cover
Contact Name
Ita Suhermin Ingsih
Contact Email
ita.suhermin@unisma.ac.id
Phone
+62341-552249
Journal Mail Official
rekayasa.sipil.unisma@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal)
ISSN : 23377720     EISSN : 23377739     DOI : 10.33474
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal "Rekayasa Sipil" sebagai media informasi dan forum kajian bidang Teknik Sipil berisi tulisan ilmiah hasil penelitian. Diterbitkan oleh jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang setiap bulan Februari dan Agustus. Redaksi mengundang para ahli, praktisi, peneliti dan semua pemerhati keteknik sipil an untuk menyumbangkan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil" : 4 Documents clear
Studi Perencanaan Struktur Beton Bertulang Dengan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) Tahan Gempa Pada Ijen Suites Hotel Kota Malang Lailatul Fitriyani; Warsito Warsito
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.997 KB)

Abstract

Pembangunan Ijen Suites Hotel yang dibangun di Jl. Ijen Nirwana Raya – Kota Malang, bangunan berfungsi sebagai hotel, dengan 12 lantai struktur dan tinggi gedung 46,05 m, lokasi bangunan berada di Kota Malang, dimana merupakan wilayah dengan resiko gempa menengah, namun tingkat ketinggian bangunan 46,05 m menyebabkan bangunan beresiko tinggi terhadap gempa, sehingga diperlukan perencanaan struktur yang mampu menerima beban gempa resiko tinggi. Pada tugas akhir ini gedung Ijen Suites Hotel diranceng dengan konstruksi beton bertulang dengan SIstem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Perancangan komponen meliputi perancangan pelat, balok,kolom, dan joint alok-kolom dengan mengacu pada peraturan SNI 1726-2012 dan SNI 2847-2013. Beban yang dianalisis berupa beban mati, hidup, dan gempa (lateral). Mutu baja tulangan ulir fy = 390 Mpa, polos fy = 240 Mpa, dan mutu beton fc’ = 35 Mpa. Studi perencanaan ini menhasilkan tebal pelat 12 cm dengan tulangan pokok Ø10-140 dan tulngan bagi Ø8-200. Balok anak dimensi 25cm x 30 cm dengan tulangan tumpuan atas 6D16 dan bawah 3D16, tulangan lapangan atas 3D16 dan bawah 2D16. Baban gempa yang ditinjau dengan kombinasi dua arah orthogonal 100% gaya untuk satu arah ditambah 30% gaya untuk tegak lurus, dengan jumlah gaya geser terskala Vt = 0,85 V = 379254,35 kg. Balok induk B1 dimensi 40cm x 60cm dengan tulangan tumpuan sepanjang lo = 1200mm tulangan atas 7D22 dan bawah 5D22 dengan sengkang 3Ø10-70, tulangan lapangan atas 3D22 dan tulangan bawah 4D22 dengan sengkang 2Ø10-150, , K1 (60 cm x 100 cm) diperoleh tulangan utama 20D25 dengan tulangan sengkang pada daerah tumpuan sepanjang lo = 1000mm sebesar 5Ø12-100 dan sengkang lapangan sebesar 4Ø12-150. Sedangkan joint balok-kolom yang ditinjau pada joint balok-kolom line 7-C luas joint efektif (Aj) = 400000 mm2, kuat geser reduksi (ϕVn) = 3017,20 kN > gaya geser pada potongan x-x (Vx-x) = 1904,06 kN, sehingga joint cukup mampu menahan gaya geser yang terjadi, maka digunakan tulangan transversal ujung kolom yaitu 5Ø12-100 untuk joint balok-kolom. Kata Kunci :Struktur Beton Bertulang, SRPMK, Tahan Gempa
Studi Perencanaan Perkuatan Tebing Sungai Konto Di Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Reizha Anindya Putri; Azizah Rachmawati
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.717 KB)

Abstract

Sungai Konto merupakan salah satu anak sungai Brantas yang menjadi bagian dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas Hulu. Bencana yang ditimbulkan oleh sungai diantaranya adalah banjir dan erosi tebing sungai. Pada musim penghujan, terjadi longsoran tanah di desa Ngroto, kecamatan Pujon yang menyebabkan kerusakan di beberapa tebing sungai yang melintas. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan suatu perencanaan perkuatan tebing sungai Konto agar longsor pada tebing sungai Konto dapat diminimalisir. Digunakan metode Log Person Type III untuk mendapatkan curah hujan rencana. Analisa perhitungan debit banjir rencana dengan metode rasional didapatkan Q50=6.6 m3/det. Bentuk penampang sungai rencana berbentuk trapezium tunggal sesuai kondisi eksisting dengan kemiringan talud 1:0.5. Dalam penelitian ini direncanakan perkuatan tebing dengan hasil tinggi muka air 0.66 m, tinggi bangunan 4 m dan lebar kaki perkuatan 2m, dan material yang digunakan adalah batu kali. Dari desain perkuatan tebing yang ada maka didapatkan hasil sebagai berikut : stabilitas terhadap guling 1.6 (aman), geser 1.83  (aman) dan eksentrisitas 0.85>0.5 (aman). Sedangkan momen yang terjadi ∑V=20.55,  ∑H=19.93, ∑MV=35.42, ∑MH=22.15. Stabilitas longsor tebing menggunakan Metode Fellinius hingga didapatkan hasil F=2.1 > 1.25 (relatif stabil). Kata Kunci : Perkuatan Tebing, Sungai Konto, Metode Fellinius
Studi Perencanaan Jembatan Mulyorejo Dengan Struktur Beton Pratekan Di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Anis Fatun Ni’mah
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Malang yang strategis, menyebabkan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya berkembang pesat. Hal ini berjalan beriringan dengan kebutuhan akan sarana transportasi yang mendukung kegiatan masyarakatnya juga ikut meningkat. Melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang, pemerintah memprogramkan pembangunan jembatan Mulyorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.  Pada pelaksanaan dilapangan jembatan ini derencanakan dengan konstruksi rangka baja trpesium,bentang jembatan adalah 40 meter dan lebar 5 meter. Jembatan ini akan direncanakan ulang dengan struktur beton pratekan dengan bentang 40 meter dan lebar 8 meter. Pembebanan pada lantai kendaraan pada beban primer berat plat lantai kendaraan: 1739,2 kg/m, beban hidup : 2835 kg/m, beban garis “P”: 12348 kg, beban sandaran dan trotoar: 1674,976 kg/m. Beban sekunder meliputi beban angin: 357,24 kg/m, akibat gaya rem : 9000 kg/m. Dari hasil perhitungan didapat dimensi gelagar dengan tinggi: 245 cm, tebal badan web: 20 cm, lebar flens atas: 80 cm, tebal flens atas: 20 cm, lebar flens bawah: 70 cm, tebal flens bawah 25 cm. Gelagar direncanakan sebanyak 4 buah dengan panjang L : 40,00 m menggunakan 4 tendon. Ukuran abutment direncanakan dengan tinggi 7,9 m panjang abutment 8 m, lebar abutment 3,8 m. Direncanakan pondasi koison dengan kedalaman 2,3 meter, dengan jumlah pondasi sebanyak 2 buah. Kata Kunci :  Jembatan beton pratekan,Bangunan bawah, Jembatan Mulyorejo
Pengaruh Campuran Fly Ash Terhadap Laston Pekerasan Jalan Eko Daniyanto
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.84 KB)

Abstract

Lapisan permukaan adalah bagian perkerasan yang paling atas. Fungsi lapis permukaan meliputi: (a) ikut mendukung dan menyebarkan beban kendaraan yang diterima oleh perkerasan, baik beban vertical maupun beban horizontal (gaya geser). Untuk itu persyaratan yang dituntut ialah kuat, kokoh, dan stabil, (b) lapisan kedap air, mencegah masuknya air kedalam lapisan perkerasan yang ada dibawahnya, (c) menyediakan permukaan yang tetap rata, agar kendaraan dapat berjalan dan memperoleh kenyamanan yang cukup, (d) membentuk permukaan yang tidak licin, sehingga tersedia koefisien gerak (skid resistance) yang cukup untuk menjamin tersedianya keamanan lalu lintas, dan (e) sebagai lapisan aus yaitu lapisan yang dapat aus yang selanjutnya lagi dengan yang baru.Laston adalah suatu lapis permukaan yang terdiri dari campuran aspal keras dan agregat yang bergradasi menerus, dicampur, dihampar dan dipadatkan dalam kondisi panas dan suhu tertentu. Laston bersifat kedap air, mempunyai nilai structural, awet, kadar aspal yang berkisar 4 – 7% terhadap berat campuran, dan dapat digunakan untuk lalu lintas ringan, sedang, sampai berat,Abu terbang batu bara atau  Fly Ash dapat dijadikan sebagai mineral filler karena ukuran partikelnya yang sangat halus, dan dari beberapa literatur penelitian yang dilakukan sebelumnya, abu terbang batu bara mengandung unsure pozzolan, sehingga dapat berfungsi sebagai bahan pengisi rongga dan pengikat aspal beton . Dengan penambahanFly Ash sebesar 10%, 15%, 20%, 25% dan30% diharapkan dapat menjadi artenatif yang dapat di gunakan.Berdasarkan dari hasil penelitian pada lampiran, diketahui hasil akhir dari variasi 10% (VMA) 21.08% , VIM 4,67%², VFB 77,66%, kadar Aspal Efektif 6,99, Flow 3,08, Stabilitas 842,11.variasi 15%(VMA) 21,63% , VIM 4,95%², VFB 77,08%, kadar Aspal Efektif 7,10, Flow 2,50, Stabilitas 788,74.  variasi  20%(VMA) 20.52% , VIM 4,32%², VFB 79,03%, kadar Aspal Efektif 6,81, Flow 3,92, Stabilitas 799,57. variasi 25% (VMA) 20.46% , VIM 3,02%², VFB 85,04%, kadar Aspal Efektif 7,22, Flow 3,93, Stabilitas 693,81. Dan variasi 30% (VMA) 22.90% , VIM 4,63%², VFB 79,59%, kadar Aspal Efektif 7,74, Flow 4,28, Stabilitas 888,16. Kata Kunci : Marshall, Aspal, Filler, Fly Ash

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2022) Vol 12 No 2 (2022) Vol 12 No 1 (2022) Vol 12, No 1 (2022) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 8, No 8 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 7 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 6 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 5 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 4 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 1 (2020): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil More Issue