cover
Contact Name
Ita Suhermin Ingsih
Contact Email
ita.suhermin@unisma.ac.id
Phone
+62341-552249
Journal Mail Official
rekayasa.sipil.unisma@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal)
ISSN : 23377720     EISSN : 23377739     DOI : 10.33474
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal "Rekayasa Sipil" sebagai media informasi dan forum kajian bidang Teknik Sipil berisi tulisan ilmiah hasil penelitian. Diterbitkan oleh jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang setiap bulan Februari dan Agustus. Redaksi mengundang para ahli, praktisi, peneliti dan semua pemerhati keteknik sipil an untuk menyumbangkan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil" : 6 Documents clear
STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR BAJA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN PADA GEDUNG RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ISLAM MALANG badaruddin badaruddin
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1288.384 KB)

Abstract

Proyek pembangunan gedung kampus Rumah sakit ini difungsikan sebagai Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan adanya rumah sakit swasta dengan pelayanan kesehatan prima. Semakin berkembangnya zaman proyek pembangunan struktur juga mengikuti perkembangan salah satunya dengan menggunakan struktur baja. Baja sebagai konstruksi memiliki kekuatan yang lebih tinggi, juga lebih mudah dalam pelaksanaannya dan penyambungan antar elemen. Gedung Rumah Sakit ini memiliki ukuran tinggi delapan lantai dengan panjang bangunan 45,5m, lebar bangunan 20m dan tinggi bangunan 29 m. Secara umum, tugas akhir ini adalah merencanakan ulang dengan rangka baja sebagai alternatif dalam perencanaan struktur. Dalam perencanaan ulang struktur ini mengacu pada Standar perencanaan yang digunakan yaitu SNI 1729:2015, SNI 1727:2013, SNI 2847:2013, SK SNI 03-1726-2002 dan SKBI-1.3.53.1987. Perhitungan studi perencanaan struktur baja pada gedung Rumah Sakit Universitas Islam Malang dengan pemodelan 2D pada STAAD PRO V8i serta merencanakan sambungan pada bangunan strukturalnya, dan menghasilkan tebal pelat 125 mm dengan tulangan menggunakan tulangan weremesh M9 – 150 ; balok anak menggunakan profil WF 450.200.9.14; balok induk menggunakan profil WF 500.200.10.16, ; kolom menggunakan profil WF 600.200.12.20. Perencanaan pondasi menggunakan pondasi tiang pancang kedalaman 16 m, dengan daya dukung tiang berdasarkan SPT adalah 88,757 ton. Kata Kunci : Struktur Baja, Studi Alternatif, Rumah Sakit
STUDI PENINGKATAN PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN PUJON KABUPATEN MALANG (STA 18+600 - 28+600) royyani faradis
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.595 KB)

Abstract

Sejalan dengan berjalannya waktu dan masa layanan, kondisi jalan pada akhirnya akan mengalami penurunan, baik ditinjau dari tingkat pelayanan maupun kondisi strukturnya. Pertambahan volume lalu lintas akan menyebabkan penurunan layanan yang diakibatkan oleh menurunnya kapasitas jalan. Hal ini akan menyebabkan tingkat kejenuhan jalan meningkat, sehingga jalan tersebut tidak mampu melayani masyarakat dan tidak sesuai dengan kebutuhan. Bertambahnya volume lalu lintas menyebabkan rusaknya jalan di jalan Pujon, ditambah belum adanya sistem drainase. Maka perlu adanya perbaikan jalan dan pelebaran jalan. Data LHR, Data Lendutan, Data CBR, Data Curah Hujan, Peta Kontur dan Peta Topografi sebagai dasar dari perencanaan perbaikan jalan yang ada. Panjang jalan yang dikerjakan adalah 10 km dengan lebar jalan 6 m. Dengan umur rencana 10 tahun, perkembangan lalu lintas sebesar 4%, tebal untuk pelebaran jalan diperoleh sebesar 22 cm dan nilai lendutan diperoleh dari hasil perhitungan untuk tebal lapis tambah perkerasan jalan raya adalah minimum 4 cm dan maksimum 10 cm. Dengan bentuk trapezium diperoleh 4 macam dimensi saluran a. H= 0,65 m; b= 0,50 m; b. H = 0,70 m; b= 0,60 m; c. H = 0,40 m; b= 0,30 m; c. H= 0,40 m; b= 0,30 m dapat menampung air limpasan kawasan jalan Pujon kabupaten Malang. Kata Kunci: Peningkatan Perkerasan, Tebal Lapis Tambah, Lendutan, Pujon
STUDI EVALUASI SALURAN DRAINASE DI KECAMATAN TANAH GROGOT KOTA TANAH GROGOT KALIMANTAN TIMUR andi mirza
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.279 KB)

Abstract

Kabupaten Paser berada di sebelah Selatan Provinsi Kalimantan Timur, Posisinya dilintasi oleh jalan arteri primer (jalan negara/nasional) yang menghubungkan Provinsi Kalimantan Timur dengan Kalimantan Selatan. Pada bagian timur Kabupaten Paser melintang selat Makassar, dimasa yang akan datang memiliki prospek dan fungsi penting sebagai jalur alternatif pelayaran internasional. Kota Tanah Grogot berjarak lebih kurang dari 145 km dari Balikpapan atau 260 km dari Ibukota Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda. Masalah banjir/tergenangnya air di kota ini sudah sangat memprihatinkan dan menjadi prioritas utama dalam program kerja pemerintah untuk ditanggulangi, khusunya dalam pengembangansaluran drainase pada kawasan rawan banjir. Pada penelitian ini dilakukan analisis dari aspek teknis yaitu dengan melakukan evaluasi sistem drainase. Hasil analisis dari aspek ini menunjukan bahwa beberapa saluran di Kecamatan Tanah Grogot tidak mampu menampung debit banjir rancangan. Adapun perhitungan tinggi hujan rancangan pada penelitian ini menggunakan metode Log Person Type III dengan periode ulang 5 tahun yang didapatkan hasil curah hujan rancanganya adalah sebesar 137,343 mm. Dar hasil evaluasi saluran dapat diketahui bahwa tidak semua saluran dapat menampung debit rancangan dengan kala ulang 5 tahun. Dari 52 saluran yang dievaluasi 7 saluran tidak mampu menampung debit rancangan. Saluran itu adalah Saluran 2, jalan Suprapto,Saluran 12, jalan Sultan Hasanudin, Saluran 15A, Kandilo Bahari, Saluran 16B, jalan Delima, Saluran 25A, K.H. Dewantara, Saluran 26, jalan Padat Karya, Saluran 27, jalan Untung Suropati Kata Kunci: Tanah Grogot, debit banjir rancangan, saluran drainase.
STUDI PERENCANAAN BANGUNAN PELIMPAH (SPILLWAY) PADA BENDUNGAN GRENENG KABUPATEN BLORA ahmad khoirudin
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1182.508 KB)

Abstract

Kecamatan Tunjungan merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Blora yang memiliki irigasi yang luas, alasan yang mendasari perlu dibangun bendungan pada daerah Tunjungan karena pada musim kemarau sering mengalami kekeringan dan musim hujan menimbulkan banjir. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan desain ambang pelimpah, adapun perhitungan dalam mendesain bangunan pelimpah (spillway) meliputi analisa hidrologi,hidrolika Setelah itu menganalisa stabilitas bangunan pelimpah yang ditinjau dari stabilitas guling, stabilitas geser, eksentrisitas dan daya dukung tanah. Hasil penelitian perhitungan debit banjir rencana periode ulang pada tahun (Q1000th) inflow sebesar 19,15 m3/det dan outflow sebesar 7,97 m3/det. Dengan lebar dimensi bangunan pelimpah sebesar 15,40 m dan tinggi bangunan pelimpah 3 meter. Saluran transisi dengan panjang 10 m dan lebar 10 m. Saluran peluncur dengan panjang 10 m dan lebar 10 m. Peredam energi dengan tipe USBR tipe III dan panjang kolam olak 5 m. Hasil dan perhitungan stabilitas ditinjau dari kondisi kosong,penuh,Q1000 dan Qpmf. Perhitungan stabiltas pelimpah di peroleh hasil Stabilitas guling keadaan normal SF = 50,26 > 1,5 (aman), stabilitas geser keadaan normal SF = 5,46 > 1,5 (aman), eksentrisitas keadaan normal e = 0,61 > 2,57 (aman), daya dukung tanah keadaan normal maksimal = 11,95 < 56,19 (aman), min = 7,04 < 56,19 (aman). Kata kunci : Debit Banjir, Bangunan Pelimpah, Stabilitas.
STUDI ALTERNATIF GEDUNG TRANSMART MALL KOTA MALANG DENGAN MENGGUNAKAN STRUKTUR KOMPOSIT BAJA-BETON arinal haq
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1165.83 KB)

Abstract

Kota Malang merupakan kota dengan salah satu penduduk terpadat di jawa timur. Struktur perekonomian di daerah tersebut mayoritas mengarah pada pusat perbelanjaan. Ketersediaan lahan di kota semakin sempit menjadi alasan banyak bangunan vertikal didirikan di kota malang salah satunya gedung Transmart Mall yang sebelumnya menggunakan beton bertulangan konvensional, memiliki 6 lantai panjang bangunan 72m, tinggi bangunan 36m. Tugas akhir ini merencanakan ulang dengan konsep Struktur Komposit (Baja - Beton). Standar perencanaan yang digunakan yaitu SNI-1726-2012 Tentang Tatacara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung SNI 1727:2013, SNI 2847:2013, SNI 03-1726-2002. Perhitungan perencanaan struktur menghasilkan tebal pelat 125 mm untuk pelat lantai 1 s/d 6 tulangan Ø12-125 dan 125 mm untuk pelat lantai atap tulangan Ø10-125 ; dimensi balok anak WF 400.200.8.13 dengan M-maks = 21974,79 kgm ; dimensi balok induk WF 500.200.10.14 dengan M-maks = 62700 kgm ; kolom komposit dibungkus beton 60/60 cm dengan Pu-maks = 264768 kg M-maks = 95197 kgm, pondasi tiang pancang dengan poer pondasi 2,5m x 2,5m diameter Ø40 cm sebanyak 4 tiang dalam 1 pondasi jarak antar tiang 130 cm dan kedalaman 22,5 m. tulangan pondasi digunakan tulangan pokok Ø10 D-22 mm dan tulangan spiral D12-130 mm, daya dukung tiang berdasarkan SPT adalah 414,48 ton. Kata Kunci: Struktur Komposit Baja-Beton, Studi Alternatif, Gedung Transmart Mall
STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN PINTU AIR PADA BENDUNG OASIS KUDUS JAWA TENGAH lynda kartikasari
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (924.109 KB)

Abstract

Kabupaten Kudus merupakan komplesk Gunung Muria yang berada pada bagian utara Pulau Jawa, tepatnya di Sunda Back Arc ( Busur Belakang Sunda). Secara umum letak geografis daerah kabupaten Kudus khususnya pada studi penelitian bendung pada PT. Djarum memiliki letak geografis di Kecamatan Kota di 110 38’ BT dan 110 44’ BT Bujur Timut 74’ LS dan 78’ Lintang Selatan. Suatu bangunan air yang dapat menampung akan kelebihan air pada saat musim penghujan dan dapat dimanfaatkan pada saat kekurangan air adalah sebuah waduk atau bendung dengan menggunakan pintu air. Pintu air merupakan bangunan penunjang pada suatu bendungan untuk keperluan irigasi dan pada bendungan pengendali banjir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar debit banjir kala ulang rencana, besar dimensi pada pintu air, jumlah pintu air yang direncanakan dan stabilitas pintu air pada saat debit air mencapai maksimum. Pada bendung ini direncanakan lebar bendung 210 m dengan 14 buah pintu dengan 8 buah pilar. Dalam penelitian ini diperoleh debit banjir puncak rancangan Q100 sebesar 1.664.187 m3/dt. Dengan perencanaan pintu menggunakan profil baja pada balok horizontal maupun vertikal dipilih profil I dengan flens lebar (Wide Flange). Dalam perhitungan stabilitas pada pintu air dinyatakan aman terhadapa gaya guli, geser serta daya dukung tanah yang terjadi harus lebih kecil daripada daya dukung ijin. Kata Kunci: Bangunan air, Pintu air, Perencanaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2022) Vol 12 No 2 (2022) Vol 12 No 1 (2022) Vol 12, No 1 (2022) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 8, No 8 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 7 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 6 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 5 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 4 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 1 (2020): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil More Issue