cover
Contact Name
Ita Suhermin Ingsih
Contact Email
ita.suhermin@unisma.ac.id
Phone
+62341-552249
Journal Mail Official
rekayasa.sipil.unisma@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal)
ISSN : 23377720     EISSN : 23377739     DOI : 10.33474
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal "Rekayasa Sipil" sebagai media informasi dan forum kajian bidang Teknik Sipil berisi tulisan ilmiah hasil penelitian. Diterbitkan oleh jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang setiap bulan Februari dan Agustus. Redaksi mengundang para ahli, praktisi, peneliti dan semua pemerhati keteknik sipil an untuk menyumbangkan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil" : 6 Documents clear
STUDI PENINGKATAN PADA RUAS JALAN LINTAS PIRU – WAISALA DI, KAB SERAM BAGIAN BARAT, PROV MALUKU (STA 0+000 – 11+000) saiful lokollo
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

dengan berkembangnya kendaraan yang semakin meningkat dan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat maka berpengaruh terhadap pertumbuhan lalu lintas, kondisi jalan dan berkurangnya kenyamanan bagi para pengguna yang melintasi jalan tersebut. Sebab itu perlu suatu prasarana jalan yang memadai yaitu dengan dilakukannya perkerasan jalan yang bisa di lalui oleh pengendara. Di jalan lintas piru-waisala Seram Bagian Barat Maluku sepanjang 11,000 Km (STA 0+000 – 11+000)Selain itu pada ruas jalan lintas piru - waisala ini tidak di dukung oleh saluran drainase yang memadai. Sehingga perlu juga untuk perencanaan untuk saluran drainase. Tebal lapisan perkerasan dengan lapisan tambahan (overlay) pada jalan lintas piru-waisala Seram Bagian Barat Maluku yaitu 5 cm.Tujuan dari perencanaan ini adalah mengetahui tebal lapisan tambahan dan menghitung dimensi saluran drainase,pada Peningkatan jalan. Metode perhitungan untuk menghitung (overlay) menggunakan metode lendutan balik. Dari hasil perhitungan di dapatNilai AE 18 KSAL dan Dwakil sebesar Nilai AE 18 KSAL = 1,5 . 107 Nilai terbesar Dwakil = 2,37 mm, di dapat ketebalan overlay 5 cm.Perhitungan saluran drainase dibagi menjadi III, segmen I didapat dimensi saluran h = 60, b = 50, w = 20, segmem II di dapat h = 70, w = 60, w = 25 dan untuk segmen III h = 60, b = 50, w = 20.Kata kunci : Peningkatan ruas Jalan lintas piru-waisala Seram Bagian Barat Prov Maluku overlay, drainase
STUDI PENGEMBANGAN JARINGAN IRIGASI SPRINKLER BERBASIS GRAVITASI DI DESA PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG saiful anam
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (925.066 KB)

Abstract

Daerahi Irigasii Poncokusumoi adalahi salah satu Daerahi Irigasi di kabupateni Malangi yangi memilikii luasi baku sawah 1.736 Ha dani pertanian tanah keringii, ladangi dan tegalan seluas 6.803 Ha.. Secara geografisi daerah ini merupakan kawasani dengan kondisialahan berupa hamparani lahan yang cenderungi berbukit karena beradai di sebelahi barat lerengi gunungasemeru yang sebagianabesar merupakani lahanaproduktif yangi berada pada ketinggianii antara 6000sampai dengan 12000meter diatasi permukaani lautadengan curah hujan rata-rataaantara 2300i mm sampai dengan 25000mm. per tahun danasuhu rata-rata 21,7, derajat celciusi serta berjarakatempuh ke ibu kota kabupaten kurang lebih sejauh 24 KM. Desa Poncokusumoi merupakanadaerah yangi pertama kali menerapkan irigasii sprinkleri berbasis gravitasi yang dialirkan ke beberapa lahan didaerah tersebut melalui tandon yang sudah ada. Air yangi keluar dari tandoni memiliki debit sebesari 0,012 m3/detik dengani kebutuhan air tanaman diambil darii yangi terbesar ± 0,00238 m3/detik. Tetapi permasalahannyai ada air yangi terbuangi melalui saluran pembuangi dengan debit didapat sebesar 0,011 m3/detik sehinggai banyak air yang terbuangi percuma. Maka dari itui, dibutuhkani pengembangani lahan untuk meminimalisiri pembuangan air sehinggai bisa dimanfaatkani dengan baik. Lahani yangi menjadi targeti area pengembangani direncanakan seluas ± 350 haii. Kata Kunci : Daerah Irigasi Poncokusumo, Saluran Pembuang, Pengembangan Lahan
STUDI ALTEFNATIF PERENCANAAN BOX GIRDER JEMBATAN KALI LEGI BRONGKOS KABUPATEN BLITAR dwi ichwanurusada
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1248.41 KB)

Abstract

Jembatan Kali Legi merupakan jembatan yang difungsikan sebagai jalan alternatif agar mengurangi kemacetan dan mempercepat akses dari Kota Malang menuju Kota Blitar. Jembatan yang terletak di Jalan Karangkates Brongkos Kabupaten Blitar adalah salah satu infrastruktur penghubung untuk transportasi darat yang sangat penting guna menunjang efektivitas kegiatan pengembangan di wilayah tesebut. Lokasi tersebut berjarak ± 40km dari pusat Kota Blitar.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui beban yang akan digunakan dalam perencanaan desain struktur atas dari jembatan yang menggunakan profil gelagar yaitu gelagar kotak (box girder), dimensi abutment jembatan, dan dimensi ponasi jembatan. Dalam penelitian ini menggunakan metode literature dan metode observasi. Hasil dari perhitungan perencanaan gelagar kotak (box girder) ini pembebanan diperoleh berat sendiri sebesar “214,621 kN/m”, beban mati tambahan sebesar “16,895 kN/m”, beban lajur sebesar “45 kN/m”, beban terpusat sebesar “668,85 kN/m”, beban pejalan kaki sebesar “5 kN/m”, beban akibat gaya rem sebesar “250 kN”, beban akibat gaya angina sebesar “1,629 kN/m”, beban gempa sebesar “23,152 kN/m”. Dimensi gelagar dengan tinggi 2,5 meter dan lebar total 9 meter. Dengan tebal dinding plat atas bagian tengah 0,35 meter dan bagian tepi 0,25 meter, sedangkan tebal dinding bagian samping dan tengah ialah 0,40 meter dan lebar total dinding bawah 5 meter dengan tebal 0,30 meter. Untuk dimensi abutment tinggi yang digunakan 6,63 m dan lebar bagian atas 1,6 m, lebar bagian bawah 4,5 m. dan hasil akhir dari penelitian ini direncanakan pondasi yaitu pondasi tiang pancang dengan diameter 0,40 meter dengan kedalaman 13,5 meter. Kata Kunci : Jembatan, Box girder, Pondasi.
PERBANDINGAN NILAI KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN METODE IRI (International Roughness Index) DI KABUPATEN LUMAJANG lailatul nazilah
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.481 KB)

Abstract

Jalan Randu Agung Kabupaten Lumajang mengalami banyak kerusakan jalan ,bertambahnya volume kendaraan dan merupakan jalan utama. Sehingga perlu dilakukanya penilaian kondisi jalan. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan nilai kondisi serta pemeliharaan jalan dengan menggunakan 3 metode yaitu metode Bina marga, metode IRI dan metode PCI metode visual dan metode yang memakai alat Roughmeter NAASRA di kombinasikan dengan alat PARVID (Positioning Accurated Roughness With Video).Hasil dari kajian dilapangan didapat jenis kerusakan yang terjadi dilapangan meliputi retak buaya 28%, retak rambut 24%, lubang 7%,tambalan 11%, kasar permukaan 5%, retak memanjang 7%, retak melintang 1 %, pelepasan butir 11 %, kegemukan 3 %. Kondisi Jalan Randu Agung berdasarkan Metode Bina marga didapat rata – rata nilai metode Bina Marga sebesar 6,0 yaitu kategori rusak sedang dengan prosentase kerusakan ringan 25%,sedang 75%,berat 0% dan Metode IRI nilai rata – rata sebesar 6,07 yaitu rusak sedang prosentase kerusakan ringan 10%,sedang 85%,berat 5%, metode pci nilai rata – rata 68,7 kategori baik dengan prosentase kerusakan baik 90% , sedang 5 %, berat 5 %.sedangkan jenis pemeliharaan yang di pakai berdasarkan hasil rata – rata keseluruhan Metode Bina Marga adalah pemeliharaan berkala dan Metode IRI pemeliharan berkala, sedangkan Metode PCI adalah pemeliharaan rutin.Kata Kunci : Penilaian Kondisi Jalan, Metode Bina Marga dan IRI ,Pemeliharan Jalan
STUDI PERENCANAAN POLA OPERASI WADUK SEMANTOK KABUPATEN NGANJUK PROVINSI JAWA TIMUR GUNA KEBUTUHAN IRIGASI DAN AIR BAKU muhammad ubaidah
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.951 KB)

Abstract

Sumber daya air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Semakin betrambahnya zaman kebutuhan akan sumber daya air akan selalu meningkat. Tingkat ketersediaan (supply) dan tingginya kebutuhan (demand) selalu menjadi kendala utamanya. Perlu adanya upaya dalam mengatasi masalah tersebut yaitu dengan pembuatan waduk. Dengan adanya waduk maka perlu dilakukan studi untuk pola operasi waduk yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam mengerjakan studi ini perlu adanya data – data sekunder antara lain data klimatologi, data curah hujan, karakteristik DAS, data pola tanami dan data pertumbuhan penduduk. Data jumlah penduduki digunakan sebagai perhitungan kebutuan air baku. Nilai debit andalan (26,02%, 50,68%, 75,34%, 97,30%) adalah hasil perhitungan dari data curah hujan yang nantinya akan menjadi debit inflow waduki Semantok. Nilai kebutuhan air baku, irigasi dan evaporasi nantinya akani menjadi debit outflow dalami perhitungan simulasi waduk. Pedoman lepasan operasi waduk disesuaikan kebutuhan air baku dan air irigasi yang dibutuhkan. Hasil perhitungan dari proyeksi jumlah penduduk Kecamatan Rejoso tahun 2040 nilai kebutuhan air sebesar 101,437 liter/detik. Debit inflow dengan kondisi keandalan debit (26,02%, 50,68%, 75,34%, 97,30%) didapatkan nilai rata-rata sebesar 3,265 m3/detik. Hasil simulasi operasi waduk semantokinantinya akan digunakan sebagai hasil peningkatan pelayanan kebutuhan irigasi seluas 1825 Ha yang telah mengalami peningkatan luasan pelayanan sebesar 425 Ha. Kata kunci: Waduk, Keandalan Debit, Pola Operasi.
STUDI PERENCANAAN DIMENSI TUBUH BENDUNGAN PADA BENDUNGAN RANDUGUNTING KABUPATEN BLORA sho;eh afif
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (921.346 KB)

Abstract

Kabupaten Blora terletak diabagian timur Propinsi Jawaa Tengah, dan merupakan daerah yang relatif kering, sumber air yang tersedia relatif sedikit (kecil) dibandingkan dengan daerah lainnya di Propinsi Jawa Tengah. Dari keterbatasan sumber air tersebut maka diperlukan suatu upaya untuk mengembangkan dan mengendalikan yaitu dengan membangun sebuah bendungan dengan perencanaan yang sesuai, perencanaan tubuh bendungan di bangun berdasarkan pertimbangan topografi, hidrologi dan geologi, dengan tipe bendungan adalah bendungan urugan zonal inti tegak. Selanjutnya, akan dianalisis stabilitas lereng tubuh bendungan dalam berbagai kondisi. Dari hasil studi didapatkan debit banjir rancangan bendungan Randugunting Q1000 th = 110,30 m3/dt,dan dimensi tubuh bendungan berdasarkan Q1000th dan dikontrol oleh QPMF antara lain tinggi bendungan 27,18 m, elevasi puncak +97,18 m, lebar puncak bendungan 8 m, kemiringan hulu 1 : 2 dan kemiringan hilir 1 : 2. Hasil dari perhitungan stabilitas lereng bagian hulu pada saat muka air FWL kondisi normal SF = 1,59 > 1,5 (aman), stabilitas lereng bagian hulu pada saat muka air FWL kondisi gempa SF = 1,3 > 1,1 (aman), Stabilitas lereng bagian hilir pada saat waduk kosong kondisi normal SF = 3,04 > 1,5 (aman), Stabilitas lereng bagian hilir pada saat waduk kosong kondisi Gempa SF = 2,33 > 1,1 (aman).Kata Kunci : Bendungan Urugan, Dimensi Bendungan, Stabilitas Bendungan

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2022) Vol 12 No 2 (2022) Vol 12 No 1 (2022) Vol 12, No 1 (2022) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 8, No 8 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 7 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 6 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 5 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 4 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 1 (2020): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil More Issue