cover
Contact Name
AFDHAL ILAHI
Contact Email
jipdas8@gmail.com
Phone
+6281277708480
Journal Mail Official
jipdas8@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sutan Mhd. Arif Kel. Batang Ayumi Jae, Kec. Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
ISSN : -     EISSN : 27752445     DOI : https://doi.org/10.37081/jipdas
Core Subject : Education,
Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal JIPDAS memiliki cakupan yang membahas tentang model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar yang berhubungan dengan pendidikan dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 04 (2021): Vol 1 No 4 (2021): Vol. 1. No. 4. Edisi November 2021" : 6 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MASA NEW NORMAL PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI KELAS IV SD NEGERI 101680 SISANGKAP Balqis Bilkhoirot; Zulfadli Zulfadli; Sukriadi Hasibuan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 04 (2021): Vol 1 No 4 (2021): Vol. 1. No. 4. Edisi November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/jipdas.v1i04.157

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mendeskripsi hubungan antara kebiasaan belajar siswa pada masa new normal dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101680 Sisangkap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101680 Sisangkap yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji hipotesis meliputiuji korelasi Product Moment, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata kebiasaan belajar siswa kelas IV sebesar 59,38 tergolong sedang; (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,90 tergolong baik; (3) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa pada masa new normal dengan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya rhitung> rtabel (0,625>0,456)dan tarafsignifikansi 0,05, korelasi dalam penelitian ini tergolong kuat. Dari hasil perhitungan koefesien determine dinyatakan bahwa nilai koefesien diperoleh sebesar 0,390 karena signifikan 0,390 > 0,05 dengan kategori hubungan yng lemah. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa pada masa new normal dengan hasil belajar, dan tergolong sedang.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS IV SDN 100209 TN. SUKARAMAI KEC.ANGKOLA SELATAN KAB. TAPANULI SELATAN Fransisca Ekklesiya Tamba; Sukriadi Hasibuan; Mara Judan Rambey
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 04 (2021): Vol 1 No 4 (2021): Vol. 1. No. 4. Edisi November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/jipdas.v1i04.159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai menggunakan model pembalajaran inkuiri berbantuan media visual. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai dengan menggunakan model Inkuiri berbantuan media visual. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media visual. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara bersiklus pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 orang dengan persentase 64,51% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 11 orang dengan persentase 35,48%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 27 orang dengan persentase 87,09% sedang yang belum mencapai KKM sebanyak 4 orang dengan persentase 12,90%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis media visual pada tema 8 subtema 1 materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai Kec. Angkola selatan Kab. Tapanuli Selatan dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD DI KELAS IV SD NEGERII00I06 SIBANGKUA Mawaddatul Hasanahhrp; Sabri Sabri
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 04 (2021): Vol 1 No 4 (2021): Vol. 1. No. 4. Edisi November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/jipdas.v1i04.163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah menggunakan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 100106 Sibangkua Tahun Ajaran 2020/2021. Rancangan penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdapat dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 100106 Sibangkua yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata pada pembelajaran ips materi peninggalan sejarah dengan menggunakan model pembelajaran STAD nilai rata-rata 70 berada pada kategori “Kurang”. Sesudah menggunakan model pembelajaran STAD nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80 berada pada kategori “Baik”. Dari perbandingan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips materi peninggalan sejarah kelas IV SD pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran ips materi peninggalan sejarah.
KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET DAN KAITANNYA DENGAN HASIL BELAJARA IPA SISWA KELAS VI MATERI GAYA DAN BENDA DI SDN 153075 PINANGSORI 4 Rotua Magdalena; Zulfadli Zulfadli
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 04 (2021): Vol 1 No 4 (2021): Vol. 1. No. 4. Edisi November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/jipdas.v1i04.165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui internet dengan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 153075 Pinangsori 4. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jenis Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 153075 Pinangsori 4 yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Total sampel adalah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam pengambilan data adalah dokumentasi, dan Angket. Teknik analisis data merupakan cara menganalisis data penelitian. Kegiatan analisi data merupakan bagian dari beberapa tahap yang harus dilakukan dalam suatu penelitian. Ada 2 (dua) macam statistik yang dapat digunakan untuk melakukan analisis data penelitian kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, Berdasarkan perhitungan kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui internet di SDN 153075 Pinangsori 4 dengan menggunakan angket, diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,76 berada pada kategori “Sangat Tinggi”. Gambaran hasil belajar IPA siswa kelas VI materi gaya dan benda di SDN 153075 Pinangsori 4 diteroleh nilai rata-rata 58,96 berada pada kategori “kurang”. Melalui perhitungan hipotesis yang ditetapkan diperoleh rhitung sebesar 0,407 apabila dibandingkan dengan rtabel pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 0.005% dengan dk = (N – 2) = 33 – 2 = 31, Maka rtabel = 0,344 (0,407 > 0,344). Dan nilai ttabel = 2.040 maka thitung lebih besar dari ttabel (2.488 > 2.040). Berarti hipotesis diterima atau disetujui. Artinya, terdapat hubungan yang kuat antara kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui internet dengan hasil belajar IPA siswa kelas VI materi gaya dan benda di SDN 153075 Pinangsori 4.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 100106 SIBANGKUA Rizky Maritho; Kasmudin Harahap; Sartika Rati Asmara Nasution
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 04 (2021): Vol 1 No 4 (2021): Vol. 1. No. 4. Edisi November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/jipdas.v1i04.166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik subtema kekayaan sumber energi di Indonesia dengan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri 100106 Sibangkua. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri 100106 Sibangkua. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pada materi kekayaan sumber energi di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I diketahui hasil observasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL sebesar 63.75 yaitu berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76.25 yakni berada pada kategori baik. Hasil pembelajaran siklus I diketahui jumlah peserta didik tidak tuntas yaitu sebanyak 9 peserta didik atau sekitar 44%. Kemudian pembelajaran siklus II jumlah peserta didik tidak tuntas sebanyak 2 peserta didik atau 10%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II.
PENGARUH HUBUNGAN SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA 3 PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN KELAS V SD NEGERI 089 PANYABUNGAN Mahyuni Lubbis; Samakmur Samakmur; Monica Theresia
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 04 (2021): Vol 1 No 4 (2021): Vol. 1. No. 4. Edisi November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/jipdas.v1i04.169

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengaruh hubungan sosial siswa dengan hasil belajar siswa pada sub tema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SD Negeri 089 Panyanbungan sosial siswa dengn, jenis penelitian adalah kolerasi. Penelitian korelasi adalah penelitian yang ditunjukan untuk menggungkapkan hubungan antara variabel, populasi pada penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 089 Panyabungan sebanyak 20 siswa, sampel ini mengunakan teknik total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pengaruh hubungan sosial, karena hasil belajar didapat melalui metode dokumentasi. Instrumen hubungan siswa berbentuk angket atau kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang telah dikemukaan maka kesimpulan yang dapat diperoleh adalah: 1) hubungan sosial kelas V SD Negeri 089 Panyabungan berada katagori cukup dengan rata-rata 57,5, 2) hasil belajar sub tema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SD Negeri 089 Panyabungan berada katagori baik dengan rata-rata 71,5, dan terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan sosial siswa dengan hasil belajar sub tema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SD Negeri 089 Panyabungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6