cover
Contact Name
Otto Fajarianto
Contact Email
ofajarianto@gmail.com
Phone
+628112424666
Journal Mail Official
signal@ugj.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Swadaya Gunung Jati, Jl. Pemuda No. 32 Cirebon, Jawa Barat
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Signal
ISSN : 23374454     EISSN : 25801090     DOI : http://dx.doi.org/10.33603/signal.v7i2
Core Subject : Humanities, Social,
URNAL SIGNAL diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati. JURNAL SIGNAL tujuannya merupakan kumpulan karya tulis ilmiah hasil riset maupun konseptual bidang Ilmu Komunikasi dengan ruang lingkup Public Relations, Manajemen Komunikasi, Jurnalistik, Broadcasting, Komunikasi Organisasi, Lokal Wisdom, Komunikasi Pemasaran, Corporete Sosial Responsibily (CSR), Komunikasi Politik, dan Komunikasi Lintas Budaya. JURNAL SIGNAL menerima tulisan dari para akademisi maupun praktisi dengan proses blind review, sehingga dapat diterima disetiap kalangan dengan penerbitan jurnal ilmiah berkala terbit setiap dua kali dalam setahun periode Juni dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016): Jurnal SIGNAL" : 5 Documents clear
KOMUNIKASI VERBAL BAGI PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) Studi Deskriptif Kualitatif tentang Komunikasi Verbal dalam KDRT Bagi Perempuan Korban KDRTdi Bandung dhita prasanti
JURNAL SIGNAL Vol 4, No 1 (2016): Jurnal SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.267 KB) | DOI: 10.33603/signal.v4i1.658

Abstract

Komunikasi verbal merupakan hal yang tidak asing lagi terjadi dalam proses interaksi sosial yang dialami sehari-hari. Setiap aktivitas yang dilakukan manusia tentunya pun memerlukan komunikasi, seperti salah satu prinsip komunikasi bahwa, we can not not communicate. Begitupun halnya, disadari atau tidak, komunikasi pun akan terjadi dalam Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) masih menjadi persoalan sosial yang marak terjadi di lingkungan masyarakat. Terjadinya kasus kekerasan dalam rumah tangga yang tidak terungkap,  salah satunya dikarenakan sebagian masyarakat masih mengganggap bahwa kasus ini merupakan urusan personal yang tabu dan tidak layak untuk dipublikasikan. Meningkatnya kasus kekerasan pada perempuan setiap tahunnya mengundang perhatian dari segala pihak. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengangkat penelitian tentang Komunikasi Verbal dalam KDRT bagi Perempuan Korban KDRT di Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan, trianggulasi data, dan kecukupan referensial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi verbal bagi perempuan korban KDRT ini terjadi dalam bentuk ucapan/kata-kata yang dilontarkan oleh suaminya dan menimbulkan perasaan sakit, sedih, hancur, terpukul, dan disepakati oleh suami istri tersebut sebagai bentuk dari KDRT.  Jikalau dilihat dari konteks bahasa verbal, ada tatabahasa meliputi tiga unsur: fonologi, sintaksis, dan semantik.   Kata Kunci:Komunikasi, Verbal, KDRT, Perempuan
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. KERETA API INDONESIA (Studi Kasus Kereta Api Argo Parahyangan) vera martikasari
JURNAL SIGNAL Vol 4, No 1 (2016): Jurnal SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.238 KB) | DOI: 10.33603/signal.v4i1.654

Abstract

Penelitian tentang Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Kereta Api Indonesia (Studi Kasus di Kereta Api Argo Parahyangan) ini membahas tentang strategi komunikasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam pemasaran Kereta Api Argo Parahyangan. Titik fokusnya adalah pilihan strategi komunikasi pemasaran, pelaksanaan, pengawasan, serta alasan pemilihan strategi komunikasi pemasaran tersebut. Kereta Api Argo Parahyangan memiliki banyak keunikan sehingga masih menjadi primadona penggunanya. Namun tetap saja jumlah pengguna kereta api tersebut mengalami penurunan karena bersaing dengan moda transportasi darat lainnya. Hal ini menyebabkan perlu strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar penggunanya meningkat kembali.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan berlandaskan pada paradigma konstruktivis. Informan kunci dalam penelitian ini berjumlah 2 (dua) orang, sedangkan 4 (empat) orang menjadi informan pendukung dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui media cetak dan elektronika, seperti website, media sosial, radio, surat kabar dan brosur untuk iklan promo maupun pemberitaannya. Unsur promotion mix muncul pada promo harga tiket akhir tahun 2015 dalam pelaksanaan promosi (promotion), distribusi (place) dan penetapan harga promo (price). Upaya strategi komunikasi pemasaran tersebut menunjukkan dampak signifikan terhadap peningkatan okupansi penumpang kereta api Argo Parahyangan. Namun, pelaksanaan promosi masih dipandang belum berhasil menyampaikan pesan kepada masyarakat secara luas. Dengan demikian, masih banyak masyarakat umum yang tidak mengetahui tentang promo tersebut. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, PT. Kereta Api Indonesia, Kereta Api Argo Parahyangan, Promosi, Website, Media Sosial
PERSEPSI KHALAYAK DALAM PENGGUNAAN MEDIA JEJARING SOSIAL UNTUK KAMPANYE POLITIK Welly Wihayati
JURNAL SIGNAL Vol 4, No 1 (2016): Jurnal SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.866 KB) | DOI: 10.33603/signal.v4i1.16

Abstract

The election campaign has largely been considered as an arena of the ongoing process of political communication, a very high intensity. The method used deskripsif qualitative research results: 1. The public perception regarding the use of social media for political campaigns in the city of Cirebon is still within reasonable limits to be used as a medium for political campaigns, if not deceive people, not against the law and is considered effective; 2.Barriers the use of social networking media for political campaigns that not all people taking social networking media, when there are pros and cons of social networking media occurs intimidate each other, there is even a menghacker, plowing, as if the candidates and vilify candidates candidate; 3. Supporting the use of social media for political campaigns, which will be a lot of followers, respect for the candidate, can raise funds, can perform community service, and even personal photos and daily activities can be updated, the status of building realized in the real world, and comment -komentar building.
RESISTENSI OBESITAS DALAM FILM SPY sephira ayu putri irawan
JURNAL SIGNAL Vol 4, No 1 (2016): Jurnal SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1183.482 KB) | DOI: 10.33603/signal.v4i1.657

Abstract

Kesehatan merupakan suatu hal yang penting bagi setiap insan manusia. Postur tubuh ideal tentunya merupakan impian bagi setiap orang karena pengaruhnya terhadap pengembangan konsep diri. Kegemukan atau selanjutnya disebut dengan obesitas telah menjadi permasalahan mendunia. Salah satu bentuk minoritas yang ada di sekitar kita adalah isu obesitas. Bagaimana orang-orang yang memiliki berat badan yang berlebihan menjadi terpinggirkan dalam kehidupan sosial, dan isu gemuk menjadi momok dalam pergaulan. Film SPY merupakan film dengan tokoh utama seorang obesitas, terlihat resistensi kaum obesitas dan opresi terhadap obesitas yang menjadi stereotip dalam kehidupan sosial.
KONSTRUKSI SOSIAL MEDIA TWITTER WALIKOTA BANDUNG (Studi Analisis Framing Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Online 2015 di Media Sosial Twitter Walikota Bandung) Dieni Nurdianingsih
JURNAL SIGNAL Vol 4, No 1 (2016): Jurnal SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.165 KB) | DOI: 10.33603/signal.v4i1.656

Abstract

Penelitian ini menganalisis media online dalam hal ini media sosial twitter milik Walikota Bandung Ridwan Kamil (@ridwankamil) dalam membingkai permasalahanPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2015 di Bandung. Dengan menggunakan analisis framing model Robert N. Entman, yang merupakan salah satu varian dari metode penelitian kualitatif.Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana media sosial twitter Walikota Bandung Ridwan Kamil (@ridwankamil) mengidentifikasi masalah PPDB Online, bagaimana media sosial twitter Walikota Bandung Ridwan Kamil (@ridwankamil) memperkirakan sumber masalah PPDB Online 2015, bagaimana media sosial twitter Walikota Bandung Ridwan Kamil (@ridwankamil) membuat penilaian moral atas masalah PPDB Online 2015, dan bagaimana bentuk penyelesaian masalah yang ditawarkan oleh media sosial twitter Walikota Bandung Ridwan Kamil (@ridwankamil) atas masalah PPDB Online 2015. Dari hasil penelitian, dalam mengidentifikasi masalah, media sosial twitter Walikota Bandung Ridwan Kamil (@ridwankamil) memandang masalah PPDB Online 2015 ini bukan terjadi karena kesalahan pada sistem PPDB karena sudah berjalan semestinya. Ini terjadi karena adanya manipulasi dalam Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).Peristiwa PPDB Online ini dipahami sebagai “Pemalsuan”, “Manipulasi”, dan bahkan Ridwan Kamil sering menulis “SKTM Bodong”.Dalam memperkirakan sumber masalah, Ridwan Kamil menganggap adanya pemalsuan SKTM dalam pendaftaran PPDB Online 2015 menjadi sumber masalah.Oknum orang tua dan mafia SKTM palsu yang memanipulasi dengan berpura-pura miskin padahal berasal dari keluarga yang berkecukupan dianggap sebagai aktor penyebab masalah ini.Dalam membuat keputusan moral, Ridwan Kamil dalam twitter-nya menilai idealnya semua pendidikan gratis untuk semua warga.namun, Pemkot Bandung sementara ini hanya sanggup gratiskan untuk warga golonggan tidak mampu. Maka dari itu, masyarakat mapan yang mengaku miskin harus ditindak.Dalam hal bentuk penyelesaian masalah, Ridwan Kamil melibatkan kepolisian dalam masalah ini. Jika terbukti menggunakan SKTM palsu akan langsung diproses polisi karena kriminal pemalsuan data. Kata Kunci: Ridwan Kamil, PPDB Online, Twitter, Analisis Framing.

Page 1 of 1 | Total Record : 5