cover
Contact Name
Ita Suhermin Ingsih
Contact Email
ita.suhermin@unisma.ac.id
Phone
+62341-552249
Journal Mail Official
rekayasa.sipil.unisma@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal)
ISSN : 23377720     EISSN : 23377739     DOI : 10.33474
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal "Rekayasa Sipil" sebagai media informasi dan forum kajian bidang Teknik Sipil berisi tulisan ilmiah hasil penelitian. Diterbitkan oleh jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang setiap bulan Februari dan Agustus. Redaksi mengundang para ahli, praktisi, peneliti dan semua pemerhati keteknik sipil an untuk menyumbangkan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL" : 4 Documents clear
EVALUASI SALURAN DRAINASE DI KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO Agus Tri Purnomo
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.567 KB)

Abstract

Salah satu wilayah perkotaan di Jawa Timur yang menghadapi masalah banjir dan genangan adalah Wilayah Kota Bojonegoro. Dengan sedikit kontras kenaikan permukaan dan perkembangan permukiman pada daerah perkotaan, seperti halnya perubahan penggunaan lahan dimana daerah yang sementara untuk persediaan air sebagian besar diubah menjadi daerah permukiman sehingga air secara tidak teratur dilupakan di jalan-jalan perkotaan.Mendemonstrasikan dengan sofware EPA SWMM 5.1 untuk mengetahui saluran darinase yang mengalami luapan akibat limpasan permukaan. Dari hasil perhitungan kalibrasi model dengan membandingkan hasil simulasi dengan hasil observasi di lapangan dengan hasil persentase yang relatif kecil. Dari hasil estimasi menggunakan EPA SWMM 5.1 dari 43 saluran, 9 saluran yang melampaui batas normal adalah conduit  C4 = 0,374 m3/s; conduit C12 = 0,142 m3/s ; conduit C17 = 0,056 m3/s ; conduit  C18 = 0,168 m3/s ; conduit C19 = 0,172 m3/s ; conduit C28 = 0,399 m3/s ; conduit C29 = 0,154 m3/s ; conduit C31 = 0,524 m3/s, dan conduit  C34 = 0,286 m3/s. Saluran tersebut adalah Jalan Panglima Sudirman, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Agus Salim, Jalan Hassanudin, dan Jalan Hartono.Kata Kunci: Saluran Drainase, Intensitas Curah Hujan Kala Ulang 5 tahun, Kalibrasi Permodelan, EPA SWMM 5.1.
PERENCANAAN GEDUNG RUMAH SAKIT ISLAM AHMAD YANI SURABAYA MENGGUNAKAN SISTEM STRUKTUR GANDA R.B. Moh. Ismail Huzain
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.007 KB)

Abstract

Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) ialah sistem struktur yang pada komponen struktur serta sambungannya menahan gaya yang terjadi lewat aksi aksial, lentur, dan geser. Dinding geser sebagai komponen struktur vertikal yang relatif sangat kaku untuk menahan gaya lateral maupun sebagai dinding pendukung. Fungsi bangunan sebagai institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat menuntut agar bangunan dapat bertahan dalam kondisi ekstrem oleh karena itu Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya dibangun dengan menerapkan sistem struktur ganda. Gedung Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya mempunyai 10 lantai dengan panjang 51,73 m dan lebar 15,51 m dengan ketinggian 33,99 m. Pada penulisan skripsi ini dilakukan redesign memakai sistem struktur ganda dengan mengacu pada standar perencanaan yaitu SNI 03-2847-2002, SNI 1726-2012, SNI 1727-2013 dan SNI 2847-2013. Hasil perhitungan tebal pelat lantai 125 mm dengan tulangan Ø10 ; beban gempa sebesar 1233808,3 kg ; balok anak berdimensi 20/40 dan 30/50 cm dengan tulangan D19 dan Ø10 ; balok induk berdimensi 50/80 dan 30/50 cmdengan tulangan D25, D22 dan D13 ; kolom berdimensi 60/80 dan 50/70 cm dengan tulangan D25 dan D16 ; dinding geser berdimensi 0,3 x 5,74 dan 0,3 x 4,45 m dengan tulangan D19 yang dihubungkan dengan balok perangai berdimensi 0,3 x 1 m dengan tulangan D10 dan D16. Kata Kunci: Sistem Struktu Ganda, Perencanaan, Beton, Gedung
STUDI PERENCANAAN STRUKTUR BERTULANG TAHAN GEMPA TOWER 2 APARTEMEN NAYUMI SAMTOWER MALANG DENGAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS (SRPMK) Boby Suswanto
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.6 KB)

Abstract

Pembangunan Gedung Hotel Apartemen Nayumi Samtower Malang terletak di Jln. Soekarno Hatta No.18, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144. Yang terdiri dari 10 Lantai dengan 1 basement memiliki tinggi bangunan 33 m yang termasuk pada struktur Gedung tinggi yang beresiko untuk mengalami keruntuhan saat terjadinya gempa bumi. Untuk itu diperlukan perencanaan Gedung yang mampu menerima beban gempa resiko tinggi. Maka tugas ahir ini, Gedung apartemen nayumi samtower malang direncakan menggunakan sistem rangka pemikul momen khusus sesuai dengan peraturan persyaratan beton bertulang dengan SNI 03-2847-2013, tata perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan Gedung dan non Gedung SNI 1726-2012, serta peraturan lain yang berlaku di Indonesia. Perhitungan menggunakan pemodelan portal 2D dengan bantuan aplikasi Staadpro V8i dan SpColumn.Hasil dari perhitungan adalah tebal plat 125 mm, gempa rencana menggunakan metode respon spectrum (V) sebesar 61843,292 kg. Dimensi Balok anak 25/50, Balok induk 40/70, dan Dimensi Kolom K1 60/70, K2 50/50, untuk pondasi mengunakan pondasi tiang pancang dengan diameter tiang 50 cm dan kedalaman 15 m.Kata Kunci : Apartemen Nayumi SamTower Tower 2 Malang, SRPMK
STUDI PERBANDINGAN STRUKTUR BAJA PADA PEMBANGUNAN TERMINAL BANDARA BIMA DENGAN METODE..LRFD (LOAD AND RESISTANCE*FACTOR DESIGN) DAN METODE ASD.(ALLOWABLE STRESS DESIGN) Ainul Yaqin
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.042 KB)

Abstract

Struktur baja merupakan suatu alternative yang memiliki keuntungan dalam pembangunan Gedung dan struktur yang lainnya baik dalam skala kecil maupun besar. Dengan demikian material baja juga memiliki beberapa kelebihan yang signifikan jika dibandingkan dengan bahan kontruksi lainnya seperti beton konvensional. Seperti pada proyek pembangunan Terminal Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Nusa Tenggara Barat. Dalam*pembangunan.proyek ini menggunakan.kontruksi-yang terbuat dari*baja dengan model Gable Frame.. terminal bandara ini mempunyai 2 lantai dengan bentang 38,5 meter dan lebar 64 meter dan tinggi 9 meter.Pada standar perencanaan menggunakan SNI 03,-1726,-,2002,dan PPBBI 1984. hasil perhitungan menggunakan pemodelan portal 2D dengan menggunakan aplikasi STAADPRO V8i Bentley . Pembebanan Kuda-Kuda Pada Metode ASD di dapat nilai : Beban Mati = 95,28 kg,  Beban Hidup =  95,1 kg , Beban Angin Tekan = 0 kg, Beban Angin Hisap = -12 kg, sedangkan Pembebanan Kuda-Kuda Pada Metode LRFD di dapat nilai : Beban Mati = 95,28 kg, Beban Hidup = 187,93  kg, Beban Angin Tekan : 0 kg, Beban Angin Hisap =  -12 kg. Dimensi balok dan kolom untuk metode ASD adalah balok dengan profil WF : 300 x 150 x 6,5 x 9 dan untuk kolom dengan profil WF : 300 x 300 x 10 x 15, sedangkan Dimensi balok dan kolom untuk metode LRFD adalah balok dengan profil WF : 300 x 150 x 5,5 x 8 dan untuk kolom dengan profil WF : 300 x 150 x 5,5 x 8. Pondasi tiang pancang menggunakan diameter 30 cm dengan penulangan pokok D16, sengkang D12.dalam perencanaan satu struktur Gable.Frame dengan menggunakan metode*Allowable*Stress*Design (ASD) dibutuhkan total berat baja sebesar 3195,452 kg untuk setiap strukturnya. Sedangkan dengan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design cukup membutuhkan total berat baja 1886,91 kg untuk*setiap.strukurnya. Sehingga.dapat disimpulkan.bahwa metode LRFD*lebih ekonomis, dengan.memberikan perbedaan*sebesar 144,19 %. Kata Kunci : Studi Perbandingan, ASD, LRFD, Struktur Baja

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 2 (2022) Vol 12, No 2 (2022) Vol 12, No 1 (2022) Vol 12 No 1 (2022) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 8, No 8 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 7 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 6 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 5 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 4 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 1 (2020): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil More Issue