cover
Contact Name
Ita Suhermin Ingsih
Contact Email
ita.suhermin@unisma.ac.id
Phone
+62341-552249
Journal Mail Official
rekayasa.sipil.unisma@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal)
ISSN : 23377720     EISSN : 23377739     DOI : 10.33474
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal "Rekayasa Sipil" sebagai media informasi dan forum kajian bidang Teknik Sipil berisi tulisan ilmiah hasil penelitian. Diterbitkan oleh jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang setiap bulan Februari dan Agustus. Redaksi mengundang para ahli, praktisi, peneliti dan semua pemerhati keteknik sipil an untuk menyumbangkan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL" : 4 Documents clear
ANALISIS KAPASITAS SALURAN DRAINASE DI KECAMATAN SUKUN MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI ArcGIS Moch. Yudha Alif Pratama; Eko Noerhayati; Warsito Warsito
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.608 KB)

Abstract

Kecamatan Sukun ialah bagian dari Kota Malang. Perubahan iklim yang ekstrim telah mempengaruhi siklus air di Kabupaten Sukun, menyebabkan banyak air meluap di berbagai wilayah di Kecamatan Sukun. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi serta menganalisis saluran yang tidak memenuhi kapasitas yang direncanakan. Jika terdapat saluran yang tidak bisa memuat debit rencana, maka harus diperbaiki. Penghitungan curah hujan rata-rata regional dilakukan dengan metode Polygon-Thiessen menggunakan aplikasi Arcgis dengan fungsi perkiraan, yaitu Create Polygon-Thiessen. Perhitungan ketinggian curah hujan rencana dalam penelitian ini didasarkan pada kaidah perhitungan Log Pearson Type III. Hasil curah hujan rencana 169,265 mm serta waktu penyelesaian periode ulang 5 tahun.Berdasarkan perolehan analisis ukuran sistem saluran drainase ditunjukkan bahwa dari 84 saluran yang dianalisis terdapat 6 saluran yang tidak dapat memuat debit rancangan periode ulang 5 tahun. Saluran tersebut diantaranya ialah saluran drainase pada ruas Jl S.Supriadi yakni saluran S.Supriadi (2), S.Supriadi 1 (2A), pada ruas jalan Mergan yakni saluran Mergan kiri (4), Mergan kiri (4A), pada ruas jalan Bandulan yakni saluran Bandulan raya kanan (16A), Bandulan raya kanan 1 (16B).Kata Kunci: Sukun, Debit banjir rancangan, sistem saluran drainase, Arcgis
Studi Alternatif Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Aplikasi Kenpave Pada Ruas Jalan Karangkates – Jatikerto (Sta 1+500-11+700) Aditya Novan Sasongko; Bambang Suprapto; Azizah Rokhmawati
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.313 KB)

Abstract

Seiring pesatnya pertambahan jumblah kendaraan setiap tahun di Ruas Jalan Karangkates – Jatikerto mempengeruhi kondisi lapisan pada jalan tersebutdan menyebabkan kerusakan yang terjadi sebelum umur rencana juga mempengaruhi penurunan tingkat pelayanan. Agar pelayananan terhadap pengguna jalan bisa memberikan kenyamanan perlu adanya evaluasi pada jalan tersebut. Perencanaan tebal perkerasan jalan harus di rencanakan sebaik mungkin agar jalan tidak sering mengalami kerusakan yang menyebabkan pengguna jalan terganggu. Metode dalam menyelesaikan studi ini adalah menggunakan pedoman Pd-T-05-2005-B untuk menentukan lapisan permukaan lalu untuk menentukan pondasi atas dan pondasi bawah menggunakan metode Bina Marga 2013 dengan umur rencana jalan sebesar 20 tahun dan dibutuhkan data seperti data lendutan , data LHR, data CBR dan peta topografi serta digunakan Aplikasi Kenpave guna mengontrol kekuatan jalan pada tiap segmennya. Dari studi ini diperoleh kesimpulan yaitu diperoleh hasil perhitungan akumulasi beban selama umur rencana 20 tahun sebesar 38.157.248,61 ESAL, dan teal lapis pada setiap segmennya bervariasi yaitu : I=42 cm; II=42 cm; III=42 cm; IV=47 cm; V=46 cm; VI=45 cm; VII=45 cm; VIII=47 cm; IX=47 cm; X=46 cm dengan kontrol pada Aplikasi Kenpave di segmen 1,2,3,6,7 tidak dapat menahan beban lalu lintas dan di segmen 4,5,8,9,10 dapat menahan beban lalu lintas,lalu solusi untuk tebal perkerasan yang tidak dapat menahan beban lalu lintas diasumsikan dan dikontrol dengan Aplikasi Kenpave dan hasil tebal lapis final pada segmen 1,2,3,6,7 yaitu masing masing I=50 cm; II=50 cm; III=50 cm; VI=50 cm; VII=50 cm. Kata Kunci:Alternatif Perencanaan Jalan, Tebal Perkerasan Jalan, Apliksai Kenpave
STUDI PERENCANAAN STRUKTUR KOMPOSIT PADA GEDUNG LABORATORIUM TERPADU FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JEMBER M. Yusuf Hamzah; Warsito Warsito; Bambang Suprapto
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2430.976 KB)

Abstract

Pendirian laboratorium terpadu untuk mendukung sarana dan prasarana pelaksanaan proses belajar mengajar perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi di Universitas Jember khususnya pada prodi Teknik terkait dalam hal pelaksanaan praktikum dan penelitian yang representative dan memenuhi persyaratan nasional. Gedung laboratorium terpadu fakultas teknik Universitas Jember terletak di Jalan Kalimantan No.37 Kampus Tegal Boto Jember Jawa Timur. Perencanaan ini bertujuan bisa menghasilkan struktur yang stabil dan bisa dipergunakan secara aman, nyaman dan ekonomis. Peraturan perencanaan struktur baja yang digunakan SNI 03-1729-2002, dan SNI 1729-2015 dengan metode LRFD dan dengan bantuan aplikasi SAP 2000 untuk analisis. Hasil dari perencanaan ini didapatkan tebal pelat lantai dan atap 120 mm digunakan tulangan pokok Æ10-125 dan tulangan bagi Æ10-300. Perencanaan profil balok untuk balok anak dipakai profil WF350.175.7.11, kemudian untuk perencanaan balok induk dipakai profil WF600.300.14.23. Kolom komposit menggunakan mutu baja 50 profil WF400.400.45.70 dengan penampang kolom 700 mm x 700 mm. Jenis baut digunakan 3,5 mm dengan mutu A325, serta sambungan balok-kolom digunakan tebal pelat 30 mm. Sedangkan pondasi tiang pancang digunakan diameter 500 mm dengan jumlah 4 tiang pancang dengan kedalaman 7 meter.Kata kunci : LRFD,  Analisa Statik Ekuivalen, Struktur Komposit, SAP 2000. ABSTRACTIONThe establishment of an integrated laboratory to support the facilities and infrastructure for the implementation of the teaching and learning process of student and female lectures at the University of Jember, especially in the related Engineering study program in terms of implementing representative practicum and research and meeting national requirements. The engineering faculty of Jember University integrated laboratory building is located on Jalan Kalimantan No.37, Tegal Boto Campus, Jember, East Java. This plan aims to produce a stable structure that can be used safely, comfortably and economically. The steel structure planning regulations used SNI 03-1729-2002, and SNI 1729-2015 with the LRFD method and with the help of the SAP 2000 application for analysis. The results of this plan are that the thickness of the floor and roof slabs is 120 mm, using basic reinforcementÆ10-125 and dividing reinforcementÆ10-300. The design of the beam profile for the beam used the WF350.175.7.11 profile, then for the main beam design the WF600.300.14.23 profile was used. Composite column using 50 steel grade profile WF400.400.45.70 with column cross section 700 mm x 700 mm. The type of bolt is 3.5 mm with A325 quality, and the beam-column connection is used with a plate thickness of 30 mm. While the pile foundation used a diameter of 500 mm with a total of 4 piles with a depth of 7 meters.Keywords : LRFD, Equivalent Static Analysis, Composite Structures, SAP 2000.
Analisa Kinerja Simpang Krian Kabupaten Sidoarjo Dengan Menggunakan Metode PKJI 2014 dan Software Vissim Anita Faradilah Abubakar; Bambang Suprapto; Warsito Warsito
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5614.577 KB)

Abstract

Simpang Krian Kabupaten Sidoarjo merupakan persimpangan yang mempunyai tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi terutama pada jam puncak. Permasalahan yang sering muncul pada persimpangan ini terjadi karena tundaan di pertengahan simpang yang disebabkan lebar titik konflik simpang yang tidak terlalu lebar untuk bisa menampung kendaraan dengan ukuran yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang pada kondisi eksisting, memberikan alternatif perbaikan dan mengetahui kinerja simpang 5 tahun mendatang. Penelitian menggunakan metode PKJI 2014 dan Software Vissim dengan pengambilan data primer berupa survei LHR selama 3 hari pada jam-jam sibuk. Dari hasil survei didapatkan kendaraan maksimum terjadi pada Hari Minggu Sore pada jam 16:30-17:30 WIB dengan jumlah kendaraan sebanyak 13.037 kend/jam. Dari hasi perhitungan didapatkan hasil Tundaan rata-rata PKJI 2014 adalah 153,19 det/skr sedangkan Software Vissim adalah 135,82 det/skr, dengan keterangan LOS F (arus dipaksakan padat dan antrian tertahan). Setelah melakukan Alternatif I dan Alternatif II didapatkan PA dan tundaan yang menggunakan PKJI 2014 adalah 35,96m dan 45,63skr/det sedangkan hasil Software Vissim PA adalah 63,10m dan Tundaan 70,84 skr/det. Dengan menggunakan alternatif yang ada, kinerja Simpang Krian Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2021-2024 masih normal dikarenakan DJ sedangkan pada tahun 2025 sudah melebihi batas DJ. Kata Kunci : Simpang Krian, PKJI 2014, Software Vissim.

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2022) Vol 12 No 2 (2022) Vol 12 No 1 (2022) Vol 12, No 1 (2022) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 8, No 8 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 7 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 6 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 5 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 4 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 1 (2020): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil More Issue