bidang Pendidikan Agama Islam Di SMP IT Jannatul Firdaus Desa Perlis Gadis Nadila, Endah Retno Suci, Kamaliah
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.961 KB)

Abstract

Dampak negatif kemajuan teknologi harus disikapi dengan baik dan bijak dari pihak manapun tekhusus pihak sekolah SMPIT Jannatul Firadus, sebab sebagaian anak aktivitasnya hanya bermain game online, sehingga lupa waktu belajar dan cendrung malas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan hasil dari program unggulan dalam bidang pendidikan agama Islam yang ada di SMP IT Jannatul Firdaus Desa Perlis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan studi lapangan (field research). Teknik metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan proses pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari program unggulan sekolah menjadi lebih diminati, siswa mampu mempraktekkan hafalannya dalam memakmurkan masjid dan mushala yang ada di desa Perlis. Selain itu, siswa mampu menerapkan pembelajaran agama Islam yang diberikan di sekolah dalam kehidupan sehari-hari seperti sopan santun, praktek ibadah, akhlaq pergaulan dan cinta pada Al-qur’an. Setiap kegiatan belajar mengajar selalu diisi dengan kegiatan diskusi kelas sehingga partisipasi siswa tinggi. Siswa diberikan tugas hafala materi pelajaran sebagai bentuk tanggung jawab siswa pada materi yang telah diberikan dan siswa diberikan riwerd bila memperoleh prestasi dalam beajar. Guru juga memberikan metode teladan dan kisah yang terkait materi pelajaran serta memberikan program eksrakurikuler seperti tahfidz, silat dan pramuka sehingga siswa dapat menyalurkan bakatnya masing-masing.
Upaya Peningkatan Minta Belajar Fikih Melalui Metode Role Playing Di Kelas VII MTS Yaspen Muslim Desa Pematang Tengah Elvira Suryani, Khairuddin, Yunus Ismail
Khazanah : Journal of Islamic Studies Volume 1 Nomor 1 Februari (2022)
Publisher : Pusdikra Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.074 KB)

Abstract

Permasalah pada penelitian ini yaitu saat proses belajar masih belum menerapkan metode yang mendukung agar siswa aktif, sebab guru meminta siswa membuka buku paket untuk mendengarkan penjelasan dari guru dalam memberikan materi pelajaran fikih. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek atau sampel penelitian berjumlah 35 orang siswa. Metode penelitian dengan menggunakan instrumen tes dan non tes. Teknik Analisis data digunakan pengolaan data dalam menganalisa hasil tes dengan bentuk model siklus penelitian. Hasil penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran role playing pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 82 dengan persentase ketuntasan sebesar 60 % dan persentase ketuntasan belajar belum mencapai 85 %. Dan siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 87 (30 siswa) dengan persentase ketuntasan 100% dengan selisih peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 20%. Dengan demikian siklus II mengalami peningkatan signifikan, sehingga peneliti berkesimpulan bahwa tidak perlu dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya. Setiap siswa memiliki keunikan sendiri, hendaknya guru mampu menyampaikan materi dari berbagai segi, sehingga siswa dapat memaksimalkan kemampuannya dan menerima pelajaran dengan baik.